Bahaya dan Efek Samping Seblak Bagi Kesehatan, Benarkah Memicu Usus Buntu?

Posted on

Benarkah Seblak Bisa Memicu Usus Buntu dan Penyakit Lainnya?

Ada yang belum tahu seblak? Makanan khas Sunda Jawa Barat semakin ngehits setelah banyak lidah yang mencicipi, menyukai, dan ketagihan padanya. Awalnya seblak berbahan dasar kerupuk basah yang direbus dan diberi bumbu khusus. Ada bawang merah, bawang putih, kencur, garam, cabe, dan penyedap rasa. Sebagian ada juga yang menambahkan kunyit.

akibat kebanyakan makan seblak, akibat sering makan seblak, akibat terlalu sering makan seblak, bahaya makan seblak setiap hari, bahaya makan seblak tiap hari, dampak makan seblak setiap hari, dampak terlalu sering makan seblak, efek kebanyakan makan seblak efek keseringan makan seblak, efek makan seblak, efek makan seblak setiap hari

Kerupuk gurih, pedas, dan segar tersebut kemudian dicampur dengan makanan lain seperti mie dan yang berprotein seperti telur, olahan daging sapi, ayam, dsb. Namun seiring popularitasnya yang meninggi, kini kita bisa menemukan aneka olahan seblak, baik yang kering mau pun yang basah. Kita pun mengenal seblak ceker ayam, seblak makaroni, seblak baso, seblak mie basah, seblak siomay, seblak kwetiaw, seblak kikil, dll.

Kisah Viral Seblak Penyebab Usus Buntu

efek makan seblak tiap hari, efek makanan seblak, efek samping dari seblak, efek samping makan seblak, efek samping makanan seblak, efek samping seblak, efek seblak, efek sering makan seblak, efek terlalu banyak makan seblak, bahaya dari makanan seblak, bahaya dari makanan seblak, bahaya kerupuk seblak, bahaya keseringan makan seblak

Namun kemarin-kemarin, reputasi seblak langsung anjlok. Ceritanya ada akun Facebook bernama Desy Puspita Yulida yang membagikan kisahnya terkait seblak. Dia sharing tentang sakit usus buntu yang diderita putri kecilnya. Buah hatinya itu sampai merasa sakit perut, muntah-muntah, diare, dan asam lambungnya naik.

Dokter spesialis bedah anak sempat menanyakan apakah putrinya suka memakan seblak, dan jawabannya memang iya. Sang dokter kemudian mengatakan kalau ratusan pasien dalam setahun datang karena kasus yang sama, dan penyebabnya juga sama, yakni seblak. Bu Desy sempat berkilah kalau putrinya tidak begitu suka pedas. Namun dokter menyatakan kalau cabe atau pedas pada seblak bukan faktor utama penyebab usus buntu.

Sang dokter mengklaim kalau kerupuk mentah yang disimpan dalam air dan berubah kenyal tanpa hancur sama sekali bisa jadi menjadi dalang utamanya. Makanan itu kemudian masuk ke usus dan mengusik fungsinya. Curahan hati sekaligus informasi ini tentu menarik perhatian para netizen.

Mayoritas tentu saja menyampaikan rasa simpati. Namun ada juga yang penasaran akan keterangan Bu Desy yang menyebutkan kalau kerupuk menjadi biang utama di balik penderitaan putrinya. Benarkah demikian?

Apakah Benar Kerupuk Seblak Bisa Memicu Usus Buntu?

bahaya makan seblak setiap hari, bahaya makan seblak tiap hari, bahaya makan seblak, bahaya makanan seblak, bahaya mengkonsumsi seblak, bahaya mie seblak, bahaya seblak bagi kesehatan, bahaya seblak basah, bahaya seblak untuk ibu hamil, bahaya seblak, bahaya sering makan seblak, bahaya terlalu banyak makan seblak, bahaya terlalu sering makan seblak, bahayanya makan seblak, bahayanya seblak

Kesaksian Bu Desy mendapat berbagai tanggapan, termasuk juga dari seorang ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Hardiansyah. Beliau menyatakan pada Kompas kalau kerupuk kenyal penyebab penyakit usus buntu itu tidak masuk akal. Pasalnya, makanan yang masuk ke lambung itu otomatis akan dihancurkan dan dicerna. Makanan yang masuk ke usus pasti sudah dalam bentuk partikel kecil. Lain lagi kalau apa yang dimakannya itu sangat keras, misalnya batu dan biji jambu.

Hardiansyah menambahkan kalau faktor yang mengundang usus buntu itu bisa sangat beragam. Misalnya ada endapan biji cabai sampai menimbulkan infeksi, atau sering mengonsumsi makanan yang tidak bersih. Ada juga mantan pasien usus buntu yang menambahkan kalau penyebab lainnya bisa datang karena asam lambung tinggi, kurang minum air putih, perut kosong langsung makan seblak pedas, dan penyebab lainnya.

Well, bagaimana menurutmu? Apa kamu langsung “trauma” atau “ilfil” dengan seblak? Benarkah Seblak Bisa Memicu Usus Buntu? Karena Pedas dan Kerupuk Mentahnya? RD