Wow! Inilah 12 Wanita Paling Berkuasa dan Berpengaruh di Dunia

Wanita paling powerful atau terkuat di sini bukan tentang fisik. Lebih dari itu. Para wanita dalam daftar ini memang terkemuka dan memiliki pengaruh kuat terhadap dunia.

Perempuan yang sangat powerful bisa berasal dari berbagai kalangan. Ada para politikus perempuan, orang penting dalam perusahaan raksasa, pengusaha, penulis, penyanyi, komedian, atau selebritis lainnya.

Di zaman kekinian seperti sekarang, diskriminasi pada perempuan sudah sangat menipis. Bahkan orang-orang terus berjuang untuk menghapuskannya. Kita memang tak bisa menghindari keraguan publik, apakah bisa seorang perempuan menjadi perdana  menteri? apakah penulis perempuan bisa menyajikan karya yang berkualitas? apakah para komedian perempuan itu bisa melucu? Dsb.

Tetapi semua keraguan tersebut semakin luntur dengan hadirnya perempuan-perempuan keren, yang bergerak dan berprestasi di bidangnya masing-masing. Berikut ini hanya 12 dari banyaknya perempuan yang sudah membuka persepsi dunia. Siapa saja mereka? Jom!

1. Marillyn Hewson

wanita paling berpengaruh di dunia, wanita paling kuat di dunia, wanita paling berpengaruh di dunia 2017-2018, wanita paling berpengaruh di dunia 2018-2019, wanita paling berpengaruh berkuasa didunia

via : pinterest.com

Bukan hal mengejutkan kalau perempuan kelahiran tahun 1954 ini masuk dalam list atas. Di tahun 2015 saja, Forbes memasukkannya dalam daftar wanita paling kuat di dunia. Marillyn A. Hewson sendiri adalah CEO atau pejabat eksekutif tertinggi di Lockheed Martin. Perusahaan yang dibawahinya bergerak dalam bidang kedirgantaraan, teknologi, pertahanan, dan keamanan yang bersifat global.

2. Ellen J. Kullman

wanita paling berkuasa di dunia, wanita paling berkuasa di luar negeri, wanita paling berkuasa didunia, 10 wanita paling berkuasa di dunia, 100 wanita paling berkuasa di dunia

via : pinterest.com

Ellen J. Kullman adalah perempuan hebat yang lahir pada 22 Januari 1956. Dia sudah menjadi mantan CEO DuPont. Keputusannya untuk pensiun tentu tak lepas dari posisi pentingnya sekarang, yakni sebagai business executive Amerika Serikat. Sepak terjangnya tentu tak lepas dari perhatian publik, termasuk juga Forbes, yang kemudian mencatat namanya sebagai salah-satu wanita paling powerful di dunia.

3. Safra A. Catz

pengusaha wanita sukses di dunia, nama wanita sukses di dunia, kisah wanita sukses di dunia, wanita paling sukses di dunia, tokoh wanita sukses di dunia

Safra Catz adalah perempuan berdarah Israel yang meniti karier di dunia bisnis. Tepat pada tahun 1999, dia bergabung dengan Perusahaan Oracle. Dedikasinya kemudian membawa Safra ke puncak jabatan di tahun 2014, yakni sebagai CEO baru Oracle menggantikan Larry Ellison. Tak heran kalau Majalah Fortune dan Forbes sempat menjulukinya sebagai salah-satu perempuan powerful dalam bidang bisnis.

4. Renée J. James

pengusaha wanita sukses di dunia, nama wanita sukses di dunia, kisah wanita sukses di dunia, wanita paling sukses di dunia, tokoh wanita sukses di dunia

Nama Renée J. James sangat erat kaitanya dengan Intel. Dia memang merupakan mantan Presiden Intel. Namun kini dia sudah sibuk dengan aktivitasnya sebagai Operating Executive bidang media dan teknologi di The Carlyle Group. Selain itu, dia juga menjabat wakil ketua dalam Komite Penasehat Keamanan Telekomunikasi Nasional AS. Media ternama seperti Fortune, Forbes, dan Working Mother Magazine menamainya sebagai satu dari sekian perempuan paling powerful di dunia.

5. Ewa Kopacz

wanita berpengaruh di dunia sepanjang masa, wanita berpengaruh di dunia 2017-2018, wanita berpengaruh di dunia 2019-2020

Ewa Kopacz meninggalkan dunia kedokteran umum dan anak profesional, untuk kemudian fokus pada ranah politik. Dia adalah mantan Menteri Kesehatan dan Perdana Menteri Polandia, namun kini masih aktif sebagai politikus. Namanya bahkan dianggap sebagai salah-satu pimpinan dari Uni Eropa. Di tahun 2015, sosok Ewa Kopacz muncul dalam Majalah Forbes sebagai salah-satu perempuan terkuat.

6. Ginni Rometty

wanita berpengaruh di dunia 2017-2018, wanita berpengaruh di dunia 2019-2020, wanita berpengaruh di dunia sepanjang masa

Virginia M. Rometty memecahkan rekor di International Business Machines Corporation (IBM). Dia berhasil menjadi perempuan pertama yang bertahta sebagai CEO atau pimpinan perusahaan raksasa tersebut. Posisi puncak tersebut dia raih setelah mengabdi dari tahun 1981. Kini namanya pun selalu hadir dalam tiap daftar businesswoman paling kaya, kuat, atau berpengaruh.

7. Margaret Thatcher

wanita berpengaruh di dunia 2017-2018, wanita berpengaruh di dunia 2019-2020, wanita berpengaruh di dunia sepanjang masa

Sosoknya memang sudah tiada, namun orang-orang Britania raya pasti tak akan lupa bagaimana sepak terjang dan pengaruhnya. Dia merupakan mantan perdana menteri yang berkuasa dengan periode waktu dari tahun 1979-1990, masa jabatan yang disebut paling panjang di abad ke-20. Namanya begitu populer. Kebijakan-kebijakannya juga begitu khas. Gelar sebagai bangsawan seumur hidup serta perempuan powerfulpun tersemat dalam dirinya.

8. Sherry Lansing

wanita paling kuat di dunia, wanita paling berpengaruh di dunia 2017-2018, wanita paling berpengaruh di dunia 2018-2019, wanita paling berpengaruh berkuasa didunia

Perempuan kuat berikutnya merupakan mantan aktris Amerika, serta pernah menjadi pejabat eksekutif di sebuah film studio. Namanya semakin harum ketika dipercaya menduduki posisi CEO bagi Paramount Pictures dan presiden bagi 20th Century Fox. Itu artinya, Sherry menjadi perempuan perdana yang bisa mengepalai studio film sementereng Hollywood. Ladies’ Home Journal dan The Hollywood Reporter menjadikan dia sebagai salah-satu kaum hawa yang begitu berkuasa.

9. J.K. Rowling

nama wanita sukses di dunia, kisah wanita sukses di dunia, wanita paling sukses di dunia, tokoh wanita sukses di dunia

Joanne “Jo” Rowling atau yang akrab disebut sebagai J. K. Rowling menjadi salah-satu novelis perempuan yang paling kuat pengaruhnya. Namanya langsung tenar, mengikuti ketenaran dari karya fenomenalnya, yakni seri Harry Potter. Perhatian dunia terhadap buah tangannya tidaklah main-main. Harry Potter terjual sebanyak 400 juta kopi, dan sudah mendapat aneka penghargaan bergengsi. Novel fantasi itu juga meraih kesuksesan besar setelah diangkat ke layar lebar. Majalah Time pun sempat menunjuknya sebagai Person of the Year. Selain memberi pengaruh dari segi literasi, dia juga aktif memberikan inspirasi dari segi politik, sosial, dan moral.

10. Angela Merkel

angela merkel joachim sauer, angela merkel ulrich merkel, angela merkel biography, angela merkel the 31st singapore lecture singapore lecture 2 june 2011, angela merkel muda, angela merkel quotes, anak angela merkel

via : pinterest.com

Angela Merkel memilih terjun ke dunia politik setelah dia kenyang menjadi ilmuwan atau peneliti. Sejak tahun 2005 sampai sekarang, dia masih menjabat sebagai Kanselir Jerman. Dia juga masih menjadi ketua parpol Christlich Demokratische Union Deutschlands atau CDU. Kedua jabatan prestisius itu baru dipegang pertama kali oleh seorang perempuan. Eksistensinya yang sangat penting itu membuat Merkel dipandang sebagai pimpinan de facto dari Uni Eropa. Forbes sampai memilihnya sebagai tokoh paling berkuasa. sementara Majalah Time menjadikannya sebagai Person of the Year.

11. Elizabeth II

elizabeth bowes-lyon, elizabeth ii cucu, pangeran philip, george vi, margaret dari snowdon, queen elizabeth 2, wangsa windsor, queen elizabeth dead

Ini dia perempuan yang paling berkuasa di tanah Britania Raya. Usianya sudah mencapai 90 tahunan, namun dia masih sanggup menjadi ratu monarki konstitusional untuk berbagai negara berdaulat dan negara-negara persemakmuran. Di luar dari segala kritik dan kecaman yang ditujukan padanya serta keluarga, namun perempuan ini sudah kenyang akan momen-momen sedih dalam hidupnya. Dukungan dan popularitasnya masih tetap terjaga.

12. Catherine “Duchess of Cambridge”/ Kate Middleton

kate middleton daily mail, kate middleton wiki, kate middleton style, kate middleton instagram, pippa middleton, kate middleton diet, carole middleton

Istri dari Pangeran William ini memang sudah membetot perhatian sejak mereka menikah, dan prosesi pernikahannya bahkan sampai disiarkan media berita. Pasca pernikahan, Kate unjuk gigi bahwa ia tak hanya mengandalkan rupa jelita semata, melainkan juga dibarengi dengan skill dan attitude istimewa. Dia memang bukan aktris film, namun popularitas dan style-nya tak jauh dari kalangan entertainer, bahkan Kate dikenal sebagai ikon fashion, sehingga selalu masuk dalam berbagai list terkait busana. Namanya pun terdapat dalam 100 orang berpengaruh versi Majalah Time.

Masing-masing makhluk Tuhan memiliki kodratnya sendiri. Tetapi kita tak bisa mendiskriminasi peran serta para perempuan. Kaum hawa juga memiliki hak yang setara untuk berkarier, unjuk kemampuan, memegang kekuasaan, dsb.

Demikian, 12 Wanita Paling Powerful, Berkuasa, dan Berpengaruh di Dunia. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *