13 Bintang JPOP Paling Kaya Raya, Sukses dan Popular

Selain Kpop, Jpop pun sudah begitu popular di dunia. Jpop sendiri merupakan genre musik Jepang yang cukup mainstream dari tahun 90-an. Bisa dikatakan, genre ini menjadi akar dari musik tradisional Jepang serta kolaborasi dari pop-rock tahun 1960-an. Di tahun 1970, gaya musik mereka lebih ke elektronik-synthpop. Namun semakin hari, style hybridnya lebih kentara. Semakin popular industri mereka, para entertainer Jpop-nya pun semakin naik pamornya. Apalagi mereka memang tidak hanya mengandalkan satu sektor. Para pesohor itu melebarkan sayap ke ranah karier fashion, modelling dan bintang iklan atau endorser. Mereka memang belum menyeberang ke luar negeri, namun pendapatannya masih terbilang besar.

Di Amerika, kita sudah mengenal Billboard sebagai tolok ukur tangga lagu yang begitu terkenal dan prestisius. Sementara di Jepang sendiri, ada yang namanya Oricon Inc. Dalam list ini, nama-nama yang tercantum sudah memiliki poin sendiri di top chart-nya. Semakin di puncak, peluang untuk memeroleh pendapatan bengkak pun semakin merangkak. Seperti daftar entertainer berikut ini, misalnya. Honor dan penghasilan mereka begitu tinggi. Nah siapa saja mereka? Jom!

15. Masahiro Nakai

penyanyi jepang pria terbaik, penyanyi jepang pria terpopuler, penyanyi jepang pria
Lelaki ini merupakan leader dari band Jepang bernama SMAP. Boy group tersebut menjadi salah-satu yang paling popular. Mereka juga termasuk dalam daftar 10 band Jepang dengan penjualan paling laris sepanjang masa. Penjualan single dan albumnya meraih titik 33,73 juta unit. Selain bersama grup musiknya, dia juga menjadi host dari Utaban. Variety show itu serinya sangat panjang, dari tahun 1996 sampai dengan tahun 2010.

Dulu di tahun 1987, Masahiro Nakai yang masih berusia 14 tahun sudah bergabung dengan agensi talent “Johnny & Associates”. Waktu ada dua orang yang diberi keistimewaan untuk melintasi masa audisi dan langsung masuk menjadi trainee. Salah-satu diantara mereka adalah Masahiro Nakai sendiri. Di tahun 2003, dia sudah menjadi host di lebih dari 10 program. Tiap episodenya, dia bisa meraup honor sebesar 3-4 juta yen atau sekitar $24-$33 ribu. Karena jobnya banyak, penghasilannya pun otomatis ikut naik. Masih di tahun yang sama, Japanese National Tax Bureau menjadikannya sebagai entertainer dengan pembayaran pajak tertinggi. Perkiraan pendapatannya mencapai $10 juta. Jika dikonversikan menjadi rupiah (Rp.13.500), maka hasilnya bisa mencapai 135 milyar rupiah.

14. Momoiro Clover Z

artis jepang terkenal saat ini, artis jepang terkeren, artis jepang terkawaii, artis jepang tercantik, artis jepang 2013-2015-2020
Momoiro Clover Z sering juga dijuluki sebagai Momoclo. Mereka terbentuk pada tahun 2008 dengan 8 member. Dulu mereka tidak membubuhkan huruf “Z” di belakang namanya. Slogan mereka yang cukup dikenal fans yaitu “idola yang bisa kamu temui saat ini juga”. Maknanya, mereka siap-sedia menjadi grup musik yang menghibur dan menularkan suasana bahagian bagi para penggemarnya. Barulah di tahun 2011, mereka mengubah imej grup dengan menambahkan huruf “Z” di belakang namanya.

Pada waktu itu, mereka sudah naik daun meski pun masih termasuk pendatang. Ketika diadakan survey di tahun 2013-2014, girlband ini menjadi yang paling popular. Orang-orang memang terkesan dengan tampang innocent, kecantikan dan performanya yang cukup lincah. Mereka memadukan gymnastics, balet dan akting. Di tahun 2013, mereka menempati posisi ke-4 sebagai musisi dengan penjualan paling laris di Jepang. Pendapatan kotornya mencapai 5,3 milyar yen atau setara dengan $43.4 juta atau sekitar 585 milyar rupiah.

13. B’z

penyanyi jepang pria terbaik, penyanyi jepang pria terpopuler, penyanyi jepang pria
B’z atau Biizu merupakan grup duo Jepang dengan genre rock. Mereka terdiri dari Takahiro “Tak” Matsumoto. Dia merupakan pemain gitar, komposer sekaligus produsernya. Lalu ada Koshi Inaba yang menjadi vokalis dan penulis liriknya. B’z menjadi band ‘best seller’ di Jepang sepanjang masa. Mereka bahkan merebut julukan itu di kancah dunia. Penjualannya lebih dari $80 juta. Kerennya, duo ini menjadi band Asia pertama yang membubuhkan tanda-tangannya di Rockwalk Hollywood. Di tahun 2011 yang lalu, diadakan polling tentang gitaris terbaik yang bisa mewakili Jepang. Hasilnya, mayoritas para voter memberi suaranya pada Tak Matsumoto. Sekarang keduanya sudah memiliki karier solo yang sama-sama sukses. Di tahun 2013 saja, penghasilannya menyentuh angka $44,5 juta atau sekitar 600 milyar rupiah.

Baca Juga :  7 Pekerjaan Aneh Selebritis Dunia Sebelum Mereka Terkenal

12. Ikimono-gakari

artis jepang terkenal saat ini, artis jepang terkeren, artis jepang terkawaii, artis jepang tercantik, artis jepang 2013-2015-2020
Awalnya grup trio ini merupakan grup duo yang dibentuk di tahun 1999. Mereka terdiri dari Hotaka Yamashita sebagai pemain harmonika dan gitar. Dia berduet dengan Yoshiki Mizuno sebagai gitaris dan leadernya. Keduanya kemudian bergabung bersama Kiyoe Yoshioka, yang menjadi vokalis grup. Nama Ikimono sendiri diambil dari istilah sekelompok anak-anak yang bertugas mencari hewan dan tumbuhan di sekolah dasar Jepang.

Single pertama mereka muncul di tahun 2006, di bawah label Epic Records Jepang, yang tak lain merupakan lini dari Sony Music. Beberapa track dalam album-album mereka sukses menduduki peringkat 1 di tangga lagu mingguan Oricon. Karya-karya mereka juga kerap dipakai untuk pertunjukan TV, drama, anime serta theme song olimpiade tahun 2012 untuk NHK. Mereka merilis album ke-4, “Hajimari No Uta”, di tahun 2010. Dari sana, penghasilan mereka melambung jadi 5,62 milyar yen atau $46,5 juta atau kurang-lebih 627 milyar rupiah. Oricon sendiri mencatatkan nama Ikimono Gakari sebagau musisi dengan bayaran tertinggi ke-5.

11. Kis-My-Ft2

boy band jepang 2015-2016-2020, boyband jepang yang terkenal, boyband jepang terbaru, boyband jepang terkenal, boyband jepang news

Kita bisa menyebutnya sebagai “Kiss My Foot Two”. Kis-My-Ft2 merupakan boyband beranggotakan 7 member yang ada di bawah naungan Johnny & Associates. Nama itu berasal dari ketujuh nama para membernya. Mereka mulai debut di tahun 2011 dan langsung membetot perhatian publik. Di tahun 2012 saja, mereka sudah menjadi band ranking 6 yang penghasilannya begitu besar. Waktu itu pendapatannya sebesar $36,5 juta. Lalu di tahun 2014, album mereka menjadi yang paling laris ke 10-11. Karena pencapaian itu mereka berhasil menduduki posisi 4 sebagai musisi dengan pendapatan paling tinggi, yakni sebesar $42 juta.

10. Kanjani8

artis jepang 2013-2015-2020, artis jepang terkenal saat ini, artis jepang terkeren, artis jepang terkawaii, artis jepang tercantik

Meski namanya Kanjani8 atau Kanjanieight, namun total member mereka ada 7 orang. Mereka merupakan boygroup yang berasal dari Kansai, dan masih berada di bawah payung Johnny & Associates. Band ini terbentuk di tahun 2002. Terdiri dari 4 member Kansai juniors dan grup rock V.West yang cukup popular. Lalu pada tahun 2006, gaya bermusik mereka cenderung berubah menjadi paduan antara pop dan rock. Kanjani sendiri merupakan nama kolaborasi antara Kansai dan Johnny’s. Sementara angka 8 diambil dari channel yang membuat mereka mengudara. Sebenarnya dulu memang anggota Kanjani8 ini ada 8 orang. Meski sudah tersisa 7, namun eksistensi mereka cukup kuat. Terbukti dari pertama debut sampai sekarang, mereka masih cukup popular.

Oricon sendiri mencatatkan nama band ini sebagai musisi dengan penghasilan paling tinggi di tahun 2012-2013. Waktu itu mereka sudah berhasil memboyong uang sebanyak $40.7 juta dan $39.1 juta. Lalu di tahun 2014, posisi mereka melejit ke angka 3. Album mereka, “Karjanism”, sukses dengan penjualannya yang sebanyak 330.000 kopi dan menjadi album best-seller ke-9. Honor yang mereka terima mencapai $48 juta. Jumlah keseluruhannya menjangkau angka $127,8 juta atau 1,73 trilyun rupiah.

Baca Juga :  10 Pulau Pribadi Mewah dan Mahal Milik Selebritis Dunia

9. AKB48

girlband jepang yang terkenal, girband jepang terbanyak, girlband jepang perfume, girlband jepang 3 orang, girlband jepang mirip snsd

Yang satu ini mungkin sudah popular di tanah air. Mereka memang memiliki kekhasan yang tak dimiliki girlband lain, yakni jumlah membernya yang mencapai 48 orang. Keunikan itu membuat Guiness World Record mencatatkan mereka sebagai grup pop dengan anggota paling banyak di tahun 2010. Dari sana, popularitas mereka semakin menanjak. Bahkan membernya bertambah jadi 140 orang, di Tiongkok dan di Indonesia juga (JKT48). Menurut data di Oricon, penjualan single mereka mencapai 11,787,000. Jumlah itu lagi-lagi memecahkan rekor penjualan yang pernah dicapai oleh sebuah girlband.

Strategi mereka terbilang sukses, sebab Oricon pun memasukkan namanya dalam top 5 sebagai musisi dengan penghasilan terbanyak. Dari tahun 2010, penghasilan mereka selalu lebih dari $100 juta. Lalu di tahun 2011 dan 2012, penjualan mereka sangat fantastis dengan $226 juta. Jumlah itu bahkan melebihi pencapaian U2. Di tahun 2013, posisi mereka terjungkal ke nomor 2. Meski demikian, penjualannya tetap tinggi, yakni sebesar $110 juta. Tahun 2014 kemarin, mereka masih betah berada di posisi 2 dan memboyong $108 juta. Jika ditotal, semuanya sekitar $543 juta atau 7,33 trilyun rupiah.

5. Kumi Koda

artis penyanyi jepang perempuan terkaya, artis perempuan jepang terpopuler, nama artis jepang perempuan, foto artis perempuan jepang, daftar nama artis perempuan jepang

Kumi Koda adalah seorang penyanyi yang berasal dari Kyoto. Genre yang ia bawakan yaitu R&B dan pop. Namanya semakin melekat pasca ia meluncurkan single ke-7 bertajuk “Real Emotion/1000 no Kotoba”. Pasalnya single tersebut digunakan dalam Final Fantasy X-2, video game yang cukup popular. Begitupun dengan Kumi Koda, yang ikut popular dan bersinar saja dengan album keempatnya di tahun 2005, “Secret”. Dibandingkan dengan entertainer lain, Kumi Koda terkesan memiliki imej yang pendiam. Namun ia juga masih menganut style ido pop muda, dengan tampilan seksi dan cukup provokatif. Hal itu menggiringnya pada julukan sebagai leader fashion kawula muda. Dari sana ia juga kerap ditawari menjadi bintang iklan.

Jonathan Ross dari BBC bahkan menyebut penyanyi ini sebagai Christina Aguilera-nya Jepang. Sementara banyak juga yang menjulukinya sebagai Britney Spears-nya Jepang. Untuk penjualan sendiri, dia sudah menghasilkan 15 juta penjualan fisik. Namanya berada di posisi ke-18 sebagai artis Jepang paling laris. Dia menghasilkan $50 juta.

4. Hikaru Utada

penyanyi wanita jepang terkenal, penyanyi wanita jepang 2015, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang terbaik

Hikaru Utada atau akrab dipanggil Utada Hikaru ini merupakan penyanyi dan penulis lagu keturunan Jepang-Amerika. Album debutnya yang bertajuk “First Love” menjadi yang paling laris dalam sejarah Oricon. Tiga album lainnya masuk dalam top 10 kategori album dengan penjualan paling tinggi sepanjang masa di Jepang. Nama dan popularitasnya memang tidak main-main. Majalah Time bahkan sempat memberi julukan padanya sebagai “Diva on Campus” pasca tugas singkatnya di Universitas Kolombia tahun 2000 kemarin. Lalu di tahun 2009, giliran majalah The Japan Times yang menyebutnya sebagai seniman paling berpengaruh dalam satu dekade. Hikaru Utada semakin dikenal sebab dia berkontribusi dalam theme song “Square Enix” dan seri “Kingdom Hearts” dari Disney. Dulu ia bekerja sama dengan EMI Music Jepang, namun kini Utada memilih hengkang dan bergabung dengan Universal Music. Pendapatan yang sudah ia raih sebesar $55 juta.

3. Namie Amuro

penyanyi wanita jepang terkenal, penyanyi wanita jepang 2015, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang terbaik

Artis Jpop yang mempopularkan R&B. Di Jepang sendiri, dia sering disebut sebagai “Ratu Jpop” atau Madonna-nya Jepang. Begitulah orang-orang menyematkan nama ketika ia tengah berada di puncak karier. Kariernya sudah dimulai ketika ia masih berusia 14 tahun dan waktu itu masih bergabung dengan girband Super Monkey. Tahun aktifnya sudah dimulai dari tahun 1992. Lima tahun kemudian, dia merilis single “Can You Celebrate?”. Agenda launching itu menjadi titik kesuksesannya. Pada waktu itu, single yang ia keluarkan menjadi yang paling laris yang pernah dibawakan penyanyi solo perempuan. Dan selain menyanyi, Amuro juga melebarkan karier dengan menjadi aktris serta model fashion. Perjalanan kariernya yang panjang serta dedikasinya di dunia hiburan membuat namanya terus eksis sampai sekarang. Namanya ada di posisi ke-12 sebagai artis paling laris sepanjang masa di Jepang. Dia bisa membawa uang sekitar $100 juta.

Baca Juga :  15 Top Model Dunia 2016-2017 dengan Penghasilan Tertinggi

2. Masaharu Fukuyama

penyanyi jepang pria, penyanyi jepang pria terbaik, penyanyi jepang pria terpopuler

Sejak tahun 1990, waktu ia melakukan debut single pertamanya, entertainer asal Nagasaki ini sudah menjadi yang paling sukses di Jepang. Ia juga memiliki bakat memainkan berbagai instrumen musik. Selain bakat musik, Fukuyama makin dikagumi sebab ia mampu menjadi aktor yang baik, yang tidak hanya mengandalkan aji mumpung. Sejak tahun 1991, ia sudah bermain untuk lebih dari 15 drama TV dan 9 film.

Di tahun 2003, salah-satu singlenya meledak. Single tersebut terus bertahta sampai 5 minggu lamanya. Waktu itu bahkan menjadi artis solo pria paling laris. Lalu di tahun 2009, Fukuyama menelurkan album “Zankyo” dan langsung merangsek ke posisi puncak di Oricon. Pada minggu pertama saja penjualannya sudah mencapai 151.000 kopi. Masih di tahun 2009, dia perform sebanyak 36 kali di 12 kota. Total audiens ada sekitar 500.000 orang. Sakunya siap menampung uang sekitar $175 juta.

1. Ayumi Hamasaki

penyanyi wanita jepang terkenal terbaik, penyanyi wanita jepang 2015, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang populer, penyanyi wanita jepang terbaik

Ayumi Hamasaki sering juga dipanggil sebagai Ayu. Banyak hal yang membuatnya keren. Faktanya dia menulis lirik lagunya sendiri, menjadi produsernya serta menjadi entertainer handal dan popular. Semua itu tentu mempermudah jalannya untuk memiliki reputasi dan keuntungan tersendiri dari industri yang tengah diseriusi. Pencapaian yang pernah ia raih yaitu penjualan karyanya yang sebanyak 53 juta. Nominal itu menjadikannya sebagai artis solo maupun duo laki-laki atau perempuan paling laris. Dia menjadi artis perempuan Jepang paling nge-hits nomor 1, selalu menjadi penyanyi solo nomor 1 serta menjadi entertainer yang paling menjual.

Keuntungan finansial yang ia raih dikelola dengan cukup cerdik, seperti menanamkan investasi saham. Hasilnya pun bagus. Ditambah dengan kepemilikan properti dan menjadi endorser produk-produk ternama, ia pun menjelma menjadi entertainer perempuan Jepang yang paling tajir. Belum lagi dengan kepiawaiannya mengelola beberapa restoran Jepang, tim sepakbola yang bernama “Fukuoka Angels” serta mengeluarkan brand sendiri, baik itu berupa produk pakaian atau parfum. Tak ayal kalau dia bisa meraup uang sebesar $400 juta. Berita kurang sedap sempat menimpanya ketika Majalah Time menyebutnya sebagai artis yang kurang berbakat, khususnya dalam gerakan tarian. Meski demikian, orang-orang tetap mengapresiasi skillnya di bidang musik. Nampak memang musiklah yang menjadi faktor paling besar, sampai Hamasaki bisa bertahan lama di posisi puncaknya dan membawa pengaruh tersendiri untuk tren bermusik di Jepang.

Pada dasarnya segala sesuatu akan berjalan beriringan. Usaha keras, doa yang kontinyu, dukungan dari berbagai pihak, sikap disiplin, berpenampilan total dan membawa imej baik akan dengan sendirinya mendatangkan keuntungan lain, khususnya secara komersil. Seperti nama-nama di atas, yang memang berhak mendapat apresiasi atas dedikasinya. 13 Bintang JPOP Paling Kaya dan Terbaik (DBS) #RD

Loading...
error: