10 Kereta Api Tercepat dan Paling Keren di Dunia

10 Kereta Api Tercepat dan Paling Keren di Dunia

Apa yang keren atau menarik dari sebuah kereta api? Kenapa begitu banyak orang yang memilih menumpangi kereta api?

Bicara soal keren, kereta api memang tidak memiliki sayap dan tentu tak mampu terbang. Kendaraan dengan jalur khusus tersebut jauh berbeda dari kapal terbang. Namun banyak orang yang menggemarinya lantaran berbagai hal. Kereta api terbilang murah, memberikan sensasi tak terlupakan, menyediakan pemandangan indah serta kenyamanan dan kecanggihannya sedang terus digencarkan.

Seiring berkembangnya modernitas, kemajuan pun menjangkau sarana transportasi, termasuk kereta api. Beberapa bahkan dicap sebagai kereta api paling keren atau hebat. Semua itu tak lepas juga dari kecepatannya yang luar biasa, yang bisa mengantarkan penumpang dengan tujuan jauh dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Nah, kereta api apa dan di mana saja? Jom!

10. Kereta Api THSR 700T, Taiwan

kereta api tercepat di dunia, kereta api tercepat di jepang, kereta api tercepat di dunia 2015, kereta api tercepat di dunia 2014-2015-2016

THSR 700T adalah seri kereta api buatan Taiwan yang memiliki kecepatan super. Pelayanan transportasi ini mulai digiatkan pada 5 Januari 2007 lalu, dengan jalur antara Kota Taipei dan Kaohsiung. Di waktu normal, butuh durasi selama 4,5 jam untuk melakukan perjalanan dua wilayah itu. Namun kereta api yang memiliki speed sebesar 300 kmph ini mampu mempersingkat waktu menjadi 1,5 jam saja. Total, THSR 700T ini memiliki 12 gerbong, yang 9 diantaranya memberikan power tersendiri bagi keretanya.

Pembuatan kereta 700T ini dilakukan di Jepang oleh konsorsium 3 perusahaan raksasa. Ada Kawasaki, Nippon Sharyo dan Hitachi. Kereta api ini tak hanya menjunjung kecepatan belaka, melainkan kenyamanannya juga. THSR 700T ini memang mengadaptasi perlengkapan kenyamanan ala Eropa. Misalnya dengan menyediakan fitur sistem deteksi kestabilan, detektor asap dan api, kontrol pemberhentian stasiun, dsb.

Ada beberapa kereta 700T yang sudah aktif beroperasi. Masing-masing dari 700T memiliki gerbong kelas bisnis serta 11 lainnya kelas standard. Kelas bisnis menyediakan 66 kursi penumpang, sementara yang standard menyiapkan 923 kursi. Semua gerbongnya kedap suara, bahkan mereka juga menyediakan informasi perjalanan real time.

9. Kereta Api ETR 500 Frecciarossa, Italia

kereta api paling cepat, kereta api paling cepat di indonesia, kereta api paling bagus di dunia, kereta api paling mahal di dunia, kereta api paling cepat di dunia

Trenitalia menjadi perusahaan yang mengoperasikan ETR 500 Frecciarossa, kereta api super cepat yang ada di Italia. Seperti 700T di Taiwan, kereta api yang satu ini juga memiliki kecepatan sebesar 300 kmph. Moda transportasi ini menawarkan pelayanan jalur Milan-Roma-Naples. Tiap harinya mereka siap menyediakan 72 koneksi atau rute perjalanan. Sementara untuk Milan dan Roma, mereka sudah menyediakan 28 kereta api yang terus beroperasi non-stop. Speed besar memungkinan perjalanan Milan ke Roma hanya sampai 2 jam 40 menit saja.

Kereta api ini menjadi hasil modernisasi dari versi ETR 500 terdahulu. Para perusahaan yang ada di balik proyek transfortasi ini adalah AnsaldoBreda, Alstom dan Bombardier. Ada empat kabin utama yang tersedia. Ada yang kelas standard, premium, bisnis serta eksekutif. Hal istimewa lain dari kereta ini, yaitu gerbongnya yang kedap suara serta menyediakan Wi-Fi gratis yang selalu kita harapkan.

Baca Juga :  10 Atlet Renang Perempuan Terbaik dan Tercantik Di Dunia

8. Kereta Api SNCF TGV Duplex, Perancis

kereta api tercepat di prancis, kereta api tercepat di perancis, nama kereta api tercepat di perancis, penemu kereta api tercepat di dunia

Sesuai namanya, kereta api ini memang dioperasikan oleh perusahaan bernama SNCF. Kendaraan dengan speed sampai 320 kmph ini sudah hadir di Prancis sejak Desember 2011 silam. Kereta api ini termasuk double-deck, jadi memungkinkan muatnya banyak penumpang. Khusus untuk TGV Duplex, keretanya bisa berkapasitas 508 bangku. Selain sering dipuji karena kenyamanannya, yang satu ini juga siap melayani semua kota-kota besar yang ada Prancis.

Alstom menjadi perusahaan yang memproduksi kereta ini. Agar bobotnya berkurang, mereka sengaja menggunakan bahan aluminium. Tingkat daur-ulangnya juga begitu besar, sampai 90%. Desainnya pun sangat ramah. Mereka menyediakan kelas standard, first class serta TGV Pro.

Di kelas standard, penumpang akan menikmati fasilitas tempat duduk yang nyaman, bar buffet, serta mesin penjual snack atau makanan ringan. Untuk di first class, penumpang bisa melepas penat di atas kursi berbaring, cahaya membaca pribadi serta colokan atau soket untuk perangkat yang kita gunakan. Sementara untuk kelas TGV Pro, bangku yang tersedia lebih lapang lagi. Mereka juga menyediakan minuman, koran, majalah atau fasilitas browsing via free Wi-Fi .

7. Kereta Api Alstom Euroduplex, Perancis

kereta api tercepat, kereta api terpanjang, kereta api terakhir, kereta api termewah, kereta api tercepat dunia, kereta api paling bagus di eropa dunia, kereta api paling laju

Alstom Euroduplex adalah kereta api seri ketiga dari TGV duplex, yang beroperasi di Prancis. SNCF masih menjadi perusahaan yang bertanggung-jawab mengoperasikan kereta ini. Untuk pelayanannya, mereka siap mengantar penumpang Prancis, Swiss, Jerman dan Luxembourg. Semua perjalanan itu ditempuh dengan kecepatan sebesar 320 kmph.

Perusahaan kereta api Alstom tampil sebagai desainer dari Alstom Euroduplex. Mereka mulai melayani penumpang sejak Desember tahun 2011. Waktu itu saja, kapasitas bangkunya mencapai 1020. Seri yang ketiga ini juga cenderung lebih ringan, serta memiliki sistem aerodinamik yang lebih baik. Seolah belum cukup, kereta api dengan kecepatan tak biasa ini juga menyediakan layar informasi travel secara real time, baik itu di dekat area pintu atau dalam perangkat gerbongnya.

6. Kereta Api E5 Series Shinkansen Hayabusa, Jepang

perusahaan kereta api terbaik di dunia, foto kereta api terbaik di dunia, 10 stasiun kereta api terbaik di dunia, stasiun kereta api terbaik di dunia, pelayanan kereta api terbaik di dunia

Untuk saat ini, E5 Series Shinkansen Hayabusa menjadi kereta api tercepat di Jepang. Alat transportasi ini mulai bergerak sejak 5 Maret 2011. JR East atau perusahaan kereta api East Japan menjadi operatornya. Penumpang diantarkan dari Tokyo ke Aomory. Karena kecepatan puncaknya bisa menyentuh angka 320 kmph, jarak tempuhnya pun mencapai 2 jam 56 menit saja.

Jika kita perhatikan, kereta ini memiliki “hidung” yang panjangnya sekitar 15 meter. Desain itu sengaja dibuat agar suara dan getarannya bisa diminimalisir, khususnya ketika kereta melintas ke terowongan. Kereta dengan seri ini memiliki total 10 gerbong, lengkap dengan kapasitas bangku sebanyak 731 buah.

Baca Juga :  18 Album Musik Punk Paling Keren dan Bersejarah Sepanjang Masa

Setiap seri dari kereta ini memiliki 3 kelas utama. Ada yang standard, green serta gran. Kelas standard sudah menyiapkan 658 kursi, kelas green 55 kursi, sementara yang gran menyediakan 18 kursi saja. Yang terakhir ini mengundang banyak perhatian, sebab fasilitas yang ditawarkannya memang mewah. Kita akan disediakan kursi berbaring yang nyaman, masker mata, selimut, sandal serta makanan-minuman.

5. Talgo 350, Spanyol

kereta api tercepat di dunia 2015, kereta api tercepat di dunia 2014-2015-2016

Talgo adalah kereta api cepat yang dielu-elukan bangsa Spanyol. Mereka biasa menyebutnya sebagai Pato. Hal itu dikarenakan bentuk “hidungnya” yang mirip paruh bebek. Namun desain tersebut memang sengaja diterapkan agar kereta mampu menghadapi tekanan ombak. Speed maksimumnya yang sampai 350 kmph mampu mempersingkat waktu tempuh antara Madrid dan Barcelona. Kereta api memiliki 14 gerbong, yang terdiri dari 2 gerbong pengemudi atau penggerak serta 12 lainnya merupakan gerbong penumpang.

Fasilitas kereta api terpecah menjadi empat kelas; ada kelas Club, First, Bistro, dan Coach. Tak perlu khawatir, sebab semua kelasnya menyajikan kursi berbaring, lengkap dengan tempat ganjal atau penunjang kakinya. Setiap bangkunya sudah bisa mengakses perangkat audio atau video. Panel informasi real time pun terpampang di dalam serta di luar gerbong.

4. Siemens Velaro E/AVS 103, Spanyol

kereta api paling bagus di dunia, kereta api paling mahal di dunia, kereta api paling cepat di dunia

Kereta super cepat selanjutnya masih berada di Spanyol. Yang satu ini merupakan versi lain dari Velaro E ala Siemen, perusahaan Jerman yang sudah mengembangkannya. Di Spanyol sendiri, kereta api ini lebih dikenal sebagai AVS 103. Daerah operasinya ada diantara Barcelona dan Madrid. Speed maksimalnya sebesar 350 kmph, sehingga memungkinkannya menempuh dua kota besar itu dalam waktu 2 jam 30 menit saja.

Pada tahun 2001, perusahaan nasional kereta api Spanyol mulai memesan kereta ini. Lalu pada Juni tahun 2007, barulah pelayanannya dibuka. Total ada 8 gerbong, dengan kapasitas sebanyak 404 kursi.

3. AGV Italo, Italia

kereta api tercepat di dunia

Ini dia kereta api tercepat yang dioperasikan di daratan Eropa. Alat angkut keren ini dimiliki oleh Italia. Pada tahun 2008, perusahaan Italia bernama Nuovo Trasporto Viaggiatori (NTV) memesan sebanyak 25 kereta. Lagi-lagi perusahaan yang ada di balik operasi kereta ini adalah Alstom, asal Prancis itu.

Kecepatan operasional maksimumnya menjangkau angka sebesar 360 kmph. Namun di tahun 2007, ketika dilakukan tes awal, kereta ini bahkan melesat sebesar 574 kmph. Lalu pada April 2007, mereka mulai membuka jasanya. Daerah operasinya bergerak di antara Roma dan Naples. Dengan speed istimewa yang dimilikinya, penumpang bisa sampai tujuan dengan durasi sekitar satu jam saja.

Desainnya juga banyak mendapat pujian. Struktur yang diterapkan begitu ramah lingkungan, bahkan 98% diantaranya memang dari hasil dari proses daur ulang. AVG Italo ini memiliki 11 gerbong yang terbagi menjadi 3 kelas. Ada kelas Club, Prima dan Smart. Semuanya sama-sama menyediakan kursi dari bahan kulit, tayangan televisi serta Wi-Fi gratis.

Baca Juga :  30 Fakta Zayn Malik - One Direction

2. Harmony CRH 380A, China

kereta api tercepat di china, kereta di china, kereta api tercepat di china, kereta api tercepat dunia china, kereta china tercepat

Untuk saat ini, kereta api CRH 380A menjadi yang tercepat kedua di dunia. Untuk pelayanan secara komersil, kecepatan maksimum kereta ini sampai 380 kmph. Namun ketika proses testing, speed kereta yang ada di Tiongkok ini tercatat sebesar 416,6 kmph. Jasa rutin yang mulai dioperasikan pada Oktober 2010 ada di antara rute Shanghai-Nanjing.

Perusahaan CSR Qingdao Sifang Locomotive serta Rolling Stuck menjadi pihak yang ada di balik produksi kereta ini. Material alumunium membuat kereta api ini mampu mengurangi berat. Tampilan depannya yang menyerupai ikan juga menjadi kekhasan tersendiri untuk kereta api ini. Desain unik ini sengaja dirancang agar kereta mampu mengurangi tekanan aerodinamik.

Kapasitasnya cukup banyak, sebanyak 494 kursi penumpang. Tiap penumpangnya akan difasilitasi lampu baca, tampilan elektronik serta power port. Semua unit gerbongnya juga mendapat pelayanan berupa makanan dan minuman. Mereka juga menyediakan bagian VIP khusus di area yang berdekatan dengan kabin masinis. Dengan begitu, kita bisa menikmati “pemandangan” kereta api yang tengah melesat.

1. Shanghai Maglev, 431 kmph, China

shanghai maglev technology, shanghai maglev price, shanghai maglev train map, shanghai maglev train speed, shanghai maglev train ticket price, shanghai maglev train, maglev train, shanghai maglev schedule

Juara untuk list ini jatuh ke negeri Tiongkok, dengan kereta api kebanggaannya, Shanghai Manglev. Kecepatan operasi puncaknya mencapai 431 kmph. Adalah Shanghai Maglev Transportation Development Co. yang menjadi operatornya. Jika diperhatikan secara seksama, kereta api ini tidak memiliki roda. Bisa kita lihat bagian

bawahnya melayang di atas medan magnet, tepat diantara kereta dan track-nya. Kekuatan magnetnya yang luar biasa itu menciptakan tarikan elektromagnetik tersendiri, sehingga tak terjadi kontak langsung antara rel dengan keretanya.

Top speed-nya yang sebesar 431 kmph bisa diraih hanya dalam waktu 4 menit saja. Siemen dan ThyssenKrupp tampil sebagai perusahaan produksi yang ada di balik eksistensi maglev komersial ini. Untuk pelayanan publik, kereta ini sudah membukanya sejak tahun baru 2004.

Wilayah operasinya terbentang diantara jalanan Long Yang serta bandara Internasional Pudong. Penumpang tak perlu menunggu lama. Mereka akan menyelesaikan perjalanan selama 7 menit, 20 detik saja. Untuk kapasitas penumpangnya sendiri, Shanghai Manglev sudah menyiapkan sebesar 574 bangku. Operasinya berlangsung setiap 15 menit. Untuk tiket biasa, kita bisa menukarnya dengan uang sebesar US$8. Sementara untuk kelas VIP, harganya dobel menjadi US$16.

Bisa kita bayangkan, bagaimana rasanya jika menjadi penumpang di salah-satu kereta api dalam daftar ini. Pastinya kita akan merasakan sensasi tak terlupakan. Meski kesempatan untuk menikmati perjalanan kereta api jadi berkurang, semua itu terbalaskan dengan kecepatan untuk sampai ke tujuan. Kereta Api Tercepat di Dunia 2016 #RD

Loading...
error: