5 Cara Mudah dan Sederhana Agar Ular Tidak Mau Masuk Rumah Kita

Posted on

Ular adalah hewan reptil yang memiliki wujud khas. Ia melata, bertubuh panjang, tak memiliki kaki, bersisik, dan sebagian memiliki bisa yang berbahaya. Karena terkesan misterius dan menakutkan, mayoritas dari kita pasti akan menghindarinya.

Hewan ini berkembang pesat ke berbagai spot. Ada yang hidup di gunung, gurun, hutan, persawahan, rawa, danau, sungai, lautan, bahkan sampai ke lingkungan pemukiman. Sebagai karnivora, mereka memakan hewan apa saja yang sekiranya berukuran lebih kecil.

Mereka menyantap burung, kodok, ikan, reptil lain, mamalia, termasuk juga telur-telurnya sendiri. Kalau ularnya berukuran besar seperti sanca kembang atau piton, bisa jadi mangsanya pun berukuran jumbo. Entah itu rusa, kambing, kijang, bahkan mungkin manusia. Hal ini tentu semakin membuat kita ngeri terhadap ular, dan tak pernah mau kalau hewan itu bisa masuk ke perumahan.

Lalu, bagaimana cara sederhana agar ular enggan masuk rumah? Jom!

1. Pakai Keset Ijuk

cara agar ular tidak masuk rumah, cara alami agar ular tidak masuk rumah, cara ampuh agar ular tidak masuk rumah, cara membuat ular tidak masuk rumah, cara menangkal agar ular tidak masuk rumah, cara mencegah agar ular tidak masuk ke dalam rumah, cara mencegah agar ular tidak masuk rumah, cara mencegah supaya ular tidak masuk rumah, cara mencegah ular tidak masuk rumah

Rasa takut bisa menjalar di diri seekor ular apabila ada ijuk di sekitar rumah, termasuk keset dan sapu. Mereka memang sensitif terhadap ijuk, yang notabene memiliki tekstur tajam dan kasar. Jadi selain sebagai keset, kita bisa menggunakan ijuk untuk menghalau ular yang hendak masuk.

2. Menjaga Rumah agar Tetap Wangi

cara mengantisipasi agar ular tidak masuk rumah, cara mengatasi agar ular tidak masuk ke rumah, cara mengatasi agar ular tidak masuk rumah, cara mengatasi ular supaya tidak masuk rumah, cara mengatasi ular tidak masuk rumah, cara menghalau ular agar tidak masuk rumah, cara menghindari agar ular tidak masuk rumah, cara mengusir ular agar tidak masuk ke dalam rumah, cara mengusir ular agar tidak masuk ke rumah

Sebaliknya dari manusia, ular justru sangat membenci wewangian. Mereka tidak suka mencium harum parfum, pewangi ketika ngepel, atau pun pengharum ruangan. Untuk itu, usahakan agar kamu tetap menjaga kebersihan dan aroma harum rumah. Selain lebih nyaman dan asyik, trik ini bisa membuat ular jadi ciut.

3. Jangan Sampai Ada Lubang

Sebagaimana yang kita, ular itu sangat gesit. Di mana ada lubang, di situ mereka bisa beraksi dengan leluasa. Apalagi mereka cenderung terus mencari celah untuk masuk ke sana-ke mari, termasuk ke dalam rumah. Karenanya, dianjurkan agar kita peka terhadap lubang yang ada dan segera menutupnya.

4. Cek Area Pojok Taman

Poin yang satu ini berlaku bagi kamu yang memiliki taman di rumah. Sebaiknya kamu rutin memeriksa area tersebut. Hati-hati jika ada tumpukan bebatuan diserta udara yang lembab. Bisa jadi tempat itu akan jadi spot favorit para ular.

5. Rapikan Pohon yang Menjalar

Tak ada salahnya untuk tetap waspada ketika ada pohon yang menjalar sampai rumah. Sebaiknya babat atau potong saja, sebab ular yang melata dengan mudahnya. Lebih lagi menjalar menelusuri ranting pohon itu merupakan keahliannya.

Kita tak direkomendasikan untuk menyakiti binatang apa pun. Namun jika berbahaya, sebaiknya melakukan tindakan pencegahan agar hewan itu tidak dekat-dekat ke area tempat tinggal. Demikian, 5 Cara Mudah Sederhana Agar Ular Tidak Mau Masuk Rumah Kita. #RD