10 Patung yang Paling Terkenal Di Dunia

Patung? Untuk apa manusia membuat patung? Sebagian orang ada yang melibatkan patung untuk kegiatan peribadatan. Sebagian lain ada yang menjadikan patung sebagai simbol, baik itu untuk sebuah kegiatan atau orang yang sudah banyak jasa dan pengaruhnya. Ada juga yang sengaja membuat patung untuk dihadiahkan.

Di dunia ini ada banyak sekali patung. Beberapa diantaranya begitu popular dan kerap jadi topik pembicaraan orang-orang, atau bahkan jadi destinasi travelling juga. Berikut ini kami paparkan top 10 patung paling terkenal di dunia.

Patung apa dan di mana saja lokasinya? Jom!

1. Patung Liberty

patung liberty dibuat di, patung liberty dibuat oleh, patung liberty termasuk jenis patung, patung liberty diresmikan pada tanggal, patung liberty di jepang

Kalau menengok sejarah Patung Liberty adalah patung yang jadi ikon kebebasan di Amerika Serikat. Patung ini juga jadi semacam simbol “ucapan selamat datang” pada para imigran yang datang dari luar negeri. Dipersembahkannya pada tanggal 28 Oktober 1886. Orang-orang Prancis menghadiahkannya pada bangsa Amerika, sebagai perayaan ke-100 tahun kemerdekaan negeri Paman Sam itu. Patung popular ini ada di Pulau Liberty, Manhattan, Amerika Serikat.

2. Patung “Christ the Redeemer”

patung yesus tertinggi di dunia, patung yesus di manado, patung yesus di brazil, patung yesus tidak memberikati, patung yesus terbesar di dunia

Ukuran patung ini mencapai 98 x 92 kaki atau 30 x 28 meter. Karena ukuran yang istimewa ini, “Christ the Redeemer” jadi patung Art Deco paling besar di dunia. Ia juga jadi Patung Yesus paling besar ke-5 di dunia. Lokasinya ada di puncak Gunung Corcovado, yang tingginya mencapai 2.300 kaki atau 700 meter. Tepatnya di Rio de Janeiro, Brazil. Patung yang pembuatannya antara tahun 1926 – 1931 ini jadi monumen penting di kota tersebut.

3. PatungThe Great Sphinx Of Giza”

Baca Juga :  10 Pegunungan Paling Indah Di Dunia

patung sphinx 2010-2015-2020, patung sphinx dunia, patung spinx, sejarah sphinx mesir, patung sphinx melambangkan, patung sphinx

The Great Sphinx of Gaza atau patung sphinkx dikenal sebagai salah-satu karya mistis, yang berwujud badan singa berkepala manusia. Patung ini berdiri kokoh di dataran tinggi Giza, tepatnya di sebelah barat tepi sungai Nil, Mesir. Ukurannya 241 x 63 x 66,34 kaki atau 73,5 x 19,3 x 20,22 meter. Ukurannya yang fantastis menjadikan patung ini sebagai patung monolit terbesar di dunia. Orang percaya kalau penduduk Mesir kuno membangunnya di tahun 2558-2532 SM. Karena itu, sphinx disebut-sebut sebagai patung pahat monumental tertua di dunia.

4. Patung “Moai”

patung terkenal di dunia dan pembuatannya, patung terkenal di dunia, patung terkenal di indonesia, patung terkenal di brazil, patung terkenal di bali

Patung ini terletak di Pulau Easter. Orang Rapa Nui mengukir sosok manusia monolitik dari batu. Pengerjaannya diperkirakan antara tahun 1250-1500. Hampir semua patung ini memiliki ukuran kepala yang begitu besar. Patung moai yang paling tinggi dinamakan Paro. Yang satu ini memiliki tinggi 33 kaki atau 10 meter dan beratnya sampai 75 ton. Yang lebih pendeknya memiliki berat yang lebih unggul, yakni 86 ton. Sementar pahatan yang belum selesainya, andaikata sudah jadi, maka diperkirakan tingginya mencapai 69 kaki atau 21 meter dengan berat kira-kira 270 ton.

5. Patung “David”

patung yang ada penisnya, patung david telanjang, patung di museum yang ada penisnya, patung david yang keluar

Seorang seniman asal Italia, Michelangelo, memahat patung ini antara tahun 1501-1504. Patung bernama David ini merupakan masterpiece dari sang pemahat. Lelaki telanjang itu berdiri dengan ukuran 17 kaki atau sekitar 5,17 meter. Ia merupakan representasi dari sosok pahlawan Bibel, David. Sekarang patung tersebut ada di “The Accademia Gallery”, Florence. Ia sudah disimpan di sana sejak tahun 1873.

6. Patung “Olmec colossal heads”

patung terkenal di bali, patung terkenal di dunia dan pembuatannya, patung terkenal di dunia, patung terkenal di indonesia, patung terkenal di brazil

Nama Olmec diambil dari peradaban Kolombia kuno. Mereka hidup di dataran rendah yang ada di sebelah selatan Meksiko, di masa modernnya negara Veracruz dan Tabasco yang ada di Meksiko. Peradaban itu berkembang cukup pesat dari tahun 1400 – 400 SM. Salah-satu yang mencolok dari mereka adalah ukuran kepalanya yang super besar dan “ber-helm”. Adapun patung-patung merupakan representasi dari para penguasa. Meski mirip, namun mereka sebenarnya memiliki perbedaan dan karakter tersendiri. Total sudah ada 17 patung kepala yang ditemukan. Ukuran mereka beragam. Yang paling rendah 1,47 sampai dengan 3,4 meter.

Baca Juga :  10 Makhluk atau Monster Laut Terbesar di Dunia Saat Ini

7. Patung “The Motherland Calls”

patung perempuan telanjang, patung tertinggi di dunia, patung tinggi di dunia, patung payudara, The Motherland Calls

Yang satu ini sering juga disebut The Motherland. Letaknya di Volgograd atau dulu dikenal sebagai Stalingrad, Rusia. Ukurannya mencapai 279 kaki atau sekitar 85 meter. Tak heran jika pada tahun 1967, patung ini dijadikan yang paling besar di dunia. The Motherland jadi patung non-agama terakhir yang berukuran paling besar. Sebab, biasanya patung terbesar itu selalu berkaitan dengan agama Budha. Ditilik dari segi arsitektur, patung yang satu ini terbilang rumit. Terlihat juga dari posturnya, tangan kanan mengangkat sebuah pedang, sementara yang kiri seperti sedang memanggil. Adapun 200 langkah jadi simbol dari 200 harinya Peperangan Stalingrad, mulai dari bawah lembah ke monumen.

8. Patung “The Thinker”

patung terkenal di dunia dan pembuatannya, patung terkenal di dunia, patung terkenal di indonesia, patung terkenal di brazil

via : pinterest.com

Auguste Rodin yang memahat perunggu ini. Memang, patung ini tidak dibuat di masa hidup Robin serta tidak selalu dalam pengawasannya. Mulanya Robin menganggap karya ini sebagai bagian dari karya lain di tahun 1880. Baru pada tahun 1904, sosok berbahan perunggu yang monumental ini muncul. Karya ini menggambarkan sosok lelaki telanjang, dengan satu tangan yang menyangga dagunya. Gesture itu seolah-olah menggambarkan kalau dia tengah berpikir keras. Figurnya sering kali direpresentasikan sebagi seorang filusuf. Tingginya sekitar 73 inci atau sekitar 186 cm.

Baca Juga :  6 Lagu Malaysia Paling Banyak View di Youtube

9. Patung “The Little Mermaid”

patung perempuan telanjang, patung tertinggi di dunia, patung tinggi di dunia, patung payudara, The Motherland Calls

Sesuai namanya, patung ini menggambarkan seorang puteri duyung. Sosoknya terlihat tengah duduk di atas di sebuah pelabuhan,  dengan tinggi hanya sekitar 4,1 kaki atau sekitar 1,25 meter. Patung ini berada di Copenhagen, Denmark. “The Little Mermaid” diadaptasi dari sebuah dongeng dengan judul sama karya Hans Christian Andersen. Sejak tahun 1913, patung ini sudah jadi ikon Copenhagen sekaligus magnet kuat untuk para wisatawan. Meski demikian, para perusak dan aktivis politik kerap menjadikan patung ini sebagai target untuk dihancurkan.

10. Patung “The Terrace of the Lions”

patung terkenal di dunia dan pembuatannya, patung terkenal di dunia, patung terkenal di indonesia, patung terkenal di brazil

“The Terrace of the Lions” adalah patung yang terletak di Pulau Delos, Yunani. Pulau ini jadi salah-satu lokasi mistis paling penting, bersejarah dan jadi situs arkeologis popular di Yunani. Delos ini memiliki posisi sebagai cagar alam atau tempat yang cukup dikeramatkan, sebelum mitologi Yunani menjadikannya sebagai tempat lahir Apollo dan Artemis. Bangsa Naxos mendedikasikan patung ini untuk Apollo pada tahun 600 SM. Awalnya ada 9 sampai 12 patung penjaga berwujud singa, namun hanya 5 yang bertahan dan 3 diantaranya merupakan fragmen. Pada tahun 1999, patung aslinya dipindahkan ke Musium Delos.

Demikian uraian mengenai 10 patung paling popular di dunia. Senang rasanya jika pengetahuan kita bertambah. Iya, ‘kan? 10 Patung Terkenal di Dunia dan Pembuatannya #RD

Loading...
error: