Cara Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan yang Baik menurut Islam

Posted on

Bagi Anda orang tua yang memiliki anak, pastinya memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anak laki-laki atau perempuan. Dalam agama Islam, cara mendidik anak pun sudah diatur dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, baik yang berkaitan dengan dunia maupun akhirat.

Kegagalan dalam mendidik anak dapat berdampak negatif hingga sang Anak dewasa, baik dari akhlak dan tingkah lakunya. Sifat buruk dari sang anak pun bukan karena dirinya sendiri, melainkan juga kelalaian orang tua dalam mendidiknya. Jika seorang anak mendapatkan didikan terbaik secara Islam mulai dari bayi sampai dewasa, Insya Allah anak Anda akan menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Anda sebagai orang tua adalah kunci utama bagi tumbuh kembang seorang anak untuk menjadi insan yang sholeh dan sholehah. Dari orang tua lah sifat dan karakter dari sang anak terbentuk, maka itu sangatlah penting untuk mengajarkannya sejak dini tentang nilai-nilai ke Islaman. Untuk menanamkan akhlak yang baik, penting bagi kita orang tua untuk menganjarkan tentang keimanan, ketaqwaan, dan hal positif lainnya yang berkaitan dengan syariat. Semua itu tergantung mulai dari kapan orang tua mendidiknya, jika sang anak sudah terlanjur dewasa maka akan lebih susah untuk diatur.

pendidikan anak menurut islam, mendidik anak secara Islami sejak dini, mendidik anak dlm Islam, mendidik anak secara islam ppt, mendidik anak secara islami

Peran ayah dan ibu juga penting dalam perkembangan anak, sang ibu yang merawat dan menjadikan teman sepanjang harinya sambil mendidik norma-norma ke-Islaman, sedangkan sang ayah yang menjadi penjaga dan memberikan nasihat positif untuk kehidupannya kelak. Selajutnya kami akan mengulik poin-poin penting mengenai cara mendidik anak secara Islam dan menurut ajaran dari Hadist Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam yang  terbagi menjadi empat yaitu:

  1. Mendidik anak tentang tauhid.
  2. Mendidik anak untuk mengenalkan ibadah, seperti puasa, sholat, zakat, dan ibadah lainnya.
  3. Mendidik anak tentang syariat islam.
  4. Ajari Anak tentang ibadah yang wajib maupun sunnah atau amalan lain sebagainya.

Cara mendidik anak laki-laki

Selajutnya kami jelaskan cara mendidik anak laki-laki yang baik menurut agama Islam. catatan ini diambil dari Ust Bendri Jaysurahman:

Suami dan Istri yang keduanya sama-sama baik, sama seperti keluarga Nabi Ibrahim A.S dengan Sarah dan Hajar.

Punya keturunan anak-anak baik dan cucu-cucu baik sama seperti Nabi Ibrahim A.S yang melahirkan keturunan para Nabi.

Di dalam Al Qur’an, Allah S.W.T memberikan contoh keluarga teladan dari keluarga Nabi Ibrahim A.S dan keluarga Imran yang mewakili dua keluarga. Kemudian Nabi Ibrahim mewakili keluarga poligami sedangkan keluarga Imran mewakili keluarga monogami. Setelah itu, Nabi Ibrahim melahirkan banyak anak kemudian Imran melahirkan anak 1 selajutnya Nabi Ibrahim mempunyai banyak anak laki-laki sedangkan untuk Imran mempunyai banyak anak perempuan. Jadi, untuk mendidik anak laki-laki Anda harus memiliki minimal satu keahlian khusus yang dikuasai dibidangnya.

Orang-orang yang tidak menyukai agama Islam yang salah satunya adalah para zionis, mereka mendidik anak-anaknya dengan keahlian dibidangnya masing-masing, sehingga tidak sulit untuk menemukan beberapa orang yang ahli senjata, ahli matematika, ahli fisika, dan lain-lain. Karena anak-anak mereka sudah di spesifikasi keahlian dengan jelas.

Selain itu, para sahabat Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dulu  telah dilatih oleh Rasul, kemudian mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing. Sehingga pada saat dibutuhkan maka Rasul tinggal meminta dari salah satu sahabat yang sesuai dengan keahlian. Selain mempunyai spesialisasi keahlian, maka jadikan anak laki-laki Anda menjadi seorang yang mempunyai komitmen dan tanggung jawab. Oleh sebab itu,  jangan sampai anak laki-laki  Anda tidak memahami ajaran dan perintah Agama yang dianutnya.

Kemudian ajarkan pada anak laki-laki Anda teori ataupun praktek menjadi pengembala kambing. Kenapa memberi contoh kambing? Karena kambing memiliki nafsu sangat tinggi.  Jadi sebagai orang tua, sebisa mungkin untuk mendidiknya agar jangan sampai menjadi pemimpin yang mudah terhasut oleh hawa nafsu yang akan mengenai dirinya sendiri, melainkan harus gunakan akal pikirannya daripada nafsu duniawi agar rakyatnya tidak sengsara.

Cara mendidik anak perempuan

Cara mendidik anak perempuan yang baik menurut agama Islam adalah sebagai berikut, catatan ini diambil dari Ust Bendri Jaysurahman:

Bagi Anda yang mempunyai anak perempuan cara mendidik bisa belajar dari keluarga Imran. Di dalam Al-Qur’an mengatakan bahwa Maryam adalah wanita sempurna selain Siti Aisyah.

Di dalam sejarah Islam, terdapat empat wanita istimewa di zaman Rasulullah adalah Maryam, Aisyah, Khadijah dan Fatimah. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua bisa menjadikan mereka contoh dalam mendidik anak, seperti empat wanita tersebut. Bukan artis-artis top dunia seperti beyonce, taylor swift dan lain-lain.

Dalam agama Islam, antara suci dengan perawan itu berbeda. Suci adalah orang tua yang mengajarkan anaknya berahklak baik terhadap orang tua, teman , dan sahabat sedangkan perawan mengenai alat vital pada perempuan. Setelah itu kami berikan contoh suci tetapi tidak perawan adalah Khadijah, disaat beliau menikah dengan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam adalah seorang janda yang kaya raya, beliau adalah wanita agung yang paling pandai dalam menjaga makhkota kesuciannya. Oleh karena itu, Siti Khadijah dijuluki sebagai Khadijah at Thahirah.

Sedangkan contoh perawan tetapi tidak suci adalah wanita-wanita yang tetap melakukan perzinahan. Jadi dalam agama Islam, Anda sebagai orang tua harus wajib mendidik anak perempuan untuk menjaga mahkota kesuciannya dan juga menjaga keperawannya. Di bawah ini kami jelaskan amalan-amalan untuk semua wanita muslimah :

  1. Rajinlah sholat lima waktu dan lakukan lah sholat sunnah sebagai ibadah sekaligus penyeimbang
  2. Rajinlah berpuasa sunnah maupun puasa wajib
  3. Menjaga kemaluan
  4. Taat kepada suami

Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan empat perkara kepada semua wanita muslimah di dunia:

  1. Menahan diri dari kejahatan batin degan menjadi wanita yang lembut, tidak tergoda dan tidak cepat marah.
  2. Menjadi pribadi bersifat pemalu, tidak menjadi wanita yang agresif  karena untuk menjaga kesuciannya.
  3. Menjadi pribadi yang tidak konsumtif  karena sudah terlatih untuk menahan diri saat berpuasa sunnah maupun wajib.
  4. Menjadi seseorang wanita yang pandai menahan akal pikirannya walaupun pendidikan wanita tersebut lebih tinggi dari suami namun tetap harus taat kepada suaminya sehingga dapat terhindar dari konflik di dalam rumah tangga.

Sosok Siti Khadijah adalah seorang wanita pebisnis, tetapi beliau adalah sangat senang tinggal dirumah  dan sudah terbukti pada saat masa-masa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam diangkat menjadi Nabi. Kemudian Khadijah selalu ada dirumah untuk mendampingi Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Alasan mengapa para orang tua disarankan untuk mencontoh mereka diantaranya:

  1. Siti Maryam sudah berhasil mendidik Nabi Isa A.S menjadi Nabi
  2. Siti Khadijah tetap setia dan taat kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam sampai menjadi Nabi
  3. Siti Fatimah tetap setia mendukung perjuangan sang ayah menjadi Nabi

Itulah cara-cara mendidik anak laki-laki dan perempuan yang baik menurut Islam yang sudah kami jabarkan diatas. Kemudian saran kami, Anda sebagai orang tua harus wajib mendidiknya dengan sepenuh hati dan selalu mendoakan agar tercapai cita-cita kelak serta dapat membahagiakan Anda di hari tua. Cara Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan yang Baik menurut Islam. (DBS) #KK