Jurnal Pemanfaatan Kulit Kacang Tanah, Sayang Kalau Dibuang!

Posted on

Orang bilang, kalau sudah makan kacang itu sulit berhenti. Apalagi kalau ditemani orang-orang asyik, kopi pahit, dan topik menarik. Tentu pesona kacang semakin membius saja. Lupakan efek kacang yang katanya bikin jerawatan, yang penting suasana hati jadi fun.

Siapa yang kepikiran kalau kulit kacang bisa mengundang aneka khasiat yang mencengangkan? Tak hanya kacang, kita sendiri pun sering melupakan kulitnya. Ya, mayoritas dari kita hanya mengupas kacang untuk mengonsumsi isinya saja, kulitnya ya dibuang.

Bicara tentang kulit kacang, kita pasti teringat akan kulit arinya yang tipis. Kulit ini sering terbawa ke mulut dan termakan. Sementara kulit yang sudah pasti dihindari yaitu yang kerasnya.Padahal bagian yang satu ini memendam manfaat yang mengagumkan dan tidak disangka-sangka. Manfaat apa, sih? Jom!

manfaat makan kulit kacang tanah, manfaat tepung kulit kacang tanah, pemanfaatan kulit kacang tanah, jurnal kandungan kulit kacang tanah, jurnal pemanfaatan kulit kacang tanah, kandungan gizi kulit kacang tanah, kandungan kimia kulit kacang tanah, kandungan kulit ari kacang tanah, kandungan kulit kacang tanah, kandungan kulit kacang tanah pdf, kumpulan kandungan kulit kacang tanah, manfaat kulit kacang tanah, manfaat kulit kacang tanah bagi kesehatan, manfaat kulit kacang tanah untuk asam urat

Kulit Kacang Jadi Pupuk Organik (+cara pembuatannya)

Dilansir dari Eprints.ums.ac.id (29/09/2017), menurut hasil penelitian Prasetyo Utomo dkk Universitas Muhammadiyah Surakarta, kulit kacang tanah kaya akan selulosa, kitin, hemiselulosa, dan lignin. Semua senyawa itu bisa menjadi bahan baku alami pupuk.

Cara pengolahannya yakni dengan mengumpulkan kulit kacang sebanyak 1 ember, hancurkan sampai halus, dan rendam. Buang airnya. Siapkan juga setengah gelas jamur Trichoderma sp dan cairkan dengan 1 liter air. Campurkan dengan kulit kacang yang sudah halus, aduk, dan tutup embernya rapat-rapat. Diamkan saja campuran itu selama 2 pekan. Pupuk organik kulit kacang pun siap dimanfaatkan.

Kulit Kacang Menjadi Bio Charcoal atau Arang Aktif

Mugiyono Saputro dari Fakultas Teknik UNDIP melakukan penelitian dan mempublikasikan hasilnya via Eprints.undip.ac.id. Kesimpulannya, kulit kacang bisa menjadi arang aktif. Untuk mengubahnya ada 2 cara utama yang digunakan. Kita bisa menggunakan cara sederhana, yakni dengan mengoven pada suhu sekitar 600-900 derajat celcius. Sebelum masuk oven, pastikan kulit kacangnya dijemur dulu sampai benar-benar kering. Kita juga bisa mengolahnya secara kimiawi, yakni dengan menggunakan zat aktivator seperti KOH, ZnCl2, serta H2SO4.

Salah-satu khasiat penting dari arang aktif yaitu sebagai adsorben, alias penyerap logam berat atau senyawa racun. Arang ini pun bisa berperan dalam memurnikan berbagai cairan. Dilansir dari Arangbriketindonesia.com (13/06/2013), arang aktif bahkan bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, serta menghilangkan bintik hitam. Selain itu, arang aktif diketahui bisa menyerap bau badan. Cukup oleskan, diamkan, lalu cuci hingga bersih.

Kulit Kacang Membantu Menghilangkan Plak Gigi

Dilansir dari Republika, kita bisa menggunakan kulit kacang untuk mengurangi plak. Caranya cukup mudah. Ambil segenggan kuli kacang. Rebuslah dengan segelas air. Setelah beberapa menit, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur atau sikat gigi. Semakin rutin, hasilnya bisa semakin terlihat jelas.

Siap jadi orang yang tidak lupa kulit kacang? Demikian, Kumpulan Manfaat Penting Kulit Kacang Tanah, Sayang Kalau Dibuang! #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =