10 Film Kung Fu Terbaik Paling Keren Sepanjang Masa

Bicara tentang kung fu, kita pasti langsung teringat akan ilmu bela diri Tiongkok (China) yang khas dan unik. Gerakan kung fu ketika mempertahankan diri atau melawan musuh memang begitu menakjubkan. Terlihat lihai dan tepat sasaran.

Kungfu pun bisa dilesakkan dalam karya-karya film, yang tentu saja dibangun lengkap dengan aneka storylinesyang seru. Belum lagi kalau dibumbui dengan kisah nyata, kriminal, keluarga, komedi, dll. Tentu penonton akan semakin terlena saja. Berbagai tokoh film kungfu bahkan bisa mendunia. Sebut saja Bruce Lee, Jet Li, Jackie Chan, Donnie Yen, Stephen Chow dll.

Mencomot 10 film kungfu terbaik dan terseru memang sangat sulit. Pasti masih banyak judul lain yang tak kalah keren. Namun berikut ini top 10 Terbaik versi ngasih.com. Jom!

1. The Chinese Connection / Fist of Fury (1972)

film kungfu terbaik subtitle indonesia, film kungfu terbaik sepanjang masa, film kungfu terbaik 2017-2018, film kungfu terbaru

Sutradara: Lo Wei
Pemain Utama: Bruce Lee, Nora Miao, Riki Hashimoto, dll

Salah-satu film yang melejitkan nama Bruce Lee ini menceritakan tentang sosok Chen Zhen. Cerita tentang dia memang nyata adanya. Waktu itu, Chen memutuskan untuk pulang kampung dan kembali ke ke Sekolah Jing Wu. Namun setibanya di sana, hatinya hancur ketika mengetahui kematian Guru Huo Yuanjia.

Sang guru tewas lantaran tidak berdaya meladeni lawannya, yang tak lain merupakan karateka asal Jepang. Tetapi Chen mengendus kejanggalan. Benar saja, gurunya sudah diracun pra pertandingan. Dia pun berusaha menguak siapa saja yang sudah mendalangi kematian gurunya. Perjuangannya tak mudah, sebab dia juga harus berurusan dengan pihak yang berkuasa. Tetapi dia tak putus asa, sebab perjuangannya menjadi aksi untuk membela harga diri guru sekaligus negaranya.

2. Fearless / Huo Yuanjia (2006)

daftar film kungfu china terbaik, daftar film kungfu china, daftar kungfu china keren bagus, daftar film kungfu china sukses terbaik

Sutradara: Ronny Yu
Pemain Utama: Jet Li, Dong Yong, Nakamura Shidō II, Collin Chou, dll

Sosok Huo Yuanjia dikenal sebagai satu dari sekian legenda Tiongkok. Dia adalah putera dari Huo En di, pimpinan sekolah khusus kungfu yang berpusat di Tianjin. Darah petarung ayahnya pun mengalir dalam dirinya. Namun hasratnya sempat terbendung lantaran dia kerap sakit-sakitan dan dianggap lemah.

Baca Juga :  10 Vampire Paling Ganteng dan Keren di Drama Korea

Meski demikian, dia keukeuh belajar kungfu, sampai diam-diam belajar secara otodidak dan mahir kungfu. Keadaan itu sempat membuat dirinya jumawa. Apalagi ketika dia berhasil menghabisi seorang guru kungfu bernama Qin Lei. Tetapi masalahnya jadi rumit, sebab keluarganya jadi dendam, dan keluarga sendiri yang jadi korban.

3. Ip Man (2008)

film kungfu bagus, film kungfu bagus 2008-2013, film kungfu bagus 21, film kungfu cina yang bagus

Sutradara: Wilson Yip
Pemain Utama: Donnie Yen, Simon Yam, Lynn Hung, dll.

Ip Man adalah nama orang yang menjadi pusat cerita film ini. Dia adalah ahli Wing Chun yang enggak doyan memamerkan kemampuannya. Dia memang sangat kharismatik, bersahaja, sayang keluarga, dan cukup kaya. Namun kehidupan tenangnya bersama isteri dan anaknya mulai terusik ketika tentara Jepang datang menjajah.

Keadaan yang memburuk mendorong Ip Man untuk mengeluarkan keahlian sebenarnya. Ketika berkelahi, pukulannya sangat cepat dan bertubi-tubi. Dia juga mentransferkan ilmunya pada penduduk sekitar, agar kekuatan mereka mampu melawan para penjajah Jepang yang semena-mena. Dia juga disebut-sebut sebagai pelatih atau trainerWing Chun dasar bagi Bruce Lee.

4. Drunken Master II (1994)

film jurus dewa mabuk, film pendekar dewa mabuk, film jackie chan kungfu dewa mabuk, nonton film dewa mabuk, film dewa mabuk full movie

Sutradara: Lau Kar-leung dan Jackie Chan (uncredited)
Pemain Utama: Jackie Chan, Anita Mui, Ti Lung, dll.

Film yang satu ini mengisahkan sosok Won Fei hung. Cerita dimulai ketika dia dan ayahnya mencari rempah-rempah langka ke luar kota untuk kepentingan pengobatan. Namun setelah berhasil mendapatkannya, mereka mengalami masalah di tengah perjalanan via kereta. Para petugas menggeledah barang bawaan para penumpang.

Karena takut rempah-rempahnya disita, dia pun menyelipkannya pada tas orang asing, sebab biasanya mereka akan lolos dari pemeriksaan. Sialnya, Wong Fei hung salah ambil tas. Sebab, isinya adalah benda asing nan langka, bukan rempah-rempah yang diamankannya. Aksinya itu juga yang menggiringnya pada masalah besar.

5. Enter the Dragon (1973)

judul film bruce lee terbaik, film bruce lee yang terbaik, 10 film terbaik bruce lee, film bruce lee bahasa indonesia, film bruce lee full movie, film bruce lee terbaik, film bruce lee 2016-2017, film bruce lee the fighter

Sutradara: Robert Clouse
Pemain Utama: Bruce Lee, John Saxon, Ahna Capri, Robert Wall, dll.

Bruce Lee berperan sebagai Lee. Dia adalah lulusan sebuah perguruan Shaolin Tiongkok yang memiliki skill keren di bidangnya. Kemampuan luar biasanya itu menarik perhatian Braithwaite, seorang intel Inggris yang tengah melakukan investigasi terhadap sosok penjahat kelas kakap bernama Han. Dia memang sudah meresahkan masyarakat dengan aksi kriminal, prostitusi, dan perniagaan obat-obatan terlarangnya. Demi membantu petugas mengumpulkan bukti sekaligus meringkus mantan rekan seperguruannya yang sudah menodai Shaolin, Lee pun bersedia mengikuti kompetisi bela diri yang diadakan di pulau privat milik Han.

Baca Juga :  10 Film yang Bercerita Tentang Presiden

6. The Shaolin Temple (1982)

film kungfu shaolin vs ninja kerajaan, film kungfu shaolin subtitle indonesia, film kung fu shaolin temple,film kungfu shaolin terbaru

Sutradara: Chang Hsin Yen

Pemain Utama: Jet Li, Ding Lan, Yu Hai, Hu Jianqiang, dll.

Film yang ikut andil membesarkan nama Jet Li ini memang cukup legendaris. Walau namanya sempat salah tulis, Jet Lee, namun Shaolin Temple menjadi karya debutnya yang memesona. Dia berperan sebagai Jue Yuan. Sebagai lelaki muda, dendamnya begitu membara setelah ayahnya dibunuh oleh jenderal pengkhianat. Dia pun berlindung di Kuil Shaolin. Di sana, para biksu mengajari ilmu kungfu shaolin, namun dia disumpah untuk tidak memanfaatkan skillnya demi membunuh seseorang. Sumpah itu tentu terusik lantaran dendam yang sudah menyala-nyala di dada Jue Yuan.

7. Kung Fu Hustle (2004)

film kungfu lucu terbaru, film kungfu cina lucu, daftar film kungfu lucu, film kungfu paling lucu, download film kungfu lucu

Sutradara: Stephen Chow
Pemain Utama: Stephen Chow, Danny Chan, Yuen Wah, Yuen Qiu, dll.

Dengan setting ala tahun 1930-an di Shanghai, Tiongkok, film ini berhasil meninggalkan sensasi yang komplit. Ya lucu, bergidik, emosional, sekaligus gemas. Di masa itu, hukum yang baik dan benar tidak berlaku. Perang kekuasaan antar geng merajalela. salah-satu geng yang paling ditakuti karena kesadisannya yaitu Gang Axe atau Geng Kapak.

Awalnya mereka tak menyentuh kawasan kumuh seperti Pig Sty Alley. Sampai kemudian, dua pecundang bernama Sing dan Bone berpura-pura sebagai member gang kapak dan mengusik warga di sana. Keduanya memang ingin bergabung dan memberi pengaruh pada orang lain. Aksi gegabah mereka malah mengundang gang kapak betulan. Konflik pun tak terhindarkan, apalagi ketika warga mulau melawan, sebab diam-diam mereka memiliki skill bela diri juga.

8. The Way of the Dragon (1972)

film kungfu yang keren, film kungfu yang bagus, film kungfu wajib tonton, film kungfu yang seru, film kungfu yang paling seru

Sutradara: Bruce Lee
Pemain Utama: Bruce Lee, Nora Miao, Paul Wei, Wang chung-hsin, Tony Liu, dll.

Baca Juga :  15 Film Animasi Terbaik Tahun Ini

Way of the Dragon menjadi debut Bruce Lee sebagai sutradara. Dalam film ini, Lee berperan sebagai Tang Lung, pemuda desa yang menguasai kungfu. Dia bekerja di restoran milik paman dan keponakannya. Namun tempat makan itu diusik oleh para preman, lantaran mereka enggan menjualnya pada seorang bos mafia bernama Robert. Sebagai ahli bela diri, mudah saja bagi Tang Lung untuk mengusir mereka. Sampai kemudian, mereka mendatangkan karateka ternama asal Amerika bernama Colt.

9. Bruce Lee – A Warrior’s Journey (2000)

film kungfu yang bagus, film kungfu wajib tonton, film kungfu yang seru, film kungfu yang paling seru

Sutradara: John Little
Pemain Utama: Bruce Lee, Linda Lee Cadwell, John Little, Dan Inosanto.

Film dokumenter ini mengupas perjalanan seorang Bruce Lee dan seni bela diri ciptaannya, jeet kune do. Bahkan film ini juga menampilkan footage di belakang layarnya. Selain selayang pandang kehidupannya, ada juga cuplikan wawancara dengan istrinya (Linda Lee Cadwell), sahabatnya (Taky Kimura), guru besar hapkido bernama Ji Jan hae, dan Kareem Abdul Jabbar, yang sempat berpartisipasi dalam (calon) film Game of Death. Namun karya Bruce Lee tersebut belum rampung lantaran dia meninggal ketika proses pembuatannya masih berlangsung.

10. Fist of Legend (1994)

film kungfu yang keren, film kungfu yang bagus, film kungfu wajib tonton, film kungfu yang seru, film kungfu yang paling seru

Sutradara: Gordon Chan
Pemain Utama: Jet Li, Chin Siu-ho, Shinobu Nakayama, Billy Chau, dll.

Fist of Legend adalah remake dari film yang dibintangi Bruce Lee, Fist of Fury (1972). Namun dalam versi ini, Jet Li yang berperan sebagai Chen Zhen. Pada dasarnya, kedua film tersebut sama. Sebagai sosok Chen, Li juga berusaha membela kehormatan guru dan bangsanya.

Sang guru, Master Huo yuan jia, adalah founder dari Jing Wu yang dianggap berbahaya. Posisinya dihormati dan disegani, sehingga bisa merusak rencana invasi Jepang terhadap Tiongkok. Namun cara mereka licik, yakni mendesak sang guru agar bertanding maut dengan Akutagawa dari Jepang, dan diracun terlebih dahulu sebelum beraksi di arena.

Baiklah, kamu sudah siap untuk terpukau dengan plot cerita dan laga-laga menakjubkan dari film-film kungfu di atas? Demikian, 10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa. #RD

Loading...
error: