Mengapa di Rel Kereta Banyak Batu Kerikil? Berikut 4 Alasannya

Posted on

Bagaimana kesanmu terhadap kereta api?

Transportasi rel ini identik dengan bentuknya yang panjang, bisa mengangkut kargo, dan bisa juga membawa penumpang dari satu tempat ke tempat yang lain. Rel kereta apinya identik dengan jalur yang panjang, dan areanya yang berkerikil. Nah, apa kerikil tersebut memang sengaja didatangkan?

Rupanya memang ada beberapa fungsi kerikil di sekitar area kereta api. Untuk apa saja? Jom!

1. Sebagai Bantalan Pemberat

Jika diperhatikan, dalam struktur rel kereta api terdapat bantalan yang dibuat dari beton serta kayu. Bantalan ini sengaja dibuat agar rel tetap dalam posisi yang tegak dan nyaman. Sementara itu, batu kerikil di sekitarnya bisa menjadi penunjang. Struktur bantalan jadi terjaga, dan kereta api pun bisa berjalan lebih stabil.

kenapa rel kereta api ada batunya, kenapa di rel kereta api ada batu kerikil, kenapa rel kereta api ada batunya

2. Sebagai Penyerap Getaran

Pernahkah kamu ikut bergetar hebat ketika kereta api melintas? Hal tersebut tak lepas dari peranan kereta api yang mengangkut gerbong, barang, serta para penumpang dalam speed yang cukup cepat. Batu kerikil pun disediakan untuk meredam getaran. Terbayang kalau tak ada peredam getaran, mungkin dampaknya bisa merusak area sekitar.

3. Sebagai Penghalau Tumbuhan Liar

Orang bilang, tanah Indonesia memang ajaib. Tumbuhan bisa subur makmur di atas tanah. Namun ada kalanya eksistensi tumbuhan liar dan rumput itu tidak diharapkan, lebih lagi di area sekitar rel. Bagaimana pun, tanahnya akan gembur dan perlintasan kereta api terancam jadi tak stabil. Untuk itu, batu kerikil diharapkan bisa menekan laju pertumbuhan tanaman yang secara tidak langsung bisa membahayakan.

4. Sebagai Pembantu Aliran Air

Air hujan atau air yang menggenang bisa mengundang ancaman. Air tersebut bisa membuat tanah jadi mudah ambles. Kalau sudah begitu, risikonya tentu sangat tinggi, sebab tanah tersebut jadi perlintasan rel kereta api. Batu kerikil pun disusun sedemikian rupa agar air tetap mengalir, tidak sampai menggenang, apalagi membuat tanah jadi ambles.

Lalu bagaimana bisa ada perlintasan rel kereta api yang tidak berbatu kerikil?

mengapa rel kereta banyak batu kerikil, kenapa di rel kereta banyak batu kerikilnya, kenapa rel kereta api dikasih batu kerikil, mengapa di rel kereta api banyak batu kerikil, kenapa rel kereta api diberi batu kerikil, mengapa pada bantalan rel kereta api banyak terdapat batu kerikil

Daerah-daerah tertentu, sebut saja jalan raya atau kawasan sekitar jembatan, memang tidak memerlukan batu kerikil. Hal ini dikarenakan fungsi batu kerikil di atas sudah diwakili oleh sistem lain. Jembatan serta jalan raya beraspal sudah dirancang secara spesial agar bisa menyerap getaran, menghalau tumbuhan liar, atau mencegah air tergenang. Demikian, 4 Alasan Utama Kenapa Kerikil sangat Banyak di Sekitar Area Rel Kereta Api. (DBS) #RD