14 Ide Peluang Usaha atau Bisnis Makanan

Apa kamu tertarik memulai usaha di bidang makanan?

Makanan memang menjadi salah-satu industri bisnis yang tak akan ada habisnya. Ada makanan ringan, makanan beku, makanan olahan, makanan yang menjadi kuliner khas, dsb. Semakin hari, semua itu semakin berkembang saja. Para pengusaha di bidang ini pun semakin menunjukkan geliat yang kuat.

Betapa tidak, makanan termasuk kebutuhan pokok. Dalam sehari, orang bisa saja berhenti membeli baju atau make up. Namun tentu kita tak akan melewatkan makanan. Karena itu, usaha ini tentu tak akan ada matinya, sekalipun kita menginjak Bulan Ramadhan.

Lalu, ide bisnis apa yang berhubungan dengan makanan? Berikut ini adalah daftar peluang usaha yang cocok dijalankan oleh para penggemar makanan. Jom!

1. Bisnis Bahan Makanan Langsung

Ketika kebingungan hendak membuat dan menjual makanan apa, kita bisa meneropong sektor bahannya. Para penjaja fried chicken tak akan bisa beroperasi tanpa ayam. Para pedagang pisang cokelat juga akan terganggu bila buahnya tak tersedia.

Untuk itu, kita bisa mempertimbangkan opsi sebagai penyedia bahannya. Apalagi kalau kita memang tak berbakat mengolah makanan apapun. Nilai plus juga didapat jika kita memang hobi bercocok tanam atau merawat binatang. Kita bisa menjadi penyedia sapi, kambing, sayur, dsb.

2. Bisnis Dagang Makanan Gerobak / Panggul

ide bisnis makanan, ide bisnis makanan ringan, ide bisnis makanan unik, ide bisnis makanan kreatif, bisnis makanan beku,makanan cuing, penjual cincau, penjual cuing cingcau

gambar : penjual cuing cincau

Jika sudah memiliki modal yang memadai, tentu orang memilih untuk membuka usaha restoran, warung makan, atau menjajakan makanan dengan kendaraan. Namun ketika modalnya terkendala, kita masih bisa beroperasi tanpa biaya yang tinggi. Salah-satunya yakni berdagang menggunakan gerobak dorong, atau kalau kuat dengan dipanggul.

Jika sudah memilih sistem mobilitas seperti ini, selanjutnya kita bisa menentukan makanan apa yang didagangkan. Di zaman sekarang, pilihannya tentu banyak. Ada es krim, gulali, gorengan, olahan aci, dsb. Setelah itu, kita juga musti mempertimbangkan lokasi atau penempatannya. Jika sudah ada yang cocok bisa jadi spot mangkal, sehingga kita tak perlu terus-terusan mendorong atau memanggul dagangan.

Baca Juga :  10 Perusahaan Asuransi Terbaik, Populer dan Paling Sukses di Dunia Tahun 2016

3. Bisnis Makanan Mentah

Bahan makanan sudah kita bahas sebelumnya. Namun yang satu ini lebih fokus pada makanan mentah, atau sesuatu yang nantinya kembali diproses. Misalnya beras biasa, beras ketan, tepung, kacang ijo, dsb. Kita juga tak perlu menjadi petani, atau sosok yang mengelola langsung. Kita bisa menjadi reseller, yang mengambil dari petani dan kemudian dijual pada pembeli.

4. Bisnis Makanan Beku

Zaman sudah serba praktis. Orang-orang mulai enggan menyembelih ayam sendiri, lalu bersusah payah juga membersihkannya. Sebagian besar lebih memilih memboyong makanan beku, untuk kemudian tinggal diolah sesuka hati.

Tingkat konsumsi yang semakin besar ini menjadi angin segar. Kita bisa menawarkan aneka makanan beku. Entah itu es krim, daging sapi, daging kambing, es yoghurt, dll.

5. Bisnis Makanan Olahan atau Kreasi

Pilihan ini cocok bagi kamu yang memang hobi mengolah aneka menu makanan. Lebih lagi kalau kita memiliki modal lebih serta fasilitas yang mumpuni, seperti alat bantu atau mesin. Misalnya memproses singkong jadi keripik, susu jadi permen bola, jagung manis jadi jasuke (jagung-susu-keju), dsb. Kalau terus berinovasi, pilihannya tentu semakin beragam lagi.

6. Bisnis Warung Makan atau Restoran

Peluang tempat makan bisa jadi bahan pertimbangan, apalagi kalau kita memang memiliki skill memasak. Kita bisa memanfaatkannya untuk “mengobati” orang lapar, sekaligus memeroleh keuntungan. Skalanya bisa kecil, menengah, atau langsung besar, sesuai keadaan. Setelah itu, kita bisa menentukan menu di tempat makannya. Entah itu makanan lokal, nasional, western, Korea, dsb.

Baca Juga :  20 Tips Terbaik untuk Mengatasi Hasrat Belanja atau Menjadi Shopaholic

7. Bisnis Makanan Cepat Saji

Kita tentu tahu perusahaan makanan cepat saji mana yang menguasai pasar. Ada KFC, McDonald, StarBucks, dsb. Mereka sudah populer dan mendominasi berbagai negara. Namun fakta tersebut mustinya tak menghambat niat kita untuk mencari nafkah di ranah yang sama. Kita bisa meniru atau membuat makanan cepat saji baru di sekitar. Apalagi sebagian orang cenderung memilih fast food untuk jadi bahan santapan.

8. Bisnis Food Truck

Sepertinya berbisnis dengan menggunakan kendaraan, misalnya mobil, masih terbilang populer. Kita tak menetap di satu lokasi, melainkan mobile sampai menemukan spot yang sekiranya mengundang banyak pembeli. Dari segi biaya memang sedikit lebih mahal, namun jangkauannya itu bisa lebih luas.

9. Bisnis Makanan Organik

Di zaman sekarang, kesadaran orang-orang akan kesehatan semakin tinggi. Berbagai aspek menjadi pertimbangan, termasuk juga makanan. Karenanya, kita bisa memposisikan diri sebagai penyedia santapan sehat. Makanan organik sendiri pada dasarnya tak mengandung zat kimia berbahaya, pengawet, pestisida, dsb. Kita bisa langsung memproduksi, atau juga memiliki menjual kembali dari petani terpercaya.

10. Bisnis Makanan Khusus Diet

Selain kesehatan, orang-orang masa kini juga cukup memprioritaskan penampilan. Dan, salah-satu yang kerap mengusik kita yakni berat badan yang dianggap tak proporsional. Namun bagi pebisnis, fenomena ini bisa jadi ladang rezeki tersendiri. Kita bisa menawarkan produk yang bisa menurunkan berat badan, atau justeru tidak memengaruhi bobot tubuh sama-sekali.

11. Bisnis Kue atau Bolu

ide bisnis makanan unik, ide bisnis makanan kreatif, ide bisnis makanan rumahan

gambar : kue putu bambu

Meskipun tak sedang mendekati hari raya, kebutuhan akan kue tak pernah pudar. Begitupun dengan bolu atau roti. Di hari-hari biasa saja orang akan tetap mencari makanan seperti ini. Ada yang memanfaatkannya untuk sarapan, cemilan, atau dijual kembali secara eceran. Kita bisa memasuki “area bisnis” ini, apalagi kalau memang memiliki sesuatu yang lebih diunggulkan dari produk lain yang sudah ada.

Baca Juga :  Hati-Hati Penipuan Modus Baru, Cermati Kode Aneh Pada Struk ATM Ini!

12. Bisnis Dekorasi Kue atau Bolu

Kita mungkin berpikir, kalau sebagus apapun makanan, pada akhirnya akan hancur dimulut dan bahkan ditelan. Namun di era kekinian seperti sekarang, orang memang sangat memerhatikan penampilan atau unsur kreativitasnya. Apalagi kalau kita hendak menghadapi acara-acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan, gunting pita, dsb. Karena itu, kebutuhan akan sosok yang bisa mendekorasi makanan berpeluang meninggi.

13. Bisnis Kursus Memasak

Bicara bisnis makanan tak harus tentang memproduksi dan menjual sesuatu yang bisa dilahap saja. Jika kita lebih mengandalkan pengetahuan atau skill, tak ada salahnya untuk dimanfaatkan dengan cara membuka kursus. Selain berbagi, kita juga bisa memeroleh laba yang besar. Contohnya dengan membuka kelas khusus membuat kue, menghias bolu, memasak aneka menu, dsb.

14. Bisnis Blog Makanan

Jika diperhatikan, blogger makanan memang semakin banyak saja. Pilihan ini biasanya dilirik ketika kita tak memiliki tempat mangkal, kendaraan untuk mobilitas, atau modal cukup demi membuka usaha tempat makan. Blog pun menjadi opsi yang berisi tulisan tentang makanan. Entah itu tentang menu kreasi baru, tips memasak, teknik menghias masakan, dsb. Jika pengunjungnya banyak, kita juga bisa menawarkan kolom iklan atau menerima job review. Selain itu, kita juga bisa sekalian menjual produk sendiri atau orang lain.

Jika diuraikan lebih detail lagi, peluang usaha makanan bisa lebih beragam lagi. Usaha membuat cupcake, usaha memasakan nugget rumahan, usaha kuliner oleh-oleh khas, dsb. Posisi kita bisa sebagai pembuat makanan, penjual kembali, atau justeru yang mengajarkan orang untuk membuat aneka menu masakan. Semangat berbisnis, ya! 14 Ide Peluang Usaha atau Bisnis Makanan Unik Kreatif #RD

Loading...
error: