10 Seri Anime Sport atau Olahraga Terbaik dan Terseru

ngasih.com. Anime olahraga. Sesuai namanya, anime ini sangat berkaitan erat dengan segala aktivitas di bidang olah raga. Meski anime itu nampak tidak real, namun jenis olahraga yang ditampilkan masih diadaptasi dari dunia kenyataan. Entah itu sepakbola, baseball, voli, tenis, dsb. Hanya saja, tentu ada tambahan twist, action atau cerita dramatisnya.

Seperti anime-anime lain, tema olahraga pun sangat banyak memiliki penggemar. Fans sudah begitu mengantisipasi dan sangat antusias menyambutnya. Jika dilihat, bidang olahraganya sendiri memang begitu menarik untuk diperbincangkan. Apalagi diberi sentuhan visual dan cerita fiksi yang unik. Hasilnya sangat menghibur dan menyenangkan.

Anime olahraga yang diproduksi begitu banyak. Masing-masing memiliki sisi menarik tersendiri. Karenanya, kamu pasti bingung menentukan mana yang terbaik. Namun tenang saja, kali ini kami akan menyaringnya menjadi top 10. Apa saja? Jom!

10. Slam Dunk

anime olahraga terbaik 2015, anime olahraga terbaik 2013, anime olahraga terbaik 2014, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik

Anime olahraga yang satu ini cukup klasik. Produksi tahun 1993 – 1996. Meski demikian, Slam Dunk layak menjadi bagian dari list. Anime ini sendiri terfokus pada olahraga jenis bola basket. Selain itu, ceritanya juga dibumbui dengan kisah percintaan, drama, action dan tentu ada sisi komedinya.

Kisahnya sendiri tentang Hanamichi Sakuragi. Dia menjadi anak lelaki yang kurang beruntung dari segi percintaan. Sudah sering ia menyatakan rasa, namun sering juga hatinya patah akibat penolakan. Banyak perempuan yang ia incar sudah memiliki pasangan, yang tak lain merupakan pemain basket keren.

Tak heran, Hanamichi Sakuragi sempat menyalahkan olahraga atas nasib percintaannya yang selalu tak sesuai harapan. Sampai suatu hari, Akagi Haruko mengajaknya untuk bergabung dalam tim basket. Di satu sisi, Sakuragi kurang suka dan tidak berpengalaman di bidang olahraga. Namun di sisi lain, ia pengin meninggalkan kesan di depan orang yang ditaksirnya.

Ia pun bergabung. Demikian juga dengan Kaede Rukawa, yang menjadi gebetan Haruko. Rukawa yang mempesona sekaligus jadi saingan beratnya, baik itu dalam urusan asmara maupun kompetisi basket. Sakuragi bergabung dengan tim Shohoku bersama kakak Haruko, Takenori Akagi.

9. Ookiku Furikabutte (Big Windup!)

anime olahraga terbaik 2013, anime olahraga terbaik 2014, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016

Jika Slam Dunk berkaitan dengan basket, maka yang satu ini membahas tentang baseball. Uniknya, anime ini terlihat begitu real. Kita tidak akan melihat tokoh melakukan aksi bermain baseball dengan penuh magic, seperti melayang di udara atau melempar bola dengan kecepatan yang luar biasa.

Ceritanya sendiri tentang Mihashi Ren, yang kurang percaya diri manakala harus bermain baseball. Hal itu terlihat ketika ia masih SMP. Permainannya sebagai pitcher atau pelempar sangatlah buruk. Namun sekolah barunya ini sangat membutuhkan posisi tersebut. Sebenarnya dia memiliki bakat terpendam. Tokoh Abe yang terlihat mendukung dan mengarahkan skill yang ia punya. Cerita persahabatan diantara mereka pun semakin mewarnai anime ini.

Baca Juga :  Fakta Tentang One Piece dan Gambar Paling Keren Terbaru (Update)

8. Hajime no Ippo

anime olahraga terbaru 2015, anime olahraga terbaik, anime olahraga

Ada beberapa jenis olahraga mainstream yang sering dibahas. Sebut saja basket, sepakbola, baseball dsb. Tetapi anime ini menceritakan kisah seputar dunia tinju. Di dalamnya tentu ada aksi pukul-memukul. Namun di dalamnya juga, ada pembelajaran soal ketekunan dan keberanian. Semuanya tergambar tak hanya dalam aksi bertinju, melainkan juga dalam kemasan cerita atau dramanya.

Untuk sinopsis singkatnya, anime ini bercerita tentang Makunouchi Ippo. Dia merasa sangat lemah dan tak berdaya. Karena itu, dia seperti jadi sasaran empuk bagi aksi bullying. Dari sana, dia bertekad untuk keluar dari zona yang selama ini membatasinya.

Suatu hari, ia menemukan Takamura yang telentang lemah di jalan. Rupanya lelaki itu adalah seorang petinju yang sudah dibully. Kejadian itu mengantarkannya ke gym tinju, sekaligus mendekatkannya dengan dunia itu. Di sanalah ia mulai berpikir tentang usaha meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri. Dia berjuang dan berlatih keras. Selain memilih tinju sebagai karier, ia juga pengin sisi lemahnya jadi lebih kuat.

7. Baby Steps

anime olahraga terbaru 2015, anime olahraga terbaik, anime olahraga, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016

Sesuai judulnya, anime ini menunjukkan tahapan-tahapan tokoh dalam menggapai apa yang ia tuju. Anime ini terbilang cukup unik dan segar. Jenis olahraganya sendiri mengambil ranah tenis. Di awal-awal, karakter utamanya bukanlah seseorang yang akrab dengan dunia tenis. Malah dia dan dunia olahraga seperti paduan yang tidak cocok.

Tokoh utamanya adalah Maruo Eiichirou, yang bisa dibilang seorang intelektual daripada atlit. Kemampuannya hanya menonjol di dunia akademis. Namun ada titik di mana ia merasa jenuh dan hampa. Saat itu dia mencoba merasuki dunia tenis. Tak disangka, proses demi proses justeru menggiringnya pada dedikasi yang kuat akan tenis.

6. Major

anime olahraga terbaru 2015, anime olahraga terbaik, anime olahraga, anime tentang olahraga terbaik

Senada dengan “Ookiku Furikabutte” aka “Big Windup!”, Major pun mengambil baseball sebagai bidang olahraganya. Namun anime ini memiliki seri cerita yang sangat panjang. Kita bahkan bisa menyaksikan tumbuh-kembangnya tokoh. Selain itu, anime ini juga sarat dengan drama yang cukup kompleks. Namun tentu saja, komedi menjadi taburan yang membuatnya semakin menghibur dan menyenangkan.

Baca Juga :  15 Anime Mecha Terbaik Paling Keren Sepanjang Masa

Tokoh utamanya bernama Goro Honda. Ayahnya merupakan pemain baseball yang keren. Ia pun ingin mengikuti jejaknya. Tapi banyak hal terjadi. Passionnya di dunia baseball dan cerita kehidupan pribadinya menciptakan lika-liku tersendiri. Ia pun mesti berjuang keras untuk tetap kuat menjalaninya.

5. Eyeshield 21

anime olahraga terbaik 2013, anime olahraga terbaik 2014, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik

Top 5 ini merupakan anime yang terfokus pada sepakbola ala Amerika. Tak heran kalau kita akan akrab dengan scene fisik atau aksi bermain sepakbola yang penuh dengan tubrukan, kegilaan, tingkah kasar, dsb. Intensitasnya cukup tinggi. Namun anime ini dilumuri juga dengan humor yang menghibur.

Karakter yang diperkenalkan bernama Sena Kobayakawa. Dia adalah seorang anak SMA, yang mesti menjalani segala tugas dan kegiatan sambil menghadapi penindasan aka bullying. Sampai kemudian Youichi Hiruma, kapten tim sepakbola Amerika “Devil Bats”, menemukan skill terpendam yang dimilikinya. Padahal Sena awalnya hanya meminta posisi sebagai manajer tim, namun kemudian ia berkecimpung langsung dengan misi kemenangan tim.

4. Yowamushi Pedal

daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016, anime olahraga terbaik 2013, anime olahraga terbaik 2014, anime tentang olahraga terbaik

Anime olahraga yang tak biasa. Dari pengambilan jenis olahraganya juga sudah terbilang lain, yakni tentang bermain sepeda. Lebih lagi anime ini tidak langsung menitikberatkan kompetisi seperti yang biasa kita temukan. Kita seperti diajak untuk mengarungi proses menguatkan hubungan atau chemistry dengan sesuatu yang baru, yang sebelumnya mungkin tidak terlintas dalam pikiran.

Ceritanya tentang Sakamichi Onoda, yang digambarkan sebagai seorang otaku. Dia begitu menyenangi segala hal tentang anime. Kebetulan di sekolah barunya ada komunitas anime dan tentu saja ia berminat bergabung. Ketika masih SMP, kesempatan itu tidak ia temukan. Karenanya, ia sangat antuasias ketika berbaur dengan orang-orang yang memiliki minat sama.

Karena obsesinya terhadap anime itu, ia sampai rela melakukan perjalanan jauh ke Akihabara, tempat yang seolah-olah menjadi ‘syurganya’ otaku. Semua itu ditempuhnya dengan menggunakan sepeda. Skenario cerita yang dijalaninya lambat-laun terus mengasah skill bersepeda yang ia punya. Hal itu membuat Onoda tergabung dalam grup balap sepeda di sekolahnya.

3. Prince of Tennis

anime olahraga terbaik, anime olahraga, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016

Judulnya sudah cukup sukses membetot perhatian. Tampilannya memang eye catching. Jadinya kita cukup betah menyaksikan tayangannya dari awal sampai akhir.

Anime ini sendiri menceritakan tentang Echizen Ryoma. Dia adalah remaja belia yang dianugerahi skill bermain tenis. Sampai ia bisa bergabung dengan Sekolah Seishun Gakuen dan tim tenisnya yang ternama. Permainannya yang luar biasa membuatnya selalu jadi pemenang dalam tiap kompetisi. Setiap kejuaraan ditaklukan. Setiap lawan ditundukkan. Hanya ada satu orang yang sulit ia tumbangkan. Orang itu adalah ayahnya sendiri.

Baca Juga :  Maksud dan Arti Inisial "D" dalam Nama Karakter Anime One Piece

2. Haikyuu!

volley ball anime, anime olahraga terbaik, anime olahraga, anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016

Umumnya seorang pemain voli adalah sosok yang tinggi tegap. Namun Hinata Shouyo menabrak paradigma itu. Ia melihat bagaimana kerennya sosok “Small Giant”, seorang pemain voli di televisi yang bertubuh kecil tapi berbakat. Ia begitu terinspirasi. Tapi ketika di SMP, voli menjadi olahraga yang kurang diminati.

Di akhir-akhir masa SMP, ia sempat menghadapi kompetisi voli bersama timnya. Namun mereka sudah harus menghadapi tim lawan yang berat. Grup musuh itu dipimpin oleh Tobio Kageyama, yang sering dijuluki sebagai King of the Court. Otomatis timnya kalah telak.

Dari kejadian itu, ia bertekad untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah yang memiliki grup voli terbaik. Shouyo ingin sekali, suatu hari nanti, bisa membalas kekalahannya pada tim Kageyama. Namun begitu memasuki SMA, rupanya dia dan seseorang yang dianggap musuhnya malah satu sekolah dan tentu satu tim juga.

1. Kuroko no Basket (Kuroko’s Basketball)

anime tentang olahraga terbaik, daftar anime olahraga terbaik, anime olahraga terbaik 2015-2016, anime olahraga terbaik 2013, anime olahraga terbaik 2014

Anime yang ada di posisi puncak ini mengambil tema basket. Di sini kita akan disuguhi penampilan dan permainan yang luar biasa. Intensitasnya begitu kuat terasa. Lebih lagi karakter yang ada di dalamnya memang keren-keren.

Cerita bermula dari SMP Teikou. Sekolah menengah pertama itu memiliki tim basket andalan yang sangat dibanggakan. Skill masing-masing membernya memang mengagumkan.  Saking kerennya, para pemain inti mereka sampai memiliki julukan sebagai “kiseki no sedai” aka “generation of miracles”, atau generasi keajaiban.

Pasca lulus sekolah, member tim tersebar ke SMA yang berbeda-beda. Namun mereka tetap setia pada dunia basket dan tentu bergabung dengan tim di sekolahnya. Namun Tetsuya Kuroko, yang sering disebut sebagai “the phantom of sixth player”, mesti masuk SMA Seirin Gakuen. SMA itu memiliki tim basket yang payah. Tak heran kalau mereka sering diremehkan.

Tapi Tetsuya Kuroko dan temannya yang bernama Kagami Taiga sudah membulatkan tekad. Mereka akan membawa nama Seirin menjadi SMA dengan klub basket terbaik di Jepang. Misinya itu tentu bisa dicapai apabila ia bisa mengalahkan satu per satu dari tim “generation of miracles” yang ada.

Demikian daftar anime dengan genre olahraga yang terkeren dan terseru. Apa ada yang menjadi favorit kamu? Atau mungkin ada rekomendasi anime lain? 10 Anime Olahraga Terbaik dan Populer #RD

Loading...
error: