10 Film Barat Terbaik dan Terseru Tentang Balas Dendam

ngasih.com. Balas dendam selalu menjadi tema yang menarik untuk dibahas. Dingin dan bittersweet. Kita juga bisa semakin terpukau dengan ide cerita, kemasan, atau eksekusinya.

Tetapi perlu diingat, kalau balas dendam bukanlah satu-satunya pilihan atau jawaban akan setiap permasalahan. Biar saja solusi yang satu ini hanya terdapat dalam karya fiksi. Kalau memang kita tertarik dan terhibur oleh tema cerita seperti ini, ada baiknya untuk menyaksikan karya filmnya. Pasti kita akan merasakan suspensi yang mengesankan.

Apa saja? Jom!

10. Taken (2008)

best revenge movies, best revenge movie, best revenge film, best revenge movie imdb, best revenge movies 1970-2018

Film thriller yang penuh action ini menceritakan sosok Bryan Mills. Dia adalah duda pensiunan agen CIA. Di masa istirahatnya, dia ingin menjalin hubungan yang lebih dekat dengan putrinya, Kim. Kebetulan gadis tersebut tinggal dengan istri dan ayah tirinya yang kaya raya.

Suatu hari, Kim meminta izin untuk traveling ke Paris bersama Amanda. Bryan awalnya keberatan, namun istrinya setuju-setuju saja. Firasatnya benar. Kim ternyata mengekori tur Band U2 yang sedang keliling Eropa.

Tak hanya itu, Kim dan Amanda juga diculik. Usut punya usut, kelompok penculik itu merupakan orang-orang Albania yang menjalankan bisnis prostitusi. Bryan pun tak tinggal diam. Dendam membara tumbuh di hatinya untuk menyelamatkan sang putri dan memberi pelajaran keras bagi para pelaku.

9. Gladiator (2000)

best revenge movie, best revenge film, best revenge movie imdb, best revenge movies 1970-2018

Maximus diketahui sebagai Jenderal Roma yang berperan penting dalam upaya merebut Germania. Pretasinya itu menarik perhatian Sang Caesar. Dia bahkan berkeinginan kalau Maximus harus menggantinya posisinya kelak. Maximus sendiri bukan sosok yang haus kekuasaan dan uang. Meski demikian, ia tetap dipandang sebagai benalu bagi Commondus, yang tak lain adalah putra Sang Caesar.

Kontras dengan Maximus, Commondus memang membidik kekuasaan. Dia bahkan tega membuat skema pembunuhan ayahnya sendiri. Konflik di antara mereka kemudian menyebar ke mana-mana. Anak dan istri Maximus menjadi korban kekejian Commondus dan para bawahannya. Maximus yang masih bertahan hidup kemudian dijuluki sebagai Spaniard, semacam petarung Coloseum yang tangguh. Dia tentu tak bisa lupa akan nasib malang yang menimpa keluarganya. Tak ayal kalau dendamnya pada Commondus tak bisa diredam.

Baca Juga :  15 Film Horror Barat Terbaru dan Terseram 2016

8. Kill Bill Volume 1 (2003)

best revenge movies, best revenge movie, best revenge film, best revenge movie imdb, best revenge movies 1970-2018

Seri perdana dari Kill Bill mengisahkan cerita tentang The Bride. Dia adalah seorang perempuan perkasa, yang nama aslinya tak terungkap sampai akhir film perdana ini. Namun dia merupakan wanita paling mematikan, sebab sempat berprofesi sebagai pembunuh bayaran dan bergabung dengan kelompok yang disegani bernama Deadly Viper.

The Bride ingin menepi dari dunia kelamnya. Apalagi setelah dia hamil, hasil dari hubungannya dengan Bill. Namun keputusannya itu dianggap pengkhianatan. Dia pun diserang oleh timnya sendiri di hari pernikahannya. Orang-orang tersayangnya tewas, sementara dia harus koma selama 4 tahun. Begitu terbangun, dia menyadari banyak hal yang terus memupuk dendam kesumat. Dia kehilangan buah hatinya, diperkosa dalam keadaan koma, dan sangat sakit hati atas perlakuan musuh-musuhnya. Dia pun merancang misi balas dendam.

7. Braveheart (1995)

best revenge film, best revenge movie imdb, best revenge movies 1970-2018

Film ini mengangkat kisah tentang seorang pejuang asal Skotlandia bernama William Wallace. Ayah dan kakaknya mati terbunuh. Ia pun dengan sang paman, yang juga menjadi gurunya dalam menguasai pedang. Di zaman itu terdapat aturan hukum pernikahan yang aneh, di mana pengantin perempuan harus menghabiskan malam pertama dengan sosok yang disebut The Duke.

Wallace dan kekasihnya menikah secara diam-diam. Begitu ketahuan, istrinya itu langsung dihukum mati. Sontak saja Wallace geram dan membunuh Sang Duke. Dia juga bertekad untuk membebaskan diri dan rakyat Skotlandia dari jajahan Inggris. Strategi untuk melawan pemberontakan tentu saja diupayakan oleh pihak Inggris. Namun mereka mengalami kegagalan telak.

6. Léon: The Professional (1994)

film balas dendam, film tentang balas dendam, film action balas dendam, film action tentang pembalasan dendam

Karakter utamanya, Leon, adalah seseorang yang memilih karier sebagai pembunuh bayaran. Kariernya memiliki beberapa kode etik. Dia dilarang menghabisi perempuan dan anak-anak, serta harus bekerja serapi mungkin. Leon menjalankan profesinya secara profesional, sehingga bayarannya pun cukup mahal.

Suatu keadaan membuatnya harus hidup bersama Mathilda, seorang bocah perempuan yang hidup sendirian. Naluri kemanusiaan Leon membuatnya bersedia. Namun cerita diantara mereka semakin menarik ketika Mathilda memiliki minat yang sama dengan Leon. Bocah itu ingin bisa membunuh agar hasratnya untuk balas dendam bisa dituntaskan.

Baca Juga :  15 Film Drama Korea Terbaru dan Terbaik 2015

5. Django Unchained (2013)

best revenge movies, best revenge movie, best revenge film, best revenge movie imdb, best revenge movies 1970-2018, film tentang balas dendam

Django merupakan bintang utama dalam film ini. Dia adalah lelaki berkulit hitam yang menjadi budak di tahun 1858-an. Sebagai budak, ia pun bebas dijual-belikan. Serangkaian peristiwa membawanya dan Schultz ke Kota Daughtrey.

Keduanya memiliki suatu kesepakatan. Schultz menawarkan kebebasan, uang, dan kuda jika Django bisa menyerahkan Brittle bersaudara. Kesepakatan itu mengalami sedikit perubahan. Jika Django bersedia menemani Schultz di sepanjang musim dingin, dia akan berupaya membebaskan istri Django. Wanita pujaannya itu ternyata masih berstatus budak, dan dimiliki oleh Calvin Candie yang terkenal kejam.

4. Gangs of New York (2002)

best revenge movie list

Film yang dibintangi Leonardo De Caprio dan Cameron Diaz ini menggambarkan keadaan Kota New York di tahun 1846-an yang cukup kejam dan ganas. Perang antar kelompok pun seringkali tak terhindarkan. Termasuk ketika The Natives dan kelompok Imigran Irlandia.

Vallon, yang memimpin para imigran, berhasil ditumbangkan oleh Bill The Butcher. Dia bahkan meregang nyawa di depan putranya sendiri, yakni Amsterdam, yang kemudian tumbuh besar di panti asuhan. Jelas sekali kalau bocah itu terus memupuk dendam di dadanya. Begitu menginjak usia dewasa, dia kembali ke New York dengan misi balas dendam. Strateginya yakni dengan menyusup menjadi kaki tangannya Bill. Di New York itu, dia juga mulai menjalin hubungan dengan Jenny Everdeane, pencopet perempuan yang juga dekat dengan targetnya.

3. Man on Fire (2014)

film balas dendam, film balas dendam mafia, film yang nyelametin gadis kecil, film bodyguard

Mayoritas orang tua di Meksiko tengah ketar-ketir. Betapa tidak, wilayah mereka tengah darurat kasus penculikan. Setiap saat ada saja anak yang tiba-tiba hilang. Ketakutan itu dirasakan juga oleh pasangan Samuel Ramos dan Lisa. Demi menghindari kejadian yang tak diharapkan, mereka menyewa bodyguard bernama John Creasy (Denzel Washington) untuk menemani dan melindungi putrinya yang masih berusia 9 tahun.

Baca Juga :  Daftar Film dan Drama Korea yang Diperankan oleh Park Shin Hye

Di sisi lain, Creassy bukanlah tipikal lelaki yang menyenangi anak-anak. Dia dan anak perempuan yang menjadi tanggung-jawabnya itu pun memulai hubungan dengan canggung. Creassy pun awalnya sangat sebal dengan kelakuan anak yang kepo tersebut. Namun lama-lama mereka akrab juga. Sampai kemudian petaka terjadi ketika kawanan penculik membidik sang anak. Creassy yang sudah sayang pasti tak tinggal diam. Dia siap berkorban nyawa demi menyelamatkannya.

2. The Godfather (1972)

film tentang balas dendam, film action balas dendam, film action tentang pembalasan dendam

Salah-satu film legendaris ini mengangkat kisah keluarga mafioso Don Vito alias The Godfather. Sebagai mafia, mereka memegang prinsip yang kuat. Termasuk untuk memberi pelayanan memuaskan pada klien, sekaligus menolak tegas segala bentuk kerja sama yang berhubungan dengan narkotika. Pasalnya selain bisa menghancurkan bangsa, barang tersebut akan mengganggu koneksi politiknya.

Namun penolakan itu juga yang memantik permusuhan dengan Solozzo. Don Vito harus cidera parah akibat luka tembak. Untuk sementara kepemimpinan dipegang oleh putra sulungnya yang bersama Sonny. Namun mereka semakin hancur, sehingga Michael yang bungsu pun ikut turun tangan.

1. Mad Max (1979)

film balas dendam, film balas dendam mafia, film tentang balas dendam, film action balas dendam, film action tentang pembalasan dendam

Ceritanya geng motor yang nakal tengah merajalela di Australia. Mereka tumbuh sebagai pelaku kriminal yang hobi merampok, memperkosa lelaki atau perempuan, dan menebar keresahan di masyarakat. Untuk itu, pihak berwajib membentuk tim yang dinamakan Main Force Patrol atau disingkat MFP.

Max Rockatansky menjadi salah-satu anggota MFP. Kebrutalan para gangster membuatnya gila. Dia yang sempat berniat untuk keluar pun diberi kesempatan liburan bersama keluarga. Namun di saat itu, ia malah harus kehilangan istri dan anaknya setelah mereka dilindas oleh gengnya Toecutter. Semua itu semakin mendidihkan darah Max. Kemarahan dan kegilaannya sudah mencapai ubun-ubun.

Keseruan film-film di atas memang tak diragukan, ya. Demikian, 10 Film Barat Terbaik, Terseru, dan Paling Menegangkan Tentang Balas Dendam. #RD

Loading...
error: