Tak Disangka! Ini Dia 5 Khasiat Utama Biji Buah Nangka

Posted on

Biji buah nangka menjadi salah-satu benda bermanfaat yang sering dibuang begitu saja. Loh memang manfaatnya apa?
Ketika menikmati buah nangka (artocarpus heterophyllus), kamu pasti langsung terbuai dengan aroma dan rasanya yang manis. Sementara itu kamu seringkali lupa pada bijinya keras dan dibalut oleh lendir yang licin. Padahal sang biji (ese) beton ini juga menyimpan manfaat tak terduga. Apa saja? Jom!

kandungan kimia biji nangka pdf, khasiat biji nangka pdf, klasifikasi ikan biji nangka pdf, makalah biji nangka menjadi susu, makalah pemanfaatan biji nangka menjadi susu, makalah pemanfaatan limbah biji nangka menjadi susu, manfaat biji nangka pdf, masakan ikan biji nangka, pemanfaatan biji nangka menjadi susu, pemanfaatan biji nangka pdf, pengolahan biji nangka menjadi susu

1. Biji Nangka Menjadi Sumber Karbohidrat, protein, Vitamin, dan Mineral

Penelitian Salma Hayati dari Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2009 menyebutkan, 100 gr biji nangka mengandung 4,2 gr protein, 36,7 gr karbohidrat, serta kandung lain seperti lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B1, dan vitamin C. Nutrisinya yang sangat kaya bisa bermanfaat bagi tanaman baru agar tumbuh kuat sampai ia bisa mencari sumber nutrisi sendiri. Karena itu, pangan berupa biji nangka ini sangat bagus untuk kesehatan.

2. Biji buah nangka bisa diolah atau dikombinasikan

Sebagian besar dari kita akan merebus biji buah nangka kalau ingin mengonsumsinya. Padahal cara penyajiannya berbeda-beda. Biji buah ini bisa dipanggang, dibakar, dan dijadikan tepung susu dll. Caranya yaitu dengan dijemur. Kalau sudah kering, biji tersebut barulah ditumbuk sampai halus.

Tepungnya sendiri bisa diolah menjadi roti bolu atau pudding. Fmipa.uny.ac.id (23/02/2011) bahkan mengklaim kalau biji nangka bisa difermentasi menjadi tempe dengan bantuan ragi. Lalu Iqbal Nusa dkk juga mempublikasikan jurnal ilmiah via Agrium (vol.19/no.1/10/2014), yang isinya menyatakan kalau biji beton bisa menjadi bahan untuk pembuatan dodol, minuman, yoghurt, serta sereal instan.

3. Biji buah nangka bisa mencegah aneka penyakit

Dilansir dari ccrc.farmasi.ugm.ac.id (retrieved 03/09/2017), ternyata bioaktivitas nangka itu terbukti secara empirik sebagai antivirus, antikanker, antiimflamasi, antihipertensi, dan diuretil (Ersam, 2001). Kompas.com (05/05/2011) menyebutkan kalau biji nangka bisa mencegah sembelit atau konstipasi, dan mengatasi anemia karena kandungan zat besinya tinggi juga.

4. Biji buah nangka bisa dijadikan bioetanol

Bioetanol adalah bahan bakar atau energi alternatif yang ramah lingkungan. Penelitian Agung Purwanto dalam eprints.undip.ac.id (retrieved 03/09/2017) menjabarkan cara pengolahan biji nangka menjadi bioetanol.

Pertama-tama potong biji nangka, jemur sampai sering, lalu haluskan sampai menjadi tepung. Setelah itu masak dengan air sampai mirip bubur. Lakukan fermentasi menggunakan ragi selama 24 jam. Lakukan fermentasi tahap kedua, sampai kamu bisa mendapatkan etanol. Cairan ini sendiri bisa dimurnikan dengan jalan penyulingan atau destilasi.

5. Biji buah nangka untuk kecantikan wajah

Rupanya biji buah nangka bisa dimanfaatkan untuk membuat masker. Fungsinya sendiri untuk mengangkat kulit mati, mengencangkan, dan mencerahkan. Kulit pun jadi terhindar dari risiko keriput.

Untuk pembuatannya sendiri, kamu bisa memanggang biji nangka dalam oven, haluskan, campurkan dengan perasan jeruk nipis serta madu. Setelah diaduk, balurkan secara merata pada wajah. Diamkan dulu selama sekitar 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Lebih baik maskernya digunakan secara rutin seminggu sekali.
Bagaimana? Jadi berpikir dua kali ‘kan untuk membuang biji nangka? Tidak Disangka! Ini Dia 5 Khasiat Utama Biji Buah Nangka. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 6 =