10 Perusahaan E-Commerce Terbaik, Sukses dan Paling Eksis di Dunia Tahun 2016

Bicara tentang e-commerce atau electronic commerce, kita akan diingatkan pada perdagangan, toko online atau aktivitas jual beli secara online. Di Indonesia sendiri, bisnis seperti ini mulai berkembang pesat. Kita mengenal beberapa perusahaan yang tengah mengepakkan eksistensinya. Sebut saja OLX, Kaskus FJB, BukaLapak, Lazada, dsb.

Sistem mereka secara tidak langsung mengubah total cara kita berbelanja. Tinggal bertransaksi online, lalu aneka barang bisa segera diantar sampai tujuan. Semua itu ditunjang oleh pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, khususnya smartphone dan tentu internet.

Secara umum, di dunia ini memang sudah banyak perusahaan e-commerce yang beroperasi dan bahkan menjadi raksasa bisnis. Apa saja perusahaan tersebut? Untuk yang terbaru tahun 2016, berikut ini top 10 perusahaan jual-beli elektronik yang terbaik, sukses, dan eksis di dunia. Jom!

10. Rakuten

toko online terbesar, toko online terbesar di dunia, toko online terbesar di asia, toko online terbesar di china, toko online terbesar di jepang

Nama “Rakuten” berasal dari Jepang, yang berari “optimisme”. Pada Mei 1997, Rakuten Shopping Mall mulai berdiri dan beroperasi. Dua tahun kemudian, tepatnya di bulan Juni, mereka mengganti nama menjadi Rakuten, Inc.

Dari waktu ke waktu, Rakuten terus menjadi magnet laba yang sangat menguntungkan. Di tahun 2005, mereka berekspansi ke luar Jepang. Ada beberapa akuisisi yang sangat berpengaruh bagi perusahaan, sehingga Rakuten semakin kukuh saja. Mereka memiliki misi “memberdayakan manusia dan masyarakat”.

Ada masa-masa di mana orang takut dan meragukan aktivitas dagang via internet. Namun Rakuten gigih menjaring kepercayaan masyarakat. Meskipun e-commerce mereka kurang beruntung di beberapa negara termasuk di Indonesia, tetapi mereka pun bisa bertahan, dan bahkan memeroleh pendapatan sebesar $6490 juta.

9. Otto

daftar toko online terbesar di dunia, toko online style atau gaya terbesar di dunia, toko buku online terbesar di dunia, toko online terbesar di dunia

Pada tahun 1950-an, Werner Otto mendirikan perusahaan ini. Pusatnya ada di Hamburg, Jerman. Awalnya mereka memberi penawaran berupa sepatu sebanyak 28 gaya. Namun kemudian, perusahaan berkembang dan melebarkan sayap. Barulah pada tahun 1995, Otto beroperasi secara online juga.

Otto menjadi perusahaan mail order terbesar di dunia. Dan, begitu bisnis jual-beli online menjadi trend, bersamaan dengan kemajuan pesat dari internet, perusahaan ikut terdongkrak. Operasi utama mereka memang ada di Jerman dan Prancis, namun gerakannya sudah menjangkau 20 negara.

Kini mereka ada di bawah pimpinan dan CEO baru, Michael Otto. Perusahaan semakin berkembang, bahkan disebut sebagai retailer online terbesar, khususnya untuk segmen style atau gaya hidup. Mereka bahkan berada di posisi dua membuntuti raksasa sekelas Amazon. Pendapatannya sendiri sebesar $6500 juta.

Baca Juga :  10 Komputer Super Paling Mahal Di Dunia

8. eBay

perusahaan ecommerce di jakarta, perusahaan ecommerce di indonesia, perusahaan e commerce adalah, contoh perusahaan e commerce, perusahaan yang menggunakan ecommerce

Pada tahun 1995, Pierre Omidyar mendirikan perusahaan ini. Kantor pusatnya ada di San Jose, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini kemudian berkembang menjadi partnership multinasional sekaligus sebagai organisasi yang menjalankan perdagangan online.

Sebagai media yang mempertemukan pedagang dan para pelanggannya, nama mereka begitu terkenal. Hingga kini, operasinya sudah menjangkan 30 negara. Baik individu maupun organisasi bisnis bisa membeli dan menjual aneka produk dan jasa administrasi yang tersedia.

Sebelum didapatkan oleh Microsoft, Ebay yang lebih dahulu memiliki Skype. Dari sana, klien mereka semakin luas saja. Ebay lalu menjualnya dan memutuskan untuk mendapat hak penuh atas Paypal. Kini pendapatan mereka tercatat sebesar $8592 juta.

7. Priceline.com

perusahaan ecommerce di dunia, perusahaan e commerce adalah, contoh perusahaan e commerce, perusahaan yang menggunakan ecommerce

Perusahaan ini berpusat di Norwalk, Coonecticut, Amerika Serikat. Mereka mengambil segmen travel sebagai fokus bisnisnya. Priceline.com sendiri memberi penawaran pada para kliennya untuk mendapatkan diskon atas segala yang berhubungan dengan travelling, entah itu harga tiket pesawat atau biaya inap di hotel.

The Priceline Group masih memegang hak penuh atas situs travel populer ini. Pendirinya adalah Jay S Walker, yang sayangnya beralih ke grup bisnis lain. Dari tahun 2015, posisi CEO diambil alih oleh Paul J Hennessy.

Aneka fitur terus dikembangkan perusahaan. Pada bulan Mei tahun 2015, mereka mengklaim sudah menyuntikkan untuk perkembangan perusahaan. Rupanya mereka memiliki target untuk meningkatkan eksistensi, khususnya di pasar Tiongkok. Sekarang ini mereka sudah meraup pendapatan sebesar $9224 juta.

6. Apple

toko online terbesar, toko online terbesar di dunia, situs belanja online terbesar dunia, daftar toko online terbesar di dunia, toko buku online terbesar di dunia

Apple Inc. adalah perusahaan raksasa yang eksistensi dan kemajuannya tak lagi meragukan. Mereka bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat. Segmen yang mereka jajal meliputi program PC, hardware, dan tentu saja administrasi online.

Tiga sahabat yang terdiri dari Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne awalnya bergabung mendirikan Mac pada 1 April 1976. Nama tersebut diubah menjadi Apple Computer, Inc. Namun setahun kemudian, ada perubahan nama lagi, yakni menjadi Apple Inc.

Segmen bisnis mereka yang tengah menanjak pesat memang ada di e-commerce, semacam iTunes, IBook, dan juga application stores. Di tahun 2015 kemarin, CEO Tim Cook bahkan menyatakan kalau iTunes jadi salah-satu penghasil laba yang fundamental bagi perusahaan. Pendapatan mereka saja sampai $12000 juta.

Baca Juga :  8 Daftar Produk Asli Indonesia yang Mendunia "Terkenal di Luar Negeri"

5. Alibaba

e commerce terbaik, e commerce terbaik china, e commerce terbesar di asia dunia, e commerce terbesar di indonesia, e commerce terpercaya, e commerce terbesar indonesia

Ini dia platform ecommerce terbesar yang ada di Tiongkok. Semakin hari, aktivitas berbisnis online mereka semakin mengagumkan saja. Transaksi demi transaksi terus aktif berjalan di berbagai situs mereka.

Gambaran umumnya, Alibaba Group memiliki segmen pasar online yang beragam. Ada Tmall yang operasinya mirip Amazon, ada Taobao yang operasinya mirip eBay, atau Alipay yang menjadi sistem pembayaran online. Semuanya tengah dalam keadaan yang on fire.

Perusahaan ini bahkan disebut sebagai retailer terbesar yang tengah naik daun. Bahkan baru-baru ini alibaba telah mengakuisisi lazada, keadaan ini tentu semakin menarik perhatian publik. Untuk penghasilannya sendiri, Alibaba sudah meraup $12293 juta.

4. WalMart

walmart indonesia, sejarah walmart, kasus walmart, walmart login, walmart wikipedia, walmart jakarta, alamat walmart indonesia, lokasi walmart indonesia

Nama yang satu ini tentu sudah tak asing lagi. Rantai bisnisnya masih terus berkembang meliputi hypermarket, supermarket, dan ritel. Pusatnya sendiri ada di Bentonville, Arkansas.

Pada tahun 1962, Sam Walton mendirikan perusahaan ini. Setelah proses panjang dilalui, perusahaan sudah memiliki total 11.527 toko dan klub, yang semuanya tersebar di 28 negara. Dan seolah belum cukup, mereka juga sukses menjadi pemain ecommerce.

Suntikan dana besar memuluskan ekspansi mereka di jalur bisnis elektronik. Mereka bergerak bersamaan dengan perusahaan terkemuka lainnya, seperti Amazon, khususnya dalam berinovasi. Adapun pendapatannya sendiri sudah ada di angka $13500 juta.

3. Macy’s

toko online terbesar di dunia, toko online terpercaya di dunia, toko online terbaik di dunia, toko online terkenal di dunia, toko online termurah di dunia

Ada yang langsung ingat akan “the world’s largest store?”. Siapa sangka, toko serba ada yang super besar itu awalnya merupakan toko kelontongan. Adalah sosok Rowland Hussey Macy yang pertama kali mendirikan dan membuka tokonya pada 28 Oktober 1858. Jatuh-bangun perjalanan terus ditempuh.

Perusahaan ritel ini juga sempat menamakan diri sebagai R. H. Macy and Co. Mereka berada di bawah naungan perusahaan Amerika, Macy’s, Inc. Di tahun 2014 saja, divisi bisnis ini sudah mengoperasikan kurang-lebih 780 ritel di berbagai wilayah. Sebut saja Amerika Serikat, Puerto Rico, Hawai, dsb. Tak mengherankan kalau jumlah pendapatan mereka menyentuh angka yang sangat jauh dari nomor 4, yakni $27079 juta. Sayangnya orang Indonesia bakal kesulitan untuk berbelanja di Macy’s karena mengakses websitenya pun tidak diperbolehkan.

Baca Juga :  10 Merek Pakaian Terbaik di Dunia

2. JD.com

toko online termurah di dunia, toko online terbesar di dunia, toko online terbesar di asia, toko online terbesar di china

Perusahaan selanjutnya berasal dari Beijing, Tiongkok. Liu Qiangdong mendirikan perusahaan ini pada Juli 1998. Baru pada tahun 2004, mereka menjajal pasar online. Sebelum mengganti nama menjadi JD.com atau Jingdong Mall, mereka lebih dulu disebut sebagai 360buy.

Ketika masih beroperasi di bawah nama 360buy saja, prestasi mereka sudah begitu positif. Mereka masuk dalam majalah Fortune edisi Tiongkok sebagai “Best Employer” tahun 2011, “perusahaan paling cocok untuk jadi kerja di Tiongkok”. Masih di tahun yang sama, JD juga masuk dalam “daftar model perusahaan bisnis elektronik” versi Ministry of Commerce.

Perusahaan ini lalu menjelma jadi organisasi bisnis jual-beli online terbesar kedua, mengikuti pesaing senegaranya, Alibaba. Itu artinya, mereka memiliki laba banyak dan berpeluang mengembangkan usahanya dengan leluasa. Total penghasilannya saja sampai $27888 juta.

1. Amazon

toko online terkenal di dunia, toko online terbesar di dunia, toko online terpercaya di dunia, toko online terbaik di dunia, perusahaan ecommerce di indonesia, toko online termurah di dunia, toko online terbesar di dunia, toko online terbesar di asia, toko online terbesar di china

Di akhir tahun 90-an, Amazon lahir dan berkembang. Namanya sendiri memang diambil dari sungai terbesar di jagat ini, Amazon. Awalnya mereka menawarkan penjualan buku saja. Namun seiring perkembangan zaman dan perusahaannya sendiri, mereka kemudian memperluas penawaran. Sehingga mereka bisa menyajikan DVD, mp3, streaming atau download video, games, pakaian, barang elektronik, produk fashion, perhiasan, dsb.

Mereka disebut sebagai pelopor hadirnya ritel versi online. Karena inovasi itu, dalam waktu sekitar 4 bulan saja, perusahaan sudah menunjukkan dampak positif yang besar. Apalagi mereka sudah bekerja sama dengan produsen-produsen seperti Circuit City Stores Inc, National Leisure Group Inc, Expedia Inc, Virgin Wines Waterstones, dsb.

Strategi kerja sama semakin memperkaya item yang dijual di Amazon. Kepercayaan publik pun otomatis semakin meningkat. Apalagi perusahaan juga gencar meluncurkan berbagai program seperti Amazon Connect, Amazon Wedding, Amazon Web Services, dsb. Tak heran kalau mereka terus menanamkan cabang perusahaan. Kini Amazon sendiri sudah tersebar di negara-negara besar seperti Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Prancis, Spanyol, Jepang, dsb. Hasilnya tentu sangat menakjubkan. Amazon sukses besar dengan raihan penghasilan sebesar $107000 juta.

Ranking ini diambil dari jumlah pendapatan terakhir masing-masing perusahaan. Menilik nominalnya yang menggiurkan, kita jadi mafhum kenapa bisnis ecommerce ini juga meningkat pesat di tanah air. Dan seyogyanya mereka bisa menyajikan pelayanan demi kepuasaan para pelanggan. 10 Perusahaan E-Commerce Terbaik