10 Hewan Khas Sungai Amazon yang Keren dan Berbahaya

Apa yang terkenal dari Sungai Amazon?

Yang kita tahu, Amazon adalah nama sungai terbesar yang ada di dunia. Hewan khas yang sering diekspos orang yaitu ikan piranhanya, yang kecil namun nampak sangar dan memiliki gigi super tajam. Tetapi di luar semua itu, sungai ini juga menjadi ekosistem yang paling kompleks dan bervariasi.

Di area sungai terdapat hutan hujan, yang sangat mendukung habitat hewan eksotis atau yang memang langka. Saking jarangnya, hewan-hewan tersebut biasanya lain daripada yang lain. Sebagian bahkan sudah dinyatakan binasa. Mereka terkesan mengerikan, tapi juga keren. Sebut saja katak beracunnya.

Berikut inilah 10 hewan atau makhluk Amazon lain yang tak keren. Jom!

1. Anaconda

binatang penghuni sungai amazon, binatang buas sungai amazon, video binatang sungai amazon, binatang khas sungai amazon, foto binatang sungai amazon

Sebagaimana yang kita tahu, ular jenis anaconda hijau atau eunecetes murinus merupakan yang terbesar dan terberat ukurannya. Meski bukan yang terpanjang, namun ular ini tetap jadi predator yang menakutkan. Mereka bisa melumpuhkan target apapun dengan mudah. Entah itu ikan, ayam, burung, tikus, buaya, rusa, bahkan sesama anacondanya sendiri. Adapun berita tentang anaconda yang menelan manusia masih meragukan, atau masih harus diuji keabsahannya lagi.

2. Arapaima

ikan air tawar amazon, ikan di sungai amazon, ikan arapaima sungai amazon, ikan ganas sungai amazon, ikan sungai amazon terbesar

via : g+

Ikan yang berbentuk torpedo ini sekilas nampak tak berbahaya. Ia tak ubahnya sebagai satu dari sekian air tawar yang paling bongsor atau berukuran terbesar di dunia. Namun ikan dengan sebutan Pirarucu dan Paiche ini memang mampu melahap mangsanya dengan mudah.

Ia juga bisa melompat ke luar dari air demi menyerang targetnya. Seperti ikan lain, Arapaima juga memiliki insang. Hanya saja ia memiliki organ lain semacam paru-paru yang dinamakan swim bladder. Suplai oksigennya pun jadi semakin terbantu. Namun sayang sekali, ikan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Brazil. Hal tersebut menyebabkan pemerintah setempat mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan secara komersial.

Baca Juga :  12 Hewan Penghisap Darah

3. Belut Listrik (Electric Eel)

hewan penunggu sungai amazon, hewan penghuni sungai amazon, hewan raksasa sungai amazon, hwean aneh sungai amazon, hewan sungai amazon

Sebenarnya makhluk yang satu ini bukanlah benar-benar belut, melainkan semacam cat fish atau ikan lele. Hanya saja orang-orang sudah terlanjur memberikan sebutan sebagai belut listrik atau elektrik. Ikan ini dikaruniai oleh sel electrolytes yang bisa menyerang atau menghabisi mangsanya.

Aneh tapi nyata, belut ini bisa menyetrum sampai 600 volts. Dengan kata lain, makhluk ini bisa menyaingi efek dari pistol setrum atau juga taser yang bisa melumpuhkan korbannya. Jika targetnya sehat, kemungkinan ia memang tak akan terbunuh. Namun sudah pasti dirinya akan pingsan. Demikian juga jika ia terlampau kaget dan sampai mengalami serangan jantung karena setruman itu.

4. Candiru

ikan ganas sungai amazon, ikan sungai amazon terbesar, ikan air tawar amazon, ikan di sungai amazon, ikan candiru sungai amazon

Dilihat dari kasat mata, Candiru tak ubahnya sebagai lele imut yang berbentuk unik dan lucu. Namun siapa sangka, ikan ini justru begitu ditakuti. Siapa pun yang tengah mandi atau berenang di sungai, tentu akan segera menghindar jika Candiru datang.

Kabar menyebutkan kalau si mungil ini bisa merangsek masuk melalui alat kelamin atau dubur manusia. Mereka juga kerap dijuluki sebagai vampir, sebab hobi menyedot darah sebagai asupan makanannya. Bahkan musuh yang lebih besar pun bisa tumbang.

5. Tucuxi

ikan-ikan di sungai amazon, ikan toxuci sungai amazon

Selanjutnya ada Tucuxi, mamalia yang mirip seperti lumba-lumba berhidung botol. Hanya saja lingkungan hidupnya ada di sungai, sama seperti makhluk serupa yang dinamakan Boto. Ia tidak bisa beradaptasi dengan baik di lautan.

Tucuxi juga tak seperti lumba-lumba yang ramah terhadap manusia. Mereka bahkan tak akan bisa menyesuaikan diri di kandang atau tempat-tempat penakaran. Hidupnya bebas tersebar, bahkan sampai ke area Bolivia dan Kolombia.

Baca Juga :  Merawat Burung Di Perjalanan

6. Ikan Piranha

ikan sungai amazon terbesar, ikan air tawar amazon, ikan di sungai amazon, ikan piranha sungai amazon, ikan terganas sungai amazon

List ini tentu wajib menyertakan ikan piranha sebagai satu diantara hewan Amazon yang sangat berbahaya. Walau kecil, namun mereka memiliki gigi-gigi yang sangat tajam, rahang super kuat, dan selera yang rakus akan daging-dagingan. Adalah mantan Presiden Amerika Serikat sekaligus seorang petualang, Theodore Roosevelt, yang sempat menuliskan bagaimana aksi ikan piranha ini. Ia menyaksikan langsung ketika ikan-ikan tersebut menyantap seekor sapi. Tak berapa lama kemudian, hewan berkaki empat itu sudah tinggal tulang.

Hal ini juga menjadi inspirasi bagi para sineas film untuk memperkaya scene mereka. Di dunia nyata sendiri, serangan piranha memang sudah tak aneh. Hanya saja apa yang diekspos orang terkesan dilebih-lebihkan. Menariknya, orang-orang Brazil doyan sekali mengkonsumsi ikan piranha dengan cara menggorengnya.

7. Kaiman Hitam

binatang penghuni sungai amazon, binatang buas sungai amazon, video binatang sungai amazon, binatang khas sungai amazon, foto binatang sungai amazon

Begitu melihat gambarnya, kita akan langsung menerka kalau makhluk ini adalah buaya. Namun sebenarnya reptil karnivora ini lebih besar dan gelap atau hitam, sesuai dengan namanya. Dari rupanya saja, sudah wajar kalau banyak yang menakuti makhluk ini. Caiman hitam bisa tumbuh sampai 5 meter. Bahkan legenda menyebutkan kalau hewan ini bisa berukuran lebih panjang lagi.

Di Amazon sendiri, the black caiman ini menjadi penghuni atau predator terbesar. Bagi mereka, manusia adalah musuh yang utama. Bagaimana pun, banyak perburuan liar yang menargetkan kulit mahalnya. Karena itu, makhluk ini termasuk sebagai hewan yang dilindungi.

8. Lumba-lumba Pink

hewan khas amazon, binatang khas amazon, hewan khas sungai amazon, hewan khas hutan amazon, hewan endemik di amazon

via : pinterest.com

Ini dia yang dinamakan boto atau bufeo, mamalia yang mirip dengan lumba-lumba atau tucuxi. Kelakuan mereka tak seperti lumba-lumba biasanya. Mereka termasuk makhluk penyendiri, tidak memburu mangsa dalam bentuk tim atau kelompok.

Baca Juga :  8 Tanaman Berbahaya dan Beracun bagi Hewan Peliharaan Anda

Demikian juga dengan ciri fisiknya yang khas. Mereka berwarna pink, kepalanya benjol, dan bermoncong panjang. Hewan ini memang aneh dan cukup jarang ditemui.

9. Berang-berang Raksasa

hewan khas amazon, binatang khas amazon, hewan khas sungai amazon, hewan khas hutan amazon, hewan endemik di amazon

Tak seperti berang-berang atau musang biasa, binatang bernama giant river otter ini berukuran raksasa. Pertumbuhannya bisa sampai 2 meter, hampir seperti ukuran kuda poni. Mereka hidup berkelompok dan sangat berisik.

Sekilas kita tak melihat bahaya pada diri mereka, namun ternyata hewan ini bisa begitu beringas. Beberapa peneliti bahkan menyaksikan bagaimana mereka saling merobek satu sama lain. Belum lagi dengan satu dari sekian makanan favorit mereka, yakni berupa ikan piranha. Namun sayangnya, hewan ini sudah mulai langka. Manusia memburu mereka untuk mengolah kulit bulunya.

10. Manatee Amazon

hewan khas amazon, binatang khas amazon, hewan khas sungai amazon, hewan khas hutan amazon, hewan endemik di amazon

Mamalia yang satu ini ibarat paduan dari gajah dan anjing laut. Mereka tak memiliki kaki, melainkan sirip yang membantu mobilitasnya. Mereka bukan makhluk berbulu, kecuali sedikit cambang di dekat area mulutnya. Manatee Amazon ini menghabiskan sebagian besar waktunya di air, bahkan di bagian terdalamnya.

Dibanding dengan semua hewan Amazon yang dibahas dalam daftar ini, manatee termasuk yang paling ramah atau tidak berbahaya. Mereka adalah herbivora, sehingga hanya melahap rumput atau tanaman. Mereka bahkan bisa menahan lapar sampai 7 bulan lamanya. Semua itu lantaran proses metabolismenya berjalan begitu lambat. Tetapi lagi-lagi, manatee ini sudah masuk dalam perlindungan. Polusi, kerusakan lingkungan, dan tentu saja perburuan manusia menjadi ancaman besar bagi mereka.

Demikian top 10 binatang yang keren, langka, dan berbahaya yang hidup di Sungai Amazon. Seyogyanya manusia lebih bisa menjaga dan melestarikan mereka. 10 Binatang Khas Penghuni Sungai Amazon #RD

Loading...
error: