8 Cara Mudah Memasak Telur yang “Baik Benar Enak Lezat Sempurna”

Posted on

Tak terbayang bagaimana jadinya kalau telur itu tak pernah ada. Bagaimana kalau Tuhan YME menciptakan ayam beranak saja? Well, semua memang sudah didesain sedemikian rupa, ya. Termasuk juga telur, yang sangat melimpah dan bermanfaat, khususnya di ranah kuliner. Kamu bisa memasak dan menyantapnya langsung. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk makanan lain.

Telur menjadi salah satu bahan makanan utama yang selalu eksis di kulkas atau lemari makanan. Kalau stoknya habis, kamu biasanya langsung memburunya lagi. Meski sudah sering memakannya, namun kamu rasanya tak pernah begitu bosan sama telur.

Kamu juga merasa terbantu, sebab pengolahan telur itu tidak ribet dan tidak lama. Banyak cara yang bisa diterapkan untuk menikmatinya. Salah-satunya yaitu dengan merebusnya. Namun masalahnya, kadang kamu tak tahu pasti berapa lama durasi merebus telur, bagaimana bikin poached egg, bagaimana menggoreng telur, bagaimana mengupas cangkang telur, dsb.

Tetapi tenang saja, berikut ini 8 tips atau cara memasak telur sederhana yang sempurna dan rapi. Jom!

1. Memasak Telur Rebus (Keras di luar meleleh di dalam)

cara memasak telur ayam setengah matang, cara memasak telur agar protein tidak hilang, cara memasak telur ceplok setengah matang, cara masak telur yang baik, cara masak telur yang benar, cara memasak putih telur yang benar, cara memasak putih telur yang enak, cara memasak telur dadar yang enak, cara memasak telur dadar yang tebal, cara memasak telur rebus yang baik
via : pinterest.com

Lamanya kita merebus telur tergantung tingkat kematangan yang diinginkan. Kita merebusnya selama 3 sampai 6 menit untuk mendapatkan telur rebus yang bagian kuningnya masih meleleh di dalam.

Tetapi kalau kita lebih menyukai bagian kuning yang sudah mengeras atau matang, sebaiknya rebus selama 7 sampai 15 menitan. Caranya, kamu bisa menyimpan telur di air dingin terlebih dahulu. Lalu masak air sampai matang dan mendidih. Telur yang sudah disimpan bisa dipindahkan ke air yang mendidih itu. Angkat, lalu tutup. Biarkan dulu selama 10 menitan.

2. Memasak Telur Mata Sapi

cara memasak telur yang baik, cara memasak telur yang baik untuk ibu hamil, cara memasak telur yang beda, cara memasak telur yang benar, cara memasak telur yang enak, cara memasak telur yang gampang, cara memasak telur yang sehat, masak telur goreng, masak telur goreng enak, masak telur goreng yang enak, masak telur goreng yg enak

Setelah telurnya siap, kamu bisa memanaskan minyak di atas skillet atau kuali. Apinya medium-high atau panas menengah. Pecahkan telur, dan masukkan ke kuali. Tambahkan garam dan merica sesuai selera, lalu goreng selama 2 sampai 3 menit saja.

3. Memasak Telur Urak-Arik (Scrambled Eggs)

Siapkan 2 butir telur, pecahkan, tambahkan garam dan merica, lalu kocok sampai rata. Siapkan nonstick skillet, lalu lelehkan mentega. Apinya medium-low, menengah rendah, atau api kecil saja. Masukkan telur kocoknya, aduk sekitar 2 menitan, dan angkat.

4. Memasak Poached Edd

Untuk memasak telur yang satu ini memang gampang-gampang susah. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mendidihkan air, lalu menambahkan 1 sendok makan cuka. Setelah itu, pecahkan telur dan masukkan. Durasi memasaknya hanya 2 menit saja.

5. Kriteria Hasil Masakan Telur yang Sempurna

Untuk mengetahui apakah telur setengah matang itu sempurna, kamu bisa memerhatikan area sekitar kuning telurnya. Jika tidak terdapat warna kehijauan berarti bagus. Dan untuk mendapatkan hasil ini, kamu bisa memasak air hingga suhunya hangat dulu. Setelah itu, barulah telurnya dimasukkan.

Telur goreng atau mata sapi juga memiliki kriteria tersendiri. Kuning telurnya terlihat setengah matang; warnanya cerah dan tampak berair. Sementara bagian putih telurnya tampak masak. Lalu tampilannya dibikin lezat oleh pinggirannya yang berwarna cokelat dan krispi.

Masakan telur orak-arik akan terasa komplit jika teksturnya lembut. Karena itu, api yang digunakan jangan sampai terlalu panas. Api kecil saja. Menteganya juga tak perlu terlalu banyak. Biarkan dulu sampai mencair, lalu kamu bisa memasukkan telur kocoknya.

6. Cara Memisahkan Kuning Telur dengan Putih Telur

 cara memisahkan telur kuning dan putih, cara memisahkan kuning telur dan putih, cara memisahkan kuning telur dari putihnya, cara mudah memisahkan kuning dan putih telur

Teknik yang satu ini kerapkali membuat kita sebal, lantaran tangan jadi terkena putih telur. Untuk mensiasatinya, kamu bisa menyiapkan botol plastik yang higienis.

Caranya mudah. Kamu bisa memecahkan telurnya dulu dan simpan di mangkuk. Lalu remas botol plastik tepat di depan kuning telurnya. Mau tak mau kuning telurnya akan tertarik. Tahan dulu, lalu lepaskan di wadah atau mangkuk yang baru.

7. Cara Mengupas Telur Rebus agar Tidak Rusak

Hati jadi ikutan kesal karena misi mengupas telur saja bisa begitu susah. Apalagi kalau sampai lengket. Waktu mengupasnya jadi lama, dan hasilnya malah rusak. Tips gampangnya, kamu bisa merendam telur rebus di air dingin dulu. Atau, kamu juga bisa memecahkan kulit bagian tengahnya dulu, lalu guling-gulingkan telur sambil ditekan perlahan.

8. Cara Mengetahui Telur Masih Segar atau Tidak

cara mengetahui kualitas telur yang baik, cara mengetahui kualitas telr, cara menentukan kualitas telur yang baik, cara melihat kualitas telur ayam, cara mengetahui kualitas sel telur ayam kampung dan negeri, cara mengetahui kualitas semua telur unggas
via : pinterest.com

Sekilas, semua telur itu tampak sama saja. Tak ada bedanya. Barulah setelah telur itu pecah dan mengeluarkan bau tak sedap, kamu jadi tahu kalau telurnya memang sudah tak layak makan.

Tetapi ada tips mudah yang bisa kamu terapkan. Kamu hanya memerlukan baskom atau wadah berisi air. Setelah itu, kamu bisa memasukkan telur-telur yang akan dicek. Jika telurnya tenggelam sampai dasar wadah, bisa dipastikan kalau kondisinya masih baru dan segar. Semakin mengambang, maka kesegaran telurnya semakin berkurang. Kalau sudah mengambang di permukaan air, maka telur itu jelek dan tak layak konsumsi.

Nah, selamat masak! Selain sempurna dan rapi, semoga citarasanya juga enak, ya! 8 Tips Mudah Memasak dan Mengolah Telur yang Lezat dan Sempurna. #RD