10 Film Stephen Chow Terbaik dan Paling Populer

Hong Kong memiliki raja komedi, Stephen Chow, yang mereka banggakan. Pasalnya, karya laki-laki yang berusia 54 tahun ini bisa mendunia. Dia juga sangat bertalenta. Bisa menjadi pemeran, sutradara, dan produser sekaligus.

Akhir-akhir ini produktivitas Chow terkesan menurun. Dia baru menelurkan karya baru dalam kurun waktu empat atau lima tahunan. Meski demikian, karya-karyanya masih mengundang antisipasi besar dari para fansnya.

Bagaimana pun, dia sendiri sudah membuktikannya lewat beberapa ciptaan yang besar nan fenomenal. Sebut saja Shaolin Soccer, Kung Fu Hustle, CJ7, dan sebagainya, dan yang paling terbaru The Mermaid (2016). Lalu apa saja top 10 film Stephen Chow paling lucu dan terkenal? Jom!

1. A Chinese Odyssey Part 1: Pandora’s Box & Part Two: Cinderella (1995)

Dua film yang sudah disusul oleh seri ketiga ini (2016), diangkat dari novelnya Wu Cheng’en yang berjudul Journey to the West. Keduanya memang film lama, namun kita bisa melihat kualitas serta kekayaan yang terkandung di dalamnya. Plot cerita, kostum, musik, dan totalitas para pemainnya berhasil membentuk tayangan keren. Elemen-elemennya pun cukup beragam. Meliputi fantasi, komedi, kungfu, dan tragedi. Film pertama lebih banyak menghadirkan tawa. Sementara yang kedua justru membuat kita berair mata.

2. King of Comedy (1999)

Sekilas, karya ini tampak seperti film biografi Stephen Chow sendiri. Diceritakan bagaimana perjalanan karier aktingnya tidaklah mulus. Namun dia memiliki senjata berupa dedikasi dan kecintaan akan akting. Dia pun berhasil menjadi aktor komedi terkemuka.

3. From Beijing with Love (1994)

Bisa dibilang, film ini merupakan parodi dari James Bond dan diramu ala Hong Kong. Untuk ukuran film dengan budget tak terlalu besar, karya ini dinilai cukup memuaskan. Stephen Chow juga berhasil memberikan ciri khasnya yang tak terlupakan, yakni menyajikan tayangan lucu sekaligus bikin haru.

Baca Juga :  10 Film Tentang Makanan atau Kuliner Barat Terbaik dan Paling Seru

4. God of Cookery/ Sik San (1996)

Setelah dikenal sebagai aktor andal, Stephen Chow mencoba menjajaki peran vital lain sebagai penulis, pengarah, dan produser dalam film ini. Dia menjadi sosok Sik san yang dijuluki sebagai “God of Cookery”, karena dipercaya menguasai teknik memasak yang keren. Namun dia begitu arogan dan sombong. Ceritanya sendiri cukup seru dan kerap menciptakan gelak tawa.

5. Kung Fu Hustle (2004)

Film yang begitu diantisipasi ini hadir tanpa mendatangkan kekecewaan. Bahkan karya ini menjadi box office yang menuai banyak pujian. Baik dari segi penyusunan plotnya, sinematografinya, totalitas para pemainnya, dlsb. Kita bisa dibikin bergidik oleh adegan-adegan action-nya, sekaligus tergelak oleh tingkah-polah para pemainnya. Semuanya benar-benar mengesankan.

6. Forbidden City Cop (1996)

Selanjutnya dalam film ini, Chow menjadi sosok Ling Ling fat. Dia adalah sosok jenius yang kerap memberikan pengobatan pada warga sekitar. Siapa sangka, dia juga merupakan agen 008 yang mengawal “The King’s Guardian”. Dia sudah memiliki istri bernama Kar Ling. Cerita mereka sebenarnya cukup dramatis, namun humor-humor dalam film ini mampu mengencerkan drama yang ada.

7. Fight Back To School (1991)

Yang satu ini juga memuat unsur action dan komedi sekaligus. Intinya film ini mengisahkan tentang CID atau semacam intelijen Hong Kong yang mengintai gerak-gerik sebuah kampus. Di pusat pendidikan tinggi tersebut ditengarai ada gerakan mafia terorganisir yang melibatkan pihak internal kampus.

8. All for the Winner (1990)

Film komedi ini juga menjadi karya parodi, tepatnya memparodikan God of Gamblers, yang sempat dibintangi oleh aktor Hong Kong lainnya (Chow Yun-Fat). Ceritanya Chow adalah Sing, yang ternyata memiliki kemampuan spesial. Dia bisa menebak dan mengganti kartu orang lain. Ia pun sampai bisa berhadapan dengan raja judi yang disegani.

Baca Juga :  8 FAKTA DAN HAL MENARIK DARI FILM BATMAN VS SUPERMAN “DAWN OF JUSTICE”

9. Hail the Judge (1994)

Tema yang diangkatnya memang tentang hukum. Namun bukannya meresapi kasus pelik yang bikin dahi mengernyit, kita justru harus menahan sakit lantaran sering terbahak-bahak. Dalam film ini, Chow menjadi Hakim Bao yang ternyata bodoh dan berjiwa korup. Ia pun sampai digelandang ke bui. Tetapi karena niat bertobat, dia pun mempelajari bagaimana cara dan etika sebagai hakim yang sebenarnya.

10. Flirting Scholar (1993)

Chow menjadi seorang sastrawan tampan nan tenar bernama Tong Bak fu. Tak ayal kalau banyak perempuan yang kepincut padanya, sehingga dia sampai memiliki total 8 istri. Hanya saja dia masih mencari perempuan lagi, tepatnya yang dirasa bisa mengapresiasi minat seninya. Bagaimana pun, para pendampingnya itu lebih menyukai hal-ihwal perjudian. Meski berpotensi dramatis dan puitis, namun karya Chow tak akan sepi dari banyolan khasnya.

Kreativitas Stephen Chow selalu mengalirkan hiburan tersendiri bagi para pemirsanya. Kita tentu berharap agar dia terus produktif berkarya, ya. Demikianlah, 10 Film Stephen Chow Terbaik dan Paling Populer. #RD