12 Tips dan Cara agar Melahirkan Normal

ngasih.com. Melahirkan menjadi salah-satu momen yang tak akan terlupakan bagi para perempuan. Kita begitu menunggu waktu, di mana janin yang sudah dikandung sekian lama akan ke luar menyapa dunia. Hal tersebut semakin paripurna manakala proses kelahirannya berjalan dengan normal.

Sebagian besar bumil aka ibu hamil memang mendambakan persalinan yang normal dan lancar. Tak peduli sang calon ibu baru hamil anak pertama atau yang ke sekian kalinya.  Nah, berikut ini 10 tips atau trik agar proses persalinannya berjalan dengan normal. Jom!

1. Makanan Sehat

tips melahirkan normal tanpa sakit, tips melahirkan normal tanpa jahitan, tips melahirkan normal setelah caesar, tips melahirkan normal pasca caesar

Selama hamil, menjalani persalinan, sampai dengan melahirkan, diet atau pengaturan makanan memiliki peranan yang sangat besar. Sebisa mungkin kita selektif memilih makanan. Konsumsi makanan yang sehat dan membuat kita lebih kuat. Kebiasaan ini juga sangat mendukung pertumbuhan bayi di dalam rahim. Dia juga akan mudah memposisikan diri, untuk kemudian membantu melancarkan persalinan. Kita juga harus memerhatikan berat badan. Yang bobotnya berlebih bisa menghambat persalinan normal. Untuk itu, demi kesehatan ibu dan bayi, ada baiknya orang-orang di sekitar pun memerhatikan pola makan sang calon ibu.

2. Jangan Sampai Dehidrasi!

Persalinan itu menjadi tugas berat nan melelahkan. Butuh energi lebih untuk menjalaninya. Seperti halnya orang-orang yang berolahraga atau mendaki gunung. Mereka memerlukan energi yang lebih prima. Salah-satu cara vitalnya yaitu dengan menjaga suplai air dalam tubuh. Hal tersebut berlaku juga bagi para ibu hamil. Keadaan yang hidrasi bisa memulihkan atau menstabilkan energi selama proses persalinannya berlangsung. Jika bisa meminta saran dokter jika ingin meminum cairan tambahan.

Baca Juga :  “10 Hidangan” Masakan Nasi Khas Indonesia yang Enak dan Populer

Baca Juga : 11 Film Terbaik Bertema Kehamilan dan Bayi

3. Olahraga Secara Teratur

Meski olahraga itu bukan hobi atau kebiasaan, namun selama masa kehamilan, kita harus mulai membiasakannya. Banyak bukti yang menunjukkan kalau olahraga memang membantu melancarkan proses kelahiran secara normal. Olahraga tersebut tak perlu yang rumit atau berat. Misalnya saja jalan-jalan, kegel, yoga, dsb. Kalau perlu, kita juga bisa meminta bimbingan pelatih atau bergabung dengan kelas prenatal agar gerakannya tetap ada di jalur yang benar. Sebab gerakan yang salah itu bisa berisiko pada ibu dan bayinya.

4. Meperdalam Pengetahuan Tentang Persalinan

Tak ada salahnya untuk memanfaatkan kuota internet dengan browsing seputar persalinan dan proses melahirkan. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Hal tersebut bisa menjadi modal tersendiri, sehingga kita bisa lebih siap ketika memasuki ruang persalinan.

5. Latihan Pernapasan

melahirkan normal, tips melahirkan normal, tanda-tanda melahirkan normal, tanda akan melahirkan normal, tips agar melahirkan normal

Teknik pernapasan yang baik dan benar memang sangat bermanfaat. Hal tersebut bisa mengurangi stress, membantu tumbuh-kembangnya bayi, serta meningkatkan energi. Pernapasan yang ideal akan meningkatkan asupan oksigen, sehingga vitalitas dan kesehatannya semakin baik saja. Sehingga ketika proses persalinan berlangsung, bayi dan ibu bisa bekerja sama dengan baik.

6. Minta Bantuan Doula Berpengalaman

Bisa dibilang, doula adalah orang dari luar medis yang membantu ibu hamil, baik pra atau pun pasca kelahiran. Apalagi ketika nanti proses persalinan. Yang sudah berpengalaman tentu tahu bagaimana caranya membantu, menyemangati, atau menenangkan calon ibu. Akan merepotkan kalau yang menemani sang calon ibu malah sosok yang parno.

7. Lingkungannya Supportif

Baca Juga :  10 Potongan Rambut atau Hairstyle Wanita Terbaik Sepanjang Masa

Dukungan dari pasangan, keluarga, tetangga, teman, dll, itu sangat penting. Khususnya dari ayah si bayi. Calon ibu bisa termotivasi, lebih tenang, dan merasa stressnya berkurang ketika harus diberi amanah untuk mengandung buah hati. Hal tersebut tentu memiliki dampak positif ketika proses persalinan berlangsung.

8. Bebas Stress

Stress menjadi salah-satu ancaman tersendiri di masa kehamilan. Begitu juga ketika proses melahirkannya. Sebisa mungkin ibu tetap tenang dan tak depresi menghadapi situasi. Bagaimana pun, stress bisa mengikis produksi hormon oksitosin. Padahal hormon tersebutlah yang bisa mendatangkan kontraksi selama persalinan berlangsung. Jika hormon ini terganggu, harapan untuk melahirkan secara normal bisa buyar. Untuk itu, ibu bisa diarahkan untuk berdoa atau berdzikir agar hatinya damai. Bisa juga dengan cara mendengar musik atau menyaksikan tayangan lucu, yang bisa mengendorkan rasa tegang dan menciptakan aura bahagianya.

9. Menggunakan Air

tips cara melahirkan normal dengan mudah, tips cara melahirkan normal dan mudah, tips cara melahirkan normal tanpa jahitan, tips untuk melahirkan normal dengan lancar, tips proses melahirkan normal

Yang selanjutnya mirip dengan hydrotherapy. Tetapi poin ini tidak direkomendasikan bagi ibu hamil yang air ketubannya sudah pecah. Hal ini dikarenakan ketakutan akan infeksi yang kemungkinan terjadi. Sementara itu, air bisa membantu kita untuk merasa lebih nyaman dan lebih bisa mengendalikan diri. Rasa sakit akan berkurang, dan otot-otot pun terasa lebih rileks. Ibu juga bisa mandi air hangat dan bersantai.

Baca Juga :  10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Kopi

Baca JugaFakta dan Mitos Seputar Kehamilan

10. Teratur Menjalani Pijat Perineal

Di usia kehamilan yang ke-7 bulan lebih, alangkah lebih baiknya kalau ibu mulai menjalani pijat perineum. Bagian tubuh ini ada di antara area anus dan vulva atau scrotum. Cara ini diharapkan bisa membuat ibu lebih siap untuk menghadapi persalinan, menjaga agar tak terlalu stress, serta mengurangi ketegangan di otot sendi. Tetapi tak perlu dipaksakan kalau memang ragu atau takut berisiko terhadap kesehatan kehamilan. Atau, kita juga bisa meminta bantuan pasangan yang memang sudah paham bagaimana prosedurnya.

11. Hindari Berdiri Terlalu Lama

melahirkan normal setelah caesar 5 tahun, melahirkan normal setelah caesar, melahirkan normal tanpa rasa sakit, melahirkan normal youtube, melahirkan normal kembar

Khusus dalam tahap akhir masa kehamilan, sebisa mungkin kita tidak lama-lama berdiri. Di saat-saat itu, ada tarikan gravitasi, di mana bayi bisa bergerak ke bagian bawah panggul. Jika posisinya demikian, tentu hal tersebut bisa jadi hambatan serius selama persalinan.

12. Konsumsi Makanan Spice

Tips lain yaitu memakan makanan spice atau yang kaya akan rempah. Asupan makanan itu bisa menghangatkan sistem dan membantu melancarkan proses persalinan yang normal. Kecuali kalau ibu tersebut mengalami mual atau mulas.

Sebenarnya masih banyak tips lain agar ibu hamil bisa melahirkan secara normal. Termasuk juga dengan memilih posisi yang sekiranya nyaman. Baik itu berbaring, duduk, memiringkan badan, dsb. Nah, tetap semangat menjaga kesehatan ibu dan anak, ya. Semoga selamat. 12 Tips Supaya Melahirkan Normal (dari berbagai sumber)#RD

Loading...
error: