6 Fakta Perusahaan Samsung yang Keren dan Mencengangkan

Posted on

Pasti sangat familier ‘kan dengan Samsung?

Sebagian besar dari kita tentu akan langsung teringat akan seri smartphone yang keren, berkualitas, harganya cukup terjangkau, serta digunakan oleh banyak orang. Tak ayal kalau banyak media yang menempatkan Samsung sebagai perusahaan ponsel atau smartphone terbesar, terlaris, dan jadi favorit khalayak. Bahkan ketika nama-nama lama mulai tumbang, Samsung justru meroket dan mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran ‘para pemain baru’.

Namun tahukah kamu? Perusahaan yang bermarkas di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan ini, ternyata tidak menjadikangadget atau peralatan elektronik sebagai produk perdananya. Sang founder, Lee Byung chul, mengoperasikan lima segmen utama perusahaan. Ada usaha food processing, asuransi, tekstil, ritel, dan keamanan. Sampai kemudian, mereka menjelma menjadi raksasa di bidang smartphone.

Banyak pihak yang kemudian penasaran dan menelusuri bagaimana sepak terjang Samsung, termasuk juga fakta-fakta menarik tentang perusahaan ini. Apa saja? Jom!

1. Angka Pendapatan, Jumlah Pegawai, dan Modal Iklan

contoh makalah tentang perusahaan samsung, deskripsi tentang perusahaan samsung, info tentang perusahaan samsung, makalah analisis perusahaan samsung, makalah budaya perusahaan samsung, makalah profil perusahaan samsung, makalah sejarah perusahaan samsung, makalah strategi perusahaan samsung

Melihatnya beragamnya produk dan jasa yang ditawarkan Samsung, tak mengejutkan kalau jumlah penghasilan mereka bakal besar. Sampai kuartal kedua tahun 2017 saja, Samsung sudah meraup sekitar $52 milyar atau setara dengan 693,3 triliun rupiah. Untuk karyawannya sendiri, di tahun 2014, Samsung sudah mempekerjakan sekitar 490 ribu orang. Sementara untuk iklan, di tahun 2013 saja Samsung sudah berani menggelontorkan dana sekitar $14 miliar.

2. Asal-Usul Perusahaan Samsung

Samsung sudah berdiri sejak tahun 1938. Namun mereka tak langsung membuat televisi, laptop, netbook, ponsel, atau bahkan tablet. Rupanya mereka memproduksi bahan makanan dan mie dulu. Memang tak nyambung, namun demikianlah cikal-bakal perusahaan terkemuka ini. Mereka mulai bergerak di bidang elektronik di tahun 1970-an.

3. Logo Samsung

artikel tentang perusahaan samsung, makalah tentang perusahaan samsung, pertanyaan tentang perusahaan samsung, pertanyaan untuk perusahaan samsung, perusahaan samsung di indonesia, sekilas tentang perusahaan samsung, tentang perusahaan samsung di indonesia, berita tentang perusahaan samsung, buku tentang perusahaan samsung, contoh makalah tentang perusahaan samsung
via : pinterest.com

Brand dengan ciri khas warna biru ini tak serta-merta menggunakan logo yang sekarang. Mereka sudah mengganti logo sampai 5 kali. Ditilik dari Bahasa Korea, Samsung memiliki arti sebagai tiga bintang. Hal ini menjelaskan logo-logo pertama mereka yang mengandung unsur 3 bintang.

Singkatnya, perusahaan mengganti logo menjadi lebih simpel di tahun 1993. Bisa kita lihat, hanya ada tulisan Samsung dengan huruf kapital berwarna putih, lalu di belakangnya ada latar-belakang oval berwarna biru. Logo inilah yang masih bertahan.

4. Menjadi Pabrikan Handphone Paling Laris Manis

perusahaan samsung, profil perusahaan samsung, visi misi perusahaan samsung, perusahaan samsung di indonesia, artikel tentang perusahaan samsung, sejarah perusahaan samsung, sistem informasi pada perusahaan samsung, analisis swot perusahaan samsung, profil perusahaan samsung indonesia, pemilik perusahaan samsung, cabang perusahaan samsung
via : imgur.com

Di tahun 2015 kemarin, Samsung tercatat menguasai 22,4% pasar handphone internasional. Posisi kedua diduduki oleh Apple (16,4%), lalu ada Huawei yang menyusul di ranking ke-3 (7,7%). Samsung memang pandai mencuri perhatian dan kepercayaan konsumen. Mereka merilis aneka seri ponsel, dan membuat produk yang bisa dinikmati ‘seluruh lapisan umat’;  mulai dari golongan bawah, menengah, sampai mereka para holang kaya.

5. Samsung Group

perusahaan samsung berasal dari negara, perusahaan samsung android, perusahaan samsung surabaya, perusahaan samsung vs sony, perusahaan samsung di korea, perusahaan samsung di jakarta, perusahaan samsung di korea selatan, perusahaan samsung berasal dari, perusahaan samsung mobile
via : pinterest.com

Samsung atau Samsung Group menjadi perusahaan multinasional yang mengoperasikan beragam jenis bisnis, tidak terpaku pada gadget atau smartphone saja. Afiliasi industri mereka mencakup Samsung Electronics, Samsung Heavy Industries, Samsung Engineering, dan Samsung C&T. Sementara cabang atau anak perusahaannya yaitu Samsung Life Insurance (Asuransi), Samsung Everland, Cheil Worldwide, dll. Intinya, mereka membawahi sekitar 80 perusahaan yang bergerak di bidang elektronik konsumen, konstruksi, pembuatan kapal, jasa keuangan, dan layanan medis.

6. Samsung dan Bangunan-Bangunan Pencakar Langit

makalah tentang perusahaan samsung, pertanyaan tentang perusahaan samsung, pertanyaan untuk perusahaan samsung, perusahaan samsung di indonesia, sekilas tentang perusahaan samsung, tentang perusahaan samsung di indonesia, berita tentang perusahaan samsung, buku tentang perusahaan samsung, contoh makalah tentang perusahaan samsung

Bicara tentang bangunan atau gedung tertinggi, kita akan ingat pada menara kembar Petronas di Malaysia, menara Taipei 101, dan menara Burj Khalifa yang ada di Dubai. Siapa sangka, di balik kokoh dan megahnya bangunan jangkung tersebut, ada anak perusahaan Samsung bidang konstruksi yang menjadi kontraktornya. Wuih!

Kita mungkin berpikir kalau perusahaan Samsung ini sudah menggondol banyak laba dari gurita bisnisnya. Mereka juga menjadi salah-satu perusahaan yang paling berpengaruh di kancah bisnis dunia. Pengaruh mereka bahkan sangat besar di ranah politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan, khususnya di Korsel sendiri. Namun peranan atau kontribusi mereka juga sangat besar, tak hanya di Korselnya saja, bahkan juga di seluruh penjuru dunia.Kece! 6 Fakta Perusahaan Samsung yang Keren dan Mencengangkan. #RD