10 Film yang Bercerita Tentang Presiden

10 Film yang Bercerita Tentang Presiden

film tentang pemimpin negara, movie president, presiden film, film pemimpin negaraPresiden… Dia itu orang nomor satu di negaranya, jadi kepala eksekutif, atasan para legislator, panglima bagi negerinya, pemimpin diplomat, punya pengaruh kuat, punya kedudukan puncak dan pokoknya super power deh!

Diantara semua presiden, kayaknya orang nomor satu Amerika Serikat deh yang paling sering jadi inspirasi perfilman atau cerita fiksi. Dia sering jadi ikon pemimpin dan figurnya amat disorot dunia. Ketika dulu Obama baru dilantik saja, orang-orang ikut bertanya; apa dia mampu memperbaiki ekonomi dunia enggak, ya? mampu membawa perdamaian enggak, sih? sanggup menjaga nama besar dan kebanggan AS apa enggak? dst.

Nah berikut ini sepuluh presiden dalam film yang cukup populer di mata penonton:

1. Presiden Merkin Muffley dalam Film “Dr Strangelove”

dr strangelove youtube, dr strangelove quotes, dr. strangelove analysis, dr strangelove watch online, dr strangelove summary, dr strangelove ending, dr strangelove netflix, watch dr strangelove

Brigjen Jack D. Ripper (dimainkan sama Sterling Hayden) bikin masalah sama Rusia. Ia blak-blakkan memberi komando pada para bawahannya untuk menyerang negara itu. Alasan yang ia berikan, Rusia telah menaruh zat ‘fluoride’ ke dalam air minum orang Amerika, sehingga dirinya jadi impoten.  Karena alasan gilanya serta karena takut perang nuklir terjadi, presiden dan staf berusaha mencegah. Nama Dr. Strangelove sendiri merupakan 3 tokoh dengan satu pemain, yakni Peter Sellers, yang juga presidennya. Nama Presiden di sini, Merkin Muffley. Dia menyuruh bawahan untuk membunuh si biang masalah, Ripper. Namun tanpa dieksekusi pun, sang jendral malah bunuh diri. Di film ini, ceritanya cukup jenaka namun juga serius.

2. Presiden James Marshall dalam Film “Air Force One”

film-film yang bercerita tentang presiden, air force one shoes, air force one photos, air force one layout, nike air force one, air force two, inside air force one, marine one, air force one tail number

Enggak tahu kenapa, tapi Harrison Ford ini kayaknya emang cocok banget mengisi peran sebagai Presiden James Marshall. Ceritanya kapal khusus untuk presiden, Air Force One, dibajak dan para pelaku menyekap semua penumpang, termasuk anak-isteri presiden. Mereka menginginkan pembebasan ketuanya dan mengancam akan membunuh para tawanan. Sang presiden sendiri sebenarnya enggak melarikan diri atau memakai sekoci, melainkan bersembunyi di dalam pesawat. Dia dulu mantan prajurit, dan berusaha mengambil kendali kapal.

Baca Juga :  Film Drama Terbaru Terbaik yang Dibintangi Exo "Oh Sehun"

3. President Andrew Shepherd dalam Film “The American President”

film tentang pemimpin negara, movie president, presiden film, film pemimpin negara

“The American President” alias Presiden Amerika. Seperti apa sih sosoknya? Nah Michael Douglas, sang Presiden Amerika bernama Andrew Shepherd, menjawab rasa penasaran kita. Lewat film ini, kita diingatkan bahwa ‘Presiden juga manusia’. Walau jadi orang terpenting, super hectic, punya banyak bawahan, dan banyak urusan, ia tetap punya kehidupan pribadi. Soal masa-lalunya yang menyedihkan, soal kurangnya kasih sayang ibu, soal asmaranya, sisi lucunya dst.

4. Presiden Tom Beck dalam Film “Deep Impact”

film bencana alam 2014, film bencana alam yang bagus, film bencana alam terpopuler

Morgan Freeman alias Presiden Tom Beck mesti ‘menikmati’ tahtanya dengan campuran bencana.  Ya, sebuah asteroid atau komet raksasa menghantam bumi. Keadaan jadi menegangkan. Usaha pemerintah diuji. Mereka gagal, namun presiden dan staff tidak menyerah. Mereka kembali mengupayakan hal lain, bahkan sampai mengumumkan sayembara bagi siapa saja yang ingin bergabung jadi tim ilmuwan. Di film ini ada dramanya, namun kita fokus pada usaha sang presiden. Dengan kharisma dan gaya elegannya, akhirnya ia berhasil menangkis masalah besar ini. Menariknya, baru pertama kali orang negro jadi pemeran Presiden AS. Lebih menarik lagi, sebab hal tersebut (Presiden kulit hitam) jadi kenyataan. Obama, buktinya.

5. Presiden James Dale dalam Film “Mars Attacks”

film pemimpin, film kepemimpinan, mars attacks cards, mars attacks trading cards, watch mars attacks, mars attacks soundtrack, mars attacks quotes, mars attacks full movie, mars attacks trailer, mars attacks netflix

Sesuai judulnya, cerita film ini memang tentang penyerangan penghuni mars ke bumi. Bahkan digambarkan bagaimana mereka meluluhkan Taj Mahal, Big Ben, Pulau Paskah, Menara Eiffel, dst. Bukannya menyerang balik, Presiden malah ingin terus berdiplomasi untuk damai. Bahkan ketika ada yang mengusulkan perang nuklir, presiden tetap bergeming. Ia tak tahu kalau dirinya tengah diincar. Sang presiden sendiri dibawakan oleh Jack Nicholson. Dia cukup jenaka dan mudah disukai orang. Sayangnya, sang presiden berhasil dibunuh.

Baca Juga :  10 Film Sukses Aktor Bruce Willis

6. President dalam Film “Escape from New York”

escape from new york pizza, escape from new york remake, escape from new york quotes, escape from new york 2009, escape from new york soundtrack, escape from new york trailer, escape from new york tape, escape from new york theme

Peran Presidennya dimainkan oleh Donald Pleasance. Diceritakan kapal kebanggaanya, ‘Air Force One’, mengalami kecelakaan di Manhattan. Tempat itu tentu amat berbahaya untuk orang sepenting presiden, sebab di dalamnya terdapat para pelaku kriminal. Dia bahkan ditawan sama mereka. Adalah Snake Pliskin (diperankan Kurt Russell), mantan tentara, yang mendapat tugas untuk menyelamatkan presiden. Nah lihatlah, setinggi apapun posisi dan kuasanya, orang nomor satu itu amat bergantung pada bawahannya.

7. Presiden Thomas J. Whitmore dalam Film “Independence Day”

independence day 2, independence day quotes, declaration of independence, independence day lyrics, independence day history, independence day speech, independence day movie cast, independence day 1996 cast

Jadi Presiden itu tentu ada enaknya, banyak juga pahitnya, ya. Seperti yang dialami Bill Pullman alias Presiden Thomas dalam film “Indepence Day” ini. Dia mesti memangku kuasa kala negeri besarnya diserang; gedung putih, gedung Empire State, patung liberty dan hampir area lainnya.  Mending kalau sama sesama manusia, yang ada malah makhluk asing (alien). Namun sang Presiden tetap tegar berdiri melindungi rakyatnya, bahkan masih bisa memberikan pidato yang cukup sweet untuk rakyatnya.

8. Presiden Gene Hackman dalam Film “Absolute Power”

top 10 movie presidents, movie presidents daughter, movie presidents daughter kidnapped, dead presidents movie part, movie presidents pictures, movie abraham lincoln, movie john f kennedy, movie obama

Bener-bener deh, film ini mengeksplor tentang bagaimana posisi tinggi bisa membuat seseorang jadi punya kuasa. Kalau kekuasaan itu jatuh ke tangan seseorang yang salah, maka yang terjadi adalah kesewenang-wenangan. Gene Hackman, sang Presiden Alan Richmond, memang piawai memerankan tokoh presiden yang bengis di film ini. Korupsi, pelecehan, intrik, dan penyalahgunaan kekuasaan ia lahap habis. Tak hanya dari perbuatannya, sorot matanya pun bisa bikin lutut orang jadi lunglai.

9. Presiden Lindeberg dalam Film “The Fifth Element”

 top 10 movie presidents, movie presidents daughter, movie presidents daughter kidnapped, dead presidents movie part, movie presidents pictures, movie abraham lincoln, movie john f kennedy, movie obama

Film karya Luc Besson ini cukup sukses di zamannya. Kabarnya, film ini bahkan menghasilkan pendapatan yang sangat tinggi. Cukup mengejutkan, sebab rupanya Besson masih berusia enam belas tahun ketika menulis karya ini. Adapun ceritanya tentang empat batu yang dipercaya jadi representasi dari empat elemen bumi (air, api, angin dan tanah). Judul filmnya ‘kan ‘the fifth element’, elemen kelima, yang ternyata berwujud manusia. Elemen terakhir ini bisa menyatukan semua elemen yang ada. Di film ini juga ada peran presidennya, Presiden Lindeberg, yang dimainkan Tom Lister Jr., mantan pegulat itu. Kita akan melihat sikapnya ketika menghadapi bahaya yang mengintai umat manusia.

Baca Juga :  10 Drama Korea Tentang Sekolah Dan Cinta Terbaik

10. Presiden dalam Film “Fail Safe”

dead presidents movie part, movie presidents pictures, movie abraham lincoln, movie john f kennedy, movie obama, top 10 movie presidents, movie presidents daughter, movie presidents daughter kidnapped

Film yang satu ini sempat berseteru gitu ya sama film Dr. Strangelove. Alasan utamanya karena masalah waktu. Jadi dua film yang temanya mirip ini berlomba untuk tayang duluan. Dan karena pengaruh sosok Kubrick, Fail Safe kalah deh! Meski demikian, karya ini tetap diapresiasi penonton.

Adalah Henry Fonda, aktor yang berperan sebagai presidennya. Dia dihadapkan pada suatu masalah, yang berawal dari sesuatu yang dianggap sepele, namun kemudian berbuah malapetaka. Intinya ‘sesuatu yang tak terduga’ menimpa AS. Sistem pertahanan mereka mengalami kesalahan, atau orang menyebutnya ‘electrical malfunction’. Secara tak sengaja, kode penyerangan nuklir terkirim pada negara adidaya lainnya, yakni Rusia. Presiden dan staff pun berjuang keras menghadapi masalah ini. Di sini, sosok Fonda cukup inspiratif dan terlihat lebih ‘manusiawi’.

Well, apa ada presiden-presiden lain? [#RD]