10 Gua Paling Dalam Di Dunia - ngasih.com

10 Gua Paling Dalam Di Dunia

10 Gua Paling Dalam Di Dunia

gua terbesar di dunia, gua terdalam di dunia, gua terpanjang di dunia, gua terindah di duniaManusia dan alam memang dekat. Tak hanya warga desa, beberapa orang perkotaan pun  kerap menikmati panoramanya. Entah ke pegunungan, hutan, area sungai, dan sebagainya.

Namun bagaimana dengan gua? Tidak banyak orang pernah ke sana. Bahkan mungkin, banyak diantara kita yang tidak pernah menginjakkan kaki ke sana.

Kita hanya tahu soal stalaktit, stalagmit dan kemisteriusan gua dari sebuah tayangan atau bacaan saja.

Misteri itulah yang sering menggoda manusia untuk mengeksplornya. Walau gelap dan sedikit menakutkan, namun kita begitu penasaran, sedalam apa gua tersebut. Nah bicara soal kedalaman gua, berikut ini daftar 10 gua paling dalam yang ada di dunia:

10. Gua “Cehi”

gua di dunia, gua dunia gua siluman, gua terbesar di dunia, dua dunia gua selarong, dua dunia gua

Gua Cehi adalah gua yang ada di Slovenia. Cehi jadi gua paling dalam di negeri sana. Ia berukuran sedikitnya 4982 kaki atau sekitar 1518 meter dalam kegelapan. Ukuran yang cukup mengagumkan.

9. Gua “Sima de la Cornisa”

gua di dunia, gua dunia gua siluman, gua terbesar di dunia, dua dunia gua selarong, dua dunia gua

Gua yang satu ini terletak di pegunungan Picos de Europa, negara Spanyol. Para spelunkers tentu tertantang untuk membentuk tim dan mengobservasi sedalam apa gua ini. Spelunkers adalah orang-orang yang memiliki hobi mengeksplor gua. Hasil dari observasi mereka memang menakjubkan. Kedalaman gua ini mencapai 4944 kaki atau sekitar 1506 meter.

8. Gua “Shakta Vjacheslav Pantjukhina”

Di Georgia terdapat 400-an gua besar yang dikenal. Salah-satunya berada di Caucasus barat, yakni gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina. Ukuran dalamnya mencapai 4948 kaki atau sekitar 1508 meter. Tentunya pantas untuk masuk list ini.

7. Gua “Sarma”

Masih di Georgia. Orang-orang yang mengobservasinya sudah menyimpulkan kalau gua ini memiliki kedalaman sepanjang 5062 kaki, atau sekitar 1542 meter. Namun tim spelunkers masih terus menelusuri gua ini. Formasinya memang mengesankan. Bahkan siapa tahu, ukuran yang sudah ditetapkan sekarang bisa bertambah seiring dengan eksplorasi tersebut.

Baca Juga :  Fakta Unik dan Menarik Tentang Dragonfly atau Capung

6. Gua “Torca del Cerro del Cuevon”

Kembali ke Spanyol. Gua besar dalam tanah ini termasuk yang paling dalam di negara tersebut. Selain dalam, gua ini dinilai cukup sulit untuk ditaklukan. Jadinya bagi para petualang sejati, gua ini bisa dimasukkan dalam list destinasi.

5. Gua “Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo”

Lagi-lagi kita berputar ke Georgia. Masih berlokasi di Caucasus barat. Kali ini ke gua “Illuzia-Snezhnaja-Mezhonnogo”. Sesuai namanya, memang ada dua gua yang menyatu. Yang satu ‘illuzia’, artinya ‘ilusi’. Yang lainnya ‘snezhnaja’, artinya bersalju. Adapun total kedalamannya sekitar 5751 kaki atau sekitar 1752 meter.

4. Gua “Vogelshacht and the Lamprechtsofen”

Persimpangan dua gua, Vogelshacht dan Lamprechtsofen, ada di Austria. Sistem gua ini begitu besar, sehingga makin memicu ketertarikan para petualang gua. Kedalamannya mencapai angka 5354 kaki atau sekitar 1631 meter. Namun angka ini masih berpeluang untuk bertambah.

3. Gua “Gouffre Mirolda”

Gua yang ada di Prancis sempat digadang-gadang sebagai gua paling dalam di dunia. Kedalamannya memang luar biasa, sampai mencapai 5685 kaki atau sekitar 1732 meter. Selain dikenal paling dalam, gua ini juga telah ditelusuri sampai ke bawah-bawah.

2. Gua “Reseau Jean Bernard”

gua terpanjang di dunia, gua terindah di dunia, gua terbesar di dunia, gua terdalam di dunia

Masih di Prancis. Kali ini di daerah Pegunungan Alpen. Kedalamannya mencapai angka 5256 kaki atau sekitar 1602 meter, terus menurun sampai ke lapisan kulit keras atau kerak bumi. Gua ini memiliki 8 jalan masuk, yang sampai sekarang masih tengah ditelusuri. Sebelum terkalahkan, gua ini sudah memegang rekor sebagai gua terdalam sampai tahun 1980.

1. Gua “Krubera-Voronja”

gua terbesar di dunia, gua terdalam di dunia, gua terpanjang di dunia, gua terindah di dunia

Pemenang untuk kategori gua paling dalam jatuh ke salah-satu gua di Georgia, yaitu Kurbera-Voronja. Saking menariknya, gua ini sampai dieksplor sedalam 2 km ke bawah. Kedalamannya mencapai 7188 kaki atau 2190 meter.

Baca Juga :  Assault Rifle List di Game Dizzel Reload dan Penjelasannya

Mengingat  gua-gua lain masih dalam proses eksplorasi, maka list ini bisa jadi berubah. Yang jelas, fakta soal misteri kedalaman gua menandakan bahwa manusia memang belum tahu banyak soal ciptaan Tuhan YME. Dia begitu Maha Kuasa akan segala sesuatu. 10 Gua Paling Dalam dan Terpanjang Di Dunia #RD

Loading...