20 Vokalis Musik Rock Terbaik Saat ini dan Sepanjang Masa

Vokalis Musik Rock Terbaik Sepanjang Masa

Siapa yang menyukai musik genre rock?

Rasanya jenis musik yang satu ini tak akan pernah kehilangan penggemar. Justeru genre ini kerap menginspirasi kehadiran sub-genre lain. Baik musisi maupun fansnya pun semakin banyak. Ada yang menjalani karier sebagai musisi rock secara solo, banyak juga yang tergabung dalam sebuah band. Dari zaman dulu sampai sekarang, mereka datang silih berganti. Banyak yang bertahan dan meninggalkan kesan, tak jarang pula yang mesti terjungkal.

Khusus di daftar ini, nama-namanya pasti sudah tidak asing lagi. Beberapa dari mereka merupakan artis solo, dan ada juga yang merupakan vokalis utama atau penggerak dari sebuah band rock. Sebenarnya, jumlah mereka terlalu banyak untuk dituliskan.  Karena itu, kami menyaringnya menjadi top 20 saja. Nah, siapa saja penyanyi rock terbaik yang masuk list? Jom!

1. Freddie Mercury

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020

Freddy Mercury lahir dengan nama Farrokh Bulsara. Dia lahir di Zanzibar, Tanzania. Tepatnya pada 5 September 1946. Meski sudah tergabung dengan berbagai grup musik, namun namanya sangat kental dengan Queen. Dia memang menjadi vokalis sekaligus penulis lagu yang handal. Melalui pengaruhnya juga, band tersebut menjadi salah-satu yang terbaik dan terlaris.

Apalagi ketika Freddie Mercury merilis lagu fenomenal berjudul “Bohemian Rhapsody”, talenta dirinya dan band semakin tereksplor dan membuat orang terkagum-kagum. Freddy juga terkenal piawai ketika tampil langsung atau live. Ia menjadi salah-satu penyanyi yang paling cerdik ketika berinteraksi dengan penonton. Jiwa seninya pun begitu tinggi. Tak ayal kalau dia kerap terlibat dalam mendesain album-album lain.

Kehidupannya sama dengan selebriti pada umumnya. Dia begitu menyenangi pesta atau gaya hidup mewah. Namun kehidupan pribadinya tidak terlalu tereksplor. Sampai kemudian sehari menjelang kematiannya, 23 November 1991, dia memberikan pernyataan yang sangat mengejutkan publik. Freddy Mercury mengaku positif HIV-Aids. Dia meninggal di usianya yang masih 45 tahun, di London, Inggris.

2. Robert Plant

vokalis terbaik di dunia sepanjang masa, vokalis terbaik di dunia 2015, vokalis terbaik di dunia 2015-2016, vokalis terbaik di dunia 2016-2017, vokalis terbaik di dunia 2015-2020

via : pinterest.com

Robert Plant lahir pada 20 Agustus 1948 di Bromwich Barat, Staffordshire, Inggris. Dia bukan hanya penyanyi, melainkan juga penulis lagu yang sangat popular. Ia menjadi vokalis dari band ternama, Led Zeppelin, yang sebelumnya sempat memiliki nama “New Yardbirds”. Di tangannya ini, sebagian besar lirik lagu band tercipta.

Terinspirasi dari Elvis Presley, Robert Plant sudah menaruh minat di dunia musik ketika usianya masih muda. Bahkan ia sampai keluar sekolah demi mengejar karier bermusiknya. Keputusannya itu menggiringnya pada pembentukan berbagai grup musik, sampai kemudian lahir Led Zeppelin. Dia dan gitaris bertalentanya, Tommy Page, langsung berhasil menggaet banyak fans. Genre yang mereka bawakan lebih ke hard rock dan heavy metal.

Pada Juli 2009, Robert Plant dianugerahi penghargaan yang pastinya tak akan ia lupakan. Karena dedikasinya di dunia musik, dia menjadi “Commander of the Order of the British Empire”. Pangeran Charles sendiri yang melimpahkan penghargaan tersebut di istana Buckingham. Majalah Rolling Stone mencatatkan namanya sebagai salah-satu penyanyi terkeren sepanjang zaman. Apalagi ia memang menjadi inspirasi bagi generasi musisi selanjutnya.

3. Elvis Presley

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

via : pinterest.com

Elvis ‘Aaron’ Presley menjadi penyanyi sekaligus aktor yang lahir pada 8 Januari 1935, di Tupelo-Mississipi. Semasa hidupnya, ia meraih kesuksesan cukup pesat. Namanya selalu muncul di radio, televisi atau media lainnya. Ia bahkan dijuluki sebagai Rajanya Rock. Jelas, Elvis Presley ini menjadi salah-satu ikon musik yang paling popular. Banyak sekali musisi besar yang mencatut namanya sebagai inspirator.

Banyak sekali orang yang menjadi fansnya. Gaya bermusiknya lain dan tampilan dirinya pun begitu tampan. Paduan tersebut pastinya sangat pas bagi seorang entertainer. Sayang sekali, keluarga yang sudah dibinanya bersama Priscilla mesti berantakan. Bahkan bermula dari perceraian itulah, Elvis Presley mesti menjalani kehidupan yang destruktif. Sampai kemudian dia meninggal pada 16 Agustus 1977, di Memphis – Tennessee. Usianya masih 42 tahun dan kuat dugaan, gagal jantung akibat penyalahgunaan obat menjadi dalang dibaliknya.

Baca Juga :  8 Mamalia Terkecil di Dunia

4. Jim Morrison

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

Salah-satu penyanyi dan penulis lagu yang sangat kharismatik. Dia merupakan vokalis utama dari The Doors. Namun di tahun 1971, dia memutuskan untuk keluar dari grup musiknya. Morrison pindah ke Paris, menjadi penyair sekaligus menutup usia di sana. Waktu itu usianya masih 27 tahun.

Berita kematiannya menjadi konspirasi tersendiri. Kabar menyebutkan kalau ia meninggal karena gagal jantung. Namun dugaan lain pun muncul. Dia dikebumikan di pemakanan Pere Lachaise, Paris. Lokasi makamnya bahkan menjadi salah-satu destinasi yang sering menarik para turis. Dia memang menjadi legenda musisi rock yang sangat misterius dan berpengaruh.

5. John Lennon

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020

John ‘Winston’ Lennon menjadi penyanyi sekaligus penulis lagu yang cukup berkarakter, popular dan berpengaruh. Vokalis The Beatles ini lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool, Merseyside, Inggris. Namun dia meninggal di New York, pada 8 Desember 1980. Dengan kata lain, usianya tepat kepala empat ketika ditembak dan menemui ajalnya.

John Lennon meraih kesuksesan bersama teman-teman The Beatles-nya. Hasil penjualan album mereka selalu meledak, apalagi popularitasnya, yang sampai sekarang pun belum padam. Bahkan Ratu Elizabeth II sendiri menyatakan kalau The Beatles akan menjadi “Member of the Order of the British Empire”.

6. Paul McCartney

paul mccartney meninggal, paul mccartney song list, paul mccartney quotes, paul mccartney youtube, paul mccartney mp3, istri paul mccartney, biodata paul mccartney, paul mccartney song

via : pinterest.com

Sahabat John Lennon di The Beatles ini merupakan penyanyi, penulis lagu sekaligus aktivis hak-hak hewan. Dia lahir pada 18 Juni 1942 di Liverpool, Inggris. Nama lengkapnya Sir James Paul McCartney, namun orang lebih mengenalnya sebagai Paul McCartney. Pasca bubarnya The Beatles, dia menjalani karier solo dan menjadi salah-satu yang tersukses dan terpopular.

Sama-sama kehilangan sosok ibu di usia muda, dia dan John Lennon pun seperti memiliki ikatan kuat tersendiri. Mereka kemudian membentuk Band The Beatles bersama dengan member lain. Band tersebut menyedot perhatian besar dari publik. Apalagi ketika dunia tengah dilanda krisis politik dan sosial, mereka justeru mengekspresikan harapan akan adanya cinta, damai dan kehidupan menyenangkan di dunia rock & roll.

Khusus Paul McCartney, dia menjadi penulis lirik terbanyak bagi band. Bahkan lagu ciptaannya kerap keluar sebagai hits. Sebut saja “Hey Jude”, “Yesterday”, “Let It Be”, dsb. Dari tahun 1962 sampai 1970, dia dan band sudah menelurkan sebanyak 12 album. Kegiatan touring terus berlanjut sampai mereka memutuskan untuk bubar, menghancurkan hati penggemar. Tapi Paul terus melanjutkan karier dengan debut solo dan masuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”.

7. David Bowie

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

David Robert Jones aka David Bowie lahir pada 8 Januari 1947 di London, Inggris. Dia merupakan penyanyi yang multitalenta. Selain di dunia tarik suara, David Bowie mampu menunjukkan bakatnya sebagai aktor, multi-instrumentalist, penulis lagu dan pelukis. Tak heran kalau di tahun 1996, sang ‘Ziggy Stardust’ ini dilantik dalam “Rock and Roll Hall of Fame”. Bahkan di tahun 2006, ia dianugerahi penghargaan sepanjang masa dari Grammy.

8. Steven Tyler

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

Steven Victor Tallarico aka Steven Tyler lahir pada 26 Maret 1948 di Yonkers, New York. Mantan juri American Idol ini merupakan vokalis dari Band Aerosmith, grup musik yang bertanggung-jawab atas booming-nya lagu “I Don’t Want to Miss a Thing”, “Dream On”, “Goodbye”, “Walk This Way”, dsb. Dia merupakan putera dari guru musik, yang sebenarnya mempelajari drum di usia muda. Namun waktu kemudian mengarahkannya pada profesi menyanyi. Dia sukses bersama bersama Aerosmith, sampai kemudian kesuksesan serta masalah datang silih-berganti, baik untuk dirinya sendiri maupun grup musiknya. Yang jelas, namanya pasti masuk dalam daftar vokalis berpengaruh atau yang terbaik.

9. Axl Rose

10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

William Bruce Bailey merupakan nama asli dari Axl Rose. Dia lahir pada 6 Januari 1962 di Lafayette, Indiana. Mendengar namanya, kita akan langsung teringat Guns n’ Roses. Selain sebagai vokalis utamanya, dia juga merupakan salah-satu orang yang membawa grup musik sukses tersebut ke dunia. Axl Rose pun menjelma jadi penyanyi yang sukses dan kharismatik, tapi sekaligus kontroversial. Di tahun 2012 saja, ketika band-nya didedikasikan dalam “Rock and Roll Hall of Fame”, dia malah tidak hadir. Meski demikian, dia sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Baca Juga :  10 Maskot Restoran Cepat Saji Versi Anime, Bikin Pangling

10. Mick Jagger

vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020

Michael Phillip Jagger aka Mick Jagger lahir pada 26 Juli 1943 di Dartford, Inggris. Dia merupakan aktor, penulis lagu dan tentunya vokalis Rolling Stones yang sudah perform selama lebih dari setengah abad. Penampilannya di panggung begitu kharismatik. Namanya serta nama band-nya pun sudah menjadi legenda tersendiri di industri musik dunia. Berbagai penghargaan bergengsi sudah mereka raih. Ia sendiri sudah mencapai karier solo dan meraih kesuksesan besar. Eksistensi dan pengaruhnya begitu besar di dunia musik, khususnya genre rock.

11. Steve Perry

vokalis paling ganteng di dunia, vokalis paling berpengaruh di dunia, vokalis paling ganteng di dunia, vokalis paling tampan di dunia, vokalis paling keren di dunia

Stephen Ray Perry aka Steve Perry lahir pada 22 Januari 1949 di Hanford, California. Dulu ia sempat bermain untuk band-band lain. Namun kesuksesan dan nama besar baru diraihnya pasca bergabung dengan Journey. Mereka menelurkan banyak hits. Namun vokalis yang satu ini hanya bertahan selama 10 tahun. Dia keluar dan memutuskan untuk berkarier solo. Salah-satu lagunya, “Oh Sherrie”, booming. Kini dia sudah memiliki tempat istimewa sendiri di ranah musik rock. Dia juga masuk dalam top 100 penyanyi terbaik versi Majalah Rolling Stone.

12. Roger Daltrey

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

via : pinterest.com

Roger Daltrey lahir pada 01 Maret 1944 di London, Inggris. Dia dikenal sebagai penyanyi, gitaris, aktor teater, produser dan aktor di televisi. Yang pasti, dia juga merupakan mantan vokalis Band The Who yang terkenal itu. Suaranya begitu powerful, emosional dan sangat berwarna, membuatnya bertahan selama lebih dari 4 dekade. Band-nya meraih kesuksesan cukup besar. Di tahun 1990, mereka masuk dalam “Rock and Roll Half of Fame”. Sampai kemudian Roger Daltrey memutuskan untuk berkarier solo. Dan di tahun 2005, ia sendiri menerima penghargaan dari Ratu Elizabeth II serta menjadi “Commander of the Order of the British Empire”.

13. Johnny Cash

vokalis paling ganteng di dunia, vokalis paling berpengaruh di dunia, vokalis paling ganteng di dunia, vokalis paling tampan di dunia, vokalis paling keren di dunia

Johnny Cash aka The Man in Black ini lahir pada 26 Februari 1932 di Kingsland, Arkansas. Dia merupakan seorang penulis lagu, gitaris dan penyanyi handal. Sejak usianya masih 12 tahun pun, Johnny Cash sudah akrab dengan gitar. Dia juga kemudian sempat berlatih vokal. Perjalanan karier maupu kehidupannya cukup panjang dan bergelombang. Dulu ia masuk dalam “The Million Dollar Quartet” bersama nama besar lain seperti Elvis Presley, Jerry Lee Lewis dan Carl Perkins. Puteranya, John Carter Cash, menemukan album sang ayah yang bertajuk “Out Among the Stars”. Karya tersebut direkam dari tahun 1981 dan 1984, namun Columbia Records belum merilisnya. Musisi besar ini sudah meninggal pada 12 September 2003 silam.

14. Elton John

vokalis terbaik versi rolling stone, vokalis terbaik versi majalah rolling stones, vokalis terbaik versi majalah rolling stone, 50 vokalis terbaik versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi rolling stone

via : pinterest.com

Reginald Kenneth Dwight aka Sir Elton Hercules John aka Elton John ini menjadi musisi yang sudah tak muda, namun masih aktif. Dia lahir pada 25 Maret 1947 di Pinner, Middlesex, Inggris. Selain menyanyi, dia juga merupakan pemain piano dan komposer yang handal dan popular. Prestasi dan penghargaan sudah banyak ia rengkuh. Demikian juga dengan penjualan karyanya, yang selalu meroket. Tak heran kalau di tahun 1994, dia termasuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”. Dia juga dinobatkan sebagai “Commander of the Order of the British Empire”. Namanya pun berubah jadi Sir Elton John. Selain menikmati kesuksesan, ia juga berbagi dengan mendirikan yayasan serta menjadi donator bagi kegiatan amal atau organisasi seni, meskipun ada kontroversi dibalik kehidupannya yang menikah sesama jenis.

15. Stevie Nicks

vokalis wanita terbaik sepanjang sejarah, penyanyi wanita terbaik saat ini, penyanyi wanita terbaik sedunia, penyanyi wanita terbaik se asia, penyanyi wanita terbaik sepanjang masa

via : pinterest.com

Stephanie Lynn Nicks lebih dikenal sebagai Stevie Nicks. Dia merupakan penyanyi dan penulis lagu yang lahir pada 26 Mei 1948 di Phoenix, Arizona. Namanya sangat lekat dengan salah-satu grup musik paling popular, Fleetwood Mac, sampai kemudian menjadi penyanyi solo. Grupnya masuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”. Di tengah-tengah pelayaran karier dan cerita hidupnya, ia sempat didera masalah kecanduan. Proses rehabilitasi pun dilakukan dan pasca lebih sehat-berenergi, ia kembali berkarier. Tahun 2014 kemarin saja, penyanyi ini tampil dalam drama horror Amerika.

Baca Juga :  Wisata Kuliner di Mesir - (Culinary Tour in Egypt)

16. Janis Joplin

penyanyi wanita terbaik sedunia, penyanyi wanita terbaik se asia, penyanyi wanita terbaik sepanjang masa, vokalis wanita terbaik sepanjang sejarah, penyanyi wanita terbaik saat ini

via : pinterest.com

Janis ‘Lyn’ Joplin lahir pada 19 Januari 1943 di Port Arthur, Texas. Dia sering dijuluki sebagai “First Lady of Rock & Roll”. Suaranya memang sangat kuat dan berkarakter. Ia sempat berkarier bersama Big Brother serta Holding Company sebelum akhirnya melakukan debut solo. Beberapa single-nya, seperti “Try (Just a Little Bit Harder)” dan “To Love Somebody” menjadi hits. Dia menjadi musisi perempuan yang sangat menonjol diantara ‘kepungan’ musisi laki-laki yang juga tengah naik daun. Sayang sekali, ia meninggal di usianya yang masih muda. Lady Rocker dunia ini meninggal pada 4 Oktober 1970 di Hollywood, California. Kala itu usianya masih 27 tahun dan tengah berjuang dengan ketergantungannya pada obat, alcohol dan heroin. Penyebabnya pun dikabarkan karena kecelakaan overdosis obat. Padahal waktu itu album terakhirnya sangat sukses. Di tahun 1995, namanya masuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”. Lalu di tahun 2005, ia juga menerima penerima penghargaan sepanjang masa dari Grammy Awards.

17. Ozzy Osbourne

vokalis terbaik versi rolling stone, vokalis terbaik versi majalah rolling stones, vokalis terbaik versi majalah rolling stone, 50 vokalis terbaik versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi rolling stone

John Michael Osbourne aka Ozzy Osbourne adalah seorang bintang televisi sekaligus penyanyi. Dia lahir pada 3 Desember 1948 di Birmingham, Inggris. Namanya naik seiring dengan melajunya popularitas Black Sabbath. Band heavy metal tersebut meraih kesuksesan besar, baik secara popularitas, pengaruh maupun finansial. Sampai kemudian di tahun 1978, dia meninggalkan band dan memutuskan untuk bersolo karier. Album debutnya di tahun 1980, “Blizzard of Ozz”, mendapat sambutan ramah dari pendengar. Dia dan Black Sabbath sempat reuni di tahun 2005 dan mereka menggelar berbagai konser. Mereka juga masuk dalam “Rock and Roll Hall of Fame”.

18. Ronnie James Dio

vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 10 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, 100 vokalis terbaik dunia sepanjang masa, inilah 20 vokalis terbaik dunia sepanjang masa

Dio adalah merupakan grup musik atau band beraliran heavy metal asal Amerika yang terbentuk pada tahun 1982. Nama Dio dipilih karena dianggap sudah cukup familiar bagi publik. Member penting dibalik terbentuknya band ini yaitu Ronnie James Dio, yang tak lain merupakan mantan personil Band Black Sabbath. Dia bekerja sama dengan mantan personil lainnya, Vinny Appice, ketika membentuk band ini. Mereka cukup piawai mengelola band. Karyanya banyak dan penjualannya bagus. Mereka sangat berduka ketika Ronnie James Dio meninggal pada 16 Mei 2010.

19. Kurt Cobain

kurt cobain wallpaper, kurt cobain quotes, kurt cobain grunge, kurt cobain picture, biografi kurt cobain, kata kata kurt cobain, kurt cobain bunuh diri, kematian kurt cobain

Kurt ‘Donald’ Cobain lahir pada 20 Februari 1967 di Aberdeen, Washington. Dia sering dikaitkan dengan aliran musik grunge dan bandnya, Nirvana. Salah-satu single hits-nya, “Smells Like Teen Spirit” bahkan sudah dianggap sebagai ‘lagu kebangsaaan’ grunge. Tampangnya cukup tampan. Dia juga sangat bertalenta. Namanya melegenda dan banyak orang yang terinspirasi oleh skillnya. Hanya saja, ia meninggal di tengah popularitasnya pada tanggal 5 April 1994. Karena Grunge sendiri adalah sub genre dari alternatif rock maka Kurt Cobain pun masuk dalam list ini.

20. Chris Cornell

vokalis terbaik sekarang, vokalis terbaik dunia 2015-2016, vokalis terbaik dunia versi rolling stone, vokalis terbaik dunia versi majalah rolling stone, vokalis terbaik dunia 2015-2020

Christopher John Boyle aka Chris Cornell lahir pada 20 Juli 1964 di Seattle, Washington. Dia merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu. Dia dan kawan-kawan membentuk Band Soundgarden di pertengah tahun 80-an. Mereka meraih kesuksesan dan menjadi band grunge terkemuka dari Seattle. Mereka juga dihujani berbagai penghargaan, termasuk dari penjualan album yang pesat serta Grammy Award. Dia sempat berkarier solo di tahun 1999, sampai kemudian kembali membentuk band yang bernama Audioslave dan menelurkan beberapa hits seperti Like A Stone dan Be Yourself. Mereka berkarier di tengah usaha rehabilitasinya karena masalah depresi, penyalahgunaan alkohol-obat serta fobia sosial. Dan lagi-lagi di tahun 2007, Chris Cornell memutuskan berkarier solo. Setahun kemudian, dia berhasil meraih Grammy Award.

Demikian 20 nama yang dianggap sebagai vokalis musik rock terhebat, tersukses dan berpengaruh di dunia. Kita lihat saja, siapa saja nama-nama baru yang akan menggantikan para legenda. Apa ada? 20 Vokalis Musik Rock Terbaik Saat ini dan Sepanjang Masa #RD