10 Film Tentang Pengacara Terbaik dan Paling Seru - ngasih.com

10 Film Tentang Pengacara Terbaik dan Paling Seru

10 Film Tentang Pengacara Terbaik dan Paling Seru

ngasih.com. Seiring dengan banyaknya kasus hukum yang menyita perhatian masyarakat, profesi pengacara memang semakin populer. Salah-satunya yaitu kasus kopi maut Jessica, yang didakwa menghabisi nyawa Mirna menggunakan racun sianida. Problem yang dinilai rumit itu dinilai akan sulit dibela, mengingat posisi terdakwanya begitu krusial. Sampai kemudian datang sosok advokat yang bisa berdiri menyandinginya.

Banyak yang beranggapan kalau menjadi pengacara itu memang sulit. Mereka harus berjuang habis-habisan untuk membebaskan segala tuduhan yang dialamatkan pada kliennya, minimal dengan mengurangi tuntunan hukumnya. Segala cara dan trik harus dimiliki. Bahkan beberapa dari mereka harus “nikung” demi memuluskan misinya.

Dunia pengacara yang menarik ini pun tak lepas dari perhatian para seniman atau sineas film. Mereka kemudian mengangkatnya menjadi sebuah cerita, yang dikemas dalam berbagai genre film. Berikut inilah top 10 film tentang pengacara yang unik dan menarik. Jom!

1. Primal Fear (1996)

film tentang pengacara hebat, film tentang pengacara pria wanita, film tentang pengacara terbaru, film barat tentang pengacara, film luar tentang pengacara dan pengadilan

Film ini diangkat dari novel karya William Diehl. Ide cerita, akting para tokoh, arahan Sutradara Gregory Hoblit, dan eksekusi keseluruhan kisahnya mendapat review positif. Film debut dari Edward Norton ini sendiri menceritakan tentang pengacara bernama Martin Vail.

Dia keukeuh membela dan berjuang untuk membuktikan kalau kliennya memang tidak bersalah. Kliennya sendiri merupakan seorang altar boy atau sosok lelaki muda yang menjadi asisten pendeta. Namanya adalah Aaron Stampler, laki-laki asal Kentucky yang berbicara dengan gagap dan dinilai memiliki kepribadian ganda. Dia didakwa sudah menghilangkan nyawa Uskup Agungnya. Pendapatnya ini sangat berlainan dengan mantan kekasih sang pengacara, Janet Venable, yang berperan sebagai seorang jaksa.

2. The Lincoln Lawyer (2011)

film barat tentang pengacara, film luar tentang pengacara dan pengadilan

Karya ini juga diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karangannya Michael Connelly. Kisahnya terfokus pada pengacara handal bernama Mickey “Mick” Haller. Para pengacara lain yang sudah tahu bagaimana sosok Mick yang penuh trik biasanya enggan berduel dengannya. Popularitasnya itu kemudian menarik minat Louis Roulet, terdakwa pemukulan dan pemerkosaan terhadap Reggie Campo, seorang PSK di sebuah bar. Louis mengaku pada Mick bahwa dia tidak melakukan apapun yang dituduhkan.

Namun sebagai pengacara, Mick melakukan penyelidikan lebih dahulu. Ia kemudian teringat kasus serupa di tahun 1997. Waktu itu terdakwanya bernama Jesus Martinez. Setelah melakukan analisis, ia kemudian menyadari kalau korban terdahulu memiliki wajah dan luka yang mirip dengan yang sekarang. Bahkan Mick dikejutkan dengan fakta kalau Louis Roulet merupakan pelaku utama kasus tahun 1997 tersebut. Sebagai manusia biasa, Mick tentu terguncang. Apalagi dia harus menjaga profesionalitasnya sebagai seorang advokat.

Baca Juga :  7 Gambar Tokoh Kartun Larva di Dunia Nyata, Masih Terlihat Lucu?

3. To Kill a Mockingbird (1962)

film tentang pengacara pengadilan, film tentang pengadilan terbaik, film barat tentang pengadilan, film pengadilan

Novel yang menginspirasi pembuatan film ini sudah terbit pada tahun 1960. Novel yang ditulis oleh Harper Lee ini berisi tentang pengamatan penulis sendiri, khususnya yang terjadi pada keluarga serta para tetangganya. Dia sudah mendokumentasikannya ketika masih berusia 10 tahun.

Gaya menulis cukup ringan, hangat, dan humoris. Tetapi apa yang dibahas memang terkait topik-topik yang rumit, semisal diskriminasi ras atau pemerkosaan. Novel ini bahkan masuk dalam daftar “buku yang wajib dibaca orang dewasa sebelum ia meninggal”. Dan begitu ceritanya dieksekusi dalam film, apresiasi yang datang semakin besar. Untuk menggambarkan bagaimana kerennya film ini, “To Kill A Mockingbird” menyedot pendapatan sebanyak 10 kali lipat dari budget. Film ini juga memboyong 3 Academy Awards.

4. The Rainmaker (1997)

film tentang pengacara pengadilan, film tentang pengadilan terbaik, film barat tentang pengadilan, film pengadilan

Ide cerita film ini berdasarkan isi novel karya Francis Ford Coppola. Namun ada beberapa perbedaan yang disesuaikan antara film dan bukunya. Ceritanya sendiri tentang Rudy Baylor, yang diperankan dengan apik oleh Matt Damon. Dia merupakan lelaki yang tumbuh dari kawasan kumuh. Dia juga merupakan anak yang kenyang kekerasan dari ayahnya sendiri. Meski demikian, ia masih bisa melanjutkan pendidikan di bidang hukum.

Namun perjalanan kariernya tidaklah mudah. Pasca lulus, ia bahkan harus melakoni pekerjaan paruh waktu yang sama-sekali tak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Sampai kemudian dia dihadapkan pada suatu kasus. Ada pasangan orang tua yang ingin menuntut perusahaan asuransi lantaran mereka enggan membayar biaya operasi puteranya. Lawannya tentu sangat berat, lebih lagi ia masih newbie  di dunia hukum. Di sisi lain ia juga jatuh hati pada seorang perempuan yang mengalami nasib serupa dengan ibundanya, yakni babak belur di tangan suaminya sendiri.

5. Bridge of Spies (2015)

film lawyer terbaik, film lawyer london, film lawyer jobs, film lawyer man, film lawyer hit and run

via : pinterest.com

Nama sutradara yang menanganinya, Steven Spielberg, sudah menjadi alasan tersendiri untuk menyaksikannya. Lebih lagi mereka mengangkat kisah nyata tentang James B. Donocan. Dia adalah seorang pengacara berkebangsaan Amerika yang mendapat amanah cukup berat. Dia harus bernegosiasi untuk melakukan pembebasan Francis Gary Powers dan ditukar dengan tawanan bernama Rudolf Abel. Francis sendiri merupakan pilot yang mengontrol pesawat mata-mata. Sementara Rudolf adalah mata-mata KGB Soviet. Pengemasan film ini mendapat apresiasi tinggi, khususnya dari para kritikus.

Baca Juga :  5 Film Jepang Tema Perang Terbaru Terbaik 2016

6. Fracture (2007)

film tentang pengacara laki-laki, film tentang pengacara terdahulu sampe terbaru, film barat tentang pengacara, film amerika tentang pengacara

Statusnya sebagai film box office sudah bisa menggambarkan kalau penonton memang antusias menyaksikannya. Budget produksi sebesar $45 juta pun bisa terganti sebesar $91,4 juta. Cerita bermula ketika seorang lelaki kaya-raya bernama Ted dikontrol amarah besar. Pasalnya sang isteri, Jennifer, selingkuh dengan detektif polisi bernama Robert Nunally. Ted yang emosi kemudian menembak isterinya sendiri sampai ia ambruk dan koma. Di sisi lain, ada Willy, yang diperankan oleh Ryan Gosling, yang menjadi jaksa bersinar di wilayahnya. Mereka terlibat dalam pertempuran yang dingin, sampai bisa menguak plot jahat dibalik kejadian dramatis yang ada dihadapi.

7. The Devil’s Advocate (1997)

film tentang advokat, tentang film the devil's advocate

Film selanjutnya juga diangkat dari kisah novel, yang ditulis oleh Andrew Neiderman. Kesamaan judul novel dan filmnya diambil dari frase atau istilah “advokat sesosok iblis”, yang mengarah pada kutipan ‘lebih baik memerintah di neraka ketimbang dengan melayani di surga’. Pemeran utamanya, Keanu Reeves, menjadi sosok pengacara muda nan ganteng bernama Kevin Lomax. Dia adalah putera dari Alice, seorang ibu yang agamis. Ia juga sudah menjadi suami dari Mary Ann. Meski masih terbilang “pemula”, namun ia belum memiliki catatan kekalahan. Untuk itu, karakternya terbentuk menjadi figur yang perfeksionis.

Sampai kemudian dia mendapat kasus besar yang menuntutnya untuk pindah ke New York. Meski ibunya berat hati, namun mereka tetap pergi. Di sana, Kevin menghadapi aneka masalah, termasuk dengan isterinya sendiri yang merasa terabaikan. Hubungan mereka jadi janggal, bahkan Ann perlahan menjadi sosok perempuan yang gila. Karier Kevin memang semakin cemerlang, namun orang-orang di sekitarnya tambah menderita. Gongnya ketika Alice memberitahu bahwa ayah Kevin merupakan setan dan memudahkan hidup Kevin lantaran ia ingin mengendalikan kehidupan melalui tangan anaknya. Kevin merenung dan mulai berpikir jernih atas semuanya.

8. A Few Good Men (1992)

film tentang pengacara pria wanita, film tentang pengacara terbaru, film barat tentang pengacara, film luar tentang pengacara dan pengadilan

Film bertema hukum yang dramatis ini menampilkan Tom Cruise, aktor yang bermain sebagai Letnan Daniel Kaffee. Dia adalah seorang perwira pengacara lulusan Universitas Harvard di bidang hukum. Dirinya menangani kasus dua prajurit Angkatan Laut, Prajurit Downey dan Kopral Dawson. Keduanya dianggap bersalah karena sudah menghabisi Prajurit Santiago, yang tak lain merupakan juniornya. Namun mereka beralibi kalau semua itu merupakan perintah komandan, perintah yang dianggap benar dan bahkan wajib untuk dilaksanakan. Di sisi lain, Kaffee berada dalam risiko tinggi jika berbalik melawan Kolonel Jessup yang menjadi komandan keduanya. Film ini bergulir dengan cukup seru, penuh dengan konspirasi.

Baca Juga :  Daftar Film Terbaru yang Dibintangi Brie Larson, si Captain Marvel

9. Michael Clayton (2007)

film bertema pengacara, film bertemakan pengacara

Sesuai judul, tokoh utamanya memang bernama Michael Clayton. Dia menjadi potret pengacara yang cerdas, namun dengan masalah yang menghimpit kehidupannya. Selain kegagalan rumah tangga, dia juga dihadapkan pada isu finansial yang hampir membuatnya bangkrut. Dalam keadaan sulit itu, dia kemudian mendapat kasus besar yang melibatkan klien istimewa berupa suatu perusahaan. Di sisi lain, ada perempuan cerdas yang sama cerdasnya dengan Clayton (George Clooney). Dia berambisi untuk mengerahkan daya upaya demi menyelamatkan perusahaan tersebut. Sebenarnya Clayton sendiri merasa ada sesuatu yang tak beres dalam kasus yang tengah ditanganinya. Nalurinya sebagai manusia berbanding terbalik dengan apa yang dilakukannya. Namun bagaimanapun, himpitan hidup dan godaan yang ditawarkan memang berhasil mengusik prinsipnya sendiri.

10. The Verdict (1982)

film pengacara terbaik

The Verdict menjadi film lain yang diangkat dari novel, buah karya Barry Reed. Adalah sosok Frank Galvin, pengacara cerdas yang dipecat karena sempat berupaya membongkar praktik korupsi perusahaan hukumnya sendiri. Dan seperti kondisi Michael Clayton, dia juga tampil sebagai pengacara yang mengalami kegagalan rumah tangga. Dalam tiga tahun berkarier, dirinya hanya memeroleh empat kasus, sehingga pendapatannya semakin kering. Keadaan itu memaksanya menjadi pecandu alkohol. Suatu saat Mickey memberinya proyek kasus malpraktik yang bisa memberinya imbalan menjanjikan. Di saat yang sama, ia yang kesepian mulai tertarik oleh pesona Laura.

Lika-liku seseorang yang berprofesi sebagai pengacara memang selalu menarik. Mereka menghadapi berbagai klien dan kasusnya masing-masing. Mereka juga menjadi salah-satu figur yang berpeluang untuk menabrakkan nilai kemanusiaan dan profesinya sendiri. Demikianlah, 10 Film Tentang Pengacara Terbaik dan Paling Seru #RD

Loading...