Tempat Berenang Bareng Ubur-ubur Tidak Beracun di Indonesia

Posted on

Apa yang Anda pikirkan Mendengar kata Jellyfish dalam Bahasa Inggris, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama “ubur-ubur” ?. Sebagian besar dari Anda pasti akan mengasosiasikan nama tersebut dengan sejenis hewan lunak yang biasa ditemukan di laut yang akan menyengat bila disentuh.

Ya, ubur-ubur biasanya akan menyengat jika merasa terancam dan rasa sengatannya bisa sangat pedih bahkan ada beberapa jenis yang bisa menyebabkan kematian. Inilah kenapa ubur-ubur menjadi hewan yang dihindari saat kita sedang berenang di laut. Akan tetapi, tahukah Anda ada beberapa jenis ubur-ubur yang tidak menyengat? Ya, kita bisa berenang dengan bebas dan tanpa kuatir akan disengat ubur-ubur tersebut. Dan tahukah Anda, lokasi habitat tinggal ubur-ubur yang tidak menyengat dan tidak beracun itu ada di Indonesia. Mau tahu di mana saja? Yuk, kita tengok!

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Gemez sama si kenyel kenyel #jellyfishdanaukakaban

A post shared by Irene Mega Kurnia (@irenemegakurnia) on


Salah satu daya tarik Danau Kakaban adalah bagaimana para turis atau pelancong bisa dengan nyaman berenang di danau tanpa khawatir akan disengat oleh ubur-ubur. Di danau yang terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur ini terdapat empat jenis spesies ubur-ubur yang tidak seperti ubur-ubur pada semestinya. Keempat spesies ubur-ubur tersebut bukanlah jenis yang menyengat. Inilah mengapa para pelancong yang mendatangi Danau Kakaban bisa merasakan sensasi berenang bersama dengan ubur-ubur secara nyaman.

Kalian boleh-boleh saja menyentuh ubur-ubur atau sekedar berenang di dekat hewan yang lucu tersebut. Akan tetapi, menurut pemandu wisata di Danau Kakaban, kalian dilarang untuk mengangkat ubur-ubur tersebut keluar dari air. Alasannya adalah karena ubur-ubur tersebut sangat rapuh jika berada di luar air Anda akan cepat mati. Turis juga dilarang untuk menggenggam ubur-ubur di Danau Kakaban. Lagi-lagi karena struktur tubuh ubur-ubur tersebut cenderung lebih rapuh dibandingkan ubur-ubur biasanya. Jika Anda menggenggamnya, dikhawatirkan genggaman Anda akan meremas habis si ubur-ubur.

Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan


Jika turis bisa berenang sepuasnya bersama ubur-ubur di Danau Kakaban, hal yang serupa juga bisa dilakukan di Kepulauan Togean yang merupakan bagian dari propinsi Sulawesi Selatan. Di perairan Kepulauan Togean, turis akan bisa dengan mudah menemukan ubur-ubur yang berenang. Tapi bukannya menghindari ubur-ubur tersebut, biasanya turis malah akan mendekatinya karena tahu bahwa ubur-ubur tersebut bukanlah tipe yang bisa menyengat. Dengan demikian turis bisa merasakan sensasi berenang bersama ubur-ubur yang berbeda.

Untuk jenis ubur-ubur yang berada di perairan Kepulauan Togean ini memiliki ciri-ciri berwarna putih dengan semburat kecokelatan. Sangat menyenangkan melihat ubur-ubur yang aman dan tanpa sengat berenang-renang dengan bebas di perairan yang menawan. Melihat hal tersebut, sudah bisa dipastikan Anda ingin berenang bersama. Akan tetapi, disarankan agar Anda tidak menggunakan kaki katak atau biasa juga disebut fin saat berenang bersama ubur-ubur karena dikhawatirkan sapuan kaki katak saat Anda berenang bisa melukai ubur-ubur.

Misool, Papua Barat

danau ubur-ubur di indonesia, jenis ubur ubur di indonesia, ubur ubur wikipedia bahasa indonesia, ubur ubur wikipedia indonesia, ubur ubur yang ada di indonesia, ubur ubur indonesia, penghasil ubur ubur di indonesia, persebaran ubur-ubur di indonesia, potensi ubur-ubur di indonesia, spesies ubur-ubur tidak menyengat beracun di indonesia
via : marischkaprudence.blogspot.co.id

Misool sudah terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang menawan. Dan pesona tersebut semakin bertambah dengan kenyataan bahwa perairan Misool juga merupakan habitat alami ubur-ubur yang tidak menyengat khususnya di area danau air asin Misool. Jika Anda melancong ke Misool, Anda bisa menemukan tidak hanya satu tapi tiga danau air asin. Anda bisa memilih danau manapun yang ingin Anda kunjungi dan semuanya dihuni oleh ubur-ubur yang tidak menyengat. Mau Berenang Bareng Ubur-ubur Tidak Beracun di Indonesia? Di sini Lokasinya (Dari berbagai sumber) #IL