10 Bank Terbesar, Terbaik, dan Paling Aman di Dunia

ngasih.com. Institusi perbankan atau keuangan menjadi satu dari sekian industri terbesar di dunia. Bank bisa menerima dana simpanan masyarakat, sekaligus menyalurkannya kembali pada masyarakat, tentu dengan berbagai bentuk. Entah itu pinjaman, ATM, kredit rumah, dsb.

Semua program tersebut semakin mengakrabkan bank dengan publik. Tak ayal kalau peranan bank sudah dianggap vital. Aneka bank mulai berdiri. Industri ini bahkan sudah begitu kompetitif. Banyak bank baru yang memberikan fasilitas-fasilitas tertentu. Semuanya bersaing demi memeroleh kepercayaan masyakarat atau para calon nasabah.

Mengingat bank sangat erat kaitannya dengan keuangan, tentu kita pun musti berhati-hati ketika memutuskan menjadi nasabah bank tertentu. Berikut ini daftar bank di dunia yang terbesar, terbaik, dan dianggap paling aman. Jom!

10. Banco Santander

bank dunia di mana, bank dunia di indonesia, bank dunia di swiss, bank terbesar di dunia, sejarah bank di dunia

Grup perbankan asal Spanyol mendirikan Banco Santander pada tahun 1857. Namanya sendiri diambil dari pusatnya yang ada di Santander, Cantabria, Spanyol. Adapun penyebarannya yaitu menjangkau Eropa, Amerika, Singapura, Hong Kong, Amerika Latin, dan Afrika. Mereka menawarkan berbagai produk dalam sektor investasi, asuransi, manajemen aset, perbankan korporasi, dsb.

Banco Santander terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya akuisisi yang dilakukan, serta status bank yang berubah menjadi global bank. Sampai saat ini mereka sudah memiliki sedikitnya 193.863 karyawan yang bekerja di 13.030 cabang. Banco Santander semakin eksis dengan menjadi sponsor di berbagai ajang prestisius seperti Formula One, khususnya dalam brand McLaren dan Ferrari. Total penghasilannya mencapai $51,52 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $73,07 milyar.

9. Mitsubishi UFJ Financial Japan

bank terbesar di dunia 2016, bank terbaik di dunia 2015-2016, bank terbaik di dunia 2016-2017, bank terbaik di dunia 2018-2019

Bank ini merupakan hasil merger antara Mitsubishi Tokyo Financial Group dengan UFJ Osaka. Mereka berpusat di Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang. Sampai sekarang, kurang-lebih ada 102.300 karyawan yang bekerja melayani pelanggannya. Baik itu dalam hal perbankan personal, korporasi, investasi, dsb.

Sebagaimana perusahaan asal Jepang yang selalu mengutamakan kualitas, Mitsubishi UFJ Financial pun mengerahkan yang terbaik di tiap cabangnya. Karena itu, perusahaan sudah mendapat tempat istimewa di tanah kelahirannya. Mereka pun menerima berbagai penghargaan, seperti “In-House Team of the Year” dan “Deal of the Year” dari ajang “ALB Japan Law Awards” tahun 2008. Total penghasilannya mencapai $44,34 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $109,68 milyar.

Baca Juga :  10 Perusahaan Terkaya di Dunia Saat ini, Ternyata Bukan Google atau Samsung!

8. Royal Bank of Canada

bank sentral terbaik di dunia, bank dunia terletak di mana, 10 bank terbesar di dunia tahun 2015-2016-2017-2018-2019-2020

Dalam daftar top 5 bank di Kanada, Royal Bank menjadi satu dari sekian pionirnya. Bank yang berbasis di Toronto ini lahir pada tahun 1864, sehingga menjadikannya sebagai salah-satu yang tertua. Pimpinannya sekarang, David I McKay, memenej sekitar 78 ribu karyawan dan 16 juta klien. Semuanya berjalan di 1209 cabang.

Cabangnya yang bernama RBC Capital Markets mengoperasikan investasi dan perbankan korporasi. Mereka sudah memiliki sekitar 5 juta klien. Global & Mail sendiri menyebut RBC Capital Markets sebagai perusahaan terbesar Kanada, yang juga beroperasi di 40 negara. Nama besarnya semakin eksis ketika mereka aktif sebagai sponsor, seperti dalam Toronto International Film Festival. Total penghasilannya mencapai $27,20 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $318,01 milyar.

7. Citigroup

bank terbesar di dunia tahun 2015-2016, bank terbesar di asia tenggara 2016-2017

New York City Citigroup atau disingkat sebagai Citi menjadi perusahaan besar yang bermarkas di Manhattan. Cabang dari Citicorp, Citibank, berdiri pada tahun 1812. Waktu itu namanya masih City Bank of New York. Sampai kemudian di tahun 1998, Citicorp dan travelers Group melakukan merger. Mereka pun semakin eksis, khususnya dalam bidang perbankan dan pelayanan keuangan.

Seiring berjalannya waktu, penyebaran mereka semakin luas. Di Asia, Amerika Latin, Eropa, Afrika, dan juga Timur Tengah. Namun pada tahun 2008, mereka terkena dampak krisis. Namun karena mereka mampu menunjukkan profitabilitasnya, Citibank pun mampu membayar semua pinjamannya. Total penghasilannya mencapai $76,35 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $176,42 milyar.

6. Wells Fargo

bank terbaik di dunia 2016-2017, bank terbaik di dunia 2018-2019

Yang satu ini merupakan perusahaan perbankan dan pelayanan finansial multinasional. Kantor pusat mereka ada di San Fransisco. California. Perusahaan semakin kukuh setelah terjadi merger penting antara Wells Fargo & Company dan Norwest Corporation, tepatnya di tahun 1998. Operasinya menjangkau 35 negara dan sekitar 70 juta kliennya. Tak ayal kalau mereka menjadi top 4 bank Amerika.

Baca Juga :  Kenali Komponen Gaji Karyawan Beserta Cara Perhitungannya

Pelayanan mereka mencakup banyak segmen. Ada yang mengenai urusan perbankan, pengelolaan kekayaan, broker, dana pensiun, dsb. Pemimpin perusahaannya sendiri adalah John G. Stumpf, yang membawahi sedikitnya 264 ribu pekerja. Di akhir tahun 2015, status rating mereka yaitu AA-. Total penghasilannya mencapai $86,06 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $162,80 milyar.

5. Bank of America

bank sentral amerika serikat, bank central amerika serikat, sejarah bank amerika serikat, bank pemerintah amerika serikat, bank sentral di amerika serikat

Amadeo Giannini mendirikan Bank Italia pada tahun 1904. Bank tersebut sekaligus menjadi pendahulu dari Bank Amerika, yang dikenal sebagai BoA. Bank ini kemudian menjelma menjadi perusahaan global ternama. Mereka memang berganti nama di tahun 1930, menjadi Bank of America National Trust and Saving Association. Sampai kemudian di tahun 1998 terjadi merger antara perusahaan dengan Nations Bank, sehingga BoA pun lahir.

BoA menawarkan berbagai jasa atau pelayanan. Mereka menyediakan manajemen investasi, merger dan akuisisi, penggadaian, dsb. Disamping kontroversi yang menimpa perusahaan, BoA aktif dalam berbagai kegiatan amal. Mereka sangat aktif mengulurkan bantuan bagi pusat kesehatan di Massachusetts, serta meringankan beban para gelandangan yang ada di Miami. Total penghasilannya mencapai $83,42 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $180,78 milyar.

4. Agricultural Bank of China

bank terbesar di asia 2015, bank terbesar di asia 2016-2017, bank terbesar di asia tenggara 2018-2019-2020

Agricultural Bank of China dikenal juga sebagai AgBank. Perusahaan ini hadir dari hasil merger  diantara Corporation Bank dan Farmer’s Bank of China. Kini mereka termasuk ke dalam top 4 bank yang ada di Tiongkok. Cabangnya sendiri sudah tersebar di berbagai kawasan seperti Hong Kong, Singapura, New York, dsb.

Bank membuka pelayanan dari berbagai sektor. Entah itu kredit, perbankan bisnis, perbankan korporasi, perbankan investasi, dsb. Pada tahun 2007, terjadi penggelapan uang oleh dua manajernya. Uang sebesar 51 juta yuan pun ludes dirampok. Tetapi 3 tahun kemudian, mereka mulai bisa bangkit dan berkembang. Semuanya tak lepas dari kerja keras sekitar 503.082 karyawannya. Total penghasilannya sendiri mencapai $83,86 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $186,77 milyar.

3. JP Morgan Chase

jp morgan chase indonesia, jp morgan chase bank jakarta, jp morgan chase jakarta, jp morgan chase bank indonesia, jpmorgan chase bank, jpmorgan chase bank na, jpmorgan chase, jp morgan indonesia

Kini JP Morgan Chase & Co menjadi satu dari sekian perusahaan besar yang ada di Amerika. Posisi kuat mereka tak lepas dari pengaruh merger yang terjadi antara Chase Manhattan Corporation dengan J P Morgan & Co. Yang satu melayani jasa kartu kredit, yang satunya lagi beraktivitas di sektor perbankan investasi, perbankan swasta, pengelolaan aset, dsb.

Baca Juga :  7 Motor yang Tidak Laku di Indonesia, Ada yang Pernah Pakai?

JP Morgan Chase sudah memiliki status sebagai bank universal. Hal ini dikarenakan operasinya yang sudah menjangkau kawasan Eropa, Amerika Utara, Amerika Serikat, serta di beberapa area Asia. Adapun total penghasilannya mencapai $93,54 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $200,48 milyar.

2. China Construction Bank

china construction bank corporation, china construction bank indonesia, bank ccb china, china construction bank branches, china construction bank swift code, china construction bank wiki, china construction bank investor relations, china construction bank annual report

Sama seperti AgBank, yang satu ini juga termasuk dalam top 4 bank yang ada di Tiongkok. Mereka sudah berdiri sejak tahun 1954. Awalnya mereka berdiri atas nama People’s Construction Bank of China.

Markas besar mereka terletak di Xincheng, Beijing, Tiongkok. Mereka memiliki sekitar empat belas ribu cabang yang tersebar di dalam dan luar negeri. Sebut saja Hong Kong, Barcelona, New York, Sydney, dsb. Produk yang mereka tawarkan meliputi asuransi, perbankan korporasi, investasi, dsb. Adapun total penghasilannya mencapai $90,97 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $230,31 milyar.

1. Industrial & Commercial Bank of China

icbc bank indonesia, bank icbc jakarta, icbc bank dengan laba terbesar di dunia, icbc wikipedia, china construction bank, icbc china internet banking, lowongan kerja bank icbc indonesia, icbc karir

Lagi-lagi Tiongkok yang memegang posisi teratas bank terbaik dunia. Industrial & Commercial Bank of China atau disingkat ICBC ini menempati kantor sentral di Beijing. Mereka tak hanya termasuk ke dalam top 4 Bank Tiongkok, melainkan juga menjadi yang terbesar di dunia.

Bank ini mulai beroperasi dari tahun 1984. Barulah di tahun 1999, mereka berekspansi ke Eropa dan bahkan dunia. Kinerja dan kepuasan yang mereka berikan menjadikan bank semakin besar. Bank ini memang dikelola dengan baik oleh negara, sehingga mereka begitu terpercaya. Bahkan The Banker dan Forbes juga kerap memasukkan ICBC dalam list  yang prestisius. Total penghasilannya mencapai $107,87 milyar, sementara modal tier-1 mereka sampai $276,15 milyar.

Daftar ini diambil berdasarkan dari pendapatan terbaru bank. Demikianlah daftar 10 Bank Terbesar, Terbaik dan Paling Aman di Dunia. #RD

Loading...
error: