10 Penyanyi Rock Tahun 90-an Terbaik dan Terkeren Sepanjang Masa

ngasih.com. Ada apa dengan tahun 90-an? Terkesan subjektif, memang. Tetapi rasanya banyak orang yang selalu menganggap kalau tahun tersebut menjadi masa keemasan untuk beberapa hal. Termasuk juga dalam hal produksi musik rock. Di masa itu, banyak sekali musisi yang unik dan berkesan.

Opini ini tak berarti kalau musisi zaman sekarang jelek-jelek. Industri musik sangat dinamis. Yang ada, penyanyi-penyanyi keren itu jadi tambah banyak. Tetapi khusus di tahun 90-an, berikut inilah 10 nama yang dinilai sebagai penyanyi rock terhebat. Jom!

10. Hope Sandoval (Mazzy Star)

penyanyi tahun 90an barat, penyanyi wanita 90an barat, daftar penyanyi barat 90an, penyanyi rock barat 90an, list penyanyi barat 90an

Mazzy Star dan  Hope Sandoval & the Warm Inventions menjadi band yang membesarkan nama ini. Mungkin ia lebih ke alternatif rock, folk, atau psychedelic. Apapun itu, penyanyi yang penuh teka-teki ini memiliki suara alto yang unik. Ada kesan lemah gemulai, muram, menghipnotis, dan juga cukup emosional.

Dia mungkin mengingatkan kita akan sosok Lana Del Rey, yang entah memang terinspirasi dari Hope atau memang kebetulan memiliki style yang mirip. Yang jelas, penampilan Hope juga selalu membuat kita bertanya-tanya, ingin tahu lebih banyak, lalu tenggelam dalam karya-karyanya. Tetapi begitu kita jatuh dalam pesonanya, tak perlu kaget kalau kita seperti dibawa ke suatu dimensi yang dreamy. Beberapa diantara hits yang bisa kita nikmati yaitu “Flowers in December”, “Trouble”, dan “Fade Into You”.

Baca Juga :  40 Lagu Barat Terbaik dan Terlaris Sejauh Ini di 2015

9. Kurt Cobain (Nirvana)

daftar penyanyi barat era 90an, daftar penyanyi barat tahun 90an, daftar nama penyanyi barat tahun 90an

Kurt Cobain sukses besar dan melegenda bersama Nirvana. Dia dinilai berhasil mempopulerkan grunge maupun rock alternatif. Tak diragukan lagi, bagaimana lengkingan dan kepiawaiannya bisa meninggalkan pengaruh besar bagi pendengar. Kita bisa membuktikan sensasinya ketika mendengar “In Bloom” atau “Smells Like Teen Spirit”.

8. Daniel Johns (Silverchair)

band rock barat tahun 90an, band rock barat era 90an, band rock barat th 90-an, band rock barat terpopuler tahun 90an, lagu band rock barat 90an

Sosok Kurt Cobain menjadi inspirasi Daniel Johns. Tak ayal kalau dia memilih jalur grunge ketika muncul di awal. Namun proses membawanya pada genre glam. Tetapi hal itu semakin memicu suara falsettonya yang seksi. Apalagi dalam album solonya yang bertajuk “Talk”. Dari sekian lagunya, kita bisa mencoba “Cool on Fire”.

7. Darius Rucker (Hootie & the Blowfish)

daftar penyanyi barat era 90an, daftar penyanyi barat tahun 90an, daftar nama penyanyi barat tahun 90an

Nama band yang sudah mengusungnya sebagai vokalis utama memang terkesan lucu atau menggelikan. Tetapi ia sendiri tetap fokus memproduksi suara yang indah, bahkan sampai mengundang hadiah prestisius berupa Grammy Award. Kita bisa menyempatkan waktu sejenak untuk menikmati suaranya dalam “Let Her Cry” atau “hold My Hand”. Suaranya begitu kaya, sehingga ia cenderung lebih fleksibel soal genre musik. Dirinya bisa lancar membawakan lagu rock. Dia juga tetap menjaga pesonanya ketika harus banting setir ke arah R&B, pop, atau pun country.

6. Shirley Manson (Garbage)

vokalis rock wanita barat, daftar penyanyi rock wanita barat, penyanyi slow rock wanita barat, penyanyi pop rock wanita barat, nama penyanyi rock wanita barat

Sebenarnya nama Shirley Manson mencuat bersama Angelfish. Sejak saat itu, penyanyi asal Skotlandia ini sudah meraih perhatian dan popularitas. Bagaimana pun, grup musiknya sudah menjadi media untuk mengekspos talenta dan suaranya. Tetapi kemudian dia bergabung bersama Garbage. Beberapa lagu yang bisa memberi gambaran betapa keren suaranya yaitu “I Think I’m Paranoid”, “Why Do You Love Me?”, atau coba juga “Only Happy When It Rains”.

Baca Juga :  15 Bassist Terbaik Dunia Saat Ini dan Sepanjang Masa

5. Scott Weiland (Stone Temple Pilots)

scott weiland meninggal, scott weiland modzilla, prediksi lazio vs juventus, scott weiland jamie wachtel, scott weiland mati, scott weiland tewas, scott weiland cool kiss, scott weiland and the wildabouts

Semasa hidupnya, Scott Weiland sudah menjelajah bersama Stone Temple Pilots. Dia bisa unggul dalam genre hard rock, alternative rock, grunge, alternative metal, dsb. Kita bisa dibuat tenang, terancam, atau dibawa berpetualang. Dia tak mudah ditebak. Coba dengar saja “Plush”.

4. Chris Robinson (Black Crowes)

chris robinson allison bridges, chris robinson brotherhood meanwhile in the gods, chris robinson brotherhood about a stranger, chris robinson brotherhood rar, chris robinson brotherhood shore power, chris robinson brotherhood the magic door rar, chris robinson baseball, chris robinson dreams

Selain memiliki tampilan yang terkesan misterius, suaranya juga bisa begitu menggemparkan. Dua hal itu saja bisa menjadi pesona utama dari mantan suami Kate Hudson ini. Baik ketika ia bersama The Black Crowes atau pun berkarier solo. Satu dari sekian karya fenomenalnya yakni “She Talks to Angels”.

3. Dolores O’Riordan (The Cranberries)

 dolores o'riordan wikipedia, dolores o'riordan instagram, dolores o'riordan mp3, dolores o'riordan ordinary day mp3, dolores o'riordan ordinary day mp3 free download, dolores o'riordan biografi, dolores o'riordan the cranberries, dolores o'riordan don burton

via : pinterest.com

Siapa yang bisa menyangkal kekhasan suara Dolores O’Riordan? Karakter vokal dan aksen Irlandianya seperti memberi nilai tambah tersendiri. Dia bisa menyampaikan bara, emosi, kesedihan, kecemasan, harapan, dan kecamuk rasa lain lewat suaranya. Sangat banyak karya The Cranberries yang patut menerima terima kasih kita. Silakan kembali putar “Zombie”, “Ode to My Family”, “Dreams”, dsb.

Baca Juga :  20 Band Reggae Rock Terbaik Paling Keren Sepanjang Masa

2. Maynard James Keenan (Tool)

band rock barat tahun 90an, band rock barat era 90an, band rock barat th 90-an, band rock barat terpopuler tahun 90an, lagu band rock barat 90an

Sang MJK dan Tool-nya sudah menerima pengakuan terhormat sebagai band metal progresif terbaik di Ajang Grammy. Sebagai lead vocalist, ia pun kerap menerima julukan sebagai maestro prog-metal. Dia juga meninggalkan jejak karya bersama A Perfect Circle dan Puscifer. Untuk track populernya sendiri, sepertinya kita lebih bisa menjatuhkan pilihan pada “Sober”.

1. Chris Cornell (Soundgarden)

vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020

Vokalis utama dari Soundgarden ini sudah lebih dulu meninggalkan kesan mendalam bagi Temple of the Dog dan Audioslave. Betapa tidak, suara baritone-nya bisa menghadirkan sisi melankolis. Dia juga bisa mengeluarkan jeritan yang menyayat.

Tak mengejutkan kalau namanya kerap disebut manakala kita berbicara tentang suara penyanyi rock paling indah dan keren. Entah itu versi pembaca Guitar World, Hit Parader, Rolling Stone, dsb. Selain bersama band, dia juga sudah menelurkan empat album solo. Yang terbaru itu keluar di tahun 2015 kemarin. Album itu dinamai sebagai “Higher Truth”. Jika harus memilih satu judul yang paling populer, tak ada salahnya untuk menunjuk “Nearly Forgot My Broken Heart”.

Tentu saja masih banyak nama-nama yang berhak mendapat pujian dan apresiasi. Penulisan daftar top 10 ini memang sangat sulit. Tetapi demikianlah hasil dari list 10 Penyanyi Rock Tahun 90-an Terbaik dan Terkeren Sepanjang Masa. #RD

Loading...
error: