10 Makanan yang Bisa Mencegah dan Melawan Flu

10 Makanan yang Bisa Mencegah dan Melawan Flu

Malas dengan penyakit flu atau influenza? Risih karena bersin terus-terusan? Atau mungkin sumpek karena hidung mesti mampet?

Flu memang menjadi salah-satu penyakit ringan yang sangat menyebalkan. Kita tak hanya menderita sakit kepala atau demam, segala aktivitas sehari-hari pun mesti terhambat karenanya. Untuk itu, banyak orang yang sebisa mungkin menghindari yang namanya penyakit influenza.

Satu dari sekian jurus ampuh untuk menanganinya yaitu dengan mempertebal sistem imun atau ketahanan tubuh. Namun kita juga bisa mensiasatinya dengan menyeleksi asupan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Seorang penulis buku “101 Foods That Could Save Your Life”, Dave Grotto, menyampaikan 10 bahan makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Makanan tersebut bahkan bisa melawan berbagai sumber penyakit.

Apa saja? Jom!

1. Jamur

makanan untuk flu dan batuk, makanan untuk flu berat, makanan untuk flu pilek, makanan untuk flu singapura, makanan untuk flu dan demam

Kita sudah sering mendengar atau membaca, kalau jamur adalah salah-satu bahan makanan yang menyehatkan. Setidaknya ia memiliki dua senjata andalan ketika menghadapi musim sakit flu. Ada selenium, yang mendorong darah putih agar memproduksi cytokines, zat yang ampuh memberantas penyakit. Lalu ada juga beta glucan, semacam fiber antimicrobial, yang bertugas mengaktifkan sel pembunuh infeksi.

2. Bawang Putih Segar

makanan untuk flu dan batuk, makanan untuk flu dan batuk, makanan penyembuh flu dan batuk, makanan pereda flu dan batuk, makanan untuk penderita batuk flu

Bahan makanan dengan bau menyengat ini mengandung phytochemical allicin, senyawa antimicrobial yang ampuh menumpas penyakit. Sebuah studi di Inggris sempat menyampaikan hasil terkait dengan bawang putih ini, bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen allicin 46% lebih sedikit yang terkena demam atau flu. Mereka juga cenderung cepat sembuh jika memang sudah terkena penyakit tersebut.

Baca Juga :  7 Sate Ekstrim di Indonesia yang Konon Kaya Manfaat

3. Ikan Salmon Segar

makanan untuk flu berat, makanan untuk flu pilek, makanan untuk flu singapura, makanan untuk flu dan demam

Sebuah studi mengemukakan, kalau partisipan dengan kadar vitamin D dalam lebih rendah maka akan dengan mudah terkena infeksi saluran pernapasan. Kontra dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D yang tinggi. Karenanya, kita bisa meningkatkan vitamin tersebut dari sumber alami seperti daging ikan salmon. Dengan bobot 3,5 ons saja, ikan bisa menghasilkan vitamin D sebesar 360 IU. Para ahli memberi rekomendasi, bahwa tiap harinya vitamin D yang musti dikonsumsi sebesar 800 sampai dengan 1000 IU.

4. Teh

minuman untuk orang flu, minuman untuk sakit flu, minuman hangat untuk flu, minuman untuk flu tulang, minuman untuk flu

Para peneliti di universitas terkemuka Harvard University pernah memberi pernyataan terkait hasil studi teh mereka. Faktanya, meminum lima gelas teh tiap hari bisa melipatkangandakan imun atau sistem ketahanan tubuh sampai empat kali lipat. Hal tersebut terjadi setelah dua minggu. Diduga semua itu terjadi karena kandungan theanine. Tak hanya itu, teh juga mengandung catechins dan ECGC, yang bisa diandalkan karena bebas radikal. Dave Grotto, sebagai penulis “101 Foods That Could Save Your Life”, menyarankan agar kita meminum satu sampai tiga gelas teh tiap harinya. Entah itu teh hijau, putih atau pun hitam.

Baca Juga :  9 Hadiah atau Kado Terbaik untuk Anak yang Baru Disunat atau Dikhitan

5. Yogurt

makanan pereda flu dan batuk, makanan pereda flu untuk bayi, makanan pereda flu dan demam, buah pereda flu, buah pereda flu dan batuk

Satu dari organ yang sangat berpengaruh terhadap ketahanan tubuh adalah aliran pencernaan. Bagian tersebut musti terlindung oleh probiotics dan prebiotics. Dua zat penting itu biasanya ditemukan dalam makanan fermentasi, salah-satu contohnya yaitu yogurt. Sebuah studi di Universitas Vienna, Austria, mengungkapkan kalau makanan tersebut bisa meningkatkan fungsi dari sistem imun tubuh.

6. Cokelat Hitam

makanan untuk flu dan batuk, makanan untuk flu berat, makanan untuk flu pilek, makanan untuk flu singapura, makanan untuk flu dan demam

Sudah lama para ahli nutrisi menyatakan kalau cokelat gelap ini bisa menjadi opsi baik jika kita pengin menu diet sehat. Tak hanya itu, studi dalam jurnal nutrisi Inggris juga menguak fakta bahwa cokelat ini mampu meningkatkan imunitas atau ketahanan tubuh. Ada kandungan dalam cokelat yang mampu berperang melawan infeksi, dan melindungi tubuh agar tidak lekas drop.

7. Oysters atau Tiram

makanan penyembuh flu pilek, makanan pereda flu dan batuk, makanan pereda flu untuk bayi, makanan pereda flu dan demam, buah pereda flu, buah pereda flu dan batuk

Bicara sistem ketahanan, kita akan lekat dengan zat bernama zink. Kandungan ini sangat diandalkan untuk membunuh bakteri atau virus, misalnya seperti demam atau flu. Jika kita ingin mendapatkan kandungan bermanfaat ini, tiram bisa menjadi jawabannya. Sebuah tiram berukuran sedang pun hampir mampu menutup kebutuhan zink tubuh tiap harinya.

8. Kacang Almond

makanan untuk flu dan batuk, makanan untuk flu berat, makanan untuk flu pilek, makanan untuk flu singapura, makanan untuk flu dan demam

Dalam kacang almond, kita bisa mendapatkan kandung antioksidan vitamin E. Sebagaimana yang kita tahu, zat ini mampu mengurangi serangan flu atau demam. Bahkan menurut studi di Universitas Tufts, kandungan ini juga meningkatkan pencegahan infeksi saluran bernapas. Kacang yang satu ini akan lebih kuat jika ditemani dengan bahan konsumsi lain seperti lobak hijau, biji bunga matahari atau juga gandum.

Baca Juga :  Rekor! 7 Orang Tergemuk di Dunia, Ada yang Mencapai 6 Kuintal

9. Strawberry

buah untuk flu dan demam, buah untuk flu dan batuk, buah untuk flu pilek, buah untuk flu batuk, buah untuk flu perut

Ketika membahas penyakit flu atau demam, kemungkinan kita langsung terpikir pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Namun si merah berbintik-bintik ini tak bisa dikesampingkan. Beberapa studi mengatakan kalau buah ini bisa mengurangi intensitas penyakit flu dan demam. Durasi penyakitnya pun bisa berubah singkat.

10. Ubi Jalar

makanan penyembuh flu dan batuk, makanan pereda flu dan batuk, makanan untuk penderita batuk flu

via : twitter.com

Fungsi ketahanan tubuh bisa ditingkatkan juga dengan beta-karoten. Kandungan ini juga bisa menaklukan toksin atau racun yang membahayakan tubuh. Untuk itu, kita bisa menyerapnya dalam ubi jalar. Makanan lain dengan fungsi serupa misalnya wortel, labu biasa, labu kuning, kuning telur, dan buah belewah.

Membentengi sistem imun atau ketahanan tubuh serupa dengan peribahasa “sedia paying sebelum hujan”. Sebelum penyakit menjangkiti dan mengusik aktivitas, ada baiknya kita mencegah sedini mungkin. Apalagi kalau senjata untuk mencegahnya ternyata ada di sekitar kita sendiri. 10 Makanan yang Bisa Mencegah dan Melawan Flu #DBS #RD

Loading...
error: