15 Pemain Basket NBA Terbaik Sepanjang Masa

ngasih.com. NBA merupakan singkatan dari National Basketball Association. Sebenarnya liga basket profesional tersebut ada di Amerika Utara. Namun NBA sudah dianggap sebagai tolak ukur bagi para pemain basket terkemuka di dunia.

Sama halnya dengan cabang olahraga lain, basket pun sudah menggaet banyak penggemar. Banyak juga jajak pendapat soal siapa yang terbaik diantara pemain NBA yang sudah ada. Demikian juga dengan list berikut, yang merupakan pilihan fans dari sekian nama pemain dulu atau yang tengah eksis sekarang.

Siapa saja mereka? Apa pemain favoritmu juga masuk? Jom!

1. Kareem Abdul-Jabbar

pemain basket nba terbaik sepanjang masa, pemain basket nba terbaik 2014, pemain basket nba terbaik 2013, 10 pemain basket nba terbaik sepanjang masa

Lelaki bernama asli Ferdinand Lewis Alcindor, Jr. ini sudah berkecimpung dalam ajang NBA selama 20 musim lamanya. Eksistensinya begitu berarti bagi Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Dia sudah merenggut NBA MVP sebanyak 6x, masuk dalam 50 Pemain Terhebat Sepanjang Sejarah NBA, dan memecahkan aneka rekor, termasuk dalam hal points scored (38.387). ESPN bahkan menempatkan namanya sebagai pemain center terkeren sepanjang masa (2008), pemain terkeren di sepanjang sejarah basket kampus (2009), dan pemain terhebat kedua di sepanjang sejarah NBA (2016). Di luar dunia basket sendiri, dia dikenal sebagai aktor dan penulis yang karyanya selalu best seller. Di tahun 2012, Hillary Clinton bahkan mengangkatnya sebagai Duta Kultural Global.

2. Michael Jordan

pemain basket terbaik, pemain basket terbaik di dunia, pemain basket terbaik 2016, pemain basket terbaik di dunia 2016-2017

via : pinterest.com

Michael Jeffrey Jordan alias MJ ini sudah tak asing di kalangan pecinta basket. Dia sudah bermain selama 15 musim NBA. Orang-orang begitu mengagumi produktivitas scoring-nya, skill melompatnya, kemampuan bertahannya, dan sampai pengaruh besarnya di dunia olahraga. “Basketball Hall of Fame” bahkan sudah dua kali melantik dirinya, yakni di tahun 2009 atas nama karier individualnya. Lalu di tahun 2015 atas keikutsertaannya dalam induksi Tim Olimpiade Laki-laki AS 1992 atau yang lebih dikenal sebagai “The Dream Team”. Dia juga sudah kenyang prestasi atau penghargaan, termasuk juara dalam list “Top 50 Pemain Basket Sepanjang Masa” versi Majalah SLAM dan ESPN. Pasca pensiun dari profesi sebagai pemain basket pun, kariernya malah semakin gemilang. Baik itu sebagai endorser, pebisnis, aktor, dan tentu saja pemilik tim Charlotte Hornets.

3. Magic Johnson

daftar pemain basket terbaik dunia, daftar pemain basket terbaik

Earvin “Magic” Johnson Jr. menjadi salah-satu legenda yang pernah dimiliki oleh Lakers LA. Sebelum pensiun, dia sudah bermain selama 13 musim dalam ajang NBA. Seperti halnya Michael Jordan, ia sempat berhenti dini, tetapi ujungnya selalu kembali. Di sepanjang kariernya, dia sudah meraup berbagai apresiasi. Entah itu meraih 3 NBA MVP Awards, masuk dalam daftar Top 50 Pemain Basket Terkeren Di Sepanjang Sejarah NBA, dua kali dilantik dalam “Basketball Hall of Fame”, dsb. Setelah berhenti sebagai pemain profesional, ia mengembang sayap karier sebagai pebisnis, motivator, broadcaster, serta philanthropist.

4. Wilt Chamberlain

Baca Juga :  15 Aktor Terkaya Di Dunia Tahun 2015

pemain basket sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang sejarah

Di NBA sendiri, Wilton Norman “Wilt” Chamberlain bermain untuk Philadelphia/San Francisco Warriors, Philadelphia 76ers, dan Los Angeles Lakers. Dirinya bertanggung-jawab di posisi center. Bahkan dia disebut-sebut sebagai salah-satu nama yang mendominasi sejarah permainan basket NBA. Dirinya kesohor dengan daya tahannya yang tangguh, sebagai pencetak skor handal, dan juga dalam hal rebounding. Tak ayal kalau kariernya begitu gemilang. Dia memenangkan dua kejuaraan NBA, serta masuk dalam daftar Top 50 Pemain Basket Paling Keren Sepanjang Sejarah NBA. Pasca hengkang, dia melanjutkan karier sebagai aktor, penulis, dan businessman.

5. Larry Bird

pemain basket nba terbaik sepanjang masa, pemain basket nba terbaik 2014, pemain basket nba terbaik 2013, 10 pemain basket nba terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Selama mengikuti ajang NBA, Larry Joe Bird bergabung dengan Boston Celtics. Bersama tim tersebut, ia sudah berhasil memenangkan kejuaraan NBA tiga kali dan penghargaan NBA Finals MVP dua kali. Kecintaannya pada dunia basket membuatnya tetap aktif meski tak lagi menjadi pemain profesional. Dia memutuskan untuk menjadi presidennya tim Indiana Pacers. Larry Bird menjadi satu-satunya nama yang mendapat gelar Most Valuable Player, Executive of the Year, dan Coach of the Year sekaligus.

6. Bill Russell

daftar pemain nba terbaik 2016, daftar pemain nba terbaik 2014-2017, daftar pemain basket terbaik dunia, daftar pemain basket terbaik

via : pinterest.com

Ini dia William Felton “Bill” Russell, pemain center kebanggaan Boston Celtics. Dia bersama tim bahkan sudah memahat kenangan manis dengan merenggut 11 kejuaraan NBA. Selain itu, dirinya juga dinobatkan sebanyak 5x NBA MVP dan 12x All-Star. Dia juga masuk dalam list Top 50 Pemain Terkeren Di Sepanjang Sejarah NBA. Di tahun 2007, dirinya dilantik dalam FIBA Hall of Fame. Dua tahun kemudian, NBA bahkan menamai trofi NBA Finals Most Valuable Player sebagai “Bill Russell NBA Finals Most Valuable Player Awards”. Hal tersebut dilakukan sebagai penghormatan atas pemain kelahiran 12 Februari 1934 ini.

7. Kobe Bryant

pemain basket nba terbaik 2016-2017-2020, pemain basket nba terbaik sepanjang masa, pemain basket nba terbaik 2014, pemain basket nba terbaik 2013, 10 pemain basket nba terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Darah basket benar-benar mengalir dari sang ayah, Joe Bryant, yang tak lain merupakan mantan pemain NBA tahun 70-90-an. Kobe Bryant menghabiskan waktu sekitar 20 tahun untuk membela tim Los Angeles Lakers dalam ajang NBA. Dia dan tim keren tersebut sudah merenggut 5 kejuaraan NBA. Mengingat usianya yang masih 34 jalan, dia menjadi pemain basket termuda dengan pencapaian 30.000 poin. Sporting News dan TNT juga menempatkan namanya sebagai Top Pemain NBA tahun 2000-an. Sayang sekali, karena isu kesehatan, dirinya sudah memutuskan untuk pensiun pasca musim 2015-2016.

Baca Juga :  Aktor Tampan Terkaya di Dunia

8. Tim Duncan

daftar pemain nba terbaik 2016, daftar pemain nba terbaik 2014-2017, daftar pemain basket terbaik dunia, daftar pemain basket terbaik

Kurang-lebih 19 tahun sudah Timothy Theodore Duncan bermain bersama San Antonio Spurs. Karier panjangnya sudah diisi dengan berbagai prestasi. Dia meraih 5x kejuaraan NBA, 15x NBA All-Star, 2x NBA MVP, dsb. Pencapaiannya yang keren itu tak lantas membuatnya lupa diri dan larut dalam kemewahan. Dia justru dikenal sangat sederhana dan aktif dalam berbagai program amal. Dengan bekal ilmu dan gelar Psikologi, ia mendirikan Yayasan Tim Duncan, yang bergerak dalam kesehatan, pendidikan, dan olahraga para kawula muda.

9. Shaquille O’Neal

pemain basket sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang sejarah

Shaquille Rashaun O’Neal aka Shaq yang sekarang dikenal sebagai analis dalam sebuah program TV bertajuk “Inside the NBA”. Beratnya yang mencapai 147 kg menjadikan Shaq sebagai pemain basket NBA paling gemuk. Ia sendiri sudah bermain dari tim ke tim. Entah itu Orlando Magic, Los Angeles Lakers, Miami Heat, sampai Boston Celtics. Dia menjadi satu dari 3 nama yang memenangkan NBA MVP, All-Star game MVP, dan Finals MVP di tahun yang sama (2000). Setelah ke luar dari arena basket, Shaq lebih memilih aktif di dunia hiburan TV. Dia sempat menelurkan 4 album rap, menjalani program reality show, serta tampil dalam beberapa film.

10. Hakeem Abdul Olajuwon

pemain basket terbaik di dunia, pemain basket terbaik 2016, pemain basket terbaik di dunia 2016-2017

Karier profesionalnya berlangsung pada tahun 1984 sampai dengan 2002. Selama itu, dia setia menempati posisi center di Houston Rockets dan Toronto Raptors. Dedikasinya membuat Hakeem dilantik dalam “Basketball Hall of Fame” di tahun 2008. Lalu di tahun 2016 ini, ia juga dilantik dalam FIBA Hall of Fame. Dia memecahkan rekor sebagai peraih NBA MV, Finals MVP, dan Defensive Player of the Year dalam satu musim.

11. Oscar Robertson

pemain basket sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang masa, pemain basket terbaik sepanjang sejarah, pemain basket paling populer terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Oscar Palmer Robertson aka “The Big O” ini merupakan mantan pembela tim Cincinnati Royals dan Milwaukee Bucks. Selama 14 musim profesionalnya, dia sudah menjadi pemenang MVP Award, 12x All-Star, dan 11x sebagai member dari tim All-NBA. Dirinya dilantik sebanyak 2x dalam “Naismith Memorial Basketball Hall of Fame”. Baik itu atas nama pribadi, maupun anggota tim olimpiade AS 1960. Di tahun 1996, voters menempatkannya sebagai satu dari Top 50 Pemain Basket Terbaik Sepanjang Sejarah NBA.

Baca Juga :  Selebritis yang Meninggal di Puncak Ketenaran

12. Julius Erving

pemain basket dan tugasnya, pemain basket beserta tugasnya, pemain basket yang tugasnya menjaga daerah belakang, tugas pemain basket, pemain bola basket dan tugasnya

Dr. J aka Julius Winfield Erving II ini sempat bermain untuk tiga tim. Ada Virginia Squires, New York Nets, dan Philadelphia 76ers. Dia begitu berjasa dalam melegitimasi ABA atau American Basketball Association. Dirinya bahkan sangat populer ketika ajang tersebut di-merger dengan NBA, tepat di musim 1975-1976. Pada tahun 1993, dia dilantik dalam “Basketball Hall of Fame”. Setahun kemudian, Sports Illustrated menyebut namanya dalam 40 Atlit Terpenting Sepanjang Masa. Lalu di tahun 2004, giliran “Nassau County Sports Hall of Fame” yang melantiknya.

13. LeBron James

pemain basket terbaik, pemain basket terbaik di dunia, pemain basket terbaik 2016, pemain basket terbaik di dunia 2016-2017

via : pinterest.com

Pemain basket kelahiran 30 Desember 1984 ini menjadi senjata andalannya  Cleveland Cavaliers. Sampai saat ini, ia bahkan menempati tahta sebagai pencetak skor terbanyak bagi tim. Dirinya sudah menghadikan 3 kejuaraan NBA, 4x NBA Most Valuable Player Awards, 3x NBA Finals MVP Awards, dsb. Di luar lapangan pun dia begitu popular dan berpengaruh. Dirinya kerap muncul dalam aneka iklan produk, buku, dokumenter, menjadi host, dan bahkan menjadi bintang dalam film “Trainwreck”.

14. Jerry west

daftar pemain basket terbaik dunia, daftar pemain basket terbaik

Pemain yang dijuluki sebagai “Mr.Clutch” ini begitu mengabdi pada tim Los Angeles Lakers. Selama menjadi sosok the point guard, dia sudah dinilai sangat berhasil. Dirinya menjadi All-Star MVP, 14x masuk tim NBA All-Star, dilantik dalam “Naismith Basketball Hall of Fame”, serta tergabung dalam list 50 Pemain Terhebat Sepanjang Sejarah NBA. Dia masih berkecimpung di dunia basket. Bahkan puteranya, Jonnie, sudah bergabung dengan tim West Virginia Mountaineers.

15. Karl Malone

pemain basket nba terbaik 2016-2017-2020, pemain basket nba terbaik sepanjang masa, pemain basket nba terbaik 2014, pemain basket nba terbaik 2013, 10 pemain basket nba terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Sang mailman ini sudah berpengalaman selama 18 musim di NBA. Dia dan rekannya, John Stockton, dikenal sebagai duo Utah Jazz yang sangat tangguh. Tetapi pada tahun 2003, dia kemudian hengkang ke Los Angeles Lakers. Setelah tak lagi menjadi pemain profesional, dia sempat menjadi asisten pelatih di Louisiana Tech dari tahun 2007-2011. Pada tahun 2010, dirinya dilantik dua kali dalam “Naismith Memorial Basketball Hall of Fame”, baik atas nama individu maupun sebagai member tim olimpiade AS 1992.

Bagaimana? Siapa pemain favoritmu yang masuk daftar prestisius ini? Demikianlah, 15 Atlit atau Pemain NBA Terbaik Sepanjang Masa. #RD

Loading...
error: