12 Film Barat Terbaik Tentang Olahraga Basket

Selain sepak bola, basket menjadi cabang olahraga lain yang begitu populer. Olahraga asal Amerika Utara ini pun seringkali dimainkan oleh semua kalangan, tua atau pun muda. Entah itu di sekolahan, kampus-kampus, atau dipertandingkan secara profesional.

Bisa dibilang, popularitasnya mulai memuncak dari tahun 90-an. Beberapa pemain basket dunia bahkan menjelma menjadi selebritis. Sebut saja Kareem Abdul Jabbar, Michael Jordan, LeBron James, Kobe Bryant, dsb.

Tak hanya itu, bola basket juga kerap diangkat sebagai tema dari karya film. Apalagi beberapa diantaranya memang diangkat dari kisah nyata atau true story. Lalu film basket apa saja yang terbaik dan paling seru? Jom!

1. Coach Carter (2005)

film inspirasi pendidikan, film tentang guru terbaik, film inspiratif tentang pendidikan, download film inspiratif pendidikan, download film inspirasi pendidikan, film inspirasi tentang pendidikan

via : pinterest.com

Nama SMA Richmond harum karena prestasi ekskul basketnya yang keren. Namun mereka memiliki track record yang buruk terkait prestasi akademik. Sementara itu, Ken Carter menjadi pelatih baru yang menerapkan sistem pelatihan unik, di mana ia ingin agar anak didiknya kelak bisa masuk universitas terkemuka.

Pelatih Carter membuat kontrak yang harus dipatuhi anak-anak. Langkahnya sempat menerima respons negatif, khususnya dari anak didiknya sendiri yang bernama Timo Cruz. Bahkan para orang tua murid juga memberi reaksi serupa. Namun Carter tak menggubrisnya, melainkan terus fokus membuktikan efektivitas cara mengajarnya.

2. Hoosiers (1986)

film basket terbaik sepanjang masa, film bertema basket terbaik, film barat basket terbaik, film bola basket terbaik, 10-12 film tentang basket terbaik

Film arahan David Anspaugh ini menghadiahkan nominasi Oscar dan Academy Awards kepada para pemainnya, Dennis Hopper dan Jerry Goldsmith. Setting waktunya ada di tahun 1951. Karakter utamanya sendiri bernama Norman Dale, seorang guru SMA dan pelatih basket di perkampungan yang ada di selatan Indiana.

Kepala sekolah sekaligus teman lamanya, Cletus Summers, yang merekrutnya. Kesan pertamanya tak begitu mulus. Namun karena kegigihan dan tangan dinginnya, dia berhasil membawa Tim Hickory menuju kejayaan. Mereka bahkan merenggut gelar juara dalam ajang bergengsi Indiana State Championship.

3. White Men Can’t Jump (1992)

film basket terbaik sepanjang masa, film bertema basket terbaik, film barat basket terbaik, film bola basket terbaik, 10-12 film tentang basket terbaik

Seperti yang tertuang dalam judul, film ini menggambarkan sosok Billy Hoyle. Dia adalah lelaki berkulit putih yang merasa tak bisa bermain basket cukup baik karena faktor rasnya itu. Sementara teman kulit hitamnya, Sidney Dean, percaya kalau asal-usulnya memberikan keunggulan alami. Dia memang bertalenta, tetapi juga cukup angkuh. Billy memiliki pacaran bernama Gloria Clemente, dan Sidney sudah menikah dengan Rhonda. Basket, persahabatan, keuangan, gangster, dan percintaan diramu menjadi kisah drama.

Baca Juga :  10 Nama Judul Film Pertarungan Barat Terbaik

4. He Got Game (1998)

film basket terbaik sepanjang masa, film bertema basket terbaik, film barat basket terbaik, film bola basket terbaik, 10-12 film tentang basket terbaik

Jake Shuttleworth adalah seorang narapidana yang hampir berputus asa. Pasalnya dia sudah melakukan kesalahan besar, yakni membunuh istrinya sendiri. Kasus itu menjebloskannya ke dalam bui dalam kurun waktu yang sangat lama. Sampai kemudian datang kesempatan emas yang bisa menipiskan masa tahanan.

Utusan gubernur menyampaikan padanya kalau hukuman dia bisa berkurang, syaratnya yakni dengan membujuk anak Jake sendiri untuk bergabung tim basket sang gubernur. Rupanya sang anak yang bernama Jesus Shuttleworth itu merupakan pemain berbakat yang tengah diincar banyak klub. Tak ayal kalau banyak yang berebut, tetapi Jesus memang sulit didapatkan. Bagi Jake, persyaratan itu tentu tidak mudah. Putranya itu begitu marah dan menaruh dendam padanya. Bagaimana pun, dialah yang menghabisi ibu bagi anaknya sendiri dan menjadi sosok yang membuat kehidupannya menderita.

5. Space Jam (1996)

film tentang basket terbaik, film bertema basketball terbaik, film animasi anime basket terbaik, film bola basket terbaik

Dalam film animasi humoris ini, dikisahkan ada sebuah planet bernama Moron Mountain. Penghuninya adalah para alien yang tengah mengalami kejengahan. Mereka butuh hiburan. Untuk itu, mereka mendatangi Planet Looney Tunes dan melakukan aksi penculikan. Para korbannya harus menjadi penghibur.

Para penghuni Looney Tunes sendiri tak lantas berdiam diri saja. Mereka melakukan perlawanan dengan memberi tantangan, yakni berupa pertandingan basket. Siapa sangka, para alien melakukan kecurangan. Untuk mengimbanginya, para penduduk Looney Tunes meminta pertolongan Michael Jordan.

6. Glory Road (2006)

film tentang basket terbaik, film bertema basketball terbaik, film animasi anime basket terbaik, film bola basket terbaik

via : pinterest.com

Film biografi ini mengangkat kisah tentang Don Haskins, seorang pelatih basket yang sangat populer di masanya. Hal itu berkat sentuhannya ketika melatih sebuah tim basket perempuan. Tim tersebut bahkan sering menggondol gelar juara dalam berbagai turnamen bergengsi. Sampai suatu hari, dia menerima tawaran untuk melatih tim basket putra Texas Western College.

Baca Juga :  Daftar Drama dan Film Korea yang Dibintangi Ahn Jae hyun

Rupanya tim baru yang ia bimbing memang sangat berbeda. Selain hanya terdiri dari lima anggota yang berkulit putih, mereka dan kampusnya juga sangat miskin serta serba kekurangan. Namun Don tak patah semangat, termasuk ketika harus merogoh kocek sendiri demi mendatangkan para pemain tambahan. Namun pada akhirnya, pengorbanan besar itu berbuah manis.

7. Hoop Dreams (1994)

Daftar, Olah raga, recommendation, rekomendasi, Review, sinopsis, Sport, Terbaik, Terbaru

Film dokumenter ini menceritakan tentang dua siswa SMA berkebangsaan Amerika-Afrika. Mereka adalah William Gates dan Arthur Agee. Keduanya bersekolah di Chicago dan memiliki mimpi yang sama, yakni menjadi pemain basket profesional. Meski tumbuh di lingkungan yang miskin, namun mereka tetap berjuang dan saling mendukung.

8. Love & Basketball (2000)

film barat basket terbaik, film bola basket terbaik, 10-12 film tentang basket terbaik

Dari kecil, Monica dam Quincy sudah bercita-cita menjadi pemain basket profesional. Untuk mencapainya, Monica harus berjuang dari nol. Sementara Quincy memang lahir dari seorang pebasket, sehingga ia pun memiliki bakat alami tersendiri. Ceritanya kemudian terbagi menjadi empat sesi. Pada akhirnya mereka memang menikah. Namun proses menuju ending tersebut cukup dramatis dan emosional.

9. Blue Chips (1994)

film bertema basket terbaik, film barat basket terbaik, film bola basket terbaik, 10-12 film tentang basket terbaik

Film selanjutnya juga menuangkan kisah seorang pelatih basket, tepatnya yang setingkat kuliahan. Namanya adalah Pete Bell. Namun Blue Chips menghadirkan pemain basket real-life alias sungguhan, yakni  Shaquille O’Neal dan Anfernee “Penny” Hardaway. Mereka juga kedatangan berbagai nama dan wajah yang sudah tak asing dunia bola basket sebagai cameo-nya. Sebut saja Bob Knight, Larry Bird, Rick Pitino, dsb. Dalam film ini, Pete Bell menjadi potret pelatih yang memiliki banyak tekanan. Tim di bawah asuhannya kalah, dia tidak bisa merekrut pemain baru, dan ternyata ada permainan kotor berupa penyuapan. Namun Pete tetap pada pendiriannya.

10. Above the Rim (1994)

Baca Juga :  Film Persahabatan Manusia dan Harimau

film bertema bola basket terbaik, judul film bola basket, film bola basket

Kyle Watson adalah seorang siswa SMA yang sebentar lagi akan lulus, dan tengah menunggu kepastian beasiswa dari Universitas Georgetown. Dia juga merupakan atlet bola basket yang bertalenta dan memiliki masa depan gemilang. Remaja itu memiliki urusan yang cukup kompleks dengan Birdie, seseorang yang mengoperasikan obat-obatan terlarang. Dia juga berurusan dengan Shep, semacam satpam di sekolahnya dan ternyata merupakan mantan atlet basket yang andal juga. Namun Kyle kurang menyukainya lantaran dia menjadi lelaki yang ditaksir ibunya sendiri. Tetapi ternyata Shep malah terpilih untuk melatih tim basketnya, menggantikan pelatih lama yang merasa ingin segera pensiun. Kyle juga kemudian tahu kalau shep adalah kakak dari Birdie.

11. Like Mike (2002)

film bola basket terbaik, film tentang bola basket anak-anak, film bertema bola basket terbaik, judul film bola basket, film bola basket

Calvin Cambridge adalah anak yang tumbuh besar di sebuah panti asuhan. Di tempat itu, dia sekamar dan bersahabat dengan Murg dan Reg Stevans. Di balik persahabatan indah itu, mereka harus menahan diri untuk tinggal di tempat yang buruk. Pasalnya, pengelola panti kerap kali mengeksploitasi anak-anak demi kepentingan uang.

Ketiganya pun mendapat tugas untuk berjualan cokelat di tengah keramaian sebuah arena olahraga basket. Kebetulan Calvin sendiri memang memiliki minat di cabang olahraga itu. Sementara pemain favoritnya adalah Mike Jordan.

12. Semi-Pro (2008)

film tentang basket terbaik, film bertema basketball terbaik, film animasi anime basket terbaik, film bola basket terbaik

Kota Flint Michigan memiliki tim basket yang diberi nama Flint Tropics. Klub itu dimiliki dan dilatih sendiri oleh Jackie Moon, sosok yang eksentrik dan kerap menghadirkan permainan yang entertaining. Tak ayal kalau penampilan mereka seperti bertujuan untuk menghibur penonton, bukan memenangkan pertandingan. Peringkat paling bawah pun seperti tak diacuhkan oleh Jackie Moon. Sampai kemudian, sebuah turnamen yang memberikan kesempatan untuk berkompetisi di level NBA mengubah pemikirannya. Sebagai langkah awal, dia mendatangkan Ed Monix, seorang mantan cadangan pemain NBA yang dia tukar dengan mesin cuci.

Baiklah, sudah siap terinspirasi dengan film-film bertema basket di atas? Demikian, 12 Film Barat Terbaik Tentang Olahraga Basket. #RD

Loading...
error: