20 Film Kartun Nickelodeon Terbaik dan Terkeren Sepanjang Masa

Film Kartun Nickelodeon Terbaik Paling Keren Sepanjang Masa

Nickelodeon. Ada yang familiar dengan nama ini?

Mengingat nama Nickelodeon, kita mungkin langsung teringat film kartun. Beberapa judul memang begitu populer dan menempel di ingatan pemirsanya. Entah itu Spongebob Squarepants, Hey Arnold!, Avatar, dsb. Siapa sangka, di tahun 80 sampai awal tahun 90-an, Nickelodeon lebih dikenal karena tayangan live-action-nya. Sampai kemudian program mereka mengalami pergeseran. Kini Nickelodeon atau Nick Jr.

Nickelodeon lebih memofuskan diri pada ranah kartun, menjadi sumber hiburan, khususnya bagi anak-anak. Beberapa tayangan yang menjadi “kartun perkenalan” Nickelodeon terdiri dari Rugrats, Doug, Ahhhhh Real Monster, dsb. Barulah di tahun 2000, mereka benar-benar menjadi hits setelah berhasil meluncurkan dan mempopulerkan Spongebob Squarepants. Siapa yang tak mengenal kartun dengan tokoh utama berwarna kuning itu? Nickelodeon juga semakin mengokohkan posisinya dengan meluncurkan Avatar. Namun selain kartun-kartun mainstream tersebut, mereka juga merilis kartun-kartun terbaik dan terseru lain.

Apa saja? Jom!

1. Avatar: The Last Airbender

kartun terbaik sepanjang masa, kartun terbaik jepang amerika, kartun terbaik 2014-2015-2016, kartun terbaik 2015-2016-2017, film kartun terlaris, kartun paling populer

Dari tahun 2005 sampai 2008, kartun Amerika-Asia ini muncul sebanyak 3 musim di Nickelodeon. Inti ceritanya tentang tokoh bernama Aang (aslinya disuarakan oleh Zach Tyler Eisen), remaja berusia 20 tahun, yang tengah melakukan misi persatuan dan perdamaian dunia. Ia bersama kawan-kawannya ingin menyudahi peperangan yang dilancarkan bangsa api terhadap 3 bangsa lainnya, yakni suku air, kerajaan bumi atau darat serta para perantau udara. Kartun yang berisi petualangan ini tak sulit mendapat penggemar. Orang memang sangat mengagumi temanya, jalan ceritanya, karakternya, humornya, sisi budayanya, seni grafisnya, dsb.

2. Rugrats

kartun paling jelek, kartun paling seru, kartun paling fenomenal

Kartun yang mulai muncul di tahun 90-an, yakni pada 11 Agustus 1991. Itu artinya, Rugrats keluar pasca Doug, kartun lain besutan Nicktoon. Secara garis besar, Rugrats menghadirkan tokoh-tokoh utama yang berisi balita. Ada Tommy, Phil, Chuckie, Angelica dan Lil. Mereka menceritakan bagaimana kehidupan sehari-hari ala bayi. Tentu ada pengalaman hidup yang kemudian menjadi petualangan tersendiri bagi mereka. Menonton kartun ini menyadarkan kalau ada beberapa hal yang kerap tidak disadari orang tua di masa-masa pertumbuhan anaknya.

3. SpongeBob SquarePants

film kartun terlaris, film kartun terlucu, film kartun terlaris sepanjang masa, film kartun terlaris 2015-2016-2017, film kartun terlarang

Stephen Hillenburg ada sosok vital di balik kehadian SpongeBob. Dia yang seorang ahli biologi laut serta seorang animator adalah penciptanya. Untuk ceritanya sendiri, rasanya sebagian besar orang sudah mengetahuinya. Kartun ini terfokus pada SpongeBob, si kotak berwarna kuning yang bersuara khas, energetik, selalu optimis, cerewet, kekanak-kanakkan, solider, pandai membuat burger Krusty Krab, dsb. Ia dikelilingi banyak tokoh pendukung. Baik itu Patrick, Squidward, Mr. Krab, dsb. Tak hanya dalam seri kartun, ceritanya berkembang juga dalam bentuk film. Untuk sekuelnya bahkan sudah muncul di bulan Februari tahun 2015 ini. Kelucuan, keunikan, pesan persahabatan, plot, petualangan, dsb memang sangat menghibur sekaligus menginspirasi para penonton.

4. Hey Arnold!

kartun terbaik di dunia 2014-2015-2016, kartun terbaik jepang, kartun terbaik 2014-2015-2016, kartun terbaik 2015-2016-2017

Anak-anak tahun 90-an pasti akrab dengan kartun yang satu ini. Karya Craig Bartlett ini terfokus pada Arnold, seorang anak laki-laki yang digambarkan duduk di kelas 4. Dia tinggal di lingkungan kumuh bersama kakek-neneknya, sebab sang orang tua sudah meninggal karena kecelakaan udara. Film ini menggambarkan bagaimana pengalaman Arnold menyusuri kehidupan ala kota besar, tentu diaduk juga dengan gesekan yang terjadi dengan teman-temannya. Penonton secara umum memandang positif sebab kartun ini menggambarkan perkembangan karakter dengan baik, ceritanya cukup emosional serta tema yang diangkat pun cukup dewasa untuk tayangan kartun.

5. The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius

kartun terbaik sepanjang masa, kartun terbaik jepang amerika, kartun terbaik 2014-2015-2016, kartun terbaik 2015-2016-2017, film kartun terlaris

Singkatnya, orang sering menyebut kartun ini sebagai “Jimmy Neutron”. Kartun hasil kreasi John A. Davis ini tayang selama 3 musim, dari 20 Juli 2002 sampai dengan 25 November 2006. Dikisahkan karakter utamanya yang bernama Jimmy. Dia adalah seorang anak dengan rambut jambul yang duduk di kelas 5. Si jenius ini memiliki ‘hewan peliharaan’ berupa anjing-robot bernama Goddard. Teman-temannya bernama Carl dan Sheen. Sebagaimana karakter anak-anak, ia dan kawan-kawan juga kerap terlibat dalam masalah yang seru.

6. The Fairly OddParents

kartun paling mengerikan, kartun paling menyeramkan, kartun paling populer, kartun paling sadis

Selain SpongeBob SquarePants, The Fairly OddParents menjadi kartun kedua dengan penayangan terpanjang di Nickelodeon. Totalnya sebanyak 5 musim. Kartun yang cukup populer ini menceritakan Timmy Turner, seorang anak yang malang. Orang tua menelantarkannya. Demikian juga babysitter-nya yang malah menyakitinya. Ia kemudian dianugerahi orang tua angkat ‘tak biasa’ bernama Cosmo dan Wanda. Ia bahkan diberi kesempatan untuk mengajukan berbagai permintaan. Hal inilah yang menjadi penyebab berbagai masalah, dan tentunya Timmy sendiri yang mesti meluruskannya. Berbagai tokoh antagonis pun tercipta untuk menghalang-halangi misi Timmy.

7. Danny Phantom

danny phantom episode 1, danny phantom games, danny phantom wiki, danny phantom episode list, download danny phantom sub indo, danny phantom dress up, danny phantom games online, danny phantom game

via : pinterest.com

Kartun buatan Butch Hartman ini tayang selama 3 musim. Ia mengangkat tokoh bernama Danny Fenton. Awalnya Danny hanyalah anak biasa, sampai kemudian ia terlibat insiden di laboratorium orang tuanya. Hal itu membuatnya mengungkap portal antara dunia manusia serta hantu. Dari kejadian itu, ia berubah menjadi sosok setengah hantu, menguasai hal-hal berbau paranormal dan mampu menyelamatkan kota kalau sewaktu-waktu diserang hantu. Rahasianya itu hanya diketahui oleh Jazz (kakak perempuannya) serta dua sahabatnya bernama Samantha dan Tucker. Style-nya yang khas dan klasik membuat pemirsa menyukai kartun unik ini.

8. CatDog

cat dog, cat dog nickelodeon, catdog theme chords,catdog theme song youtube, catdog theme song lyrics, catdog theme song mp3 download, catdog theme song, catdog theme song mp3

Entah apa yang membuat Peter Hannan menciptakan kartun unik dan aneh ini. Sesuai namanya, CatDog memang menceritakan tentang kucing dan anjing. Hanya saja, kartun ini membuat dua hewan itu berada dalam satu badan. Mereka ternyata kembar siam. Ide ini tentu sangat menarik, mengingat kucing dan anjing terkenal bermusuhan dan hampir tak mungkin jika bisa disatukan. Tentu saja mereka mesti menghadapi berbagai masalah dengan keadaan tersebut, belum lagi dari Winslow, seekor tikus yang kerap menggoda sisi kucing. Sementara saudaranya, anjing, lebih senang memburu isian tong.

9. Invader Zim

kartun paling mengerikan, kartun paling menyeramkan, kartun paling populer, kartun paling sadis

Bukan tanpa alasan kalau kartun ini berhasil memenangkan Annie Award, Emmie Award dan World Animation Celebration Award. Kartun ciptaan Jhonen Vasquez ini memang menyajikan jalan cerita yang terbilang tak biasa. Adalah Zim, tokoh yang dikisahkan berasal dari Planet Irk. Di sini ia menjadi antihero dan protagonis tituler yang pengin menaklukan dunia. Ia bersama anak buah robotnya, GIR, juga ingin memperbudak umat manusia.

10. Doug

kartun barat terbaik, kartun barat jaman dulu, kartun barat terbaru 2015-2016, kartun barat terbaru, kartun barat terbaru 2017

Jim Jinkins menciptakan Doug yang terinspirasi dari buku sketsanya. Doug sendiri bernama asli sebagai Douglas Funnie, sosok remaja tanggung yang menceritakan kejadian atau pengalaman sehari-hari yang dialaminya. Beberapa serinya menjelaskan tentang berbagai topik terkait dunia remaja. Entah tentang rasa percaya diri, rumor, aksi bullying, hubungan asmara, dsb. Mayoritas episodenya berisi usaha DOug yang berusaha keras meninggalkan kesan mendalam di mata teman-temannya, sekaligus sosok yang ditaksirnya, yaitu Patti Mayonnaise.

11. Rocko’s Modern Life

rocko's modern life dingo, rocko's modern life characters, rocko's modern life episodes, rocko's modern life watch, rocko's modern life theme, rocko's modern life job, rocko's modern life wiki, 90s cartoons

Sekilas, karakter ROcko di sini mirip dengan dinosaurus kecil. Namun ternyata ia adalah seekor wallaby atau kangguru kecil. Ia merupakan immigran yang tinggal di kota fiksi, Kota O, bersama kawan-kawannya. Ada Heffer, semacam sapi yang rakus. Lalu ada Filburt, seekor kura-kura serta seekor anjing yang setia bernama Spunky. Humor atau komentar sosial yang diungkapkan cukup dewasa dan bersifat satir.

12. The Wild Thornberrys

the wild thornberrys movie, wild thornberrys conspiracy theory, wild thornberrys donnie, the wild thornberrys wiki, the wild thornberrys episode 1, the wild thornberrys full episodes

Kartun ini menjadi potret keluarga nomaden, bernama Thornberrys. Namun yang menjadi pusatnya yaitu Eliza, gadis kecil yang menyimpan skill besar. Ia ternyata mampu berkomunikasi dengan hewan. Ia memang tumbuh sebagai anak yang pintar, pemberani, tulus, namun juga keras kepala. Kemampuan spesialnya cukup membantu ELiza dan keluarga yang memang kerap berpertualang, menjelajahi kehidupan liar dunia. Namun ia mesti menjaga keajaiban yang menjadi rahasia besarnya itu. Kalau tidak, kekuatannya akan hilang.

13. The Angry Beavers

kartun paling jelek, tokoh kartun jelek, kartun orang jelek, film kartun jelek

Dagget dan Norbert adalah dua berang-berang bersaudara yang kompak ke luar dan meninggalkan rumah. Mereka ingin hidup mandiri di sebuah hutan yang berdekatan dengan lokasi bernama Wayouttaton, Oregon. Namun gaya hidup yang didambakan mesti terusik oleh beberapa kondisi aneh. Mereka menghadapi ilmuwan pemerintah yang aneh, penyihir, penjahat dsb. Di sana, mereka memiliki teman baik berupa pohon raksasa yang bernama Stump.

14. The Ren & Stimpy Show

kartun paling jelek, tokoh kartun jelek, kartun orang jelek, film kartun jelek

Kartun yang seangkatan dengan Rugrats dan Doug ini tayang selama 5 musim. Seri ini dan seri kartun lain, “The Simpsons”, kerap disebut sebagai inisiator tayangan animasi “satir” lain seperti SpongeBob SquarePants, Family Guy, South Park, dsb. Ceritanya sendiri tentang Ren Si chihuahua yang emosinya labil, Stimpson J si kucing yang baik dan cukup pintar.

15. Rocket Power

rocket power dewasa, rocket power episodes, rocket power theme song, rocket power episodes online free, rocket power handshake, rocket power personajes, rocket capsule, nickelodeon, 90s cartoons

Tayangan animasi selanjutnya melakukan debut di pertengahan Agustus tahun 1999. Kartun ini kemudian berakhir pada akhir Juli 2004, tepat setelah penayangannya berlangsung selama empat musim. Ceritanya berpusat pada empat sahabat bernama Otto Rocket, Regina “Reggie” Rocket, Samuel “Squid” Dullard dan Maurice “Twister” Rodriguez. Salah-satu hal utama yang menyatukan mereka adalah hobi bermain olahraga ekstrem. Baik itu skateboard, olahraga sepeda gunung, berselancar, dsb.

16. Avatar: Legend of Korra

avatar the legend of korra sub indo, avatar the legend of korra book 2, avatar the legend of korra book 5, avatar the legend of korra book 3, avatar the legend of korra book 1 sub indo, avatar the legend of korra sinopsis, download avatar the legend of korra, avatar the legend of korra episode 13

Seri kartun atau animasi ini tayang dari tahun 2012 sampai 2014. Sebagaimana yang kita tahu, judul ini menjadi lanjutan dari seri sebelumnya yang bertajuk “Avatar: The Last Airbender”. Sekuel ini masih berada di alam fiksi, di mana-mana sebagian orang mampu memanipulasi satu dari empat elemen yang ada. Baik itu air, bumi atau darat, api serta udara. Namun hanya ada satu orang, Sang Avatar, yang mampu mengendalikan semuanya sekaligus. Kemampuan itu tidak lantas memudahkan hidupnya. Ia justeru mesti menghadapi berbagai urusan politis serta bertanggung jawab juga dalam menjaga keseimbangan dunia.

17. Aaahh!!! Real Monsters

kartun paling jelek, tokoh kartun jelek, kartun orang jelek, film kartun jelek, ahhh ahhh, aaahh kamyuu baruu tauuu

Angkatan tahun 90-an, namun masih juga terkenang sampai sekarang. Kartun ini menceritakan tentang 3 monster remaja. Mereka bernama Ickis, Oblina dan Krumm. Ketiganya daftar di akademi “per-monster-an”, dengan kepala sekolah The Gromble. Tujuan utama pengajarannya yakni melatih para monster agar bisa menakut-nakuti manusia dengan baik dan benar.

18. All Grown Up!

all grown up episodes, rugrats all grown up characters, all grown up wiki characters, rugrats all grown up angelica died, rugrats teori, rugrats characters, rugrats theory, rugrats misteri

Arlene Klasky dan Gábor Csupó menjadi dua nama utama yang mengkreasikan kartun ini. Boleh dibilang, All Grown Up menjadi lanjutan kehidupan dari para tokoh Rugrats. Ada Tommy, Chuckie, Dil, Phil, Lil, Angelica, Kimi dan Susi. Mereka yang tadinya balita sudah tumbuh menjadi remaja tanggung.  Kehidupan keseharian mereka pun tentunya jadi berbeda dan semakin bervariasi saja.

19. Pinky and the Brain

pinky and the brain take over the world, pinky and the brain youtube, pinky and the brain lyrics, the pinky and the brain theme song lyrics, pinky and the brain theme song, pinky and the brain quotes, pinky and the brain episodes, pinky and the brain inherit the wheeze

Kamu Pengagum Steven Spielberg? Kartun yang satu ini menjadi salah-satu hasil kolaborasinya. Dua karakternya, Pinky dan Brain, adalah tikus yang mampu melakukan research. Pinky sebenarnya baik, namun ia sedikit (maaf) bodoh. Sementara Brain yang jenius kerap merancang perangkat dengan tujuan untuk menaklukan dunia. Namanya ternyata berasal dari singkatan dengan kepanjangannya  “Biological Recombinant Algorithmic Intelligence Nexus”. Namun rencananya kerap gagal, baik karena kebodohan Pinky atau memang arogansi dirinya sendiri.

20. My Life as a Teenage Robot

my life as a teenage robot final episode, my life as a teenage robot (a titles, my life as a teenage robot episodes, watch my life as a teenage robot season 1 episode 1, my life as teenage robot wiki, my life as a teenage robot characters, my life as a teenage robot escape from cluster prime, my life as a teenage robot watch online

Rob Renzetti menciptakan kartun dengan teman fantasi ilmiah ini. Tokoh yang ditampilkan bernama XJ-9 atau Jenny Wakeman. Sebenarnya ia memiliki beban untuk melindungi bumi, tapi di sisi lain ia pengin  sekali hidup normal seperti remaja kebanyakan. Ia memiliki teman-teman baik bernama Brad yang gemar berpetualang, Tuck Carbuckle yang sering jadi follower serta Sheldon Lee, yang terkesan “cupu” dan menyukai Jenny. Namun Jenny sendiri memandangnya sebagai teman biasa.

 Bicara tentang Nickelodeon, kita berarti tengah mengupas dunia kartun yang banyak jumlahnya. Masih ada judul-judul lain yang bagus. Katakanlah Chalkzone, Drake & Josh, iCarly, dsb. Namun demikianlah top 20 yang terbaik, terseru dan terkeren yang pernah diluncurkan Nickelodeon, setidaknya untuk saat ini. Kalau kamu sendiri memfavoritkan yang mana, nih? 20 Film Kartun Nickelodeon Terbaik Sepanjang Masa #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *