15 Kota Paling Sepi dan Terisolasi di Dunia - ngasih.com

15 Kota Paling Sepi dan Terisolasi di Dunia

Antartika, Greenland, atau Islandia. Begitu membahas topik tentang tempat terpencil, mungkin itulah tiga kota di dunia yang langsung menancap dalam pikiran. Ketiganya memang populer dan sering dibahas orang.

Tetapi di planet yang mayoritas mengandung air ini, masih banyak lokasi yang memang terisolasi. Saking terisolasinya, hanya sebagian kecil orang yang bersedia tinggal di sana. Begitu pun dengan para pengunjungnya, yang terbilang begitu langka.

Kita bisa maklum kalau pengunjung kota terisolasi jumlahnya cenderung minim. Namun kita juga tentu dibuat penasaran dengan sikap bertahan para penduduknya. Entah karena chemistry mereka dengan tanah kelahiran, pengin mempertahankan populasi yang ramping, atau memang karena keindahan wilayahnya yang terlalu sayang untuk ditinggalkan.

Nah, di mana saja? Jom!

15. Svalbard Archipelago, Norwegia

10 kota paling terpencil di dunia , negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Sebagaimana kita lihat, gletser dan gunung es mengelilingi sekitar 60% dari tempat ini. Iklimnya pasti sangat ekstrem. Tak heran kalau hewan-hewan yang menghuninya yaitu beruang kutub, anjing laut, rusa, dan sekawanan burung. Para ahli ilmu bumi menyebut Svalbard Archipelago sebagai pemukiman paling utara di dunia.

Ketika musim panas tiba, para pengunjung yang ditemani penduduk setempat, kerap melakukan ski dari ujung selatan ke arah utara. Serial televisi bertajuk “Foltitude”  juga memilih setting tempat di sini. Namun pemerintah sendiri sudah membuat kebijakan untuk melakukan pembatasan pendatang. Hal tersebut ditujukan untuk melindungi kemurnian kota.

14. Madagascar, Afrika

sejarah madagaskar, agama di madagaskar, orang madagaskar, wanita madagaskar, film madagaskar, bahasa madagaskar, penduduk madagaskar

Ada yang langsung ingat film Madagascar? Karena karya animasi tersebut, nama tempat ini langsung populer. Kita juga begitu familiar mendengarnya. Namun siapa sangka, Madagascar ternyata masuk dalam list kota terpencil.

Tempatnya sendiri begitu indah dan unik. Kita akan disuguhi oleh kawasan hutan. Di dalamnya berisi para penghuni yang terdiri dari hewan-hewan langka. Di sekitarnya juga nampak pasir putih dan bebatuan kapur. Penduduk menggunakan Bahasa Prancis sebagai alat komunikasi sehari-hari.

13. Sandhills, Nebraska

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Wilayah Sandhills ini begitu datar. Hamparan ladang jagung dan rumah-rumah pertanian mendominasi tempat ini. Banyak generasi mudanya yang memilih merantau, mencoba mengaduk nasib di kota-kota yang lebih besar dan ramai. Karenanya, kondisi kota kecil mereka semakin sepi saja. Angka populasinya terus berubah rendah.

Baca Juga :  15 Orang Paling Berpengaruh dan Berkuasa Di Dunia Tahun 2015

Belum lagi dengan persoalan global warming, yang membuat Sandhills terasa begitu panas. Efeknya juga merambat pada lahan yang mengering serta kebakaran gurun yang terjadi. Tempat ini memang tidak masuk dalam rekomendasi kawasan wisata, hanya saja banyak spot yang bisa jadi inspirasi, khususnya bagi para potografer.

12. Iqaluit, Nunavut, Kanada

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Di tengah keramaian Kanada, inilah lokasi yang memiliki populasi paling sepi. Jalan raya pun tak ada. Segelintir orangnya hanya mengandalkan sebuah Sekolah Dasar, sebuah toko, sebuah gereja, dan satu kios desain.

Meski sedikit, namun para penduduknya memiliki keragaman ras. Ada yang berkulit putih, hitam, penduduk adat, Amerika Latin, dan Asia. Hanya saja, banyak dari mereka yang beralih ke Nunavut. Sebagian memang mengharapkan gaji dan kehidupan yang dianggap lebih baik.

11. Iquitos, Peru

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Peru menjadi salah-satu destinasi wisata dunia yang mengundang. Orang-orang memang tertarik akan keindahan dan budayanya. Tak heran kalau banyak nama objek yang ditawarkan untuk dikunjungi. Namun dari sekian banyak, Iquitos nampaknya tak akan disebut atau direkomendasikan.

Wilayahnya sendiri dikelilingi oleh hutan lebat. Moda transportasi seperti perahu atau pesawat tak bisa menjangkaunya. Karena sulitnya akses ke kota, harga kebutuhan pun relatif mahal. Hanya saja pengunjung bisa dimanjakan dengan banyaknya restoran yang menjajakan ikan segar serta makanan pedas yang menggoda.

10. Yakutsk, Russia

yakutsk people, negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Karena tempat ini, Rusia menjadi salah-satu tempat terdingin di dunia. Di musim dingin, suhu udaranya bisa mencapai -64,4 derajat celcius. Karena itu, penduduk memilih membangun rumah di atas tiang pancang beton.

Yakutsk boleh saja memiliki kondisi ekstrem. Namun tempat ini cukup kesohor lantaran kekayaannya. Ternyata tempat terpencil ini menjadi produsen berlian internasional terbesar kelima.

9. Nuuk, Greenland

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Nuuk menjadi tempat terpencil lain yang sulit dijangkau. Perlu perjuangan ekstra untuk mengaksesnya. Kita juga tak bisa leluasa hang out layaknya di kota-kota kebanyakan.

Penduduk di sana tak memiliki opsi banyak untuk jalan-jalan di pusat perbelanjaan, menonton teater, mengantri film baru di bioksop, dsb. Mereka memiliki pertunjukan lain, yakni menyaksikan kawanan paus dari Bulan Mei sampai dengan November.

Baca Juga :  10 Seniman Reggae Dunia Terbaik Sepanjang Masa

8. Socotra, Yemen

pulau socotra pulau teraneh, socotra island - lautan hindia, socotra animal, socotra fauna, hewan pulau socotra, pulau soqotra pulau teraneh di dunia

Kota yang terdapat di Yaman ini terdiri dari empat pulau. Tempat unik ini menjadi huniannya beberapa hewan atau tanaman langka. Sebagian diantaranya bahkan tak bisa ditemukan di titik lain di bumi ini.

Socotra memiliki berbagai julukan. Ada yang menyebutnya sebagai dunia yang hilang, pulau alien, pulau neraka, sampai pulau dajjal. Wah, siapa yang bisa tahan berlama-lama di sini?

7. Medog, China

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Kota indah dengan pegunungan tinggi ini dihuni oleh lebih dari 10.000 penduduk. Namanya juga tempat yang terisolasi, sehingga akses dari pusat kotanya memang cukup terbatas. Belum lagi kita juga memiliki hambatan kontur jalannya.

Jalan di kota ini hanya bisa dijangkau selama 8 bulan saja. Hal tersebut dikarenakan beratnya hujan salju serta ancaman tanah longsor. Keadaan diperparah dengan minimnya kesadaran akan pendidikan dan kesehatan.

Meski demikian, kota ini memiliki potensi wisata yang bagus. Para pecinta trekking, penggemar petualangan liar, serta peminat wisata kemping bisa menjadi pengunjung setianya. Atas ide tourism ini, tentu kota pun melakukan adaptasi. Baik itu dengan menyediakan akses internet, sarana penginapan, transportasi, usaha-usaha lain. Dampak yang cukup positif bagi masyarakat sekitarnya.

6. Easter Island, Chili

easter island adalah, easter island wikipedia indonesia, pulau easter, misteri pulau easter, cerita easter island

Yang satu ini mungkin sudah sangat familiar. Easter Island atau Pulau Paskah sudah lama kita kenal sebagai salah-satu situs bersejarah, yang cukup misterius dan populer. Di dalamnya terdapat patung batu dengan bagian kepalanya yang sangat besar. Semua itu merupakan karya bangsa Rapa Nui.

Selain terisolir, pulau ini sering disebut sebagai satu dari sekian tempat yang paling “berapi”. Memang ada tiga gunung merapi yang cukup aktif di sana. Meski demikian, hal itu tidak menghentikan minat para pengunjung atau bahkan penduduk yang bermukim. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu pada Januari sampai dengan Maret.

5. Perth, Australia

perth australia university, perth australia barat, kota perth tempat menarik, perth australia airport, perth australia tempat menarik, perth acara mendatang, kota perth acara mendatang, perth australia pictures

Satu spot di Australia ini menjadi tempat yang cocok bagi para pecinta matahari. Hawanya memang kering, panas, dan gersang. Keadaannya pun cukup terisolasi, sehingga warganya banyak yang bepergian.

Namun kita juga bisa menemukan banyak taman, jalur-jalur khusus sepeda, dan lahan yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas outdoor. Baik itu konser, pertunjukan seni, piknik keluarga, dsb. Untuk itu, tempat ini terbilang tenang dan nyaman untuk dikunjungi.

Baca Juga :  12 Fakta Menarik Tentang Zac Efron yang Perlu Kita Tahu

4. Deception Island, Antarctica

negara paling terpencil di dunia, tempat paling terpencil di dunia, daerah paling terpencil di dunia

Nama pulaunya berawalan dari huruf D, dan kebetulan bentuknya pun memang menyerupai huruf tersebut. Dulu pulau ini tidak memiliki penghuni sama-sekali. Sampai kemudian pada tahun 1941, orang-orang Inggris mulai melangkahkan kaki ke sana.

Sebagian besar para pengunjung juga datang untuk melihat penguin chinstrap. Belum lagi dengan tawaran kolam air panasnya. Para ahli juga kerap datang untuk melakukan berbagai penelitian.

3. Pitcairn Island, South Pacific

pulau pitcairn, adamstown, pitcairn islands, pitcairn island scandal

velerUntuk saat ini, ada 56 warga yang tinggal di Pulau Pitcarin. Pihak Pemerintah Inggris pun melakukan promosi terhadap warganya. Bagaimanapun Pitcarin merupakan salah-satu tempat eksotis yang pernah ada. Airnya yang jernih nan biru membentang luas. Demikian juga dengan bukit-bukit hijaunya yang indah. Hanya saja, listrik ditempat ini masih dikendalikan oleh generator. Masa cahayanya mulai 08.00-01.00 dan 17.00-22.00.

2. Cocos Islands, Australia

kepulauan cocos, cocos island jawa, cocos island people, cocos island language, pulau cocos milik siapa, cocos island military base, tsunami cocos island

Kepulauan ini terdiri dari 2 pulau utama. Pulau-pulau tersebut memang sudah memiliki penghuni, namuan jalan raya yang ada hanya sepanjang 15 km saja. Untuk kirim-mengirim surat secara manual, perjalanan laut membuat pesan tersebut sampai hingga 2 bulan lamanya. Di pulau ini hanya terdapat satu sekolah menengah atas. Karenanya kita musti pergi ke tempat lain untuk mencecap pendidikan yang lebih utuh.

1. Edinburgh of the Seven Seas, Tristan Da Cunha

tristan da cunha pulau paling terisolir, tristan da cunha people, kehidupan di pulau tristan da cunham, tristan da cunha inaccessible islan, nightingale island, penduduk tristan da cunha

Jika kita bersikukuh ingin mengunjungi tempat ini, maka moda transportasi yang bisa diharapkan yaitu perahu. Kita akan menghabiskan waktu sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai menjejakkan kaki di sana. Begitu sampai pun, kita tak bisa leluasa untuk jalan-jalan. Medannya cukup terjal dan curam.

Meski demikian, tempat ini menjadi salah-satu spot keren untuk melunasi hasrat memancing. Bagi yang hendak “kabur sejenak” dari realita sehari-hari atau mengasingkan diri, Edinburgh of the Seven Seas juga bisa jadi bahan pertimbangan. Bagaimana?

Demikianlah 15 kota paling terpencil atau terisolasi di dunia. Nah, terbayang tidak kalau kita tinggal seminggu bahkan menjadi penduduk di sana? Wah… 15 Kota Paling Sepi dan Terisolasi di Dunia (DBS)#RD

Loading...