6 Presiden Terlama Menjabat “Memimpin Sebuah Negara” di Dunia

Posted on

Bicara tentang pemimpin atau penguasa terlama suatu negara, kita mungkin akan teringat pada Raja Thailand Bhumibol atau Ratu Inggris Elizabeth.

Namun jika membahas tentang presiden, mayoritas negara di dunia memberikan batasan waktu menjabat untuk para presidennya. Demikian juga dengan Indonesia, yang memberikan kesempatan selama 5-10 tahunan. Kecuali Presiden Soeharto, yang ternyata harus memangku amanah selama 30 tahunan.

Namun rupanya, ada pemimpin lain yang mengenyam jabatan di waktu yang lebih panjang. Memang ada beberapa negara yang “terpaksa” memperpanjang usia jabatan presiden. Alasannya sendiri bisa bermacam-macam. Entah itu perang saudara, belum adanya figur pengganti, atau mungkin ada penolakan tegas dari presidennya untuk menyerahkan tahta kekuasaan pada yang lain.

Siapa saja mereka dan berapa lama menjabatnya? Jom!

1. Omar Bongo (42 tahun menjadi Presiden Gabon)

presiden terlama menjabat didunia, siapakah presiden terlama di dunia, presiden terlama memerintah

Lelaki bernama asli Albert-Bernard Bongo ini menjabat presiden dari 2 Desember 1967 sampai meninggal pada 08 Juni 2009. Dia mengawali karier sebagai wakil presiden bagi Leon M’ba. Namun begitu sang presiden meninggal, dia pun diberi amanah untuk bertahta. Di tahun 1973, ia masuk Islam dan mengganti namanya menjadi El Hadj Omar Bongo Ondimba. Rakyat mengenalnya sebagai sosok yang menjaga kedamaian negara, sekaligus bisa memerintah tanpa harus bersikap brutal.

2. Muammar al-Gaddafi (42 tahun menjadi Presiden Libya)

presiden paling lama menjabat dunia, presiden yang paling lama menjabat di dunia, presiden paling lama menjabat di dunia

Pasca berhasil merebut kekuasaan dalam kudeta militer, Qaddafi menjadi penguasa otokratis de facto. Dia mengklaim dirinya sebagai ‘King of Kings’, ‘the Brother Leader’, dan ‘Guide of the Revolution’. Di rezimnya, oposisi dihapuskan dan kehidupan warga dibatasi.

Sampai kemudian gerakan penentang Gaddafi terus tersebar. Pengadilan Pidana Internasional pun terus memburunya atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan. Hal itu membuat pergerakannya tersendat. Asetnya yaang sebanyak miliaran dolar pun dibekukan di seluruh tempat. Lalu di tahun 2011, sang presiden diberitakan meninggal akibat luka parah di kepala dan kedua kakinya. Poto-poto mayatnya yang penuh darah pun sempat dipublikasikan.

3. Kim Il Sung (46 tahun menjadi Presiden Korea Utara)

jabatan presiden terlama di dunia, masa jabatan presiden terlama di dunia, nama presiden terlama di dunia, presiden dengan jabatan terlama di dunia

Sebelum naik tahta, politikus komunis ini lebih dulu menjadi perdana menteri. Dia kemudian memangku jabatan tertinggi Korut pada tahun 1948, dan berakhir ketika ia meninggal pada 08 Juli 1994. Menurut konstitusi negaranya, dia adalah presiden abadi Korut. Dia juga dipandang sebagai pemimpin besar. Tanggal lahirnya saja, 15 April, dijadikan hari libu nasional.

4. Chiang Kai-shek (47 tahun menjadi Presiden)

presiden paling lama berkuasa di dunia, presiden terlama berkuasa di dunia, presiden terlama di dunia, presiden terlama memimpin di dunia, presiden terlama menjabat di dunia, presiden tertua di dunia saat ini

Di Partai Kuomintang (KMT) atau nasionalis, dia adalah salah-satu anggota yang paling berpengaruh. Dia juga menjadi sekutu dekat bagi pimpinan KMT Sun Yat sen. Begitu sang pemimpinan meninggal, Chiang langsung maju sebagai penggantinya. Namun mereka memiliki perbedaan pandangan. Chiang lebih konservatif, menolak demokrasi barat, senang mempromosikan budaya tradisional, dan kurang begitu selaras dengan orang-orang komunis.

Hal ini sempat menciptakan hubungan yang kurang harmonis antara kelompok nasionalis dengan konumis. Mereka tidak saling memercayai dan seakan tak bisa diajak kerja sama. Gongnya ketika terjadi perang saudara diantara mereka. Chiang sampai harus mundur ke wilayah, yang sekarang dikenal sebagai Taiwan. Kesimpulannya, dia memerintah selama 22 tahun di daratan Tiongkok, dan selama 26 tahun di Taiwan.

5. Fidel Castro (Presiden Kuba, 32 Tahun)

presiden dengan masa jabatan terlama di dunia, presiden yang paling lama berkuasa di dunia, president terlama di dunia, urutan presiden terlama di dunia

Sosok kontroversial ini menyita perhatian dunia ketika ia dilaporkan wafat pada 25 November 2016, tepatnya di usia yang ke-90 tahun. Setelah berkarier cukup lama, Fidel sukses mencapai puncak kepresidenan pada 02 Desember 1976. Dia berkuasa sampai tahun 2008. Selanjutnya dia menjadi komandan militer Kuba.

Para simpatisan atau pendukungnya memandang Castro sebagai tokoh anti-imperialisme, pahlawan sosialisme, dan bisa membawa kemajuan ekonomi Kuba. Namun para kritikus justru memandangnya sebagai figur yang diktator, melecehkan HAM, menjadi dalang di balik eksodus besar-besaran rakyatnya, dan memunculkan kemiskinan juga. Meski demikian, rakyat tetap mengkhawatirkan keadaannya pasca beredar kabar kalau kesehatannya memburuk. Begitu meninggal pada pukul 22.29, pemerintah menyatakan hari berkabung nasional berlangsung selama 9 hari.

6. Presiden Soeharto (Presiden Indonesia, 30 Tahun)

nama presiden terlama di indonesia, presiden terlama 30 tahun, presiden dengan masa jabatan terlama di indonesia, presiden indonesia dengan jabatan terlama, presiden indonesia dengan masa jabatan terlama, presiden indonesia paling lama menjabat, presiden paling lama menjabat di indonesia

Jika Indonesia memiliki presiden dengan masa bakti lebih dari 10 tahun (lagi), bagaimana menurutmu? 6 Presiden dengan Jabatan Terlama di Dunia. #RD