10 Perusahaan Asuransi Terbaik, Populer dan Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

Perusahaan asuransi semakin hari semakin populer. Mereka terus menggemakan ajakan untuk bergabung. Kita pun dijanjikan untuk tak merasa khawatir akan hari depan dan segala ketidakpastian yang dibawanya.

Perusahaan memberikan berbagai polis pada nasabahnya terkait risiko yang kemungkinan terjadi. Caranya dengan memberikan bayaran atau premi rutin yang sudah ditentukan. Adapun jenis asuransi yang ditawarkan memang beragam. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, dsb.

Di Indonesia sendiri, kita sudah mengenal banyak perusahaan asuransi. Beberapa diantaranya sudah sangat familiar dan dipercaya masyrakat. Jika dilihat dari banyaknya aset serta penghasilan, berikut ini top 10 perusahaan asuransi dunia yang terbaik. Jom!

10. Nippon Life Insurance

best japan travel insurance, japan biggest insurance company, biggest japan insurance companies, best ski insurance japan, best car insurance japan

Dari namanya, kita sudah bisa menebak kalau perusahaan ini berasal dari Jepang, tepatnya di Osaka. Mereka berdiri atas nama Nippon Life Insurance Co Ltd pada 4 Juli 1889. Orang juga kerap menyebut mereka sebagai Nissay atau Nihon Seimei.

Perusahaan yang sudah cukup senior ini menjadi salah-satu yang terkemuka di dunia. Kunie Okamoto tampil sebagai CEO-nya. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan ini masih menjadi pemegang saham terbesar yang tercatat di Tokyo Stock Exchange.

Baca Juga : 10 Perusahaan Asuransi Ternama dan Terbaik di Dunia 

Publik memberi julukan tersendiri pada mereka, yakni sebagai perusahaan yang terus-terusan dipercayai dan dipilih oleh para nasabah. Para kliennya bisa menspesifikasikan ruang lingkup asuransinya. Baik itu asuransi jiwa berjangka, seumur hidup, rawat inap, dsb. Aset mereka seluruhnya sebesar $521 milyar, sementara penghasilannya sebesar $61 milyar.

9. Prudential PLC

prudential life insurance, prudential insurance, prudential careers, prudential assurance, prudential realty, asuransi pendidikan prudential, asuransi prudential, prudential retirement

“Prudential Mutual Assurance Investment and Loan Association” mulai beroperasi pada tahun 1848. Perusahaan multinasional asal Inggris ini berdiri sebagai organisasi perlindungan bencana. Kini mereka menjelma menjadi perusahan jasa keuangan yang sudah ternama.

Walau namanya sama-sama berkata “Prudential”, namun perusahaan tidak memiliki keterkaitan khusus dengan Prudential Financial, Inc. Mereka berkantor pusat di Inggris dan Wales. Di wilayah asalnya, perusahaan menyediakan asuransi jiwa serta dana pensiun bagi para nasabahnya. Sementara di Asia, mereka menawarkan asuransi jiwa. Cabangnya di Asia ada di Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Thailnad, dsb.

Baca Juga :  Moral lesson and reflection for the rich dad poor dad ebook review

Mike Wells menjadi kepala eksekutif perusahaan. Pasar yang sudah direngkuh meliputi kawasan Eropa, Asia, dan Amerika. Nampaknya mereka juga terus berekspansi ke wilayah Afrika. Dari data yang ada, mereka memiliki sekitar 24 juta basis klien. Asetnya sendiri sebesar $570 milyar, dan penghasilan yang diperolehnya yaitu $61 milyar.

8. Generali

asuransi terbaik di dunia, asuransi terbaik di dunia 2016, asuransi terbaik di dunia 2017, asuransi terbaik di dunia 2018, asuransi terbaik di dunia 2019, asuransi terbaik di dunia tahun 2020

Generali juga menjadi salah-satu perusahaan asuransi yang senior. Mereka sudah menancapkan pengaruhnya dari tahun 1831. Generali pun menjadi yang terbesar di Italia. Markas besarnya ada di Trieste, Italia.

Posisi CEO perusahaan diduduki oleh Gabriele Galateri di Genola. Jangkauan perusahaan sudah melebar. Mereka juga menjangkau kawasan Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia. Di tahun 2015 kemarin, nama perusahaannya masuk dalam daftar “Organisasi Paling Cerdas” versi majalah Fortune.

Operasi mereka sudah sampai ke lebih dari 60 negara. Jadi bisa kita bayangkan berapa klien yang mereka layani, serta besarnya pemasukan perusahaan. Penghasilannya ditaksir mencapai $100 milyar. Adapun aset yang terkumpul ada $543 milyar.

7. Prudential Financial

asuransi pendidikan prudential indonesia, asuransi kesehatan prudential indonesia, produk asuransi prudential indonesia, asuransi prudential syariah indonesia, asuransi jiwa prudential indonesia

Kalau Prudential yang satu ini berkantor pusat di Amerika Serikat. Tepatnya di Newark, New Jersey. Mereka juga begitu terkemuka, sehingga bisa masuk pada list organisasi “Fortune 500” dan “Fortune Global 500”.

John F Dryden mendirikan Prudential Financial pada tahun 1875. Kini peran CEO-nya dijalankan oleh John Strangfeld. Mereka sudah melakukan operasi bisnis di lebih dari 30 negara. Komponen bisnis mereka juga mencakup perlindungan bisnis seperti reksa dana, tunjangan hari tua, dana pensiun, serta usaha terkait tanah.

Nampaknya organisasi ini terus berkembang, mengingat pergerakannya semakin aktif dan positif. Di dalam daftar “2016 World’s Most Admired Company” versi majalah Fortune, Prudential Financial menjadi perusahaan asuransi terbaik dalam klasifikasi Kehidupan dan Kesehatan. Mereka sudah mengumpulkan aset sebesar $757 milyar, dan pendapatannya adalah $57 milyar.

6. Japan Post Holdings (Asuransi)

best japan travel insurance, japan biggest insurance company, biggest japan insurance companies, best ski insurance japan, best car insurance japan

Perusahaan yang berpusat di Tokyo ini bisa dibilang masih menjadi pemain baru. Mereka mulai melakoni aktivitas bisnisnya pada 1 Oktober 2007. Mereka beroperasi di bawah arahan sang CEO, Masami Ishii.

Baca Juga :  10 Merek Baju Termahal Paling Mewah di Dunia

Meski terbilang newbie, namun kinerja mereka memang patut diapresiasi. Terbukti pada akhir 2011-an saja, Japan Post Holdings menjadi top 4 sebagai agen asuransi. Tiga perusahaan lainnya berasal dari kawasan Eropa. Dua tahun kemudian, perusahaan tembus ke urutan 13 dalam daftar “Fortune Global 500”.

Prestasi gemilang yang mereka sandang menandakan kalau klien memang menaruh kepercayaan besar. Penghasilannya mencapai $79 milyar. Untuk asetnya sendiri, mereka memiliki $677 milyar.

5. ING Group

perusahaan asuransi terbaik, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi jiwa di indonesia, perusahaan asuransi adalah, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi terbaik di dunia

Perusahaan asuransi selanjutnya berasal dari Amsterdam, Belanda. Kepanjangan dari nama perusahaan sendiri berbahasa Belanda, “Internationale Nederlanden Groep”. Berdasarkan data di tahun 2013, ING Group sudah melayani klien individu atau pun lembaga yang tersebar di lebih dari 40 negara.

Di awal kemunculannya pada tahun 1743, nama perusahaan masihlah “doondenbos Kooger”. Sampai kemudian terjadi merger dengan NMB Postbank Groep. Dan pada tahun 1991, namanya pun diganti menjadi ING. Kini Ralph Hamers yang berperan sebagai CEO-nya.

Nama besarnya memudahkan perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan unit bisnis lain yang tak kalah besar. Sebut saja Guardian, Allianc of Canada, Wrllington, ReliaStar, dsb. Mereka meraup penghasilan cukup besar, mencapai $56 milyar. Sementara aset keseluruhannya adalah $914 milyar.

5. MetLife

asuransi terbaik di dunia 2016, asuransi terbaik di dunia 2017, asuransi terbaik di dunia 2018, asuransi terbaik di dunia 2019, asuransi terbaik di dunia tahun 2020

Pada 24 Maret 1868, perusahaan asuransi ini lahir dan berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat. Steven A. Kandarian menjadi presiden, pimpinan, sekaligus CEO perusahaan. Operasinya sudah mencakup Amerika latin, Eropa, Asia Pasifik, dsb.

Estimasi kliennya yang ada di lebih dari 60 negara yaitu sekitar 90 juta klien. Di tahun 2015 kemarin, MetLife menjadi jawara dalam list “World’s Most Admired Company” untuk kategori kehidupan dan kesehatan ala majalah Fortune. Aset mereka begitu tinggi, mencapai $877 milyar. Sementara untuk penghasilannya yakni sebesar $70 milyar.

4. Ping AN

pengertian perusahaan asuransi, perusahaan asuransi adalah, makalah perusahaan asuransi, perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, laporan keuangan perusahaan asuransi, perusahaan asuransi terbaik di dunia, perusahaan asuransi yang terdaftar di bei

Perusahaan raksasa asal Tiongkok perlahan memberikan pengaruh besar juga di kelas dunia. Mereka mulai berdiri di tahun 1988. Kantor pusatnya ada di Guangdong, Shenzhen, Tiongkok.

Ping AN kini berada di bawah pimpinan atau CEO-nya, Ma Mingzhe. Selain di Tiongkok, pusat perusahaan lain ada di luar negeri, tepatnya Hong kong. Perkembangan perusahaan begitu cepat. Mereka sampai memiliki ratusan juta klien. Tak ayal kalau pendapatannya menyentuh angka $107 milyar, serta asetnya yang sebesar $733 milyar.

Baca Juga :  Mengenal Indofood, Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia

2. AXA

pengertian asuransi, asuransi prudential, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hukum asuransi, asuransi syariah, asuransi adalah, jenis jenis asuransi

Claude Bebear mendirikan perusahaan “Mutuelle de L’assurance contre L’incendie” pada tahun 1817. Namun sekarang nama yang cukup panjang itu lebih dikenal sebagai AXA. Mengingat usianya yang sangat tua, AXA disebut sebagai perusahaan perlindungan yang masih bertahan dan kaya pengalaman.

Pada tahun 1985, nama perusahaan berubah menjadi AXA. Mereka beroperasi di wilayah Eropa barat, Asia Pasifik, Amerika Utara, serta Timur Tengah. Perusahaan menawarkan perlindungan hidup, properti, kesehatan, dsb bagi nasabah individual maupun kelompok. Di tahun 2016, mereka menerima kehormatan sebagai “Merchant Terpercaya” kelas emas versi Feefo. Untuk pemasukan perusahaan sendiri, AXA memboyong total $107 milyar. Sementara untuk asetnya, mereka sukses mengumpulkan dana sebesar $963 milyar.

1. Berkshire Hathaway

berkshire hathaway google finance, asuransi jiwa terbaik, asuransi terbaik untuk anak, investasi terbaik, asuransi terbaik 2014-2015-2020, asuransi terbaik di dunia, asuransi mobil terbaik

Pimpinannya saja, Warren Buffet, menjadi salah-satu orang terkaya di dunia. Tentu saja perusahaan yang ia pimpin pun begitu besar dan berpengaruh. Jika di berbagai rating aneka versi, perusahaan asuransi ini musti ada di top 5.

Menilik ke belakang, Oliver Chace mendirikan perusahaan pada tahun 1839. Kantor utamanya ada di Omaha, Amerika Serikat. Kini Warren Buffet menjadi presiden serta CEO. Perusahaan pun terus melebarkan sayap bisnisnya. Mereka bergerak di berbagai bidang. Rekan bisnisnya pun tak kalah mentereng. Sebut saja IBM dan Coca Cola

Dalam list Forbes Global 2000, tak tanggung-tanggung, perusahaan ini nangkring di urutan ke-5. “Standard and Poor’s Corporation” bahkan memberi nilai AAA. Demikian juga dengan A.M. Best yang memberi poin A++ untuk mereka. Tak mengagetkan kalau total penghasilannya menembus angka $211 milyar. Lalu untuk aset keseluruhannya ada $552 milyar.

Selain total penghasilan serta aset yang dimiliki, perusahaan bisa memiliki nilai plus tersendiri dengan nama dan pengaruh besar yang dinamanya. Dan, demikianlah Top 10 Perusahaan Asuransi Terbaik, Populer dan Paling Sukses di Dunia Tahun 2016. (DBS) #RD