12 Orang Terkaya Indonesia Versi Forbes Saat ini dan Bisnisnya

Posted on

Informasi mengenai siapa yang paling kaya di dunia atau pun Indonesia memang selalu menarik. orang-orang begitu kepo akan berapa nominal harta yang dimiliki, serta usaha apa yang dikelola sehingga penghasilannya bisa begitu besar. Tak heran kalau nama-nama orang tajir itu selalu mendunia. Kita seakan tak asing dengan nama Bill Gates, Warren Buffett, Jeff Bezos, Budi Hartono, Michael Hartono, dsb.

Lalu di tanah air sendiri, siapakah yang digadang-gadang sebagai sosok terkaya? Kita lihat hasil update Forbes, ya.Jom!

1. Budi & Michael Hartono ($17,1 miliar)

daftar orang terkaya indonesia forbes 2017-2019, daftar orang terkaya indonesia forbes, daftar orang terkaya indonesia versi majalah forbes, orang indonesia terkaya di asia tenggara, orang terkaya di indonesia 2017-2018 forbes, orang terkaya di indonesia beserta bisnisnya, orang terkaya di indonesia beserta kekayaannya, orang terkaya di indonesia beserta pekerjaannya, orang terkaya di indonesia beserta perusahaannya

Dua Hartono bersaudara ini masih mempertahankan posisi mereka sebagai orang terkaya se-Indonesia selama 8 tahun. Sumber pundi-pundi mereka yang melimpah itu datang dari perusahaan rokok kretek Djarum. Perusahaan milik ayahnya itu terus dikelola secara turun-temurun. Sekarang putra Budi, Victor, yang menjalankan bisnisnya. Kedua putra lainnya juga aktif dalam dunia bisnis.

2. Susilo Wonowidjojo dan keluarga ($7,1 miliar)

Peringkat keduanya masih berasal dari produsen rokok, yakni Gudang Garam. Perusahaan itu diketahi memiliki 36.900 karyawan, dan menghasilkan sekitar 70 miliar rokok tiap tahunnya. Meski usaha mereka mendapat kritik dan pembatasan, namun penjualan serta laba terus saja meningkat. Bisnis ini sendiri mulai berdiri sejak tahun 1958. Pasca kematian ayahandanya, Susilo kemudian menjadi presdirnya. Sementara saudara perempuannya, Juni Setiawati, menduduki posisi sebagai presiden komisioner.

3. Sri Prakash Lohia dan keluarga ($6,1 miliar)

10-20 besar orang kaya indonesia, alamat email orang kaya indonesia, aset orang kaya indonesia, berita orang kaya indonesia, bisnis orang kaya indonesia, biografi orang kaya indonesia, daftar kekayaan orang kaya indonesia, daftar orang kaya indonesia versi forbes

Pada tahun 1976, dia dan sang ayah mendirikan Indorama. Sampai sekarang mereka bisa memproduksi berbagai produk industri seperti sarung tangan medis, polipropilena, polietilena, dsb. Lohia memang tinggal di London, namun ia masih menjadi pimpinan perusahaan. Sementara kontrol bisnisnya sudah dipegang oleh sang putra, Amit. Mereka terus memperluas jaringan, salah-satu yakni dengan memproduksi pupuk di Afrika.

4. Anthony Salim dan keluarga ($5,7 miliar)

fakta orang kaya indonesia, foto orang kaya indonesia, info orang kaya di indonesia, jajaran orang kaya di indonesia, jumlah orang kaya di indonesia meningkat, jumlah orang kaya indonesia meningkat, jumlah orang kaya indonesia, kebiasaan orang kaya indonesia, kisah orang kaya indonesia

Namanya semakin dikenal ketika ia mampu membangkitkan kembali kesuksesan Salim Group pasca ditempa krisis ekonomi 1998. Waktu itu ia terpaksa menjual beberapa perusahaannya, namun ia juga mempertahankan perusahaan lain yang dinilai sangat potensial. Perusahaan itu antara lain PT Bogasari Flour Mills dan PT Indofood Sukses makmur Tbk. Putranya sendiri, Axton, yang menjadi direktur bagi Indofood. Dia dan keluarganya juga melakukan ekspansi usaha di bidang otomotif, properti, telekom, ritel, dan perbankan.

5. Eka Tjipta Widjaja dan keluarga ($5,6 miliar)

Sejak usianya masih 9 tahun, Eka sudah datang ke Indonesia. Ketika berusia 17 tahun, dia sudah berbisnis dengan menjual biskuit. Namun kini dia menjelma menjadi pengusaha dan founder Sinar Mas.

6. Chairul Tanjung ($4,8 miliar)

orang terkaya di indonesia beragama islam, orang terkaya indonesia yang beragama islam, orang islam paling kaya di indonesia, orang islam paling kaya di indonesia, orang terkaya di indonesia adalah, orang terkaya asli indonesia, orang paling kaya di indonesia sekarang, orang yang paling kaya di indonesia saat ini, urutan orang paling kaya di indonesia, www.orang paling kaya di indonesia.com, sepuluh orang paling kaya di indonesia, siapakah orang yang paling kaya di indonesia

Chairul dikenal sebagai pemilik dan pemimpin Ct Group yang sangat sukses. Namanya semakin melejit ketika dia sempat memangku jabatan sebagai Menko Perekonomian. Lelaki lulusan Fakultas Kedokteran Gigi UI ini juga membawahi beberapa perusahaan lain seperti Bank Mega, Carrefour, Transmart, Transc Corp, CT Global Resources, dll. Dia dan grupnya bahkan sudah menguasai Franchise Versace, Jimmy Choo, dan Mango.

7. Boenjamin Setiawan dan keluarga ($3,3 miliar)

Awalnya Boenjamin mendirikan Rumah Sakit Mitra Keluarga di tahun 2015. Dia dan keluarganya kemudian merancang untuk membangun 6 rumah sakit lainnya. Namun sampai sekarang, kekayaan utamanya berasal dari saham besar pada Kalbe Farma. Perusahaan obat ini memang sangat terkemuka. Saudaranya sendiri yang mendirikannya di tahun 1966.

8. Tahir ($3,1 miliar)

Dia adalah sosok di balik suksesnya Mayapada Group. Perusahaannya bergerak di bidang perbankan, real estate, dan rumah sakit. Dia juga yang memiliki lisensi untuk merilis Forbes Indonesia. Selain sebagai tokoh kaya, namanya juga populer sebagai penderma. Di tahun 2016 saja, dia mendonasikan uang sebesar $14 juta bagi pengungsi.

9. Murdaya Poo ($2,3 miliar)

Usaha utamanya, Cipta Murdaya Group, mengelola berbagai sektor bisnis. Baik itu engineering, minyak kelapa sawit, serta IT. Lelaki yang sempat berjualan koran ini bahkan sudah menjadikan perusahaannya sebagaisupplier bagi Nike. Selain itu, Jakarta International Expo miliknya juga masih menjadi pusat konvensi terbesar di ibu kota.

10. Theodore Rachmat dan keluarga ($1,98 miliar)

Pada tahun 1969, dia bergabung dengan pabrik mobil Astra International. Namun usaha kerasnya sudah membuat dia menjadi pemilik saham minoritas di perusahaan batu bara bernama Adaro Energy. Sementara putranya, Christian, sudah menjadi wakil direktur utama perusahaan itu. Sementara putranya yang lain, Arif, menjadi pengelola perusahaan kebun keluarga, yakni Triputra Argo. Rachmat juga memiliki investasi di industri karet serta kelapa sawit.

11. Putera Sampoerna dan keluarga ($1,8 miliar)

Philip Morris sudah menguasai perusahaannya dan mengembangkannya dalam industri keuangan, pertanian, kayu, dan telekomunikasi. Putera Sampoerna juga menjual kasino Les Ambassadeurs-nya yang terkemuka. Putra bungsunya, Michael, yang mengelola Sampoerna Strategic Group. Dia juga memiliki investasi di industri telekom, pertanian, kayu, dan keuangan.

12. Mochtar Riady dan keluarga ($1,78 miliar)

Ayah mertua dari Tahir ini adalah founder Lippo Group. Namun kini dua anaknya, James dan Stephen, yang mengelola bisnis tersebut. Sementara cucunya, John, terus mengelola usaha e-commerce-nya, yakni MatahariMall. Baru di tahun 2016 kemarin, putranya menjalin kerja sama dengan Grab.

Pengin masuk list juga enggak, sih? Demikian, 12 orang kaya indonesia versi forbes 2017, Bos Djarum Jadi yang Pertama Selama 8 Tahun Berturut-turut! (DBS) #RD