10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat Bagi Anak-anak - ngasih.com

10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat Bagi Anak-anak

10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat untuk Anak-anak

Apa manfaatnya memelihara hewan peliharaan?

Baik orang dewasa maupun anak-anak tentunya mendapat banyak faedah. Ada orang sengaja memelihara hewan untuk mengurangi stress, mencegah alergi, menjadi pribadi yang lebih baik, menjadikannya sebagai sahabat, dsb. Namun apakah semua hewan peliharaan itu baik bagi untuk anak-anak?

Sebuah survey dilakukan. Para pengisinya berasal dari “mantan” anak-anak, pecinta binatang, serta para orang tua. Beberapa hewan yang lazim dijadikan peliharaan seperti anjing, kucing, ikan, dsb, tentu masuk list. Umumnya mereka mempertimbangkan biaya hewan yang tidak terlalu mahal serta perawatannya yang dinilai mudah. Namun tentu saja, anak-anak diminta berperan serta untuk bertanggung-jawab atas hewan pilihannya tersebut.

Berikut ini 10 hewan yang diklaim terbaik dan difavoritkan untuk dirawat anak-anak. Jom!

1. Puppy/ Anak Anjing

cute teacup pomeranian puppies, cute teacup pomeranian, cute teacup pomeranian puppies for sale, cute baby teacup pomeranian, cute white teacup pomeranian, cute fluffy pomeranian puppies teacup

Singkatnya, puppy adalah anjing yang masih berusia muda atau kanak-kanak. Puppy biasa berukuran 0,45 sampai dengan 1,36 kg, sedangkan yang terbilang besar berukuran 6,8 sampai dengan 10,4 kg. Jika kondisinya baik, puppy yang baru lahir bisa berkembang dengan sehat dan pesat.

Awalnya mereka senang sekali menghabiskan waktu dengan tidur dan makan. Namun perkembangan lebih lanjut bisa terjadi setelah mata dan telinganya berfungsi lebih baik. Mereka jadi lebih mandiri dan aktif. Permainan yang disenangi seputar kejar-kejaran, tarik-menarik, dsb. Sifatnya bisa manja, banyak meminta atau menuntut ini-itu, labil, dan enerjik.

Sebenarnya diperlukan adaptasi tersendiri untuk bersosialisasi dengan mereka, sebab puppy cenderung takut jika berada anjing yang lebih dewasa, atau juga manusia. Kita disarankan untuk mengenalkan puppy tersebut ke dunia yang lebih luas dan beragam. Dengan demikian, kemampuan interaksi dan sosialisasinya pun ikut menanjak.

2. Anjing Dewasa

10 hewan peliharaan terbaik, daftar hewan peliharaan terbaik, game hewan peliharaan terbaik, hewan peliharaan yang terbaik, game hewan peliharaan terbaik android

Berbeda dengan puppy, anjing dewasa memang sudah terbilang agak senior. Dari ukuran tubuh sudah terlihat, lebih tinggi dan lebar. Perkembangan dasarnya juga sudah mulai mantap. Dibanding puppy, tingkat pengawasan kita terhadap mereka bisa berkurang. Hanya saja proses training atau pembelajaran masih tetap penting untuk dilakukan.

Kedewasaan pada anjing memang berbeda-beda, tergantung anakannya. Umumnya semua itu mulai muncul sejak usia 1 sampai 3 tahun. Kalau yang sudah benar-benar senior dimulai dari usia 6 sampai 10 tahunan. Anjing dewasa ini terlihat lebih percaya diri, sudah berpengalaman, lebih kaya akan pengetahuan, mandiri, dan perawatannya pun lebih mudah.

Baca Juga :  Berbagai Macam Jenis Filter untuk Aquarium

Jika puppy cenderung banyak permintaan, maka tidak dengan anjing dewasa. Hanya saja, mereka pun masih memerlukan atensi besar dari manusia. Agar lebih afdol, kita bisa tetap memerhatikan diet, olahraga, atau mungkin kebutuhan medis mereka.

3. Kitty, Kitten atau Anak Kucing

kucing lucu dan menggemaskan, kucing lucu banget, kucing lucu youtube, kucing lucu bergerak, kucing lucu dan imut

Jika istilah anjing anak-anak adalah puppy, maka untuk kucing disebut dengan kitty atau kitten. Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan betapa kiyut-nya hewan yang satu ini. Ketika lahir, anak kucing memang tak berdaya dan sangat bergantung pada induknya.

Ketika dia sudah melewati fase selama dua pekan, perkembangan pesat akan terjadi. Dia jadi lebih berani untuk mengeksplor dunia, di luar dari “sarangnya” yang nyaman. Untuk anak kucing domestik, umumnya mereka berjiwa sosial tinggi. Keberadaan manusia sebagai teman sangat mereka nikmati.

Perkembangan mereka, baik dari segi kekuatan maupun sistem koordinasi, berlangsung dengan cukup pesat. Mereka gemar bertikai dengan sesama, mulai menjelajah, belajar “mandi” sendiri dengan menjilat-jilat badannya, bermain “stalking”, berburu mangsa, dan mulai menunjukkan skill bawaannya sebagai seorang predator. Ketika masih sangat belia, disarankan kalau kitten ini sering berinteraksi dengan induk atau teman sepermainannya. Mereka akan membantu sosialisasi dan perkembangan sikapnya.

4. Goldfish / Ikan Mas

ikan mas lucu dan unik, ikan lucu dan unik, animasi ikan lucu, kartun ikan lucu, video ikan lucu

Goldfish termasuk ikan air tawar. Hewan ini menjadi salah-satu ikan akuarium yang paling difavoritkan. Tampilannya menarik. Biayanya tak terlampau mahal, kecuali ikan mas tertentu yang terbilang istimewa, maka harganya bisa melangit. Tak ayal, banyak orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan. Mereka juga dinilai bisa belajar mengembangkan sikap, baik itu secara individu maupun kelompok.

Bicara tentang sosialisasi, ikan koki termasuk tipikal yang senang bergaul. Ikan ini digambarkan sebagai hewan yang ramah terhadap sesama, sehingga jarang ada yang terlibat dalam pertikaian. Hanya saja kita musti lebih sensitif kalau soal pembagian makanan. Persaingan untuk merebut makanan bisa cukup ketat dan panas.

5. Kelinci

hewan peliharaan anak kost, hewan peliharaan anak kosan, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak muda, hewan peliharaan untuk anak

Ini dia hewan manis, berbulu halus, dan memiliki cara bergerak yang lucu, yang sering menggoda kita untuk memiliki dan merawatnya. Namun dibanding dengan hewan lain dalam list, kelinci mungkin termasuk pilihan yang musti banyak dipertimbangkan, apalagi kalau hendak dijadikan teman anak-anak. Perlu kesabaran dan pengertian ekstra untuk memelihara mamalia kecil ini.

Baca Juga :  10 Jenis Burung yang Mencetak Rekor untuk Aksi Terbang Mereka

Hewan ini memang sensitif. Mereka bisa merasa stress dan sakit tatkala manusia mengangkatnya. Tak jarang kalau mereka kabur secepat kilat, menendang, atau mungkin mengancam dengan gigi kelincinya. Karena itu banyak anak yang ketakutan atau merasa bosan sebab tak kuasa berinteraksi fisik dengan mereka.

Di sisi lain, kelinci termasuk hewan yang jiwa sosialnya tinggi. Mereka menikmati keberadaan binatang lain atau manusia. Keunggulan lainnya mereka itu tidak berisik, cukup menyenangkan untuk sekadar dilihat, dan memiliki kepribadian unik. Hanya saja kita musti sabar dan memahaminya. Sebisa mungkin kita juga menghabiskan waktu di ruangan indoor bersama mereka.

6. Guinea Pig / Marmut

hewan peliharaan anak kost, hewan peliharaan anak kosan, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak muda, hewan peliharaan untuk anak

Jika diperkirakan, berat badannya itu sekitar 700-1200 gram, dan tingginya sekitar 20-25 cm. Walau namanya Guinea Pig, namun hewan ini tidak termasuk pada jenis babi. Hewan ini juga tidak berasal dari Guinea, Afrika Barat.

Sudah sejak lama, marmut ini menjadi hewan peliharaan pilihan yang eksotis. Mereka termasuk binatang yang tangguh, mudah dirawat, memiliki harapan hidup lumayan panjang, unik, lucu menggemaskan, dsb. Studi juga menyebutkan kalau hewan ini bisa memberi pertolongan pada anak-anak autis.

Kita leluasa memilih aneka anakan yang menawarkan variasi ukuran, bulu, warna, atau corak. Mereka juga termasuk hewan yang interaktif, responsif, dan ramah, apalagi kalau sudah mengenal betul siapa majikan atau orang yang merawat. Ikatan atau chemistry kita dengan mereka bisa kuat.

7. Hamster

10 hewan peliharaan terbaik, daftar hewan peliharaan terbaik, game hewan peliharaan terbaik, hewan peliharaan yang terbaik, game hewan peliharaan terbaik android

Hewan pengerat ini menjadi salah-satu peliharaan yang banyak dipilih orang. Kita sering jatuh cinta pada ukuran tubuhnya yang imut, badan gemuknya yang menggemaskan, atau perilakunya yang lucu menarik perhatian. Lebih lagi perawatannya sederhana, cukup murah, dan tak memakan spasi kandang yang besar.

Sebagai hewan nocturnal, hamster tentu lebih aktif pada malam hari. Sedangkan di siang harinya, mereka lebih banyak beristirahat. Namun tetap saja tingkah polah mereka membuat kejengahan kita reda.

Anak-anak bisa menemukan sumber hiburan tersendiri dari hewan ini. Mereka begitu jenaka, dan tak terlalu menuntut perawatan ekstra yang mahal. Anak-anak pun tak akan begitu terganggu dengan baunya, kalau memang hewan ini dirawat di dalam kandang dengan baik.

Baca Juga :  Cacing Tanah Umpan Klasik untuk Memancing

8. Kucing Dewasa

kucing kesayangan nabi siapa, hewan peliharaan anak kosan, hewan peliharaan anak kecil, hewan peliharaan anak muda, hewan peliharaan untuk anak

Rasulullah Saw sangat mencintai hewan yang satu ini. Karenanya, banyak yang mengikuti jejak Beliau menumpahkan rasa sayang pada kucing. Namun kita memang akan terpesona oleh aura menggemaskan yang mereka punya.

Manisnya hewan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi anak-anak. Mereka akan terhibur karena memiliki teman yang kiyut. Mereka juga bisa berinteraksi dengan binatang berkumis ini. Ketika kita bicara atau berkeluh kesah, biasanya kucing akan duduk atau berbaring sambil menampangkan roman seperti sedang menyimak.

Universitas Missouri bahkan sempat mengemukakan studi cukup penting terkait kucing. Mereka menyatakan kalau anak dengan penderita autisme bisa terbantu dengan binatang ini. Kucing bisa mendorong terjalinnya interaksi.

9. Box Turtle / Kura-Kura Batok / Kuya Batok

hewan peliharaan untuk anak kos, hewan peliharaan untuk anak-anak, hewan peliharaan untuk anak kecil, hewan peliharaan untuk anak kosan, hewan peliharaan untuk anak sd

Sesuai namanya, kura-kura ini memiliki karapas atau punggung berupa tempurung. Bentuknya tinggi membulat, dan bisa menjadi “rumah” bagi badannya. Saat ini kura-kura juga menjadi opsi yang banyak dipilih pecinta binatang.

Hewan yang cukup eksotis ini memiliki tampilan yang lain daripada yang lain. Namun bukan berarti kura-kura kehilangan aura lucu dan menggemaskannya. Misalnya ketika ia melata, atau seperti malu-malu menyembunyikan badan dan tungkainya dalam tempurung.

10. Betta Fish / Ikan Cupang

hewan peliharaan untuk anak-anak, hewan peliharaan untuk anak kecil, hewan peliharaan untuk anak kosan, hewan peliharaan untuk anak sd

Ini dia hewan yang asli daerah Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia. Mereka juga tersebar di Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Tak heran kalau ikan ini bisa dijumpai dengan mudah.

Makhluk air ini hidup di air tawar. Daya tahannya juga cukup bagus. Mereka bahkan masih bisa bertahan jika musti hidup dalam wadah yang memiliki sirkulasi udara kecil.

Kesederhanaan perawatan ikan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan binatang peliharaan. Anak-anak juga terhibur dengan corak, warna, sirip panjang-lebar, dan perilakunya. Selain itu, anak-anak bisa mulai dilatih bertanggung jawab dengan merawat sang ikan.

Sebagai makhluk yang berakal dan berhati nurani, seyogyanya kita mencurahkan kasih sayang pada semua makhluk hidup, termasuk juga binatang. Terlepas dari hewan tersebut merupakan peliharaan atau bukan. Cinta yang diberikan musti tulus ikhlas. Paling tidak, begitulah ajaran utama yang bisa kita berikan pada anak-anak, ketika memutuskan untuk menunjuk salah-satu hewan yang dijadikan peliharaan. 10 Hewan Peliharaan Terbaik dan Mudah Dirawat Bagi Anak-anak #RD

Loading...