10 Penyanyi R&B Solo Perempuan Terbaik dan Paling Keren di Dunia

10 Penyanyi Solo R&B Perempuan Terbaik dan Paling Keren Di Dunia

Rhythm and Blues atau R&B menjadi salah-satu genre musik yang paling digemari. Jenis musik ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Tahun 80 dan 90-an boleh dibilang menjadi era keemasan. Pada waktu itu, R&B mulai populer dan difavoritkan banyak orang. Banyak musisi beserta hits-nya yang bermunculan.

Baik penyanyi laki-laki maupun perempuan datang bergantian. Ada yang populer sebentar, banyak juga yang menancapkan kesan, dan bertahan. Umumnya mereka memang mengagumkan dari segi skill bernyanyi, warna vokal, karya, imej serta penampilannya. Beberapa bahkan sudah menjadi legendanya musik R&B.

Khusus kali ini, kami akan membahas penyanyi R&B solo versi perempuan. Melihat judulnya saja, mungkin kamu sudah teringat akan beberapa nama. Memang sangat banyak, namun berikut ini top 10-nya. Jom!

1. Aretha Franklin

nama-nama penyanyi rnb barat, daftar penyanyi rnb barat, penyanyi r & b wanita barat

Arethan “Louise” Franklin menjadi penyanyi perempuan yang menjadi ratu tangga lagu. Sampai saat ini, ia sudah menjalani dunia rekaman selama lebih dari setengah abad. Apa yang ia rilis memang selalu mengundang perhatian dan kekaguman para penggemar.

Selain dijuluki sebagai The Queen of Soul, Aretha Franklin menjadi perempuan pertama yang dilantik dalam Rock and Roll Hall of Fame, tepatnya pada 3 januari 1987. Penghargaan prestisius lain juga kerap menyambanginya. Ia menerima penghargaan sepanjang masa dari ajang Grammy, memenangkan Presidential Medal of Freedom, menjadi Grammy Legend, dan masih banyak lagi. Dia bahkan menerima kehormatan untuk bernyanyi di acara pelantikan Presiden Amerika Serikat, baik itu Bill Clinton atau pun Barrack Obama. Ratu Elizabeth pun pernah memberi mandat untuk tampil padanya.

2. Whitney Houston

penyanyi r&b luar negeri, penyanyi r&b barat, penyanyi r&b dari barat luar negeri

Di luar dari kisah hidupnya yang tragis, perjalanan karier Whitney Houston memang sangat fenomenal. Guinness Book of World Records bahkan memasukan namanya sebagai seniman perempuan dengan penghargaan terbanyak, sampai 600 buah.

Baca Juga :  6 Fenomena Sinkhole Terbesar di Muka Bumi, Salah Satunya di Indonesia!

Beberapa penghargaan yang sudah ia bawa pulang yaitu 30 Billboard Music Awards, 22 AMA, 6 Grammy, 6 World Music Awards, dsb. Majalah musik Rolling Stone menuliskan album debutnya, Whitney Houston, sebagai satu dari 500 album terkeren sepanjang masa. Belum lagi dengan single-singlenya yang masih bergema sampai sekarang. Satu diantaranya yaitu “I Will Always Love You”, yang terjual sampai 21 juta kopi.

3. Diana Ross

penyanyi rnb barat terkenal, nama-nama penyanyi rnb barat, daftar penyanyi rnb barat, penyanyi r & b wanita barat

via : pinterest.com

Seperti halnya Beyonce, Diana Ross juga merupakan mantan member girlband, yakni The Supremes. Sebagai vokalis utama, kiprah solonya tentu memiliki masa depan cerah. Hal tersebut langsung ia buktikan dengan baik, sampai-sampai dirinya menjadi satu dari penyanyi solo paling sukses dan berpengaruh sepanjang sejarah.

Bahkan Diana Ross, bersamaan dengan The Supremes, sudah dilantik dalam Rock and Roll Hall of Fame. Ia juga memenangkan GOlden Globe dan penghargaan sepanjang masa dari Grammy Awards di tahun 2002. Tak hanya itu, Guiness Book of World Records pun menyatakan kalau Diana Ross menjadi musisi perempuan tersukses sepanjang zaman.

4. Beyonce

penyanyi r&b, penyanyi r&b terkenal, penyanyi r&b luar negeri, penyanyi r&b barat, penyanyi r&b dari barat luar negeri

Keputusannya untuk berkarier mandiri memang tepat. Jebolan girlband Destiny’s Child ini sudah kenyang akan prestasi. Albumnya sudah terjual lebih dari 135 juta kopi. Sementara penghargaan yang dimenangkannya meliputi 20 Grammy, 18 MTV Video Music Awards, 18 Billboard Music Awards, 11 AMA, dsb.

Kini selain sebagai penyanyi, ia unggul di bidang lain. Baik itu sebagai aktris, kompiser, produser, serta entrepreneur. Bahkan Forbes menyatakan kalau Beyonce adalah entertainer paling powerful di dunia. Ia juga masuk dalam jajaran orang paling berpengaruh versi Majalah Time.

5. Mariah Carey

penyanyi rnb barat terkenal, nama-nama penyanyi rnb barat, daftar penyanyi rnb barat, penyanyi r & b wanita barat

Bicara soal vokalis perempuan terbaik, nama Mariah Carey pasti selalu masuk. Dia merupakan penyanyi perempuan dengan penjualan album terbaik sepanjang masa. Jumlahnya saja sampai menyentuh angka 200 juta kopi.

Baca Juga :  20 Fakta Sam Smith ini Bakal Bikin Kamu Suka Sama Dia

Di sepanjang kariernya sampai sekarang, ia sudah mengumpulkan berbagai penghargaan berharga. Sebut saja 18 World Music Awards, 10 AMA, 5 Grammy, 32 Billboard Music AWards, dsb. Kualitas vokalnya memang tak bisa disangkal.

6. Janet Jackson

penyanyi rnb barat terkenal, nama-nama penyanyi rnb barat, daftar penyanyi rnb barat, penyanyi r & b wanita barat

Sebagai adik dari legenda musik pop dunia, Janet Jackson tentu tak bisa lepas dari bayang-bayang sang kakak, Michael Jackson. Perlahan tapi pasti, ia bisa membuktikan kalau dirinya memang memiliki skill tersendiri. Ia memang memiliki vokal dan style yang khas.

Banyak bukti yang menjadikannya sebagai satu dari seniman R&B berbakat dan berpengaruh. Janet Jackson memenangkan 6 Grammy, 33 Billboard Music Awards, 1 Golden Globe, dsb. Jika dulu ia kerap tampil terbuka, kini Janet Jackson lebih memilih outfit yang terjaga.

7. Rihanna

penyanyi r&b luar negeri, penyanyi r&b barat, penyanyi r&b dari barat luar negeri

Robyn Rihanna Fenty aka Rihanna sudah merilis album debutnya pada tahun 2005, bertajuk “Music of the Sun”. Setahun kemudian, album keduanya lahir. Dua-duanya menghasilkan respons yang baik untuk ukuran pendatang baru. Namun barulah di album ketiga, Rihanna menyedot perhatian yang lebih luas. Demikian juga dengan single fenomenalnya, Umbrella.

Dari titik kesuksesan besar itu, eksistensi Rihanna semakin melejit saja. Ia bahkan menggaet beberapa musisi dunia ternama seperti Jay-Z, Adam Levine, Paul McCartney, dsb. Ia terus menelurkan album, menghasilkan penjualan tinggi, menikmati review bagus, serta merebut berbagai penghargaan. Rihanna memboyong 8 Grammy, 8 AMA. 23 Billboard Music Awards, dsb.

8. Alicia Keys

penyanyi rnb barat, penyanyi rnb barat terkenal, nama-nama penyanyi rnb barat, daftar penyanyi rnb barat, penyanyi r & b wanita barat

Alicia Augello Cook aka Alicia Keys merupakan musisi yang multitalenta. Ia tak hanya mengembangkan diri dalam olah vokal, melainkan juga bisa memainkan piano, menjadi komposer, serta seorang produser handal. Ia merilis album solo perdananya pada tahun 2001. Hasilnya sangat memuaskan.

Baca Juga :  Berani Membeli Buah Seharga Mobil ?

Alicia Keys cukup produktif, dan karya yang ia keluarkan selalu disambut dengan baik. Penjualan albumnya sudah lebih dari 35 juta, sementara single-nya sebanyak 30 juta. Ia juga sudah sering dihujani penghargaan. Keys menggondol 15 Grammy, 10 Billboard Music Awards, 5 AMA, dsb. Majalah Billboard bahkan menyebut kalau Alicia Keys merupakan Artis Top R&B di dekade 2000-an.

9. Toni Braxton

daftar penyanyi r&b terkenal, penyanyi rnb barat terkenal, penyanyi r&b, penyanyi r&b terkenal, penyanyi r&b luar negeri

Debut album studionya di tahun 1993, “Toni Braxton”, memeroleh hasil penjualan luar biasa. Album self-titled itu mampu terjual sebanyak 10 juta. Karena pencapaian itu, ia bisa merebut Grammy Awards untuk kategori Best New Artist.

Ia juga semakin naik daun lantaran bisa melahirkan hits yang masih bergaung sampai sekarang, seperti “You’re Makin’ Me High” dan “Unbreak My Heart”. Jika ditotal, Toni sudah memboyong tujuh Grammy, 9 penghargaan Musik Billboard, dan tujuh AMA alias American Music Awards.

10. Sade

penyanyi r&b, penyanyi r&b terkenal, penyanyi r&b luar negeri, penyanyi r&b barat, penyanyi r&b dari barat luar negeri

Sade memulai debut kariernya di tahun 1984. Album perdananya yang bertajuk Diamond Life langsung disambut antusias. Penjualannya bahkan sampai 6 juta kopi. Pencapaian itu menjadikannya sebagai penyanyi Inggris wanita dengan penjualan album debut terlaris.

Kesuksesan langkah awalnya disusul dengan hasil manis di karya-karya berikutnya. Namun pada tahun 2000, ia sempat hiatus. Dua tahun kemudian, Pangeran Charles menganugerahkan gelar Officer of the Order of the British Empire atau OBE, tepat di istana Buckingham. Namanya pun berubah menjadi Helen Folasade Adu, OBE atau Sade, OBE. Ia baru comeback di tahun 2010, dan masih aktif sampai sekarang.

Usia atau pun kedatangan para penyanyi lain tak membuat legenda R&B perempuan ini terlupakan. Karier mereka boleh saja tengah menurun, namun karyanya akan selalu terpatri di hati. Demikianlah, 10 Penyanyi R&B Solo Wanita Terbaik dan Paling Keren Di Dunia #RD

Loading...
error: