10 Perusahaan Otomotif Terbesar dan Terbaik di Dunia Tahun 2016

Mobil menjadi salah-satu industri yang terus mengalami kemajuan pesat. Bisa kita lihat di jalanan, volume kendaraan roda ini terus bertambah. Demikian juga dengan merek atau jenisnya.

Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna mobil semakin bengkak saja. Data ini didukung juga dengan pembuatan dan pendistribusian globalnya yang terus menanjak. Para perusahaan pun terus menjalani kompetisi ketat demi menggaet konsumen. Memang ada beberapa yang sudah familiar dan mendapat kepercayaan masyarakat, namun brand lain terus merongrong dengan taktik mereka sendiri.

Lalu apa saja perusahaan mobil yang terbesar dan terbaik?

10. Fiat Chrysler

perusahaan mobil terbaik di indonesia, perusahaan mobil terbaik di dunia, perusahaan mobil terbaik dunia, perusahaan mobil terbaik di jepang, produsen mobil terbaik

Dulu di tahun 2009, Chrysler masih ada di titik kebangkrutan. Sampai kemudian mereka melakukan merger. Fiat Chrysler Automobiles atau FCA pun mantap berdiri di tahun 2014. Markas besarnya ada di London, Inggris.

Ada dua cabang utama yang mereka miliki, yakni FCA Italia dan Amerika. Kini mereka menjelma menjadi pabrik mobil terbesar urutan ke-7 di dunia. Data menyebutkan kalau total pendapatannya mencapai $124.972 juta. Sementara laba bersihnya sebesar $426 juta.

9. BMW

perusahaan otomotif terbaik di indonesia, perusahaan asuransi mobil terbaik di indonesia, 10 perusahaan otomotif terbaik di indonesia, perusahaan otomotif terbaik di dunia, 10 perusahaan mobil terbaik di dunia

via : pinterest.com

Franz Josef Popp, Camillo Castiglioni, dan Karl Rapp mendirikan Bayerische Motoren Werke alias BMW pada tahun 1916. Mereka berkantor pusat di Munich, Bavaria, Jerman. Sampai sekarang, BMW menjadi brand mobil yang terkenal mahal dan mewah. Demikian juga dengan angka penjualannya yang selalu laris manis.

Nama besar mereka semakin kukuh saja setelah digunakan sebagai sponsor acara-acara prestisius. Sebut saja Formula BMW dan Kumho  BMW Championship. Lebih lagi eksistensi mereka memang sudah mengglobal. BMW hadir di Tiongkok, Meksiko, Afrika Selatan, dsb. Tak ayal pendapatan mereka sampai sebesar $104.157,75 juta, dengan laba bersihnya $7.196,97 juta.

8. Volkswagen

perusahaan mobil terbaik di dunia, perusahaan mobil terbaik dunia, perusahaan mobil terbaik di jepang, produsen mobil terbaik

Pentolan Volkswagen Group ini tampil sebagai brand yang penjualannya begitu laris manis. Kesannya memang tua, namun perusahaan ini sudah menjadi salah-satu yang terbesar di dunia. Karya mereka hadir di Amerika Latin, Eropa Timur, Nigeria, Belgia, dsb.

Volkswagen atau cukup disebut sebagai VW ini sudah memiliki karismanya tersendiri, sehingga merambatkan rasa bangga terhadap para penggunanya. Kesannya elegan, sekaligus berkualitas. Pemasaran dan periklanan mereka juga begitu kuat, sehingga posisinya masih tak goyah. Lebih lagi mereka sudah menyusun rencana untuk merilis beberapa mobil baru. Untuk penghasilannya sendiri, VW meraup $241.019 juta. Sedangkan keuntungan bersihnya sebesar $1.549 juta.

Baca Juga :  10 Perusahaan Animasi Terbaik di Malaysia

7. Ford

10 perusahaan otomotif terbaik di indonesia, perusahaan otomotif terbaik di dunia, 10 perusahaan mobil terbaik di dunia

Brand yang cukup tua ini sudah eksis dari tahun 1902. Sentralnya ada di sekitaran pusat mobil, tepatnya di Dearborn, Michigan, AS. Henry Ford membesarkan perusahaan dengan sangat baik, sehingga mereka menjadi salah-satu perusahaan keluarga yang paling terkemuka di dunia.

Pasca pensiunnya sang pendiri, tahta tertinggi perusahaan terus bergulir pada sanak familinya. Sampai sekarang nama besarnya belum luntur. Mereka terus menjejakkan diri di berbagai belahan dunia seperti di Kanada, Turki, Australia, dsb. Berbagai segmen pun terus ditawarkan. Ada versi sedan, truk, SUV, dsb. Kini mereka mampu memboyong penghasilan sebesar $149.558 juta, dan pendapatan bersihnya sebesar $7.373 juta.

6. Nissan

perusahaan mobil terbaik di dunia, perusahaan mobil terbaik dunia, perusahaan mobil terbaik di jepang, produsen mobil terbaik

Pada tahun 1933, Nissan sudah berdiri dan berpusat di Nishiku, Yokohama, Jepang. Namun sebelumnya di tahun 1911, nama mereka masih “The Kwaishinsha”. Setelah menjadi Nissan, mereka mulai menjadi satu dari sekian produsen mobil yang paling berpengaruh. Kemudian di tahun 1999, perusahaan multinasional ini beraliansi menjadi bagian dari Nissan-Renault.

Di tahun 1936, perusahaan mengangkat empat karyawan perempuan yang kini dikenal sebagai “Miss Fair Lady”. Mereka yang pertama kali mengeksekusi ide tersebut, mempekerjakan kaum hawa di showroom sebagai sosok yang menjelaskan garis besar mobil pada publik. Posisi ini sendiri terbilang begitu berharga. Adapun beberapa brand mereka yang terkenal yaitu Nissan, Datsun, dan Infinity. Untuk mobilnya sendiri ada Evalia, Micra, Terrano, dsb. Perusahaan ini berhasil mengantongi penghasilan sebesar $104.651,90 juta dan bersihnya sebanyak $4.209,68 juta.

5. Honda

perusahaan mobil terbaik di indonesia, perusahaan mobil terbaik di dunia, perusahaan mobil terbaik dunia, perusahaan mobil terbaik di jepang, produsen mobil terbaik

Bicara tentang otomotif, Honda menjadi salah-satu nama yang paling dikenal dunia. Khususnya dalam sektor motor, Honda masih jadi produsen yang tak terkalahkan. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1948 oleh dua pelopornya, Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Markas besar mereka ada di Minato, Tokyo, Jepang. Industri yang mereka kelola sudah begitu luas. Entah mobil, motor, peralatan listrik, dsb.

Baca Juga :  4 Cara Memulai Bisnis Baru Bagi Pemula

Merek global ini sudah memiliki berbagai cabang yang tersebar di berbagai negara. Di Indonesia, Turki, Pakistan, dsb. Produknya yang didistribusikan yaitu Honda Civic, Honda Accord, CR-V, dsb. Dari waktu ke waktu, mereka terus melakukan inovasi, khususnya terkait bahan bakar yang lebih fleksibel. Tercatat pendapatan mencapai $122.618, 51 juta, sementara raihan bersihnya sebesar $4.686,8

4. Hyundai

10 perusahaan otomotif terbaik di indonesia, perusahaan otomotif terbaik di dunia, 10 perusahaan mobil terbaik di dunia

Chung Ju yung mendirikan perusahaan ini pada tahun 1967. Mereka berkantor pusat di Kota Seoul, Korea Selatan. Hyundai menjadi produsen mobil yang sangat disegani. Mereka kerapkali menunjukkan totalitas dalam hal inovasi, peningkatan kualitas, maupun penanaman investasi.

Ekspansinya sudah menjangkau sekitar 193 negara. Mereka memiliki keunikan atau keunggulan tersendiri. Misalnya dengan memproduksi baja sendiri, dengan spesifikasinya masing-masing. Jadi mereka tidak mengandalkan para supplier. Mereka juga yang jadi pelopor pengguna baterai lithium bromide. Untuk mobil masa depannya, mereka berencana akan merilis New Generation Verna, Hyundai Carlion compact SUV, Tucson, dsb. Sampai saat ini penghasilannya ada di angka $78.164,93 juta, dan untuk laba bersihnya sebesar $5.532,79 juta.

3. Daimler

mobil terlaris april - agustus 2016-2017, mobil terlaris di indonesia, mobil terlaris 2016-2017, mobil terlaris maret - september, mobil terlaris mei - desember 2016-2017

Sebelum Daimler AG ini hadir, dua pendirinya lebih dulu mengelola korporasi masing-masing. Mereka adalah Karl Benz dan Gottlieb Daimler. Keduanya kemudian melakukan merger, dan Daimler AG pun lahir pada tahun 1926.

Nama Daimler AG sudah menjadi jaminan akan mobil yang berkelas, stylish, dan berkualitas. Bisa kita lihat dalam produk mereka seperti Mercedes-Benz, truk Freightliner, Mercedes-Maybach, dsb. Mereka juga terus mengupayakan produk yang aman dan nyaman. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan, konstruksi yang lebih ringan, perangkat canggih yang sangat membantu, dsb. Sejauh ini mereka sudah berhasil menghasilkan $168.897,71 juta, dan laba bersihnya sebesar $9.519,12 juta.

Baca Juga :  10 Produsen Mobil Terbaik dan Terlaris di Dunia 2017

2. General Motors

sejarah general motor, general electric, general motors news, general motors indonesia, general motors diet, general motors careers, general motors history

Korporasi yang dikenal juga sebagai GM American MNC ini sudah berdiri sejak tahun 1908. Mereka bermarkas di Detroit, Michigan, Amerika. Pengalaman panjang membuat nama mereka sudah familiar di dunia. Beberapa brand yang sempat merajai pasaran meliputi Chevrolet, Cadillac, Buick Holden, dsb.

Nama perusahaan semakin melekat setelah mereka aktif berpartisipasi dalam berbagai ajang. Baik itu World Touring Car Championship (WTCC), V8 Supercars, 24 Hours of Le mans, dsb. Perusahaan ini banyak dikagumi orang karena komitmennya dalam hal integritas, akuntabilitas, serta keterbukaan bisnisnya. Kini CEo sekaligus pimpinan perusahaan ini adalah seorang perempuan bernama Mary Barra. Dia mencetak rekor sebagai perempuan pertama yang memegang posisi tertinggi di perusahaan otomotif atau mobil. Di bawah kendalinya, perusahaan masih selalu masuk dalam top 10 perusahaan mobil terbaik dan terlaris. Penghasilan dan laba bersih tiap tahunnya memang selalu tinggi. Jumlahnya sebesar $152.356 juta dan $9.687 juta.

1. Toyota

mobil toyota Ft 1 terbaru 2015, mobil toyota termahal, mobil toyota terbaru 2013, mobil toyota terbaru 2014, mobil toyota yaris terbaru, mobil toyota terbaru 2015-2016-2020, mobil toyota terbaru dan termurah

via : pinterest.com

Nama ini sudah tidak asing lagi di kalangan industri otomotif. Toyota Motor Corporation memang sudah memiliki pusat produksi di banyak tempat dengan ekspansi sampai ke 170 lebih negara. Ada kategori sedan, minivans, SUV, dsb. Mereka juga yang pertama kali memproduksi mobil hybrid, Prius, secara massal.

Dalam berbagai list terkait korporasi otomotif, Toyota seringkali nangkring di urutan puncak. Dari jumlah penghasilan atau penjualan saja mereka sudah unggul. Bisa kita lihat bagaimana tingginya angka penjualan Toyota Corolla, Innova, Qualis, dsb. Ditambah lagi dengan berbagai survey, seperti yang diadakan oleh Reader’s digest dalam Hall of Fame. Toyota menjadi brand yang paling dipercaya oleh konsumen. Tak mengejutkan kalau penghasilannya menyentuh angka $250.557,59 juta, dan bersihnya sampai berjumlah $19.994,71 juta.

Jelas sekali kalau daftar ini mempertimbangkan faktor jumlah pendapatan, keuntungan, serta banyak unit mobil yang terjual. Untuk saat ini, demikianlah 10 Perusahaan Mobil atau Otomotif Terbesar dan Terbaik di Dunia Tahun 2016. #RD

Loading...
error: