Mengenal Indofood, Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia

ngasih.com. Industri makanan menjadi satu sektor yang terus tumbuh dan berkembang. Masyarakat tidak akan berhenti mencari produk-produk makanan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekadar mencicipi rasa-rasa yang berbeda.

Atas peluang tersebut, perusahaan makanan harus aktif menggali kreativitas dan melakukan inovasi demi mewujudkan produk yang melekat di hati konsumen.

Dan, di antara pemain besar dalam industri makanan di Indonesia, ada satu perusahaan yang berhasil menggaet konsumen dari segala kalangan. Produknya menghiasi hampir seluruh dapur dan digandrungi lintas generasi. Apabila kamu penggemar mie instan, pastilah pernah mendengar namanya.

perusahaan makanan tertua di indonesia, perusahaan makanan minuman terbesar di indonesia, 5 perusahaan makanan terbesar di indonesia

Yap, Indofood!

Sudah coba Indomie varian rasa nusantara? Di balik kesuksesan produk legendaris tersebut, terdapat Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai aktor utama yang menghadirkannya di tengah kita. Dengan produk yang begitu erat dengan budaya bangsa dan perluasan bisnis yang tepat, Indofood berhasil menyabet posisi tertinggi pada kancah perusahaan makanan Indonesia.

Tergabung di lingkup konglomerasi Salim Group besutan Salim Sudono, Indofood Sukses Makmur Tbk bergerak dalam proses manufaktur makanan, mulai dari pengolahan bahan mentah, hingga menjadi produk yang bertengger manis di retail-retail (Total Food Solutions). Dengan model bisnis tersebut, Indofood menjadi perusahaan makanan asal Indonesia yang terbesar dan menjadi produsen mie instan nomor satu di dunia.

Baca Juga :  18 Peluang Bisnis Unik Nan Menarik yang Bisa Kamu Coba di Tahun Ini 2016!

Berikut ini empat kegiatan usaha strategis yang tergabung dalam Indofood :

perusahaan makanan terbesar di indonesia

Consumer Branded Product (CBP)

Saham yang dimiliki oleh ICBP terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ICBP menawarkan solusi makanan dan minuman praktis, dan telah sukses meraih kepercayaan, serta loyalitas konsumen. Produk Indofood dalam sektor CBP, yang paling mendapat perhatian publik, antara lain mie instan (Indomie, Tiga Ayam, Sarimie, Sakura, dll), produk susu (Cap Enaak, Indoeskrim, Indomilk, dll), makanan ringan (JetZ, Chitato, Lays, dll), penyedap makanan (Maggi, Indofood Racik, dll), makanan bayi (Promina dan SUN), minuman (7Up, Ichi Ocha, Pepsi, dll), dan berbagai merk lain yang familiar bagi masyarakat Indonesia.

  • Bogasari

Untuk memenuhi kapasitas produksi tepung terigu, Bogasari mengoperasikan empat pabrik di Jakarta, Surabaya, Cibitung, dan Tangerang dengan total sekitar 3,9 juta ton per tahun. Bogasari memproduksi tepung terigu dengan merek-merek terkemuka, seperti Segitiga Biru, Cakra Kembar, dan Kunci Biru. Di samping itu, Bogasari juga memiliki produk pasta untuk segmentasi pasar dalam negeri dan ekspor menggunakan merek La Fonte. Sementara untuk memenuhi kebutuhan kemasan, Grup Bogasari juga memproduksi kantong degradable polypropylene.

  • Agribisnis

Kegiatan usaha dalam grup agribisnis meliputi seluruh supply chain, mulai dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih, pembibitan, pembudidayaan dan pengolahan kelapa sawit, hingga produksi dan pemasaran produk minyak goreng yang tenar dengan merek dagang Bimoli. Grup Agribisnis Indofood juga bergerak dalam pembudidayaan komoditas tebu, karet, dan tanaman potensial lainnya.

  • Distribusi

Dapat dikatakan, jaringan distribusi menjadi avant-garde keteraediaan produk-produk Indofood di pasaran. Grup ini menjadi aset strategis dalam kegiatan operasional Indofood. Sekitar 1300 titik distribusi tersebar di berbagai lokasi yang padat outlet, demi melayani retail tradisional dan modern.

Baca Juga :  10 Perusahaan Besi dan Baja Terbesar dan Terbaik di Dunia Tahun 2016

Wah, dengan unit bisnis dari hulu ke hilir, dari bahan baku hingga kemasan dan distribusi, wajar jika Indofood Sukses Makmur Tbk sukses merajai sektor makanan proses di Indonesia. Superb! #NSP

Loading...
error: