Tanaman-Tanaman Yang Cocok Untuk Bonsai Karang

Tanaman-Tanaman Yang Cocok Untuk Bonsai Karang

Sosok batu karang yang berkesan dramatis akan memberikan nilai lebih pada bonsai tanaman. Namun, tidak semua bakalan bonsai cocok dikombinasikan dengan karang. Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi, agar bonsai yang ditampilkan merupakan kesatuan yang indah dan alami.

Beberapa tahun yang lalu telah diadakan pameran bonsai di Yogyakarta. Beberapa di antara bonsai-bonsai itu dikombinasikan dengan karang, lumut, dan rumput di sekitarnya. Penampilan yang unik tersebut menjadikan bonsai ini lebih berkesan alami, karena menggambarkan keindahan alam pegunungan atau kerasnya kehidupan di tepi pantai.

Tidak semua tanaman cocok

Penggunaan batu karang sudah sering kita temui pada bonsai-bonsai tanaman. Ada beberapa gaya yang memang menggunakan batu karang sebagai media, yaitu untuk bonsai yang tumbuh di batu karang dan yang mencengkram batu karang. Sayangnya tidak semua jenis bakalan bonsai dapat dikombinasikan dengan karang. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah : daun-daun tanaman harus berukuran kecil, tanaman mempunyai akar dan tekstur batang yang kuat, tahan kekeringan, dan bisa hidup dengan pemberian tanah dalam jumlah sedikit. Selain itu pemilihan jenis tanaman harus disesuaikan dengan suasana yang akan digambarkan, apakah akan dipilih suasana pegunungan atau suasana tepi pantai. Agar lebih jelas, di bawah ini disajikan beberapa tanaman yang cocok dijadikan bonsai karang.

1. Santigi

bakalan bonsai santigi, bahan bonsai sentigi, jual bahan bonsai, bonsai material, bahan bonsai berkualitas, bakalan bonsai serut, bakalan bonsai kimeng

Bonsai Santigi Juara
gambar : wahyu-widodo-bonsai.blogspot.com

Di antara bonsai-bonsai lainnya, santigi merupakan jenis yang paling cocok dikombinasikan dengan karang. Dikenal ada dua macam santigi, yaitu yang habitatnya di gunung dan yang di pantai. Santigi gunung (Gautheria nummularioides D. Don), menghendaki hawa dingin (ketinggian sekitar 2.500 m dpl) tapi tetap mendapatkan cahaya matahari. Biasanya tumbuh di sekitar kawah, misalnya di kawah Gunung Tangkuban Perahu. Santigi ini memiliki daun berukuran kecil, tebal, dan berwarna hijau mengkilap dengan bagian ujung kemerahan. Sayangnya, jenis ini belum banyak digunakan untuk bonsai, karena pengambilannya cukup sulit di alam.

Sedangkan santigi pantai (Pemphis acidula) ada yang tumbuh di atas pasir dan ada pula yang di tanah cadas. Santigi yang tumbuh di pasir memiliki batang berlekuk-lekuk, mirip batang santigi gunung. Sedang yang tumbuh di cadas, akarnya tumbuh mencengkeram batu dan memiliki bentuk batang dengan alur-alur yang bagus.

Baca Juga :  Macam Jenis Pot untuk Tanaman Buah dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dari santigi ini masih ditunjang dengan sifatnya yang tahan hidup dalam media tanam terbatas serta mampu meranting dengan sempurna dalam keadaan itu.

Ada beberapa gaya yang bagus digunakan untuk bonsai santigi dengan karang diantaranya gaya formal, informal, tertiup angin, dan grouping.

2. Beringin (Ficus sp)

cara membuat bonsai, bonsai beringin putih, bonsai beringin dollar, jual bonsai beringin, bonsai santigi, harga bonsai beringin

Contoh bonsai beringin
gambar : kireinabonsai.blogspot.com

Selain santigi, beringin juga merupakan bahan yang bagus untuk bonsai karang. Tanaman ini diyakini paling mudah digunakan karena mudah tumbuh, berumur panjang, dan cepat menyesuaikan diri dengan media tumbuh. Selain itu, daun-daunnya rimbun serta ada akar tunjang yang memanjang dan kuat menjalar di permukaan tanah. Beberapa jenis beringin yang cocok untuk bonsai karang adalah beringin karet (Ficus retusa), beringin korea (Ficus koreana), dan beringin (Ficus benjamina).

Ficus retusa memiliki daun yang rimbun, cabang dan ranting banyak, akar yang kuat, dan alur-alur batang yang tampak tua. Dengan sosok demikian, gaya tegak mencengkeram batu paling sesuai untuk jenis tanaman ini.

Sedangkan beringin korea, yang berdaun lebih lonjong, tebal, dan berwarna yang lebih tua, akan tampak cantik bila dibentuk dengan gaya mengantung di atas batu. Sosoknya yang indah seolah menggambarkan sisi lain dari kerasnya kehidupan alam di pantai.

Beringin akan lebih cocok bila menggunakan gaya tumbuh mencengkeram batu dengan posisi tegak, atau tertiup angin. Akarnya yang unik menjulur, tampak kuat mencengkeram batu di bawahnya.

3. Serut (Streblus asper)

bonsai serut termahal, bonsai serut juara, bonsai serut 2014-2020, teknik membuat bonsai, harga bonsai serut, bonsai pohon serut, bonsai ponorogo, serut plectronia horrida, plectronia horrida bonsai, kiki bonsai

Contoh bonsai serut di atas batu
gambar : mangyono.com

Serut ini banyak digunakan sebagai bonsai karang, karena memiliki daun-daun yang memang berukuran kecil. Apalagi setelah mengalami masa perawatan, sosoknya akan lebih kecil lagi. Kulit batang berwarna putih, sehingga kelihatan kontras dengan daunnya.

Tanaman yang berbentuk perdu atau pohon setinggi 3-14 m di alam ini, tetap dapat hidup dalam media yang relatif kecil dan dangkal-seperti di atas karang. Dalam keadaan demikian, tanaman ini masih mampu membentuk tunas-tunas cabang dan ranting. Itulah salah satu kelebihannya.

Baca Juga :  Tanaman Ulmus Indah Kalau Dibonsaikan

Gaya yang cocok untuk bonsai ini adalah formal dan informal yang berada dalam batu karang.

4. Asam Jawa (Tamarundus indica)

asam jawa tamarindus indica, jual bonsai asem jawa, bonsai serpang, bonsai kim kit

Contoh bonsai asam jawa
gambar : mangyono.com

Walaupun tidak biasa hidup di karang, sebagia bonsai ia bagus juga dikombinasikan dengan karang. Sebab, daun-daunnya kecil dan rimbun, batangnya awet serta kuat dengan alur-alur yang berkesan tua. Batang cokelat kehitaman, tampak mencolok dengan daun-daun kecilnya yang hijau cerah. Letak daun berselang-seling menyirip genap.

Di alam, tanaman yang cocok hidup di dataran rendah ini bisa mencapai tinggi sekitar 25 m, dan biasanya digunakan sebagai tanaman peneduh.

Asam ini lebih cocok bergaya formal maupun informal, dengan akar menembus ke dalam batu. Bahkan ada satu bonsai asam bergaya on the rock yang telah berhasil masuk dalam nominasi 20 terbaik pada pameran nasional bonsai di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Penampilannya yang kokoh dan tegar sangat cocok bila dikombinasikan dengan karang.

5. Asam Londo (Pithecellobium dulce)

cara membuat bonsai asem, bonsai asam belanda londo, cara membuat bonsai, jual bakalan bonsai, bakalan bonsai

Contoh bakalan bonsai Asam Londo
gambar : tanamanbonsai.com

Tanaman yang berasal dari Amerika ini termasuk mudah tumbuh dan cepat besar. Daun-daunnya berpasangan dan berukuran kecil. Walaupun pertumbuhan akarnya terbatas, ia masih bisa tumbuh baik. Oleh karena itu ia cocok untuk digunakan sebagai bonsai karang.

Satu syarat penting lagi yang dipenuhinya sebagai bonsai karang ialah ia sangat kuat dan bisa tumbuh baik sekalipun dalam media yang dangkal.

Asam londo ini akan memiliki nilai yang lebih tinggi bila ditanam dalam batu karang dengan gaya informal maupun formal. Dengan batang beralur bagus dan cabang-cabangnya yang melebar akan tampak kesan alami dan wajar.

6. Kawista kerikil (Feronia lucida)

bonsai kawasita juara, bonsai kawista kerikil, bonsai kawista murah, bonsai kawista 039a, harga bonsai kawista, jual bonsai kawista, iklan bonsai

Contoh bonsai kawasita kerikil
gambar : jelajahbonsai.blogspot.com

Tanaman ini adalah jenis yang berbuah dengan tinggi sekitar 8-10 m. Bentuk daunnya bulat telur memanjang dengan pangkal runcing, tetapi berujung tumpul. Dengan ukuran yang kecil serta bentuk melebar bonsai ini cocok dikombinasikan dengan batu karang.

Selain itu, tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di pantai hingga pedalaman. Dengan segala sifat-sifatnya di atas, gaya bonsai yang tumbuh di atas karang dengan posisi formal dan informal adalah gaya yang paling apik.

error: