15 Film dengan Budget Paling Besar - ngasih.com

15 Film dengan Budget Paling Besar

15 Film dengan Budget Paling Besar

film yang mahal, film yang paling mahal, film yang paling mahal di dunia, film mahal yang gagal, film mahal tapi gagal, film mahal yang gagal, film mahal 1949, film mahal terburuk, film mahal gagalDari waktu ke waktu, film makin banyak. Kualitas dan teknologinya makin bagus. Otomatis biayanya pun makin membengkak.

Memang sih, untuk membuat sesuatu yang bagus, kita perlu pengorbanan yang ‘bagus’ pula. Termasuk dalam pembuatan film. Produser mesti menyediakan uang banyak untuk mengkreasikan film yang sesuai kehendak. Walau bukan kepastian, namun biasanya film dengan budget besar bisa mendatangkan laba lebih besar juga. Lebih lagi jika film tersebut meninggalkan kesan dalam tiap hal.

Nah, berikut ini 15 film yang paling mahal yang pernah dibuat. Apa film favorit kita termasuk ke dalam daftar ini? Jom!

15. X-Men: The Last Stand

film yang mahal, film yang paling mahal, film yang paling mahal di dunia, film mahal yang gagal

Film yang rilis pada tahun 2006 memang jadi salah-satu film bertemakan superhero yang terkenal. Hal itu ditunjang pula oleh para pemainnya yang cukup berkelas; Hugh Jackman, Ian Mc Kellen, Halle Berry, Patrick Stewart, dkk. Biaya untuk pembuatan film ini sebesar 246,1 juta dollar atau sekitar 3 Trilyun rupiah. Angka ini tercipta karena effect visual sama make up film ini memang berkualitas. Adapun keuntungan kotor film ini ditaksir sampai 459 juta dollar atau 5,9 Trilyun.

14. The Chronicles of Narnia: Prince Caspian

Film “The Chronicles of Narnia: Prince Caspian” ini berdasarkan buku anak-anak yang amat populer, karyanya C.S Lewis. Film yang rilis pada tahun 2008 ini juga memerlukan visual effect untuk menunjang tema fantasinya. Dibutuhkan 35 karyawan untuk membuat 7000 penyangga dan 200 tukang kayu untuk membuat set tempat ala Narnia. Tak heran biayanya sampai 246,9 juta dollar atau 3, 2 Trilyun rupiah. Untung saja film ini meledak di pasaran, sehingga bisa mengganti modal jadi sekitar 419, 6 juta dollar atau 5,4 Trilyun rupiah.

13. Spider-Man 2

Film Spider Man 2 ini rilis pada tahun 2004, ya. Film ini dikenal memiliki special effect. Tak heran biaya pembuatannya sampai menelan angka 250,1 juta dollar atau 3,25 Trilyun rupiah. Namun modal dan perjuangan super besar itu terbayar sudah oleh pendapatan filmnya, yang meraih total 783,8 juta dollar, atau sekitar 10 Trilyun rupiah.

Baca Juga :  10 Film Kung Fu Terbaik Paling Keren Sepanjang Masa

12. King Kong (2005)

Keputusan Peter Jackson untuk me-remake film tahun 1933-an, King Kong, membuatnya mesti merogoh uang dengan jumlah cukup besar. Lebih lagi sebagian besar setting dari film ini melibatkan teknologi CGI, yaitu “computer generated imaginery”. Film yang rilis pada tahun 2005 ini pun mesti mengeluarkan biaya sebesar 250,4 juta dollar atau 3,26 Trilyun rupiah. Adapun keuntungannya mencapai 665,9 juta dollar alias 8,65 Trilyun rupiah.

11. Terminator 3: Rise of the Machines

Film yang rilis pada tahun 2003 ini memang sudah mahal dari awal. Biaya besar itu rasanya disebabkan oleh dua faktor utama. Yang pertama tentu saja visual effect-nya. Dan kedua, karena film ini identik dengan Arnold. ‘Harga’ aktor itu tentunya tidak sembarangan. Tak heran, dananya sampai 256,8 atau 3,33 Trilyun rupiah. Memang sih film ini sempat menerima kritik tajam dari para kritikus sekaligus fans, namun tetap saja ujung-ujungnya karya ini menghasilkan uang sebanyak 556,5 juta dollar atau 7,23 Trilyun rupiah.

10. The Dark Knight Rises

Sepertinya film yang bertema superhero selalu membutuhkan biaya besar, termasuk yang rilis pada tahun 2012 ini. Karya ini menghisap dana sebesar 257,2 juta dollar atau 3,34 Trilyun rupiah. Namun soal ketegangan dan action film, Christoper Nolan – sang  sutradara, tidak pernah mengecewakan penggemar. Film ini pun laik mendapatkan laba besar, bahkan sebesar 1,1 milyar dollar atau 14,3 Trilyun rupiah.

9. Avatar

film yang mahal, film yang paling mahal, film yang paling mahal di dunia, film mahal yang gagal, film mahal tapi gagal, film mahal yang gagal, film mahal 1949, film mahal terburuk, film mahal gagal

Film yang satu ini rilis pada tahun 2009. Visual effect dan grafik yang memukau jadi alasan utama film membutuhkan biaya besar, yakni sampai 261 juta dollar atau 3,39 Trilyun rupiah. Namun dana sebesar itu langsung ‘terobati’ ketika penghasilan filmnya mencapai 3,1 milyar dollar atau 40,3 Trilyun rupiah. Woah!

Baca Juga :  25 Drama Korea Romantis Terbaru 2017

8. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest

Film edisi kedua dari Pirates of the Caribbean ini muncul pada tahun 2006. Lagi-lagi, pemeran dari kalangan aktor dan aktris ‘mahal’ bisa membuat budget film jadi menggelembung. Lebih lagi untuk aktor sekelas Johnny Depp. Ditambah juga dengan 2 kapal besar yang khas di film ini, The Flying Dutchman dan The Black Pearl. Keduanya dibuat khusus untuk “Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest”! Total dana pembuatan film ini sebesar 263,7 juta dollar atau 3,42 Trilyun. Meski demikian, keuntungan kotornya mencapai 1,2 milyar dollar atau 15,6 Trilyun rupiah.

7. Waterworld

Film keluaran tahun 1995 ini jadi salah-satu contoh karya yang malang. Budgetnya mencapai 271 juta dollar atau 3,52 Trilyun rupiah. Namun Waterworld ini tidak mengundang minat ‘box office’. Akhirnya film bermodal super ini mesti puas dengan penghasilan 409,6 juta dollar atau 5,32 Trilyun saja.

6. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Film yang diadaptasi dari novel populer karya JK Rowling ini rilis pada tahun 2009. Seri ke-6 ini jadi film yang paling diantisipasi pada saat itu. Bahkan karya ini sampai memecahkan rekor, jadi film dengan pendapatan kotor sehari di sepanjang sejarah bioskop. Budget-nya 275,3 juta dollar atau 3,57 Trilyun rupiah. Namun pendapatannya mencapai 13 Trilyun rupiah.

5. Tangled

Film Disney ini rilis pada tahun 2010. Film ini bisa dikatakan sebagai film animasi paling mahal, sebab waktu pembuatannya pun sampai 6 tahun lamanya. Hal tersebut dikarenakan kerumitan media untuk menerapkan teknologi CGI dan animasinya. Tak ayal dananya sampai menyedot angka 281,7 juta dollar atau 3,66 Trilyun rupiah. Sementara keuntungan kotornya sampai 590,7 juta dollar  atau 7,67 Trilyun rupiah.

4. Spider-Man 3

Serial ketiga dari Spider Man ini rilis pada tahun 2007. Dana pembuatannya mencapai 293,9 juta dollar atau 3,82 Trilyun. Namun dana ini tidak menjamin fans akan memberi review positif. Buktinya banyak yang melontarkan kritik da pandangan negatif. Meski demikian, toh pendapatan kotor serial ketiga ini mencapai angka 890 juta dollar atau 11,57 Trilyun rupiah.

Baca Juga :  15 Referensi Film Korea yang Harus Kamu Tonton

3. Titanic

Begitu menonton Titanic, kita mungkin langsung bisa menebak kalau karya tersebut membutuhkan modal besar. Ya, film yang rilis pada 1997 ini sampai menghabiskan 294,3 juta dollar atau 3,83 Trilyun rupiah. Meski demikian kesuksesan film ini bisa menyedot laba sebanyak 1,8 milyar dollar atau 23,4 Trilyun. Belum lagi ketika Titanic ini rilis ulang dalam bentuk 3D. Ada tambahan pendapatan yang mencapai 343,6 milyar dollar atau 4,46 Trilyun rupiah. Hal ini menjadikan Titanic jadi film kedua yang memiliki keuntungan kotor melebihi 2 milyar dollar, sementara yang pertamanya diraih film Avatar.

2. Cleopatra (1963)

Film setua ini memiliki budget sangat besar? Hal ini tentu mengagetkan sebagian orang. Well, kalau menyesuaikan dengan inflasi, dana film keluaran 1963 ini bisa sama dengan angka 339 juta dollar alias sekitar 4,4 Trilyun rupiah di tahun 2015. Budget aslinya sekitar 44 juta dollar dengan keuntungan hanya 26 juta dollar. Kalau kita sesuaikan dengan zaman sekarang, maka modalnya 339 juta dollar dan pendapatannya tidak sampai di atas 200 juta dollar. Karena itu film ini cukup menderita kerugian yang telak.

1. Pirates of the Caribbean: At World’s End

Biaya produksinya sampai mencapai 341,8 juta dollar atau 4,44 Trilyun rupiah. Tentu saja angka tersebut menjadikan film yang rilis pada tahun 2007 ini jadi yang termahal. Selain karena teknologi, teknis dan biaya aktor-aktrisnya, hal yang membuat film ini mahal yaitu lokasi syutingnya juga. Maklum, mereka memang mengambil banyak tempat. Dari Singapura, Tortuga, Muerte, Isla Cruces sampai Pelegosto. Adapun laba yang diraih yaitu sekitar 1,1 Milyar dollar atau 14,3 Trilyun rupiah.

Gimana? Film mahal mana yang jadi favorit anda? Film yang paling mahal di dunia -[#RD]

Loading...