10 Negara Penghasil Susu Sapi Terbanyak di Dunia

Posted on

Apa kamu termasuk pencinta susu sapi?

Sudah berabad-abad lamanya cairan bergizi ini kita konsumsi. Kemungkinan dahulu orang mengonsumsinya secara langsung. Namun sekarang orang-orang terlebih dahulu melakukan aneka proses, memastikan kalau bakteri berbahaya di dalamnya bisa dimusnahkan dulu.

Selain itu, orang juga kerap mengolahnya, sehingga susu sapi tak hanya menjadi minuman belaka. Kita bisa memakannya dalam bentuk keju, yogurt, es krim, mentega, dan aneka bahan makanan lainnya. Dalam keadaan mentah, 87% komposisi kimiawinya adalah air. Sisanya, 13%, merupakan komponen makanan seperti lemak mentega, laktosa, whey, protein kasein, serta abu (mineral dan vitamin).

Lalu, negara mana yang menghasilkan susu sapi terbanyak? Berikut daftarnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Jom!

10 negara penghasil susu sapi, 10 negara penghasil susu sapi terbesar di dunia, negara penghasil susu sapi terbesar, negara susu sapi, negara apa penghasil susu paling banyak di dunia, negara yang menghasilkan susu terbanyak di dunia

10. UK / Britania Raya  (13,9 miliar kg)

Di UK, usaha peternakan sapi perah sudah lama beroperasi, dan semakin berkembang menghasilkan susu yang lebih banyak. Tak heran kalau mereka menjadi produsen susu sapi terbesar urutan ke-10 di dunia. Sementara di kawasan Eropa sendiri, United Kingdom menduduki ranking ke-3. Hanya saja, ketidakstabilan jumlah sapi perah menjadi sumber kekhawatiran tersendiri. Bahkan 61% produsen susu sapi yang terdaftar pun cenderung menurun.

9. Turki (16,7 miliar kg)

Sebenarnya, peternakan sapi perah di Turki itu relatif kecil jika dibandingkan dengan wilayah dunia lainnya.Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, produksinya meroket.  Beberapa produsen sapi utama di Turki yaitu Izmir, Aydin, Balikesir, Konya, Denizli, Edirne, Bursa, dsb. Dua dari sekian faktor pendukungnya yaitu peningkatan jumlah sapi dan produksi laktasi. Pemerintahnya juga ikut membantu, termasuk dengan meningkatkan jumlah demand atau permintaan domestik. Selain itu, para produsen juga mengekspor susunya ke Uni Eropa.

8. New Zealand (18,9 miliar kg)

Jika diprediksi, negara kepulauan ini memiliki 5 juta sapi perah. Rata-rata ukurannya terus meningkat. Sebagian sapi tersebut didapatkan dari kawasan North Island.

Negara ini pun mampu mengeskpor produk olahan sapi seperti susu bubuk, keju, mentega, dan krim. Negara-negara yang sudah menjadi pelanggan setianya yaitu Arab Saudi, Mesir, Thailand, Korea Selatan, Jepang, dll. Adanya peruhan iklim mendorong pemerintah untuk menggunakan teknologi terbaru serta sumber daya yang lebih baik dan berkualitas.

7. Prancis (23,7 miliar kg)

Dengan eksisnya sekitar 70 ribu peternakan sapi di sana, bisa disimpulkan kalau industri ini memang penting dan berpengaruh. Di Eropa sendiri, Prancis menjadi negara produsen susu sapi terbesar ke dua pasca Jerman. Mereka memiliki sekitar 3,6 juta sapi perah beserta aneka fasilitas pengolahannya. Mayoritas perusahaan mengolah susu menjadi susu bubuk dan keju, dan mengekspornya ke Jerman serta Italia.

6. Rusia (30,3 miliar kg)

Rusia masih bertengger di 6 besar produsen susu sapi, padahal keadaannya tengah goncang. Masalahnya jumlah sapi mereka berkurang, dan penggunaan teknologi pengolahan susu tradisionalnya pun menurun. Namun upaya keras membuat produksi susu tetap stabil.

Permintaan dari dalam negeri, khususnya Moscow, memang masih tinggi. Negara pun ikut menanggulangi permasalahan ini dengan cara berinvestasi demi menghasilkan breeds atau peranakan sapi yang lebih baik. Mereka juga membangun sentra peternakan di Tiongkok. Dengan demikian, demand domestik yang meningkat masih bisa terpenuhi.

5. Jerman (31,1 miliar kg)

Di kawasan Uni Eropa, Jerman duduk di puncak sebagai produsen susu sapi. Mereka memiliki lebih dari 4,2 juta sapi perah. Hanya saja, mereka terus berjuang menghadapi aneka masalah yang mendera. Para peternak keberatan dengan trend harga tanah yang terus naik, sedangkan tenaga kerja berkualitasnya malah menurun.

4. Brazil (34,3 miliar kg)

Dulu, Brazil menjadi importir besar susu sapi. Namun kini, mereka justru menjelma menjadi penghasil susu sapi terbesar. Dua kunci utama yang mensukseskan industri ini yaitu dukungan penuh dari pemerintah, serta rendahnya biaya produksi yang mesti dikeluarkan.

Sektor susunya berkaitan erat dengan India, sebab sapi-sapi ‘Gir’ yang ada memang asli dari Gujarat. Sapi tersebut dikenal bisa menghasilkan susu dalam jumlah besar. Produksi ini pun mampu menyerap sekitar 1 juta tenaga kerja. Secara keseluruhan, perekonomian mereka meningkat akibat dari pengaruh sektor ini.

3. Tiongkok / China (35,7 miliar kg)

Semakin hari, produksi susu sapi di Tiongkok semakin meningkat. Namun sejauh ini, mereka baru mengekspor susunya ke beberapa negara Asia. Mereka kemudian berinvetasi banyak dalam membangun sekitar 100 ribu peternakan sapi perah.

Dengan demikian, Tiongkok bisa memenuhi permintaan susu dari Rusia. Pasalnya, negara yang dipimpin oleh Putin itu sudah tidak mengimpor susu dari negara-negara Uni Eropa. Banyak pihak yang berspekulasi bahwa kini Tiongkok memiliki peternakan sapi perah tiga kali lebih besar dari yang ada di Amerika Serikat.

2. India (60,6 miliar kg)

Bicara tentang hasil susu dari aneka hewan mamalia, India menjadi juaranya. Mereka juga terkenal karena produksi susu kerbaunya. Namun bicara tentang susu sapi, mereka harus berpuas diri di urutan kedua. Secara substansial, pada tahun 2014-2015, produksi susu sapi di India mengalami peningkatan. Bahkan mereka sudah bisa mengisi 9,5% produksi susu sapi global. Dua kunci utamanya yaitu perencanaan cermat serta pendekatan ilmiah.

Jika diperkirakan, 80% susu sapi berasal sektor petani kecil yang notabene tidak terorganisir. Mereka aktif di  Gujarat, Punjab, Uttar Pradesh, dsb. Mereka kemudian mengekspornya ke Pakistan, Afghanistan, Uni Emirat Arab, Nepal, Bhutan, dan Bangladesh. Selain sebagai penghasil, India juga menjadi konsumen susu sapi terbesar.

1. USA / Amerika (91,3 miliar kg)

Jika India menjadi juara penghasil susu kerbau, maka Amerika yang menjadi juara penghasil susu sapi. Negara-negara bagian yang mengambil peranan penting dalam menghasilkan susu sapi di Amerika yaitu California, New York, Pennsylvania, Wisconsi, dan Idaho. Peternakan sapi perah besar di sana memiliki lebih dari 15 ribu ekor.

Kemudia para peternak kecil, yang memiliki sekitar 30 ekor sapi, juga berkontribusi besar. Mereka ikut memenuhi demand yang tinggi. Permintaan susu domestiknya juga tinggi, sebab mereka biasa mengolahnya untuk produk susu lain. Selain itu, Amerika juga menjadi pengekspor besar ke seluruh dunia. Entah itu ke Arab Saudi, Meksiko, Kanada, Tiongkok, Taiwan, dan beberapa negara Asia Tenggara.

Baiklah, apa kamu sudah mengonsumsi susu sapi hari ini? 10 Negara Penghasil Susu Sapi Terbanyak di Dunia. #RD