Mengapa Tanda Tangan Dibuat, Apa sih Fungsinya ?

Posted on

Tahukah kamu fungsi dari tanda tangan? Biasanya, tanda tangan digunakan dalam pengesahan dokumen. Khususnya ketika kamu berusia 17 tahun, kamu harus tanda tangan di saat pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pengertian Tanda Tangan

membuat tanda tangan digital, membuat tanda tangan online, membuat tanda tangan di email, membuat tanda tangan di gmail, cara membuat tanda tangan di word, cara membuat tanda tangan online

Dalam bahasa Inggris, tanda tangan disebut signature, yang bersumber dari kata Latin “signare”, artinya “tanda” atau tulisan tangan dari nama seseorang yang diberi gaya tulisan tertentu.

Tanda tangan juga berarti tanda indentifikasi lainnya yang dibuat pada dokumen sebagai suatu bukti dari identitas dan kemauan.

Sedangkan pengertian tanda tangan menurur Yahya Harahap (2001:544), tanda tangan adalah dokumen tertulis (tidak mesti di atas kertas) yang selanjutnya dapat digunakan sebagai alat bukti dalam hukum acara perdata.

Apa Fungsi Tanda Tangan?

Umumnya, tanda tangan diambil dari nama orang itu sendiri, bisa nama panggilan ataupun nama lengkap. Masing-masing orang mempunyai gaya yang berbeda dan unik dalam penulisan ataupun pembuatan tanda tangan.

Tanda tangan diperlukan dalam pembuatan surat atau suatu dokumen. Tanda tangan memiliki fungsi sebagai bukti keaslian dari surat ataupun dokumen. Selain itu, tanda tangan juga untuk menunjukkan keaslian identitas dari si penulis surat atau orang-orang yang terkait dengan isi surat atau dokumen tersebut.

Surat/dokumen dapat diragukan keasliannya apabila ditemukan suatu kejanggalan pada tanda tangan yang tertera di dalamnya.

Misalnya, tanda tangan yang tertera tidak sama dengan KTP atau kartu identitas lain sehingga keaslian surat/dokumen tidak dapat dibuktikan secara hukum acara perdata.

Buat kamu yang masih pelajar dan belum memiliki KTP, sering mengganti tanda tangan memang tidak menjadi masalah. Akan tetapi, kalau sudah memiliki KTP jangan berganti-ganti tanda tangan yah!

Pasalnya, semua surat/dokumen hanya dapat dibuktikan keasliannya jika di dalamnya tertera tanda tangan kamu yang sesuai dengan yang tertera di KTP. Bila ada perbedaan, maka dokumen tersebut dapat diragukan keasliannya.

Arti Pentingnya Tanda Tangan dari Segi Hukum di Negara Indonesia

Syarat penandatanganan suatu surat/dokumen ditegaskan dalam Pasal 1 Ordonasi Tahun 1867 Nomor 29 yang berisi mengenai ketentuan tantang kekuatan pembuktian dari tulisan-tulisan di bawah tangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Yahya Harahap (2005:560) juga menuturkan bahwa tanda tangan merupakan hal yang penting sebagai syarat sah suatu surat/dokumen.

Surat atau dokumen dinyatakan sah apabila ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatannya. Terlebih lagi bila surat tersebut memuat pernyataan atau kesepakatan yang terang dan jelas.

Surat/dokumen yang tidak ditandatangani maka tidak sempurna dari segi hukum sebagai surat atau akta sehingga dinyatakan tidak sah bila dipergunakan sebagai alat bukti tulisan dalam suatu proses hukum.

Perihal syarat penandatanganan surat/dokumen ini juga diatur dalam Pasal 1869 s/d Pasal 1874 KUH Pdt serta Pasal 1 Ordonasi 1867 No 29 yang memuat ketentuan tentang kekuatan tulisan surat/akta/dokumen yang harus ditandatangani oleh para pihak.

Nah, bagaimana dengan uraian di atas? Sekarang kamu sudah tahu kan fungsi dan arti pentingnya tanda tangan dalam menentukan sah atau tidaknya suatu dokumen? Semoga informasi di atas bermanfaat yah sob! Beberapa Fungsi tanda tangan yang Harus Kamu Ketahui. #AD