JENIS – JENIS BUNGA POTONG

12 JENIS WARNA WARNI BUNGA POTONG

Ada anyelir, aster, krisan, gerbera, lili dan masih banyak lagi. Warnanya pun, ada merah, putih, kuning, ungu dan segala nuansanya. Pokoknya komoditi yang biasanya akrab dengan wanita ini memang menawan. Bagaimanakah bentuk dan sosoknya?

Jikalau anda menghadiri pesta pernikahan tidak jarang menjumpai tempat pelaminan yang dihiasi dengan aneka kembang yang berwarna-warni dan ditata begitu elok serta menawan. Demikian juga kalau anda menghadiri upacara peresmian gedung baru, jangan heran kalau ketemu bunga yang dirangkai menjadi huruf-huruf ucapan selamat dengan warna yang tampak menyala. Tapi kalau anda ditanya bunga apakah itu maka anda belum tentu tahu. Tapi jangan kuatir, inilah diantara bunga itu yang biasa anda lihat pada perayaan-perayaan tertentu :

1. Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus)

bunga teluki, gozdziki kwiaty, gozdzik kwiat, caryophyllus, moonlight carnations, cara merawat bunga anyelir, ms pokok bunga teluki

Bunga Anyelir (Dianthus caryophyllus)
gambar : perennials.com

Bunga yang bentuk ujungnya melebar dengan tepi yang berumbai-rumbai ini memang menawan. Apalagi ditambah dengan warna-warni bunganya yang lembut maka tidak heran kalau bunga ini digemari banyak lagi. Bunga yang asalnya dari Eropa ini harganya relatif mahal. Di Indonesia banyak dijumpai yang warnanya merah, merah muda dan putih, walaupun sebenarnya warnanya bermacam-macam.

2. Bunga Lili (Lilium longiflorum)

bunga lily wikipedia, arti bunga lily, filosofi bunga lili, manfaat bunga lili, bunga lili dari flanel, bunga lili dari sedotan, deskripsi bunga lili, bunga lili merah putih

Bunga Lili (Lilium longiflorum)
gambar : marinetraffic.com

Sosok bunganya seperti corong, berwarna putih dan ada juga yang putih bergaris-garis coklat. Harganya satu kuntum cukup mahal, bisa mencapai Rp. 11.000,00 kalau di Jakarta. Bunga yang asalnya dari Jepang atau Cina ini termasuk Famili Liliaceae (bawang-bawangan) di Indonesia ditanam hanya di daerah dataran tinggi.

Baca Juga :  Meningkatkan Mutu Buah Anggur

3. Bunga Asparaga (Asparagus plumosus)

jenis-jenis tanaman asparagus, asparagus plumosus maintenance, asparagus plumosus nanus, asparagus plumosus turning brown, asparagus plumosus toxic to cats, asparagus plumosus plant

Bunga Asparaga (Asparagus plumosus)
gambar : eutopiamall.com

Tanaman merambat yang termasuk dalam famili Liliaceae (bawang-bawangan) sebenarnya berbunga putih dan mungil. Tapi daunnya yang kecil dan tersusun rapi ternyata lebih menarik para perangkai bunga. Rangkaian bunga akan tampak lebih menarik kalau dilengkapi dengan daun yang berwarna hijau kelam ini.

4. Bunga Dahlia (Dahlia hybrida)

jenis-jenis bunga potong, cara menanam bunga dahlia, nama latin bunga dahlia, cutting flower types

Bunga Dahlia (Dahlia hybrida)
gambar : youtube.com

Warna bunganya memang berwarna-warni. Ada yang putih, merah, kuning, ungu dan tangerine yang sekarang ini banyak di pasaran. Tanaman yang termasuk dalam keluarga sembung-sembungan (Compositae) ini mudah berbunga sehingga harganya relatif tidak mahal.

5. Bunga Gerbera (Gerbera jamesonii)

gerbera care, gerbera meaning, gerbera seeds, growing gerbera, gerbera cuidados, gerbera pronunciation, gerbera care indoor, gerbera cultivation

Bunga Gerbera (Gerbera jamesonii)
gambar : missouribotanicalgarden.org

Banyak ditanam di daerah pegunungan. Berbentuk bunga tunggal yang bertangkai panjang. Warna bunga gerbera yang di Indonesia memang tidak terlalu banyak, hanya merah tua, merah muda, kuning, putih atau kuning kemerahan. Tanaman yang asalnya dari Afrika yang beriklim sedang dan Asia tropik ini termasuk dalam keluarga Compositae (Sembung-sembungan).

Baca Juga :  Fermentasi Biji Kakao Menentukan Cita Rasa Cokelat Sejati

6. Bunga Gladiola (Gladiol hibridus)

bunga gladiola, gambar bunga gladiol, arti bunga gladiol

Gladiola (Gladiol hibridus)
gambar : pantip.com

Sebagai bunga potong gladiola memang punya kelebihan, yaitu kesegarannya dapat dipertahankan 5-10 hari. Warnanya pun sebenarnya bermacam-macam. Orang Indonesia biasa menyebutnya bunga gladiol.

Bunga yang tersusun dalam tandan dan berbentuk bulir ini kalau di Indonesia banyak dijumpai yang warnanya merah kehitaman, kuning, merah muda, putih dan oranye. Termasuk famili Iridaceae dan banyak ditanam di dataran tinggi. Harganya relatif tidak mahal.

7. Bunga Krisan (Chrysanthemum spp)

krisan photo, krisan image, krisan lela, krisan homestay batu, krisan anderson, krisan refugee camp

Bunga Krisan (Chrysanthemum spp)
gambar : vegan8korean.wordpress.com

Jenisnya ada bermacam-macam, tapi di Indonesia yang lazim ditanam sebagai bunga potong adalah yang bunganya besar dan berwarna putih atau kuning. Kirsan yang termasuk keluarga Compositae harga per kuntumnya relatif mahal. Tanaman yang asalnya dari Eropa di Indonesia ditanam di daerah dataran tinggi.

8. Aster (Aster cordifollus)

bunga aster putih, gambar bunga aster, cara merawat bunga aster, bunga indonesian, bunga aster 9399351, arti bunga aster, bunga aster wikipedia, harga bunga aster

Aster (Aster cordifollus)
gambar : marinetraffic.com

Bunga berwarna merah, kuning, ungu, putih dan merah muda ini sebagai bunga potong memang sudah tidak asing lagi. Baik untuk rangkaian bunga maupun untuk menyusun huruf-huruf. Tanaman ini cukup rajin berbunga dan bunganya cukup banyak sehingga harganya relatif tidak mahal. Tanaman yang berasal dari Amerika Utara ini termasuk dalam famili Compositae.

Baca Juga :  Jenis dan Ciri-Ciri Buah Belimbing Manis

9. Bunga Sedap malam (Polynthes tuberosa)

bunga sedap malam photo, bunga sedap malam in english, bunga sedap malam mp3, bunga sedap malam iis sugianto, bunga sedap malam wikipedia, bunga sedap malam iis sugianto

Bunga Sedap malam (Polynthes tuberosa)
gambar : bulbsonline.blogspot.com

Bentuknya memang kurang begitu menarik, tapi bunga ini punya kelebihan, yaitu baunya yang harum (terutama pada malam hari) dan kesegarannya dapat dipertahankan 5-10 hari. Ketenarannya sebagai salah satu jenis bunga potong tidak diragukan lagi. Bunga yang aslinya dari Mexico dan termasuk dalam keluarga Amaryl lidaceae ini harganya bisa melonjak saat menjelang hari raya.

10. Bunga Kenikir (Tegetas erecta)

klasifikasi kenikir, kenikir herb, gambar pokok ulam raja

Bunga Kenikir (Tegetas erecta)
gambar : ummurifqi.wordpress.com

Disebut juga kembang tahi ayam, karena baunya yang kurang sedap. Bunga yang warnanya kuning atau oranye itu banyak digunakan untuk membuat huruf atau menghias mobil untuk pawai. Hingga bunga yang termasuk famili Compositae ini akan laku keras kalau ada peresmian gedung baru atau pada saat ada peranyaan 17 Agustus (Tujuhbelasan).

11. Bunga Anthurium (Anthurium ferriense)

bunga rawang, harga bunga anthurium, bunga anthurium jemani, cara merawat bunga anthurium, bunga anthurium jenmanii

Bunga Anthurium (Anthurium ferriense)
gambar : alibaba.com

Anthurium atau kuping gajah yang daunnya besar-besar ini memang sangat menarik. Tetapi bagi para perangkai bunga yang lebih menarik adalah bunganya yang mempunyai daun seludang yang berwarna merah atau putih. Tanaman yang termasuk dalam famili Araceae ini dapat tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah.

12. Kanilem (Asteromoea indica)

jenis bunga potong, harga bunga potong, budidaya bunga potong, bunga potong segar, bunga potong krisan, bunga potong mawar, jual bunga potong

Kanilem (Asteromoea indica)
gambar : qesign.com

Bentuk bunganya mirip aster tapi lebih kecil-kecil. Warnanya putih dan tengahnya kuning. Rangkaian bunga akan tampak meriah kalau dilengkapi dengan bunga kanilem yang kalau di Jakarta atau Bandung disebut margriet. Bunga ini termasuk keluarga Compositae.

Sebenarnya jenis bunga potong non anggrek masih banyak lagi lainnya. Tetapi yang cukup populer di masyarakat hanya beberapa saja, termasuk yang sudah kami paparkan tadi.

Loading...
error: