10 Padang Pasir dengan Oasis Paling Indah dan Keren

Apa yang ada di pikiranmu begitu mendengar kata “padang pasir”? Sesuatu yang langsung bercokol dalam pikiran kita mungkin soal cuaca panas, rasa dahaga, udara kering-kerontang, dsb. Namun kita juga tak bisa mengabaikan oasis atau mata air, yang menjadi harapan sekaligus titik indah dari sebuah padang pasir.

Oasis sendiri adalah merupakan area tetumbuhan yang ada di bentang padang pasir. Area tersebut biasanya terisolasi dan memiliki mata air tersendiri. Keberadaannya menjadi berkah dan sangat disyukuri, sebab bisa menjadi tempat atau habitat bagi sebagian makhluk hidup. Bisa dikatakan, oasis adalah harta karun yang tersembunyi yang bisa ditemukan di bentangan pasir yang luas.

Bagi manusia sendiri, oasis tak hanya berguna sebagai obat dahaga. Mata air di tengah padang pasir juga bisa menjadi objek keindahan. Nah diantara mata air yang ada di dunia ini, manakah yang terindah?

Agar kamu tidak bingung, berikut kami sajikan top 10 dari semuanya. Jom!

1. Oasis Seba, Libya

Oasis terbaik, oasis terindah, oasis terjemahan, oasis terrace residence pondok pinang, oasis terrace residence

Lokasi mata air ini ada di Kota Saba, arah barat daya Libya. Mata air Seba ini berkilau di jantung Padang Pasir Sahara. Ada beberapa pohon palem yang seakan menjadi pilar dari pasirnya yang kuning. Benar-benar menyejukkan mata.

2. Oasis Huacachina, Peru

oasis padang pasir, oasis padang gurun, oasis di padang pasir

Salah-satu lukisan nyata dari alam! Huacachina ini menjadi mata air tersembuyni diantara bukit pasir area Peru yang bergelombang. Pemandangannya semakin berkilau dengan adanya laguna dan tanaman hijau Kota Ica. Belum lagi dengan pemandangan desa yang menambah keelokannya. Semakin membuat para wisatawan betah saja.

Baca Juga :  30 Fakta Soal Louis - One Direction

3. Danau Crescent, Tiongkok

oasis paling indah, oasis paling terkenal

Di Padang Pasir Dobi – Tiongkok, ada sebuah oasis yang terkenal sebab sudah lama menjadi oase bagi para pedagang untuk istirahat. Selain membunuh rasa dahaga, mereka juga bisa berteduh dan mencuri kesejukan di tengah panasnya Kota Dunhuang. Danaunya disebut ‘crescent’, karena memang keindahannya bak sinar bulan. Di sini kita juga bisa membeli souvenir khas Tiongkok, sekaligus merasakan pengalaman menaiki unta.

4. Oasis Chebika, Tunisia

padang pasir terindah di dunia, pengertian padang pasir, musik padang pasir, makalah ekosistem padang pasir

Jika kamu merupakan penggemar Film Star Wars, kamu mungkin bisa mengingat sekilas tentang oasis yang satu ini. Letaknya sendiri ada di kaki gunung “Djebel el Negueb”. Orang-orang sering menyebutnya sebagai “kastil matahari”, sebab para tentara Romawi kerap menjadi titik ini sebagai pos Afrika. Sementara sekarang, mata air ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

5. Oasis Pica, Chile

padang pasir terindah di dunia, pengertian padang pasir, musik padang pasir, makalah ekosistem padang pasir

Mata air ini terletak di pedalaman Padang Pasir Atacama. Padang pasir tersebut terletak di Chili utara, tepatnya di kota yang asri bernama Pica. Tak heran kalau oasisnya sendiri disebut “Oasis Pica”.  Kabut yang ada di Samudera Pasifik cukup membantu menghijaukan area padang ini. Oasis ini bahkan memberi ‘hadiah’ berupa keberadaan burung flamingo. Cuaca di sini cukup panas. Begitu musim semi tiba, penduduk pun berbondong-bondong mandi di sini.

Baca Juga :  20 Kolam Hotel Terbaik Di Dunia

6. Oasis Zulganai, Mongolia

padang pasir terindah di dunia, pengertian padang pasir, musik padang pasir, makalah ekosistem padang pasir

Sudah kita bahas sebelumnya tentang keberadaan Padang Pasir Gobi di Tiongkok. Kali ini kita bergeser ke tetangganya, Mongolia. Di bagian selatannya terdapat oasis Zulganai. Oasis ini berhasil eksis berkat sungai Zulganai, yang mengalir di Pegunungan Altan, lalu merembes ke pasirnya. Jika beruntung, kita bisa menjadi saksi proses migrasi langka sekawanan burung.

7. Ein Gedi, Israel

padang pasir terindah di dunia, pengertian padang pasir, musik padang pasir, makalah ekosistem padang pasir

Dalam bibel, nama Ein Gedi ini kerap diilustrasikan sebagai mata air “Kebun Eden”. Selain indah, oasis yang yang satu ini memang memiliki sejarah, arsitektur dan pesona alam tersendiri. Lokasinya sendiri terletak di arah barat dari Laut Mati, yang ada di Padang Pasir Judean. Tepatnya yang ada diantara Gua Masada da Qumran, Israel. Selain menawan hati wisatan yang perlu hiburan, oasis terpenting di Israel ini juga membetot perhatia kaum religius.

8. Oasis Siwa, Mesir

Oasis terbaik, oasis terindah

Oasis ini terdampar di tanah tak bertuan yang ada di Padang Pasir Liya, sekitar 560 km dari Kota Kairo. Suasananya tenang, dengan dihiasi pohon zaitun dan palemnya. “Siwa” sendiri memiliki makna Dewa Matahari Bangsa Egypt aka Mesir, Amon Ra. Oasis Siwa sangat kesohor sebab menjadi kuil Yunani Oracle yang didedikasikan untuk Dewa Matahari Bangsa Mesir Amun. King Alexander juga pernah mengunjunginya. Sementara ada sebuah kolam, yang konon menurut cerita legenda pernah jadi tempat berenang Ratu Cleopatra. Pesona lain yang ditawarkan oasis yang satu ini yaitu penggunaan bahasa penduduk lokal Berber serta kostum tradisional mereka.

Baca Juga :  10 Stadion Sepakbola Terbesar dan Paling Megah di Dunia

9. “Fish Spring National Wildlife Refuge”, Utah

Oasis terbaik, oasis terindah, oasis terjemahan

Salah-satu kemegahan alam ini tercipta di ujung selatan padang pasir yang ada di Juab, Utah. Sejarah tempat ini begitu berkesan. Tempat ini dulunya menjadi saksi keberadaan Danau Bonneville. Terkadang kita bisa menyaksikan bagaimana garis-garis pantai yang sempat terbentuk bisa terlihat. Selain menarik perhatian manusia, tempat ini juga menjadi magnet bagi makhluk lain, termasuk burung-burung tertentu.

10. Lembah Nubra, India

padang pasir terindah di dunia, oasis padang pasir, oasis padang gurun, oasis di padang pasir

Tetumbuhan hijau tersebar di area padang pasir putih yang dingin ini. Letaknya ada di Ladakh, ujung utara dari India. Lembah ini disebut sebagai salah-satu ‘rahasia terbaik’-nya Asia. Lembah ini bisa kita capai dari Kota Leh. Namun tentu wisatawan asing perlu izin untuk mengunjungi tempat ini. Sesekali, kita bisa menikmati bagaimana para unta bermain di padang pasir. Unta-unta ini biasanya dibawa oleh karavan, yang sesekali melintas menuju Tiongkok. Bisa kita bayangkan hamparan salju, padang pasir dan langit biru yang indah. Siapa yang tak akan terpesona?

Nah demikian info mengenai oasis terbaik dan terkeren di dunia. Keberadaan mereka tentu bisa menjadi harapan dan alasan tersendiri bagi orang-orang, untuk bisa mencintai adanya padang pasir yang selama ini dianggap kering belaka. 10 Oasis Padang Pasir Terindah di Dunia #RD

Loading...
error: