10 Merek atau Brand Sepeda Motor Terbaik di Dunia Tahun 2016 - ngasih.com

10 Merek atau Brand Sepeda Motor Terbaik di Dunia Tahun 2016

Sepeda motor membanjiri jalan raya. Hampir di  setiap rumah, yang bergarasi atau tidak, menyimpan kendaraan roda dua. Mayoritas dari penggunanya memang jatuh hati pada moda transportasi yang dianggap cepat, efektif, dan murah ini. Lebih lagi, kendaraan sudah dianggap sebagai bagian dari kebutuhan.

Pertumbuhan sepeda motor memang sangat melesat. Khususnya di negara-negara dengan ekonomi yang sedang berkembang seperti Tiongkok, India, Indonesia, dsb. Tak ayal, fenomena ini jadi perhatian tersendiri di mata para pengusaha motor.

Brand yang sudah ternama atau yang biasa saja bergulat demi menarik perhatian pelanggan. Mereka memberi iming-iming berupa motor yang stylish, bandel, murah-meriah, irit bahan bakar, dsb. Namun pada akhirnya, pilihan terbaik jatuh ke tangan konsumen sendiri.

Bicara soal perusahaan sepeda motor terbaik tentu tak akan lepas dari faktor laris-tidaknya produk mereka, atau berapa jumlah unit yang berhasil terjual. Nah, jom!

10. Royal Enfield

merek motor terbaik 2016, merek motor bagus, merek motor paling bagus, merek motor yang bagus, merk ban motor bagus, merk cat motor bagus

Pada tahun 1893, “Enfield Cycle Company” berdiri. Mereka memproduksi motor, sepeda, mesin, dsb dengan menggunakan nama brand sebagai “Royal Enfield”. Kantor pusatnya ada diRedditch, Worcestershire, Inggris.

Baru pada tahun 1901, motor perdana mereka diproduksi. Mereka juga merilis “Royal Enfield Bullet”, yang desain dan performanya begitu melegenda. Karenanya, motor antik yang satu ini terus diproduksi dari tahun 1931 dan menjadi magnet bagi pengguna sejatinya.

Sebagai “pemain lama”, produk Royal Enfield sudah tersedia di lebih dari 50 negara. Kerennya, mereka juga tergabung dalam “keluarga Royal Enfield”. Jadi para riders-nya bisa berkenalan dan berinteraksi lebih lanjut. Total penghasilan perusahaan sebesar $0,82 milyar. Labanya $49,6 juta. Sementara produk yang terjual berjumlah 498.791 unit.

9. Piaggio

merek motor terbaik di indonesia, merek motor terbaik dunia, merek motor terbaik 2016, merek motor terbaik indonesia, merk motor terbaik

Rinaldo Piaggio mendirikan perusahaan ini pada tahun 1884. Namun dulu segmen yang ia ambil terbatas pada pembuatan gerbong kereta api dan lokomotif. Selama terjadi Perang Dunia I, mereka juga menyediakan kapal terbang.

Seiring waktu, Piaggio terus berekspansi. Kini mereka menjadi salah-satu perusahaan motor terkemuka di dunia. Markas besarnya sendiri ada di Pontedera, Pisa, Tuscany, Italia. Nama-nama merek yang sudah diluncurkan meliputi Piaggio, Vespa, Scarabeo, Gilera, Aprilia, Derbi dan Moto Guzzi. Empat brand terakhir masih terus dikembangkan, mengikuti trend teknologi dan desain ala Italia yang kekinian.

Piaggio memang melegenda. Merek Aprilia tampil dengan penuh prestasi, Gilera begitu elegan dan sporty, Moto Guzzi menampilkan kualitas tinggi, dan tentu saja Vespa yang hingga kini masih memiliki fans sejati. Secara keseluruhan, motor yang sudah laris sebanyak 322.500 unit. Pendapatannya sebesar $0,99 milyar. Sementara keuntungan bersihnya $76 juta.

Baca Juga :  10 Hobi Terkeren dan Termahal di Dunia

8. TVS Motor

merek motor terbaik di indonesia, merek motor terbaik dunia, merek motor terbaik 2016, merek motor terbaik indonesia, merk motor terbaik

Thirukkurungudi Vengaram (TV) Sundaram Iyengar mendirikan TVS Group pada tahun 1978. Kantor utamanya ada di Chennai, India. Segmen bisnis yang mereka bidik tidak hanya terbatas pada kendaraan roda dua. Mereka juga bergerak di bidang penerbangan, tekstil, barang elektronik, finansial, logistik, dan perumahan. Total ada lebih dari 90 perusahaan yang mereka naungi.

TVS Motor memiliki 4 pabrik produksi motor utama. Tiga diantaranya ada di India, dan yang satunya berdiri di Indonesia. Dan hingga kini, sudah banyak produksi TVS yang bisa dinikmati masyarakat. Ada seri Apache RTR, Star City, Sport, dan Phoenix 125. Skuternya ada Scooty Pep, Jupiter, dan Wego. Motor kumbangnya ada XL 100, XL Super, dan XL Heavy Duty.

TVS Motor pernah menjalin kerja-sama hampir 20 tahun dengan Suzuki. Mereka juga memiliki partner penting asal Prancis (Sherco), yang kemudian memiliki andil dalam acara sekeren Dakar Rally. Keikutsertaannya membuah hasil manis, seakan mendukung komitmen perusahaan untuk menyajikan produk yang berkualitas tinggi dan tiada duanya. Mereka pun mampu menjual produk sebanyak 2.679.264 unit. Seluruh pendapatannya ada $1,6 milyar, sementara laba bersihnya ada di angka $64 juta.

7. BMW Motorcycles

merk motor terbaik di indonesia, merk motor terbaik 2016-2017, merk motor terbaik dunia, merk motor terbaik 2016

Bayerische Motoren Werke AG atau BMW memang sudah menjadi nama besar tersendiri di industri kendaraan bermotor. Perusahaan ini memulai perjalanan bisnisnya pada tahun 1921. Namun waktu itu mereka beroperasi di bidang pembuatan mesin kapal terbang. Dua tahun kemudian, mereka pun mencoba memproduksi motor.

Sekarang produksi motor mereka menggunakan nama BMW Motorrad. Tempat produksinya ada di Berlin, Jerman. Di sana mereka merakit bermacam-macam motor dengan kapasitas mesin berbeda. Mulai dari 450cc sampai dengan 1300cc. Namun pusat mesinnya sendiri tersebar di Austria, Tiongkok, dan Taiwan.

Dalam acara Dakar Rally, nama BMW Motorrad sudah tak asing lagi. Mereka bahkan sudah 6 kali menjadi juaranya. Prestasi itu tentu membantu mendongkrak popularitas perusahaan yang terus merilis seri terbarunya. Sebut saja C650 Sport, C650GT, R nineT scrambler, G 130 R, dan juga F 800 GS. Hingga kini unit yang terjual sebanyak 136.963. Pendapatan keseluruhannya sebesar $2,24 milyar. Untuk keuntungan bersihnya sendiri yaitu $139,7 juta.

6. Kawasaki

harga kawasaki, kawasaki klx, kawasaki z250sl, kawasaki ninja, kawasaki ninja rr, kawasaki pulsar, kawasaki ninja h2

Shozo Kawasaki mendirikan perusahaan ini pada tahun 1986. Di awal perjalanan bisnisnya, mereka tampil sebagai galangan kapal yang memproduksi kapal baja oceangoing. Mereka juga membuat gerbong penumpang, lokomotif, serta turbin uap. Barulah pada tahun 1954, mereka mulai menghadirkan sepeda motor perdananya yang dinamakan “Meihatsu”.

Baca Juga :  (Scribble Pen) Pulpen Pintar yang Dapat Meniru Warna Benda di Sekitar

Adalah Meguro Motorcycle, perusahaan asal Jepang, yang awalnya menjadi pengembang dominan. Sampai kemudian Kawasaki berhasil membelinya. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka berhasil merangsek ke pasar motor dan menggaet perhatian. Beberapa produksi yang sudah dipersembahkan meliputi H1 500cc, S1 250cc, S2 350cc, superbike Z1, seri Ninja, dsb.

Seperti halnya perusahaan motor lain, mereka juga terjun dalam berbagai kompetisi. Berbagai catatan kemenangan membawa pengaruh baik terhadap reputasinya. Kini mereka sudah berhasil menjual 20000 unit. Semua penghasilannya sebesar $3 milyar, dan laba murninya adalah $157 juta.

5. Bajaj Auto

bajaj auto limited, bajaj auto ltd vision mission, bajaj auto rickshaw, bajaj auto rickshaw price list, bajaj auto careers, bajaj auto finance, bajaj auto rickshaw price, bajaj auto price

Sebelum menjadi “Bajaj Auto”, perusahaan ini dinamakan sebagai “Bachraj Trading Corporation Private Limited”. Jamnalal Bajaj tampil sebagai pendirinya. Sejak berdiri di tahun 1945 di India, mereka menjual kendaraan roda dua dan tiga. Beberapa produk andalan mereka yaitu skuter chetak, Priya, dan Vespa.

Pada tahun 1986, Bajaj merilis sepeda motor. Perusahaan mensosialisasikan dimensi baru dari mesin mereka, yang dinamakan sebagai teknologi DTSI atau kepanjangan dari “Digital Twin Spark Ignition”. Motor buatan Bajaj yang terkenal pun muncul. Mereka adalah Pulsar, Discover, Paltina, dan Avenger.

Perusahaan yang dikelola oleh Pak Rahul Bajaj ini kini sudah tersebar di lebih dari 50 negara. Kini mereka sukses menjual 4.100.000. Total pendapatan mereka sebesar $3,6 milyar. Untung bersihnya sebesar $580 juta.

4. Hero MotoCorp

hero motocorp biz, hero motocorp price, hero motocorp career

Seperti Bajaj Auto, Hero Honda yang kini menjadi Hero MotoCorp pun berasal dari India, tepatnya Kota New Delhi. Nama awalnya diambil dari sang pendiri, Hero Honda, yang mulai mengoperasikan perusahaan pada tahun 1984.

Kini mereka memproduksi motor dan juga skuter. Dari waktu ke waktu, Hero MotoCorp menjelma menjadi perusahaan yang terus berkembang dan paling dikagumi. Baik dealer, layanan/ jasa, serta spare parts-nya sudah tersebar di mana-mana.

Beberapa produknya yang terkenal yaitu Karizma, Xtreme, Splendor, Glamour, Dawn, dsb. Orang-orang sudah percaya akan bobotnya yang ringan dan bahan bakarnya yang efisien. Tak heran kalau mereka bisa menjual sampai 6.872.730 unit. Penghasilan keseluruhannya mencapai $4,2 milyar, sementara laba bersihnya ada $467juta.

3. Yamaha

harga motor yamaha, yamaha matic, yamaha vixion, yamaha r25, yamaha r15, yamaha r6

Perusahaan motor yang satu ini tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Perusahaan ini lahir dan tumbuh pasca memisahkan diri dari Yamaha Corporation di tahun 1955. Mereka memiliki markas besar di Iwata, Shizuoka, Jepang.

Baca Juga :  10 Aplikasi Kalkulator Terbaik

Yamaha membuat aneka produk selain motor. Mereka juga menyediakan skuter, mesin mobil, snowboards, kapal, dan helm. Dan akhir-akhir ini, Yamaha dikenal kerap membubuhkan desain yang cantik terhadap motor sporty-nya.

Nama Yamaha juga begitu ditakuti di arena balap dunia. Baik itu Moto GP ataupun World Supercike. Mereka terus kejar-kejaran dengan para rival utamanya, terutama Honda. Namun masing-masing memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Total ada 5.218.000 unit motor mereka yang laris. Pendapatannya sebesar $9,28 milyar, dan laba bersihnya adalah $144 juta.

2. Harley Davidson

harga harley davidson, harley davidson dijual, harley davidson indonesia, harley davidson bekas, harga harley davidson 2012, sejarah harley davidson, harley davidson picture

Usia produsen motor yang keren ini sudah begitu tua. Mereka memulai perjalanan dari tahun 1903-an. Markas utamanya ada di Milwaukee, Wisconsin, Amerika. Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan betapa motor buatannya memiliki tampilan yang gagah, suara yang kencang, dan ada kesan yang kharismatik.

Selain brand, logo mereka juga begitu melegenda. Siapapun yang mengendarainya seakan memiliki ikatan batin tersendiri. Bahkan pada tahun 1983, perusahaan mendirikan HOG atau Harley Owners Group, yang menjadi wadah pusat bagi para pengguna motor Harley. Mereka biasanya menggelar tour demi tour, mempertebal kebersamaan sebagai sesama pengguna.

Secara umum, ada 6 kategori motor yang berhasil dirakit atau diciptakan. Ada Street, Dyna, V-rod, Touring, Sportster, dan Softail. Siapapun pasti bangga memiliki salah-satu diantaranya. Dari bisnis ini, Harley meraup pendapatan total sebanyak $5,3 milyar. Keuntungan bersihnya sebesar $752 juta. Semua unit yang terjual ada 270.000.

1. Honda Motor Company

honda motor jepang, honda global, honda motor company history, honda motor company careers, honda motorcycles, honda motorcycle company, honda bikes

Ini dia jawara untuk list perusahaan motor terbaik dan paling sukses sekarang. Honda Motor Company sudah berdiri di tahun 1946 di Hamamatsu, Jepang. Pendirinya adalah Soichiro Honda, yang nama belakangnya berubah menjadi legenda.

Pada tahun 1958, Honda merilis Cuper Cub, yang kemudian berhasil mengundang popularitas tinggi. Mereka terus menjalankan komitmennya untuk memproduksi yang terbaik. Sampai sekarang, publik mengenal Honda sebagai perusahaan motor yang terus mengembangkan teknologinya serta kaya pengalaman akan kejuaraannya.

Beberapa pembalap yang sempat bekerja dengan mereka tak kalah berpengaruh. Sebut saja Mike Hailwood, Mick Doohan, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, dsb. Total penjualan motornya sangat fantastis. Laris. Mereka berhasil menjual sebanyak 17.055.000 unit. Penghasilannya sebesar $16,4 milyar, sementara keuntungan murninya sebanyak $344 juta.

Daftar ini memang didasari 3 parameter utama yaitu pendapatan perusahaan, laba bersih yang diperoleh, serta total penjualan produknya. 10 Merek atau Brand Sepeda Motor Terbaik di Dunia Tahun 2016 #RD

Loading...