6 Jenis Tanaman Tillandsia

Tillandsia Si Jenggot Hantu

Di Indonesia, Tillandsia belum begitu populer. Padahal ia menarik dan unik. Ditambah lagi bentuknya aneh-aneh, tidak seperti tanaman pada umumnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

Nama Tillandsia memang terdengar baru dan aneh bagi telinga kita. Sejarahnya nama itu berasal dari nama seorang dokter Finlandia, Ellias Tilland, yang banyak memperhatikan jenis-jenis tanaman ini.

Bentuk tanamnnya seaneh namanya. Ada yang seperti kumpulan benang kusut terjuntai kebawah menyerupai jenggot. Adalagi yang seperti jarum atau daun cemara. Bahkan ada pula yang di pangkalnya gembung seperti berumbi, dengan daun seperti bawang melengkung.

Tanaman dari famili Bromeliaceae (nanas-nanasan) ini hidup seperti epifit (menempel pada tanaman lain). Berasal dari Amerika Latin dan beberapa daerah bagian selatan Amerika Serikat. Di sana mereka terlihat tumbuh menghadap sinar matahari, menempel pada berbagai jenis kaktus, semak belukar berduri atau pepohonan, permukaan batu karang dan tebing-tebing. Ada pula yang tumbuh di atas tanah yang berkerikil atau berpasir.

Tillandsia tanaman udara sejati, artinya air dan hara diperolehnya melalui udara. Ini semua mungkin terjadi karena adanya trichoma, yaitu bulu-bulu halus yang menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Melalui trichoma itulah air dan hara dari udara diserap. Berikut ini beberapa jenis Tillandsia koleksi Herman Hasyim, kolektor kaktus dan sukulen di Cimacan – Cianjur :

Baca Juga :  21 Alasan Mengapa Hutan Sangat Penting Bagi Kehidupan

1. Tillandsia usneoides

tillandsia usneoides medicinal uses, tillandsia usneoides supplement, tillandsia usneoides care, tillandsia usneoides for sale, tillandsia utriculata, tillandsia usneoides pronunciation, tillandsia usneoides propagation, tillandsia usneoides image

tillandsia usneoides care
gambar : wikipedia.org

Di Indonesia jenis inilah yang paling banyak dikoleksi. Bagi orang awam, tanaman ini memang terlihat aneh. Bentuknya seperti benang panjang yang tumbuh menjuntai, menyerupai jenggot. Karena itu tak heran bila ia dijuluki “Si Jenggot Hantu”.

2. Tillandsia streptocarpa

tillandsia care, tillandsia species, category tillandsia, tillandsia cyanea, tillandsia air plant, tillandsia wholesale, tillandsia propagation

Tillandsia streptocarpa

Yang ini pun aneh. Daunnya yang berbentuk segitiga linear dan tipis, kalau masih muda tumbuh tegak, tapi yang sudah tua membentang, dengan ujungnya melengkung ke belakang. Sepintas seperti berwarna putih, tapi sebenarnya warna putih ini gara-gara trichoma yang menutup seluruh tubuhnya. Bunganya cantik dengan warna biru keunguan, harum dan bisa bertahan sampai 1 bulan.

3. Tillandsia juncea

tillandsia care, tillandsia species, category tillandsia, tillandsia cyanea

Tillandsia juncea

Jenis ini termasuk yang banyak digemari orang, sampai hampir selalu menjadi koleksi penggemar tanaman Tillandsia, karena manis dipandang, mudah didapat, dan tahan ditaruh di luar rumah. Daunnya kecil-kecil seperti lidi. Warnanya kombinasi hijau terang, kuning kehijauan, dan jingga. Yang unik ialah, ia tak bertangkai, jadi sepertinya langsung duduk di media tempatnya menempel.

Baca Juga :  Beberapa Istilah Pertanian dan Artinya

4. Tillandsia butzii

tanaman hias tillandsia, tanaman tillandsia, jual tanaman tillandsia, tillandsia for sale

Tillandsia butzii

Tillandsia butzi terkenal dengan julukan “Strangest looking Tillandsia”. Sesuai dengan julukannya, memang begitulah kesan yang akan muncul pada orang yang pertama kalii melihat tanaman ini. Pangkalnya menggembung dengan bintik-bintik cokelat dan hijau, dilanjutkan dengan helai daun yang bulat, yang runcing ujungnya dan meliuk-liuk.

5. Tillandsia cacticola

tanaman hias tillandsia, tanaman tillandsia, jual tanaman tillandsia, tillandsia for sale

Tillandsia cacticola

Tanaman dari daerah kering bagian utara Peru ini ditemukan di semak-semak kaktus dan pohon akasia. Sosoknya berupa tanaman yang tak bertangkai, dengan helai daun berbentuk segitiga yang sempit. Ia membentuk roset yang menyebar. Seperti saudaranya yang lain, ia pun tumbuh meliuk di ujung daunnya.

6. Tillandsia filifolia

tanaman hias tillandsia, tanaman tillandsia, jual tanaman tillandsia, tillandsia for sale

Tillandsia filifolia

Bila dilihat dari atas, jenis ini sekilas seperti bantalan yang penuh dengan jarm. Sosoknya tidak bertangkai. Yang tampak hanya daun yang tahu-tahu muncul dengan bentuk seperti jarum dan tersusun membentuk roset. Helai daunnya berwarna hijau pakis, dengan pelepah violet yang tampak kabur, karena adanya trichoma yang tersebar merata. #ME

Loading...
error: