15 Referensi Film Korea yang Harus Kamu Tonton - ngasih.com

15 Referensi Film Korea yang Harus Kamu Tonton

Film atau drama Korea terbaik atau favorit itu apa?

Mengingat banyaknya tayangan dari negeri gingseng, pertanyaan ini tentu tak mudah dijawab. Orang akan memiliki versi sendiri. Lagipula, drama Korea atau K-Drama memiliki banyak genre. Mungkin ada yang condong ke romantis, ada juga yang jatuh hati pada tayangan komedi, horror, action, thriller, dramatis, fantasi, dsb. Tak mudah juga bagi kami untuk menyusun daftar ini. Isi list-nya bersifat subjektif, sehingga bisa dimaklumi kalau ada perbedaan dengan versi kamu. Yang jelas, judul-judul di bawah ini juga bisa jadi pertimbangan. Genre yang diangkat pun begitu bervariasi.

Silakan mempertimbangkan judul-judul berikut. Kalau tengah memiliki waktu luang, cemilan, teman menonton dan berada tempat yang nyaman, kita bisa melengkapinya dengan tayangan yang sesuai atau diinginkan.

Nah, jom!

1. Maundy Thursday

korean movie wajib tonton, movie korea wajib tonton, drama korea yg wajib ditonton 2015, drama korea yang wajib ditonton 2013, drama korea tahun 2015 dengan rating tertinggi, drama korea wajib tonton 2014, referensi drama korea drama korea yang wajib ditonton 2012

Maundy Thursday adalah film melowdrama Korea yang ceritanya sangat menyentuh. Ada sosok Yu Jeong, perempuan yang terlihat baik-baik saja dari luar, namun ia menyimpan segudang derita dan tekanan batin di dalam. Sampai-sampai ia merasa kalau kehidupannya tak patut disyukuri.

Sementara itu, ada tokoh lain bernama Yun Soo. Dia adalah seorang laki-laki yang ditinggalkan ibunya, lalu mesti melepas adik tercintanya yang tuna netra. Kehidupan semakin tak dipedulikan ketika ia masuk penjara karena suatu kasus. Dia menjadi narapidana mati, sehingga baginya kehidupan hanyalah tentang menunggu kematian.

Adalah bibi Yu Jeong, Suster Monica, yang menjembatani pertemuan mereka. Cerita sedih dari kehidupan pun mampu menyatukan dan menumbuhkan rasa diantara keduanya. Sayang, ketika mereka mulai menyadari alasan untuk berbahagia, saat itu juga mereka mesti belajar untuk melepaskan sumber kebahagiaan itu. Intinya, diperlukan hati yang tegar dan tisu yang banyak untuk menonton drama ini.

2. My Dear Enemy

film korea harus ditonton, film korea yang harus ditonton, daftar film korea yang harus ditonton, drama korea wajib tonton, film korea wajib tonton, drama korea wajib tonton 2013, drama korea wajib tonton 2012, drama korea wajib tonton 2014-2016

Judulnya cukup menggelitik, membuat kita bertanya-tanya, siapa kiranya yang menjadi ‘musuh tersayang’. Film ini menjawabnya lewat rangkaian cerita yang menarik. Diceritakan kalau Jeon Do yeon mesti mengincar-incar mantannya, Ha Jung wo. Tujuannya bukan untuk balikan, melainkan menagih utang.

Jumlahnya yang besar membuat Ha Jung woo sedikit gelagapan. Di sisi lain, ia enggan menunjukkan sisi lemah itu. Ia ditemani sang mantan melakukan perjalanan untuk mengumpulkan sejumlah uang yang dipinjam. Mereka mengunjungi teman atau kenalan, yang mayoritas dari kaum perempuan.

Sebagian mungkin menganggap kalau cerita “My Dear Enemy” ini cukup datar. Namun kita patut mengapresiasi chemistery yang terbangun diantara dua tokoh. Perjalanan yang mereka lalui dimanfaatkan betul untuk memperbaiki hubungan, membuat keadaan menjadi lebih menghangatkan hati.

3. Thirst

film korea wajib tonton sepanjang masa, film korea wajib tonton hingga tahun 2015, film drama korea wajib tonton, film korea wajib tonton

Film vampire ala Korea, tentunya memiliki racikan tersendiri dari versi Hollywood sana. Namun sebagai peringatan saja, film ini sarat akan tayangan vulgar dan brutal. Sangat tidak cocok jadi bahan tontonan anak-anak atau kamu yang tak tahan melihat darah.

Ceritanya tentang Sang hyun, seorang pendeta yang karena suatu kejadian berubah jadi vampire. Ia jatuh cinta pada seorang perempuan, Tae ju, yang terlihat memiliki kelakukan tidak biasa. Semua itu akibat perlakukan mertua dan suaminya sendiri, yang tak lain merupakan teman Sang hyun.

Baca Juga :  8 FAKTA DAN HAL MENARIK DARI FILM BATMAN VS SUPERMAN “DAWN OF JUSTICE”

Maksud hati hendak mengakhiri penderitaan Tae ju, yakni dengan membunuh suaminya, yang terjadi malah semakin parah. Wanita itu justeru berubah jadi sosok vampire bengis. Sang hyun juga hidup tak tenang, sebab ia selalu dihantui rasa bersalah.

4. Spellbound atau Chilling Romance

film korea wajib tonton sepanjang masa, film korea wajib tonton hingga tahun 2015, film drama korea wajib tonton, film korea wajib tonton

Satu film yang mampu mengundang banyak rasa. Kadang bikin jantung berdegup kencang karena seram, kadang bikin dada berdesir karena tersentuh bahkan kadang bikin kita tertawa ngakak karena kelucuan yang ada di dalamnya. Kolaborasinya cukup lengkap.

Secara garis besar, film ini menceritakan tentang Yeo ri (yang diperankan oleh Son Ye jin). Dia adalah gadis yang terlihat kesepian, sebab orang-orang dekat mengucilkannya. Hal itu dikarenakan kemampuannya melihat makhluk ghaib. Kebersamaan dengannya pun mampu mengundang makhluk tersebut.

Sampai kemudian datang Jo Goo (diperankan oleh Lee Min ki), seorang pesulap rela menjadi teman Yeo ri. Tentu saja, konsekwensinya dia mesti diusik oleh hantu yang menyeramkan. Namun Jo Goo tetap pada pendiriannya. Hubungan mereka berkembang. Penyebab Yeo ri memiliki kemampuan khusus itu juga mulai mendapat pencerahan.

5. Boys of Tomorrow

drama korea tahun 2015 dengan rating tertinggi, drama korea wajib tonton 2014, referensi drama korea drama korea yang wajib ditonton 2012-2016-2017

Di dalam drama ini, Kim Byeong seok yang memerankan karakter Ki Soo menjadi kakak dari Jong dae (diperankan oleh Yoo Ah in). Mereka berasal dari keluarga menengah ke bawah. Ki Soo sudah tinggal sendiri di sebuah apartemen kecil dan mendapat pekerjaan sebagai sopir taksi, sementara adiknya hidup bersama sang bunda dan menjadi pencuci mobil. Ketika beranjak dewasa, keduanya semakin terpisahkan dan mencoba menggapai impian masing-masing. Namun suatu hari, sang bunda meminta Ki Soo agar berjanji untuk melindungi adiknya.

6. Mother is A Whore

drama keluarga korea terbaik, drama keluarga korea terbaru, drama keluarga korea yang bagus drama keluarga korea 2009-2013-2016, dram akorea keluarga bahagia

Membaca judulnya saja mungkin kita sudah tak nyaman. Dugaan kita sudah bercabang-cabang. Namun bagaimanapun, kita tak patut men-judge dulu.

Di film ini, Lee Sang woo tampil sebagai Sang Woo. Dia bukanlah cowok remaja yang menjadi idola para gadis. Sang woo digambarkan sebagai lelaki berusia 38 tahun yang divonis positif HIV. Dia tinggal bersama ibunya yang sudah berusia 60 tahun. Seperti judul filmnya, sang bunda memang seorang (maaf) PSK. Semua itu dilakoninya untuk menyambung hidup.

Situasi sulit tak lantas memutus kasih Sang woo dengan ibunya. Dia sudah tahu bagaimana perihnya sang bunda ketika ayah yang mestinya menjadi pelindung malah menelantarkan dan menikah lagi dengan seseorang cukup fanatic beragama. Mereka bahkan memiliki putera dan puteri, yang kemudian dekat dengan Sang woo.

7. Rough Cut

drama korea tahun 2008-2015 dengan rating tertinggi, drama korea wajib tonton 2014, referensi drama korea drama korea yang wajib ditonton 2012-2016-2017

Judul filmnya sudah memberi ‘bocoran’ kalau tayangannya memang rough alias kasar. Ceritanya Kang Ji hwan yang menjadi aktor temperamental. Saking gampang naik pitamnya, banyak rekan aktor lain yang mundur. Sementara itu, So Ji sub adalah seorang ketua ganster. Meski demikian, salah-satu hobinya ternyata menonton film dan menjadi fanboy-nya Ji hwan. Dia memang pengin menjadi aktor laga juga.

Baca Juga :  15 Film Korea Paling Romantis dan Manis

Suatu hari, keduanya bertemu dan terciptalah kesepakatan kalau Ji sub dan Ji hwan akan berduet dalam film. Ternyata adegan berkelahinya tidak pura-pura. Namun di momen inilah Ji hwan yang babak belur. Betapa tidak, dia jadi bulan-bulanan ketua gangster betulan!

8. Poongsan

daftar film korea yang harus ditonton, drama korea wajib tonton, film korea wajib tonton, drama korea wajib tonton 2013, drama korea wajib tonton 2011-2012, drama korea wajib tonton 2014-2015-2016

Bagi penonton yang mendambakan happy ending, film ini bisa di-skip. Ceritanya lebih bersifat politis dan satir. Ada pembahasan mengenai Korea Utara dan Korea Selatan, tentang upaya menyatukan ikatan keluarga yang terpisah dan berkumpul sebagai mana mestinya.

9. A Frozen Flower

drama korea kerajaan terbaik, drama korea kerajaan terbaru, drama korea kerajaan terbaru 2012, drama korea kerajaan modern

Film ini juga tidak layak bagi penonton yang belum cukup umur. Tak hanya itu, kalangan homophobia juga tak disarankan untuk menyaksikannya. Di dalamnya memang ada unsur cinta sesama jenis. Garis besar ceritanya tentang Raja Goryeo (diperankan oleh Jo Min mo), yang jatuh hati terhadap komandan pengawalnya sendiri. Sang komandan itu bernama Hong lim, yang diperankan oleh aktor tampan Jo In sung. Meski demikian, sang raja tetap menikah dengan seorang perempuan (Song Ji hyo).

Demi kepentingan diri dan kerajaannya, sang raja tentu harus memiliki keturunan. Tapi di sisi lain, dia tidak bersedia ‘tidur’ dengan permaisurinya. Untuk itu, dia menyuruh pasangan gaynya, Hong Lim. Kontan saja, Hong Lim dan sang permaisuri menolak. Namun titah raja memang kuat. Mereka pun melakukannya. Siapa sangka, benih cinta mulai tumbuh diantara Hong Lim dan sang permaisuri. Meski awalnya dijalani secara tertutup, namun akhirnya raja bisa mencium skandal tersebut.

10. The Good, The Bad, The Weird

drama korea komedi terbaik, drama komedi terlucu, drama komedi terbaru terbaik, drama komedi terbaik hingga 2015, drama korea terbaik terlucu terkeren

Kemunculannya terinspirasi oleh “The Good, The Bad dan the Ugly”-nya Sergio Leone, Italia. Namun versi Korea ini tak kalah bagusnya. Terbukti, publik menyambut dengan baik. Lebih lagi para aktor ternama juga terlibat di dalamnya. Ada Lee Byung hun, Song Kang ho dan Jung Woo sung.

Setting ceritanya ada di tahun 30-an. Waktu itu daerah Asia timur laut ditundukkan oleh bangsa imperialis Jepang. Para penduduk Korea pun terpaksa menuju ke Manchuria, area gersang penuh dengan kuda.  Mereka memiliki berbagai profesi, termasuk juga menjadi pencuri atau bandit. Selanjutnya cerita berkembang pada penelusuran sebuah peta yang ditengarai sebagai sumber jalan menuju harta karun.

11. Psychics (Haunters)

film korea keren 2010, film korea keren 2011, film korea keren 2012, film korea keren 2013, film korea keren 2014, film korea keren 2015, film korea keren 2016, film korea keren 2017

Kekuatan super, superhero dan penjahatnya tak hanya dimiliki oleh pemeran di film-film barat. Film atau drama Korea juga memilikinya. Salah-satunya ya Psychic aka The Haunters ini.

Dua pemeran utamanya adalah aktor Korea yang memiliki pesonanya tersendiri. Mereka adalah Kang Dong won, lelaki bersuara berat yang berperan sebagai Cho in. Dia memiliki kemampuan tak biasa lewat matanya. Sekali tatap, dia bisa memengaruhi orang yang dipandangnya.

Di sisi lain, ada tokoh bernama Kyu Nam yang diperankan oleh Ko Soo. Lagi-lagi, dia juga adalah aktor yang ganteng luar biasa. Tapi di film ini, wajah dan pakaiannya terlihat kucel. Namun dia tetap tampan. Dia juga menjadi satu-satunya orang yang tak terpengaruh oleh tatapan Cho in.

Baca Juga :  Daftar Drama dan Film yang Dibintangi Park Bo gum

12. The Thieves

film korea tentang pencurian terbaik, film korea tentang penculikan, film korea tentang pencuri, film korea pencurian penculikan

Jika kamu merasa familiar dengan jalan ceritanya, film Korea yang satu ini memang mengadaptasi dari Ocean’s 11. Film ini juga jadi momen pertemuan perdana diantara Kim Soo hyun dan Jeon Ji hyun. Chemistry yang terbentuk diantara mereka begitu kuat dan tentu menjadi magnet tersendiri di mata penonton.

Judulnya bermakna “Para Pencuri”, sehingga inti ceritanya pun fokus pada aktivitas kriminal tersebut. Diceritakan ada 5 pencuri yang sudah mahir dan profesional dari Korea Selatan. Suatu hari, sang bos memberi misi berat dan berharga bagi mereka. Tugasnya yaitu mencuri sebuah berlian yang dijuluki sebagai “The Tear of the Sun”. Batu berharga tersebut bernilai tinggi, demikian juga dengan misi yang mereka emban. Mereka pun mesti bergabung dengan 4 pencuri lain yang berasal dari Tiongkok.

13. Penny Pinchers

komedi romantis korea terbaik, komedi romantis korea 2015, komedi romantis korea 2011-2014, komedi romantis korea movie, komedi romantis korea drama

Film ini cukup menghibur sekaligus mengajarkan banyak hal. Kita dibuat tertawa oleh humor-humor yang terkandung di dalamnya, dibuat berdesir oleh romantismenya bahkan secara tidak langsung dibuat berhemat karena sebuah target yang ditetapkan si tokoh. Duet Ji woong dan Hon sil cukup fun, menghangatkan jiwa sekaligus menyentuh, apalagi di akhir-akhir cerita.

14. Always Only You

melodrama korea terbaik, melodrama korea 2011-2015, film korea melodrama terbaik 2011-2014, film melodrama korea paling sedih

Yang satu ini merupakan film melowdrama lain ala Korea. Aktor utamanya, So Ji sub, berperan sebagai Cheol Min. Dia adalah mantan petinju, lengkap dengan masa lalunya yang gelap. Tapi kemudian Cheol min mendapat pekerjaan lain. Dia menjadi penjaga pintu parkir, yang awalnya ditempati oleh seorang kakek.

Pekerjaan itu pula yang secara tidak langsung mengenalkan dan mengakrabkannya pada Jung hwa, gadis tuna netra yang diam-diam mencuri hati si mantan petinju. Gadis itu juga membuat Cheol min melihat ‘cahaya hidup’. Namun perjalanan mereka tidak datar. Kejadian demi kejadian mereka alami, termasuk ketika Cheol min pergi ke Thailand dan tak menemani proses operasi Jung hwa.

15. Beautiful

drama korea paling romantis, drama korea terbaik, drama korea terbaru, Film, film korea lucu romantis, film korea romantis komedi, film korea romantis terbaik sepanjang masa, Korea, Movie, Romance, Romantis, sinopsis, sinopsis drama korea romantis

Cha Soo yeon berperan sebagai Eun yeong, seorang perempuan yang sangat jelita. Namun wajahnya yang rupawan malah jadi kutukan tersendiri. DIa menarik perhatian lelaki, sekaligus mengundang rasa iri kaum hawa lainnya. Ia sempat trauma oleh kecantikannya sendiri, sehingga berupaya menurunkan daya tarik dirinya, misalnya dengan menggemukkan badan. Namun hasilnya nihil. Sampai kemudian, datang sosok Eun cheol (diperankan oleh Cha Soo yeon) yang memberikan rasa iba serta empati padanya.

Sudah masuk daftar yang ke-15, itu artinya postingan ini mesti berakhir. List di atas memang campur-aduk, dan pastinya memiliki sisi menarik masing-masing. Tapi, apa kamu punnya rekomendasi film keren lain? 15 Referensi Film Korea yang Wajib Kamu Tonton #RD

Loading...