10 Perusahaan Asuransi Ternama dan Terbaik di Dunia Tahun 2015

10 Perusahaan asuransi ternama dunia tahun 2015

“Saya bersiap-siap untuk menghadapi sesuatu yang buruk, tapi saya berharap untuk yang terbaik.”

Begitulah kutipan Benjamin Disraeli. Kita semua memang tidak selamanya ada ‘di posisi aman’. Dalam hidup, kita menghadapi berbagai risiko. Baik itu kecelakaan, kebakaran, sakit, didera bencana alam dsb. Semua kemalangan ini tak hanya menyakiti secara fisik dan mental, tapi juga menguras dana cukup banyak. Karenanya, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan solusi untuk ‘mengobati’ dari sisi finansialnya.

Mereka menyediakan berbagai layanan untuk para klien atau pelanggannya. Berikut ini kami paparkan top 10 perusahaan asuransi ternama di dunia. Kami sertakan juga berbagai info lain seperti wilayah geografis, koleksi premium, pendapatan, dsb. Info ini tentu berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Jom!

10. ING GROUP

perusahaan asuransi terbaik, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi jiwa di indonesia, perusahaan asuransi adalah, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi terbaik di dunia

ING Group adalah perusahaan asuransi yang berdiri pada 21 Januari 1991. Markas utama mereka ada di Amsterdam, Belanda. Perusahaan ini memiliki pegawai sebanyak 68.431 orang. CEO-nya adalah Ralph Hamers. Perusahaan ini menyediakan jasa-jasa seperti investasi, asuransi jiwa & non-jiwa, perbankan serta manajemen aset. Baik itu aset untuk individu klien, bisnis kecil-kecilan, perusahaan yang sudah maju dan besar maupun institusi pemerintahan. Mereka memiliki beberapa segmen bisnis seperti Ritel Belgia, Ritel Jerman, Ritel Belanda, Retail Rest of World, Bank Komersial, Netherlands Non-Life, Asuransi Eropa, Netherlands life, Japan Life dan Manajemen Investasi.

Baca Juga : 10 Perusahaan Asuransi Ternama dan Terbaik Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

Ritel Belanda menawarkan aktivitas perbankan swasta dan ritel, produk asuransi, komersial dan pegadaian. Yang segmen ritel Belgia menyediakan asuransi jiwa & non-jiwa, perbankan dan produk manajemen aset dan pelayanan melalui saluran perbankan langsung di Belgia. Ritel Jerman menyediakan ritel dan perbankan swasta. Segmen Commercial Banking menyediakan pelayanan atau jasa seperti pembayaran, manajemen cash dan pinjaman, namun tidak termasuk sektor real estate. Segmen Netherland Life menyediakan produk asuransi jiwa untuk individu maupun kelompok. Sementara Netherland Non-Life-nya menyediakan jasa asuransi non-jiwa, termasuk juga disabilitas dan kecelakaan, asuransi kendaraan dan juga kebakaran. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 58,9 milyar dollar, ING Group menduduki peringkat ke-10.

9. AXA GROUP

pengertian asuransi, asuransi prudential, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, hukum asuransi, asuransi syariah, asuransi adalah, jenis jenis asuransi

AXA Group adalah perusahaan asuransi yang berdiri pada tahun 1985. Markas utama mereka ada di Paris, Prancis. AXA S.A. sendiri adalah grup perusahaan investasi, asuransi dan kelompok pensiun yang mendunia. Mereka menawarkan berbagai tipe asuransi seperti kesehatan dan jiwa. Pusat operasi mereka ada di Amerika Utara, Asia Pasifik, Eropa Barat dan Timur Tengah. Di seluruh dunia, mereka melayani sebanyak 80 juta pelanggan. Sedangkan karyawannya ada 96.000 orang. Adapun CEO-nya yaitu Henri de Castries. Berdasarkan Forbes, grup perusahaan ini menduduki peringkat ke-29 dalam Global 2000.

Perusahaan ini menyediakan jasa yang terbagi dalam 5 segmen: ada Tabungan Jiwa, Asuransi Internasional, Manajemen Aset Properti dan Kecelakaan serta Perbankan. Untuk segmen Tabungan Jiwa, mereka menyediakan produk tabungan jiwa individu maupun kelompok untuk jiwa dan kesehatan, baik klien individu maupun komersial. Untuk segmen properti dan kecelakaan, mereka menawarkan produk seperti isi rumah, asuransi properti motor untuk pelanggan personal maupun komersial. Segmen Asuransi Internasional tentu bekerja untuk risiko, bantuan serta reinsurance. Segmen manajemen menyediakan berbagai manajemen aset serta hal-hal yang berkaitan dengannya. Sedangkan yang segmen perbankan menawarkan aktivitas perbankan seperti ritel perbankan, pinjaman pegadaian serta tabungan yang berpusat di Prancis, Belgia dan Jerman.

Pada tahun 2013, AXA memeroleh 50% saham Tian Ping. Tian Ping sendiri merupakan perusahaan asuransi Properti & Kecelakaan Tiongkok dengan distribusi yang begitu kuat di negaranya, sehingga AXA pun jadi perusahaan asuransi terbesar yang beroperasi di sana. Tak hanya itu, AXA juga memiliki 51% operasi asuransi dari Colpatria Seguros, Kolombia. Sehingga ereka jadi pemain nomor dua di pasar asuransi Properti & Kecelakaan. Pada tahun 2012. AXA juga menandatangani perjanjian 10 tahun dengan HSBC untuk usaha asuransi mereka yang ada di Singapura, Tiongkok, India, Hong Kong dan Indonesia.AXA benar-benar jadi merek terkemuka di Hong Kong. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 64,2 milyar dollar, AXA menduduki peringkat ke-9.

Baca Juga :  10 Mobil Terlaris di Dunia Tahun 2015

8. Prudential PLC

prudential life insurance, prudential insurance, prudential careers, prudential assurance, prudential realty, asuransi pendidikan prudential, asuransi prudential, prudential retirement

Prudential sudah berusia cukup tua, sebab berdiri dari 30 Mei tahun 1848. Adapun markas besar mereka yaitu di London, Inggris. CEO-nya yaitu Cheick Thiam. Mereka mempekerjakan sebanyak 23.915 karyawan. Prudential PLC sendiri merupakan perusahaan induk ynag bergerak di bidang asuransi dan jasa finansial. Mereka memiliki tempat pusat operasi di Asia, Amerika Serikat dan Inggris. Yang mereka tawarkan yaitu berupa jasa manajemen aset, produk ritel finansial serta jasa pelayanan IN di wilayah ini. Produk dan jasa ritel finansialnya meliputi rumah pensiun dan tunjangan tahunan, asuransi dan skema pengumpulan investasi.

Prudential Corp mengoperasikan unit-unit bisnis lain seperti Jackson National Life Insurance Co., Prudential Cop. Asia Prudential UK dan M&G. Unit bisnis di wilayah Asia melingkupi manajemen aset bisnis dan operasi asuransi jiwa.  Unit bisnis Jackson National Life Insurance Co. menyediakan pendapatan pensiun, solusi tabungan, variabel anuitas atau tunjangan tahunan, indeks anuitas tetap serta jumlah keseluruhan anuitas di Amerika Serikat. Unit bisnis Prudential UK meliputi asuransi jiwa dan bisnis pensiun. Sementara unit bisnis M&G meliputi bisnis manajemen pendanaan Eropa. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 64,5milyar dollar, Prudential menduduki peringkat ke-8.

7. American International Group (AIG)

perusahaan asuransi terbaik di dunia, perusahaan asuransi terbaik, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi jiwa di indonesia, perusahaan asuransi adalah, perusahaan asuransi di indonesia

Perusahaan asuransi yang jadi sponsor salah-satu klub ternama dunia, AIG, berdiri pada tahun 1919 dengan pendirinya Cornelius Vander Starr. Markas utama mereka ada di New York. Perusahaan ini melebarkan layanannya di lebih dari 130 negara dengan karyawan sebanyak 65.000 orang di seluruh dunia. CEO mereka yaitu Peter Hancock. AIG Inc adalah perusahaan yang mengoperasikan asuransi global. Produk mereka yaitu meliputi asuransi jiwa, produk pensiun, asuransi kecelakaan properti, asuransi pegadaian dan jasa finansial lainnya juga. Perusahaan terbagi jadi dua segmen; AIG Life & Retirement dan AIG Property Casualty.

Segmen yang pertama fokus pada pelayanan asuransi jiwa dan jaminan pensiun di Amerika Serikat. Mereka juga terikat dengan operasi pasar modal dunia, operasi jaminan pegadaian, buku investasi langsung dan operasi lainnnya. Sementara segmen yang kedua fokus pada produk asuransi untuk klien atau pelanggan individu, lembaga maupun yang komersil. Bisa dibilang, AIG jadi perusahaan asuransi industri dan komersil terbesar di Amerika Serikat. Asuransi pribadinya meliputi Asuransi Perjalanan, Asuransi Kendaraan, Asuransi Kesehatan dan Kecelakaan serta Asuransi Gaya Hidup. Untuk perusahaannya, AIG menyediakan asuransi pencurian dan kecelakaan pribadi, laba kerja, kebakaran, asuransi elektronik dan peralatan lain terkait produk dan jasa asuransi itu sendiri. Sementara TATA AIG menawarkan layanan berupa skema asuransi pedesaan.

6. AIA GROUP

asuransi aia, asuransi aia bca, asuransi aia mengecewakan, asuransi aia karir, asuransi aia syariah indonesia, asuransi aia bagus atau tidak

Lagi-lagi, Cornelius Vander Starr mendirikan perusahaan asuransi ini. Tahunnya juga masih sama, yakni tahun 1919. Namun markas perusahaan yang satu ini ada di Hongkong. CEO-nya adalah Mark Tucker. Karyawannya ada 20 juta orang. AIA Group Ltd. ini menawarkan jasa asuransi umum. Mereka mengoperasikan beberapa segmen di  Thailand, Singapura, Korea, Hong Kong, Malaysia, Tiongkok dan pasar lain. Segmen lain yaitu korporasi pusat. Segmen ini meliputi jasa kelompok bersama, fungsi korporasi, reinsurance internal tertentu dan eliminasi dari transaksi intagrup. Pada tahun 2009, perusahaan ini terpisah dengan AIG Group. Mereka beroperasi di 17 pasar yang ada di Asia-Pasific. Beberapa diantaranya dimiliki sepenuhnya oleh cabang perusahaan.  Mereka ada di Thailand, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Tiongkok, Korea, Filipina, Australia, Indonesia, Taiwan, Vietnam, New Zealand, Macau, Brunei, 26% usaha joinan di India dengan kantor yang ada di Myanmar. Mereka memiliki 96% cabang di negara Sril Langka.

AIA ini menawarkan tabungan, investasi, perlindungan, gaji pensiun dan skema manajemen harta kekayaan bagi individu. Sementara dari segi bisnis, AIA juga menawarkan kredit asuransi gaji karyawan dan pelayanan pensiun. Karena inovasi yang terus mereka lancarkan, perusahaan ini kerap memenangkan penghargaan industri. Misalnya dari BrandAge, mereka menang sebagai Most Admired Brand. Atau dari Reader’s Digest, mereka menjuarai kategori Trusted Brand. Sementara Forbes menempatkannya di peringkat ke-136 dalam list Forbes’ Global 2000 tahun 2015 ini. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 76,7 milyar dollar, AIA menduduki peringkat ke-6.

Baca Juga :  10 Bank Terbesar, Terbaik, dan Paling Aman di Dunia

5. ALLIANZ

asuransi kesehatan allianz, asuransi kesehatan, asuransi prudential, asuransi allianz smartlink, allianz supports insurance day, asuransi allianz syariah, asuransi allianz karir, asuransi allianz vs prudential

Carl Thieme dan Wilhelm Finck adalah dua sosok yang mendirikan Allianz SE. Tepatnya pada 5 Februari 1890. Mereka menjadikan Allianz sebagai perusahaan asal Jerman yang menyediakan jasa finansial multinasional.

Markas mereka ada di Munich, Jerman. Mereka memiliki produk portofolio untuk kebijakan laut dan kecelakaan. Allianz ini beroperasi di lebih dari 70 negara. Berdasarkan daftar Forbes Global 2000, Allianz ini menduduki peringkat ke-21. Sementara untuk kategori brand paling bernilai di dunia tahun 2015, mereka menduduki ranking ke-87.

Posisi CEO diduduki Michael Diekmann. Karyawan mereka ada sekitar 147.425 orang. Perusahaan ini menawarkan solusi keuangan, konsultasi risiko jasa asuransi dan investasi dana publik. Segmen-segmen mereka yaitu asuransi jiwa dan kesehatan, manajemen aset, kecelakaan properti dan korporasi dll. Produk-produknya sendiri meliputi asuransi bisnis, manajemen aset, asuransi pribadi, bantuan global dan solusi berkelanjutan.

Pelayanan mereka meliputi asuransi jiwa dan kesehatan, manajemen aset dan asuransi kecelakaan properti, dengan pelanggan sekitar 83 juta. Untuk asuransi kecelakaan properti, Allianz ini menduduki jajaran paling atas. Selain itu, mereka juga menyediakan asuransi kesehatan, rencana dana pensiun, asuransi motor-mobil, asuransi keluarga serta asuransi rumah. Mereka melayani perusahaan besar, perusahaan sedang dan pertengahan serta menyediakan asuransi kredit juga.

Untuk divisi manajemen asetnya, mereka lebih fokus pada saham dan komoditas, produk pendapatan tetap dan bisnis multi-asetnya menyediakan imbalan kerja/ gaji, asuransi kesehatan perusahaan, reinsurance, asuransi langsung, asuransi jiwa dan real estate. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 82 milyar dollar, Allianz menduduki peringkat ke-5.

4. UNITED HEALTH GROUP

perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi jiwa di indonesia, perusahaan asuransi adalah, perusahaan asuransi di indonesia, perusahaan asuransi terbaik di dunia, perusahaan asuransi terbaik

Perusahaan asuransi selanjutnya bermarkas di Minneapolis, MN. Didirikannya pada bulan Januari tahun 1977. CEO-nya yaitu Stephen Hemsley, dengan karyawan mereka sebanyak 170.000 orang. Berdasarkan list Forbes Global 2000, perusahaan ini menduduki peringkat ke-66 karena nilai pasarnya. United Health Group, Inc. menyediakan pemenuhan layanan kesehatan dan layanan konsultasi data.

Secara garis besar, United Health Group terbagi pada 4 segmen; UnitedHealth care, OptumInsight, OptumHealth dan OptumRx. Segmen UnitedHealth care meliputi UnitedHealth care Perawatan Medis & Pensiun, UnitedHealth care individu dan Pimpinan dan UnitedHealth care Komunitas dan Negara. UnitedHealth care individu dan Pimpinan menawarkan berbagai layanan rencana kesehatan dan jasa yang berorientasi pada konsumen, pengusaha menengah, pengusaha sektor publik, pengusaha nasional, bisnis kecil-kecilan dan individu. Segmen UnitedHealth care Perawatan Medis & Pensiun menyediakan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan pada individu dengan usia lanjut serta menawarkan spektrum produk medis yang lebih luas. Segmen UnitedHealth care Komunitas dan Negara menyediakan solusi untuk negara yang peduli terhadap layanan medis dan mereka yang tidak masuk dalam pelayanan kesehatan dalam pertukaran prei bulanan per anggota. Sementara Optum mencakup 3 segmen, yaitu Pusat OptumHealth, pelayanan klinis dan finansial serta manajemen kesehatan & kekayaan. OptumInsight sendiri menyediakan inteligen kesehatan, konsultasi, solusi outsourcing teknologi dan bisnis. Sementara OptumRx khusus melayani farmasi. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 112 milyar dollar, United Health Group menduduki peringkat ke-4.

3. PING AN

pengertian perusahaan asuransi, perusahaan asuransi adalah, makalah perusahaan asuransi, perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, laporan keuangan perusahaan asuransi, perusahaan asuransi terbaik di dunia, perusahaan asuransi yang terdaftar di bei

Perusahaan asuransi ini mulai eksis pada 21 Maret 1988 dengan tempat yang terpusat di Shenzhen, Tiongkok. PING AN adalah perusahaan induk yang memiliki cabang seperti Ping An Life Insurance  Tiongkok, Ping An Tiongkok yang menjadi perusahaan asuransi luar negeri dan Ping An perusahaan Investasi dan Kepercayaam, Ping An Tiongkok yang menjadi perusahaan asuransi kecelakaan properti. Perusahaan ini memiliki 24 cabang. Berdasarkan Forbes 2000 tahun 2015, Ping An menduduki ranking ke-32. CEO-nya yaitu Ming Ma, dengan karyawan sebanyak 235.999 orang. Ping An Insurance (Group) Co. of China Ltd. menawarkan produk finansial dan jasa. Perusahaan ini fokus pada bisnis perbankan, asuransi dan investasi. Agendanya juga berupa penyebaran investasi, investasi dan asuransi perusahaan keuangan.

Segmen-segmennya yaitu asuransi jiwa, perbankan, Keamanan Kecelakaan Properti dan Perusahaan. Asuransi jiwa meliputi produk asuransi seperti asuransi abadi, tahunan, asuransi dengan jangka atau periode tertentu, seumur hidup, berkaitan dengan investasi, kehidupan universal dan asuransi kesehatan. Segmen asuransi kecelakaan properti menawarkan asuransi produk seperti mobil, non-automobile, kecelakaan dan asuransi kesehatan. Segmen perbankan menyediakan manajemen harta kekayaan, layanan kartu kredit, pinjaman dan jadi perantara bisnis. Segmen keamanan meliputi penjualan, investasi perbankan dan layanan manajemen aset. Sementara segmen perusahaan meliputi strategi grup, risiko, perbendaharaan, finansial, fungsi SDM dsb. Visi perusahaan asuransi ini memang menyediakan finansial yang terintegrasi khususnya di Tiongkok. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 113,8 milyar dollar, Ping An menduduki peringkat ke-3.

Baca Juga :  Merawat Benih Ikan Betutu

2. CHINA LIFE INSURANCE

china life insurance taiwan, china life insurance singapore, china life insurance annual report, china life insurance investor relations, china life insurance stock, china life insurance share price, china life insurance news, china life insurance (overseas) company limited

Perusahaan asuransi yang satu ini didirikan pada tahun 1996. Pada tahun 1999, nama perusahaanya kemudian diubah jadi China life Insurance. Grup perusahaan ini terdiri dari China Life Perusahaan Terbatas, China Life Asuransi Kecelakaan Properti Perusahaan Terbatas, China Life Manajemen Aset Perusahaan Terbatas, China Life Pensiun Perusahaan Terbatas dan Pemegangan E Investment Perusahaan terbatas, Asuransi China Life Perusahaan terbatas (luar negeri) dan sebagai cabangnya, China Life dan asuransi perguruan profesional.

China Life Insurance mulai eksis pada 30 Juni 2003 dengan kantor pusatnya yang ada di Beijing, Tiongkok. Baik perusahaan induk maupun cabangnya jadi perusahaan asuransi komersil terbesar di Tiongkok. Perusahaan ini juga jadi salah-satu lembaga investor terbesar di pasa modal negara tersebut. Adapun CEO-nya yaitu Lin Dairen, dengan jumlah karyawan mencapai 130.123 orang. China Life Insurance Co., Ltd. ini fokus pada asuransi bisnis. Penawarannya meliputi kesehatan jiwa, kecelakaan dan asuransi bisnis. Ditambah dengan reinsurance, bisnis investasi dana yang dipayungi hukum, regulasi atau dewan, bisnis agensi, bisnis konsultasi dan ketetapan jasa.

Adapun segmen-segmennya yaitu Asuransi Jiwa Individu, Asuransi Jiwa Grup dan Asuransi Jangka Pendek. Segmen pertama  menyediakan produk asuransi untuk klien perorangan, dengan menawarkan layanan tahunan bagi individu tersebut. Segmen kedua menyediakan investasi dan kontrak asuransi untuk keseluruhan grup dengan menawarkan produk tahunan serta asuransi jiwa pada perusahaan maupun lembaga yang memerlukan. Sedangkan segmen terakhir menawarkan asuransi kesehatan dan kecelakaan jangka pendek, baik bagi perorangan maupun perusahaan.

Bisnis memiliki layanan dunia bisnis, asuransi kecelakaan properti, perencanaan pensiun, asuransi jiwa, manajemen aset, investasi industri dan operasi di luar negeri. Perusahaan ini pun menduduki peringkat ke-37 dalam daftar Forbes 2000 tahun 2015 ini. Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 160,5 milyar dollar, China Life Insurance menduduki peringkat ke-2.

1. Berkshire Hathaway

berkshire hathaway google finance, asuransi jiwa terbaik, asuransi terbaik untuk anak, investasi terbaik, asuransi terbaik 2014-2015-2020, asuransi terbaik di dunia, asuransi mobil terbaik

Oliver Chace mendirikan perusahaan asuransi ini pada taun 1839. Berkshire Hathaway adalah perusahaan multinasional asal Amerika yang berpusat di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Mereka menyediakan layanan baik itu reinsurance maupun basis utamanya. Grup ini memiliki perusahaan- perusahaan seperti  General Re, Berkshire Hathaway Primary Group, GEICO, dan Berkshire Hathaway Reinsurance Group. Warren Buffet tampil sebagai CEO-nya, lengkap dengan karyawan sebanyak 316.000 orang. Berkshire Hathaway, Inc. berkaitan dengan agenda bisnis yang beradam meliputi asuransi dan reinsurance kecelakaan properti, muatan transportasi, manfaat dan energi, finansial, ritel, pabrik maupun jasa.

Aktivitas bisnis mereka dilakukan di dalam maupun luar negeri. Sang CEO, Warren Buffet, mengubah perusahaan tekstilnya menajdi industri asuransi dan investasi. Ia menjajal bisnis itu setelah berhasil membeli National Indemnity Company. Pada tahun 1970, perusahaan ini mengakuisisi saham ekuitas-nya  GEICO aka Government Employees Insurance Company (GEICO). Perusahaan ini kemudian jadi bagian penting bagi bisnis asuransinya Berkshire. Pada tahun 1998, Berkshire mengakuisisi General Re yang kebetulan menjalankan bisnis reinsurance dunia dan bergerak dalam asuransi jiwa dan kesehatan serta asuransi kecelakaan properti untuk kelompok. Pada tahun 2007, Berkshire kembali mengakuisisi NRG, perusahaan reinsurance Belanda dari grup ING. Perusahaannya menyediakan layanan asuransi bagi daerah maupun negara. Dan berdasarkan daftar Forbes Global 2000 tahun 2015 ini, perusahaan Berkshire ini menduduki ranking ke-5.

Berdasarkan kapitalisasi pasar sebesar 354,8 milyar dollar, Berkshire Hathaway menduduki peringkat pertama. Asuransi Terbaik (RD – DSB)

Loading...
error: