12 Landmark Terkenal di Dunia - ngasih.com

12 Landmark Terkenal di Dunia

Di setiap negara, biasanya ada bangunan yang menjadi landmark atau ciri khas mereka yang menjadi ikon dan memiliki unsur historisnya. Landmark tersebut kemudian menjadi simbol yang tak bisa terpisahkan. Wilayah di mana monumen itu berada juga biasanya akan menjadi magnet bagi para pendatang.

Di Indonesia sendiri, khususnya di ibu kota, kita mengenal Monumen Nasional atau Monas. Monumen tersebut menjadi situs bersejarah yang terus mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan. Lebih lagi bangunannya memang mulai dibuat pada momen historis, yakni pada 17 Agustus 1961.

Sementara itu, berikut ini top 12 landmark dunia yang paling populer dan sering dikunjungi para wisatawan. Jom!

1. Patung Liberty

landmark negara amerika, landmark of america, landmark amerika serikat, landmark di benua amerika

Dari sekian lambang negara AS, patung Liberty memang kerap mendapat tempat istimewa. Patung raksasa ini terletak di Pulau Liberty, tepatnya di area muara Sungai Hudson. Adalah Prancis, negara yang sudah menghadiahkan patung ini khusus untuk Amerika. Mereka kemudian meresmikannya pada 28 Oktober 1886.

Barulah pada tahun 1984, patung ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Sementara pemahat utamanya yaitu  Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel. Selain melambangkan kemerdekaan AS, patung ini juga menjadi ungkapan selamat datang bagi para imigran, pengunjung, atau warga Amerika yang pulang dari bepergian.

2. Menara Eiffel

landmark in france, landmark aviation france, gustave eiffel

via : pinterest.com

Meski tidak menjadi menara tertinggi, namun bisa dibilang, Eiffel adalah menara paling populer di dunia. Tak ayal kalau menara ini sempat menjadi monumen berbayar yang paling laris dikunjungi. Kalau bepergian ke Paris (Prancis), tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi menara yang ada di tepian Sungai Seine ini.

Namanya sendiri diambil dari sang perancang, Gustave Eiffel, yang juga ikut menyumbangkan idenya ketika membangun Patung Liberty. Timnya mulai membangun sekitar tahun 1887 dan 1889. Dan sampai sekarang, menara ini terus mendapat perawatan intensif dari pihak terkait.

Baca Juga :  10 Contoh Keajaiban Alam di Indonesia dengan Keindahan yang Telah Diakui Dunia

3. Big Ben

big ben aphrodite, big ben adalah, big ben berada di negara, big ben clock tower history, big ben di inggris

Seperti halnya Eiffel, Big Ben juga merupakan menara yang menyita perhatian. Nama resminya sih Elizabeth Tower, namun publik sudah lama mengenalnya sebagai Big Ben. Sebutan ini sendiri datang dari lonceng yang ada di dalam menara. Bangunan yang begitu khas dengan jam raksasanya ini mulai didirikan pada tahun 1858. Itu artinya, situs yang terletak di Istana Westminster ini sudah berusia lebih dari 158 tahun.

4. Menara Pisa

menara pisa ada di, menara miring pisa adalah, menara pisa termasuk keseimbangan apa, artikel menara pisa, alasan menara pisa miring

via : pinterest.com

Menara lonceng katedral ini sangat populer karena bentuknya yang unik. Tak seperti menara pada umumnya, Pisa justru berdiri tidak tegak alias miring. Meski demikian, menara yang terletak di Kota Pisa ini kemudian menjadi magnet wisata yang sangat besar. Bangunannya juga sudah tercatat dalam situs warisan dunia UNESCO.

5. Koloseum

koloseum architektura, afera colosseum, koloseum amfiteatr, koloseum rzymska arena A mierci, koloseum po angielsku

Landmark selanjutnya terletak di Roma, Italia. Bangunannya sendiri berbentuk arena atau tempat pertarungan gladiator dan pertunjukan spektakuler lain yang berbentuk elips. Entah itu berupa pertarungan antar binatang, tahanan dengan binatang, atau juga menjadi spot untuk eksekusi tahanan. Rekonstruksi bangunannya sendiri sudah dimulai pada tahun 72M, tepat ketika Raja Alfero berkuasa. Namun arena ini baru selesai di bawah kepemimpinan Titus di tahun 80M. Ukurannya begitu besar, sebab dirancang sampai bisa menampung 50.000 penonton.

6. Empire State Building

chrysler building, empire state building construction, pengertian state building, empire state building history, gedung empire state yasuo matsui, sejarah empire state building, arti empire state, empire state chris potamitis

Gedung pencakar langit ini terdiri dari 102 lantai. Tingginya mencapai 381 meter. Jika digabung dengan menara antena, maka tingginya bertambah menjadi 443,2 meter. Bukan yang paling tinggi, namun gedung ini begitu kesohor. Bangunan yang terletak di Midtown Manhattan (New York) ini juga dirancang dengan Art Deco style. Tak heran kalau gedung Empire State dipandang sebagai ikon budaya AS.

Baca Juga :  7 Wisata Alam yang Ada di Brebes Jawa Tengah

7. Hollywood Sign

hollywood adalah, bukit hollywood gresik, sejarah hollywood, apa itu hollyweed, hollyweed sign, hollywood sign vandalism, hollywood hills, hollywood artis

Markah tanah yang semula bertuliskan Hollywoodland ini menjadi ikon AS lain yang sangat populer. Letaknya ada di kawasan Lembah Hollywood, Pegunungan Santa Monica. Tulisan “Hollywood”-nya sendiri tampak menggunakan huruf kapital berwarna putih dengan tinggi 14 meter dan lebar sekitar 110 meter.

Walau tampak sederhana, namun markah ini kerap membetot perhatian. Baik dari industri hiburan, berbagai parodi, atau pun dari aktivitas vandalisme yang terkadang meresahkan. Untuk itu, pihak Hollywood Sign Trust kemudian memberikan upaya perlindungan yang maksimal.

8. Jembatan Golden Gate

misteri jembatan golden gate, golden gate indonesia, sejarah golden gate, golden gate yerusalem, golden gate israel, golden gate sidoarjo, golden gate movie, golden gate san francisco

Jembatan gantung yang terkenal ini terbentang di sepanjang Golden Gate. Panjangnya sekitar 2.727 meter, dengan tinggi 230 meter di atas permukaan air. Orang-orang penting di balik kehadiran jembatan ini antara lain Joseph Strauss sebagai penanggung-jawab teknisi, Irving Morrow sebagai arsitek, Leon Moisseiff sebagai desainer, serta Charles Alton Ellis sebagai teknisinya. Jembatan ini menjadi media yang menghubungkan San Fransisco dengan Distrik Marin.

9. London Eye/ Mata London/ Millenium Wheel

harga tiket london eye, menara london, london eye fakta, london eye entrada prioritaria 16 september, london eye tumblr, london eye at night, deskripsi london eye, london eye facts

Sampai sekarang, London Eye yang berukuran 135 meter masih memegang rekor sebagai roda pengamatan terbesar. Karya yang berlokasi di atas Sungai Thames ini merupakan hasil rancangan dari arsitek David Marks dan Julia Barfield. Karya mereka kemudian mulai beroperasi pada 31 Desember 1999. Dengan kecepatan sekitar 0,26 meter per detiknya, mereka bisa membawa penumpang selama sekitar setengah jam untuk satu kali kelilingnya.

10. Piramida Agung Giza

piramida giza mesir, piramida giza ternyata bukan dibangun, isi piramida giza, piramida giza menurut islam, ukuran piramida mesir, piramida agung giza, isi piramida mesir, letak piramida mesir

Satu dari tujuh keajaiban dunia ini merupakan piramida terbesar dan paling tua yang ada di Nekropolis, Giza. Pembangunannya diperkirakan berlangsung pada tahun 2560-an SM, dan memakan waktu sampai lebih dari 20 tahun. Berdasarkan dari ceritanya masyarakatnya, piramida ini sengaja dibangun khusus untuk makam Firaun.

Baca Juga :  10 Tempat Terbaik untuk Melihat Pemandangan Sunset Terindah di Indonesia

11. Taj Mahal

sejarah taj mahal, keajaiban dunia islam terbaru terkini, taj mahal jodha akbar, taj mahal kisah cinta abadi, cerita taj mahal, taj mahal masjid, cinta di langit taj mahal, sejarah pembuatan taj mahal

Monumen fenomenal selanjutnya terletak di Agra, India. Namanya sendiri diambil dari sebutan bagi istri Kaisar Mughal  Shāh Jahān, Mumtaz Mahal alias Mumtaz Ul Zamani alias Arjumand Banu Begum. Sang Kaisar sengaja membangunnya sebagai rasa cinta dan penghormatan bagi istri ketiganya itu. Pasalnya beliau wafat ketika melahirkan putri mereka yang bernama Gauhara Begum. Bangunan ini sendiri menjadi karya murni dari arsitektur Mughal. Pada tahun 1983, situs warisan dunia UNESCO kemudian menerima Taj Mahal sebagai bagian dari daftar mereka.

12. The Great Wall of China/ Tembok Besar Tiongkok

tembok cina zulkarnain, panjang tembok cina, tembok cina raksasa, chinese for great, 10 keajaiban Tembok di dunia, asal usul tembok cina, great wall of china facts, great wall of china history

Tembok yang sangat populer ini merupakan bangunan paling panjang yang pernah dibuat manusia, yakni sepanjang 8.851 km. Konstruksinya sudah dijalankan dari era Dinasti Ming. Tujuan pembuatannya yakni sebagai benteng pertahanan, penanda perbatasan, batas kepemilikan tanah, dan juga jalur komunikasi. Mengingat kerennya situs ini, tak heran kalau tembok besar Tiongkok masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Bangunan ini bahkan sudah masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1987.

Pasti akan sangat menyenangkan sekali jika kita berkesempatan mengunjungi aneka landmark ternama di dunia, ya? Demikian, 12 Landmark atau Monumen Terkenal di Dunia. #RD

Loading...